MODIF SILENCER RACING; GANTI PAKU KLEM DENGAN BAUT
Sebelumnya Saya minta permisi duluan Sama Suhu-Suhu senior karena tulisan ini hanya sebatas Sharing saja,, dengan harapan ada mamfaatnya bagi Mas Bro -Diajeng Pengguna Knalpot AfterMarket /Racing pada khususnya..
Silencer merupakan sebuah Part yang berfungsi sebagai ‘ujung’ pelepasan gas buang dalam sebuah Engine yang mempunyai pengaruh besar dalam peningkatan Performa maupun kwalitas Suara yang di hasilkan,,dimana besar-kecilnya diameter pipa buangnya berpengaruh terhadap karakter mesin sedang pajang-pendeknya silencer juga akan mempengaruhi torsi..
Sebelumnya Blog ini juga pernah membahas tentang
Up-Grade performa Silencer 2T dengan memodifikasi pipa sarang lebahnya,, juga Postingan tentang Mempertahankan Kwalitas Suara dengan Mengganti Glasswollnya secara teratur..
Nah yang JADI MASALAH Mayoritas Kenalpot After Market atawa Knalpot Racing pada bagian Silencernya di ikat mengggunakan Paku KLEM,, dimana pemakaian Paku klem ini hanya sekali Pakai.. Karena setelah di buka harus ganti paku klem baru lagi,, DAN MASALAH -nya lagi tidak semua bengkel jual paku klem dan punya Tang Pemasangnya #apalagi yang tinggal di pedalaman seperti saya – Abaikan sajah#..
Maka dari ityulah Muncul idea mengganti Paku klem alumunium dengan Baut,, tujuannya agar mudah dalam penggantian “Pembalutnya” dan dapat di lakukan sendiri kapan saja-dimana saja untuk Mempertahankan KWALITAS suara Knalpot Kecayangannya..
Mudah kok,, yang jelas setelah di lepas silencernya segera lepaskan paku klem almu dengan Bor atau Gerinda..
Setelah di buang dan di bersihkan lubang Bekas paku klemnya di TAB atau di SNEII atau di bikin ulir Baut,, biasanya pake mata TAB 6mm atau baut 10..
Nah setelah lubang bekas paku Berulir tinggal pasang/masukkan Baut 10 yang telah di siapkan,, atau bisa juga Pakai baut tipe L ataupun baut lain seperti baut payung sesuai selera.. Intinya kita punya kunci pembukanya,,atau minimal mudah didapat kapan saja..
*ganti baut L…
Sederhana dan mudah thoo,, š š
Hal ini sudah Saya Praktekkan di Ke-2 Silencer Knalpot Racing Si NaRjo yang kebetulan berbahan Alumunium,,untuk Silencer berbahan Plat stenlisstill masih bisa di aplikasikan tapi buat silencer bahan plat besi / seng sepertinya Tidak..
KIP BRADEHUD en PISS…
mantap, main tap š
ipanase said this on Oktober 5, 2012 pada 10:32 am |
ajib nih, gak perlu ripet2an lagi š
Aa Ikhwan said this on Oktober 5, 2012 pada 10:34 am |
lebih gampang cari tang rivet ama rivetnya di toko besi/bahan bangunan mas Mul,daripada di bengkel
Iwan Budi Santoso said this on Oktober 5, 2012 pada 10:42 am |
biar kepala baute gak nongol terlalu panjang, pake baut L yg type JCBC saja kang, kepalanya tipis. bentuknya…..waduh, carane upload gambar piye yo ?
the honjo said this on Oktober 5, 2012 pada 11:17 am |
tempel link nya di kolom komen ini Mas..
Hourex150L said this on Oktober 5, 2012 pada 2:04 pm |
contohnya seperti ini
qiqiqiii
http://yudhadepp.blogspot.com/2012/10/penyerbuan-motor-malaysia-ke-indonesia.html?m=1
yudha depp said this on Oktober 7, 2012 pada 1:37 am |
Masing2 punya kekurangan dan kelebihan mas Mul…
cotto said this on Oktober 5, 2012 pada 3:17 pm |
wah silincernya dbs mantaaab mas…
cipluk said this on Oktober 5, 2012 pada 6:48 pm |
WiIiIi…ganti nalpot anyar rek…
Piroan kang…
Enak g gawe siNARRJO?
Syaif said this on Oktober 5, 2012 pada 7:43 pm |
hahaaai udah ganti knalpot baru ya mas mul,
dulu seingat saya knalpotnya merk yakuza
http://yudhadepp.blogspot.com/2012/10/kawasaki-klx125-selamat-datang.html?m=1
yudha depp said this on Oktober 5, 2012 pada 8:31 pm |
haduhh makin wuuussss
tes topspeed lg mas
dolan meng wp kang
atau mau ngeband?
mau foto-foto…
atau yang ini
jnakawara said this on Oktober 7, 2012 pada 4:06 pm |
sip ajib .,,.,. jd ga ribet kalo mau ngebedah knalpot hehe
kharis27 said this on Oktober 8, 2012 pada 11:09 am |
klo kena getar dolly, eh, mesin, ntr lepas ga bautnya mas???
klo di mainan RC ada namanya locktite, kyk lem buat nahan supaya baut ga lepas kena vibrator, eh vibrasi
Wajib said this on Oktober 8, 2012 pada 4:16 pm |
menurut pengalaman Saya Aman thu Mas,, meski turing Ratusan KM kecepatan tinggi… CMIIW..
Hourex150L said this on Oktober 8, 2012 pada 10:11 pm |
bro knalpot ane merek’a B-PAZZ…biar garing suara nya sarangan ganti yg ky gmna yah?thanks
bagass.arianto said this on Oktober 8, 2012 pada 11:29 pm |
Salam knal mas mul.. Ni mo nanya.. saya baru ganti knlpot r9 tp pas tarikan prtama nya lemot kali..emng sih pj ama mj nya msh stndar.. Trus klo pas mau ngidupin hrus main choke dulu.. Kira2 harus ganti pj ama mj ya mas? Atau ganti pj aja? Trus hrus naik brapa step..
jal said this on Oktober 9, 2012 pada 9:48 am |
maaf nih mau coba bantu, klo ganti knalpot racing spuyer standar emank gitu mas…mestinya pilot jet nya ganti yg ukuran 48 mas…klo sy sendiri knalpot racing pj 48 mj standar dan jarum skep dinaikin. rasanya tarikan motor sdh enteng… Klo bisa mj nya ganti yg ukuran 142…
faliq hamzah said this on November 25, 2012 pada 12:20 pm |
mas mau tanya ni..
kalo motor baru beli boleh pasang knalpot racing ga ?
motor saya ninja 2tak kira-kira uda 2bulan belinya trs boleh pasang knalpot racing ga ?
sam said this on Oktober 17, 2012 pada 1:23 pm |
kalo menurut pabrikan “GAK BOLEH” Mas,, karena akan menghilangkan Garansi dealer..
Klo menurut saya “Motor Motor Saya ya ter serah Saya – belinya juga pake duit Saya”
*asalkan penuh perhitungan tetep awet kok meski pake knalpot Racing,, setidaknya itu yang saya alami pada mOtor Saya#dah lebih 2 tahun pake knalpot resing#..
Hourex150L said this on Oktober 17, 2012 pada 9:17 pm |
Keren om ninja ne š
bimo96 said this on Oktober 18, 2012 pada 5:22 pm |
supaya mudah saat bongkar pasang
si Oom! said this on Oktober 23, 2012 pada 11:09 am |
Bro.
ane GALAU ! š
tgl 15 kemarin ane Indent Ninja L putih 2012.
sampai sekarang belum keluar jg.
Jujur ane kepincut sama warna n tenaganya.
Ane semacam SpeedFreak jg š
Tapi BRO. yg bikin GALAU :
.Sebenernya enak gak sih nunggang Ninja 150 R ?
.Harga jualnya jg gimana ? yg paling bikin GALAU
.Susah gak jual ninja 150 R ?
.Modelnya kan udah desain lama tuh ? pernah dicibir gak dijalan ? š
.Masihkah Ninja TREND di 2012 dst ?
sori bro banyak tanya.
ane GALAU, mumpung masih Indent kali aja ntar ane batalin š
Aldo Similikiti said this on Oktober 24, 2012 pada 11:41 pm |
nitip survey kang.. seberapa penting kick starter untuk motorsport
boerhunt said this on November 1, 2012 pada 10:12 am |
Rawan lanas ora ulire mergo getaran Om.. Soale ngebut si Narjo.. Salam Om suwe ra njamu ki
Triyanto Banyumasan said this on November 1, 2012 pada 7:05 pm |
apa nggak bocor itu?
TDF said this on November 10, 2012 pada 3:20 am |
klo saya gak ganti glass wool mas,silincer nya saya rendam dibensin kemudian diangkat dan ditiriskan dan saya lakukan itu beberapa kali hasilnya suara knalpot gemerincing lagi….
faliq hamzah said this on November 10, 2012 pada 1:07 pm |
HOT NEWS: Penampakan resmi motor sport murah HONDA K18 seharga <16 jutaan aka Pulsar & Apache Killer! http://www.hondaph.com/lifestyle/business-type-model/tmx-supremo
Bambang Sugeng said this on November 17, 2012 pada 6:55 am |
Beli Viar Lebih Untung…!!
Analogi perbandingan harga jual kembali motor Viar dibandingkan dengan motor pabrikan lain
Membeli Viar adalah Investasi yang sangat tepat..!!,tidak percaya?,mari kita hitung hitungan
Beli Motor Viar Star Z,Harga OTR = Rp.8.200.000,setelah dipakai 3 Tahun,harga Jual kembali dapat mencapai 5,5 juta,harga terendah 4,5 juta,kita ambil yang kerugian terbesar menjadi kerugian yg diderita adalah 4,5juta
bandingkan dengan apabila Anda mengambil Investasi motor pabrikan merk lain
harga OTR nya Rp.15.500.000,setelah dipakai 3 Tahun Harga Yang diterima Showroom Motor Bekas paling tinggi adalah Rp 9 juta,kalau kondisi motor tersebut kurang baik bisa saja hanya dihargai Rp 7 juta,maklum harga part orisinil motor ini tergolong mahal
Kerugian Investasi = Rp. 15.500.000 – Rp. 8.000.000 = Rp. 7.000.000
dari sini jelas sekali bukan lebih besar mana kerugian yg diderita oleh konsumen akibat depresiasi harga jual motor..!??
apabila kondisi itu diterapkan ke Motor Viar Star Z yg OTR nya hanya Rp 8.200.000 maka Motor Viar hanya dihargai Rp 1.200.000,tentu sangat tidak logis dan tidak masuk akal sebuah motor hanya dihargai dengah harga seperti itu,Konsumen pun berhak marah apabila motor nya ditawar oleh showroom dgn harga 1,2 juta saja…!,tentu keadaan tsb tidak logis diterapkan untuk motor Viar
belum ditambah kerugian akibat borosnya penggunaan BBM,penggunaan BBM motor ini 3x lipat lebih boros dibanding motor Viar,maklum Motor ini memiliki cc diatas 120 ,apabila Anda mengisi Bensin motor Viar Rp 20.000 per minggu / Rp 80.000 per bulan,maka anda harus mengeluarkan Rp 240.000 perbulan,kerugian bertambah menjadi Rp 160.000 belum ditambah mahalnya Pajak Kendaraan Bermotor karena motor ini mengusung CC yg sangat tinggi
Perincian Kerugian motor Merk lain
Depresiasi harga Jual : Rp. 7.000.000
Pemborosan BBM : Rp. 160.000 x 12 bulan x 3 tahun = Rp 5.760.000
Mahalnya Pajak : Rp. 50.000 x 3 Tahun = Rp. 150.000
Mahalnya Service & Spare Part : Rp. 250.000 x 3 Tahun = Rp. 750.000
Kerugian = 7.000.000 + 5.760.000 + 150.000 + 750.000
Total Kerugian Selama 3 Tahun = Rp 13.660.000
Kerugian Perbulan = Rp. 13.660.000 / 36 bulan = Rp 379.000
BAYANGKAN…!!!,dengan kerugian perbulan yg hampir mencapai Rp. 400.000,dengan kerugian sebesar itu anda bahkan dapat mencicil Motor Viar Star Z yg cicilannya hanya 300 ribuan per bulan
SEGERA Tinggalkanlah motor Boros dan Tidak Ekonomis seperti itu,sudah saatnya Kita dapat berhidup Hemat namun tetap Trendy!
viarpalembang.blogspot.com said this on November 22, 2012 pada 3:36 pm |
PREEEETTT . . .
Hourex150L said this on Desember 5, 2012 pada 4:29 pm |
mas hourex,klo ninja R knalpor racing mainjet nya ganti ukuran 150 kebesaran gak?
faliq hamzah said this on November 25, 2012 pada 12:12 pm |
makin kemrincing.. renyah.. š
boerhunt said this on Desember 10, 2012 pada 1:49 pm |
kreaatifffff…..
Karis said this on Januari 3, 2013 pada 9:22 am |
salam kenal mas?
mau nanya ki,
saya udah aplikasi’in knalpot racing buatan lokal jogja!
tp suarannya kurang garang…
kalau mau dirombak lagi perlu gmna mas?
mohon bantuannya,
Hastom Pranandita Pratama said this on Februari 11, 2013 pada 6:56 pm |
Thanks atas idenya..
ini sy terapkan pada knalpot R9..
Dirga said this on Februari 16, 2013 pada 8:00 am |
ide bagus
mas wahyu said this on April 17, 2013 pada 11:15 pm |
sampean kreatif tenan kang,,,,,,
saya biasa nyebut paku rivet itu kang
mas wahyu said this on April 17, 2013 pada 11:30 pm |
Mas…utk membuka paku rivet’a menggunakan mata bor ukuran berapa
Dedy said this on Juli 24, 2013 pada 9:46 pm |