Peristiwa yang Membuat Saya berhenti Merokok


Assalamu alaikum wr. wb. Mbah Bro semua,, Mau share lagi pengalaman Pribadi njih..
Setelah kemarin NgeShare tentang Peristiwa yang membuat saya Cerai dengan ALKOHOL,, Sekarang Saya Ingin kembali NgeShare peristiwa yang membuat SAya Berhenti merokok Hingga Sekarang Mbah.. Tidak jauh beda dengan saya berkenalan dengan Alkohol Mbah,, Saya mengenal Asap Tembakau juga semenjak saya maseh duduk di bangku Sekolah dasar.. Waktu itu penasaran aja kalau melihat Orang – Orang dewasa yang Nonggkrong sambil Merokok dan kelihatan ‘Menikmati Banget,, Akhirnya saya dan rombongan kecil sayapu punya ide untuk iyuran guna membeli rokok.. Dan pada saat itu (skitar tahun 1990) Uang Rp. 100,- dapat 3 batang rokok Gudang garam GP,, maka sejak saatitulah Asap tembakau mulai akrab dengan Kehidupan Saya..
is
Yang membuat Saya semakin ‘Parah’ Merokok adalah ketika Saya di ‘DROP OUT’ dari Sekolah Menengah Kejuruan (STM) karena sebuah perkelahian dengan Kakak kelas (Kelas 3) sementara saya waktu itu baru kelas 1 jurusan Elektronika,, Tidak sekolah membuat saya semakin bebas merokok setiap saat dan bergaul dengan pemuda pemuda di daerah saya yan memang mayoritas juga perokok.. Makanya ketika Kembali Bersekolah di tahun Ajaran berikutnya di Sekolah Menengah Kejuruan (SMEA) Saya sudah terbiasa merokok di kantin / aula sekolah bila sedang ‘kepingin’,, Hingga pernah ketahuan sama Guru BP dan rokok Saya di sita dan di antar kerumah Untuk di laporkan kepada Orang Tua Saya,, Namun ketika Guru BP saya datang kerumah dan maseh ‘Ber BASA – BASI’ Saya justru Ikut duduk sambil Merokok di ruang tamu setelah mengantarkan Minuman untuk Bapak Guru Dan Bapak Saya.. Kelihatan sekali wajah kebingungan dan seolah kehilangan tujuan di raut Bapak Guru BP saya waktu itu,,akhirnya Beliau cuma menghimbau agar tidak merokok di Sekolah supaya tidak di tiru Murid -Murid lainya..
Singkat Cerita Saya merokok sejak kelas 5 SD hingga sudah merantau dan bekerja,, Sampai di suatu ketika di tahun 2009 ada teman sesama Karyawan yang mengatakan kepada saya kalo beliau habis melihat berita disebuah statiun televisi swasta kalo BUSA FILTER ROKOK MENGANDUNG MINYAK BABI.. Nah dari Peristiwa itulah Saya memutuskan untuk BERHENTI Merokok Terlepas dari benar tidaknya isi berita tersebut tentunya,, Mengingat Semua bagian dari Babi Adalah HARAM hukumnya di konsumsi bagi setiap MUSLIM apalagi Rokok terakhir saya adalah Malboro yang notabene merupakan Brand Amerika.. PAdahal saat itu saya sedang kuat-kuatnya merokok,, karena dalam sehari saya bisa menghabiskan 2 Bungkus Malboro dan kadang lebih bila ada acara tertentu (Bergadang).. Sehingga ada pengalaman unik ketika di kampung halaman (Mojolaban),, Saat Saya membeli 3 bungkus rokok di sebuah toko, Pemilik toko sampai 3 kali memastikan saya beli 3 bungkus dan BUKAN 3 batang.. 😀 :-8
Alhamdulillah semenjak Peristiwa di Hari itu Saya Tidak MEROKOK Lagi Hingga sekarang Mbaah,, Hoooozzzzztttt…. :-p
DSC00997
Samapai Sekarang (2016) lebih kurang sudah 7 tahunan Saya tidak menghisap Asap Rokok,, Dan Saya sering Tersenyum Geli apabila ada Orang bilang “Susahnya Berhenti Merokok” atau “Lebih baik tidak Makan dari pada berhenti merokok” apalagi Banci saja Merokok Masak Cowok Enggak dan Bla Bla Bla Bla.. Menurut Saya Merokok bukanlah Candu dan HANYA KEBIASAAN saja,, Buktinya Meskipun Berhenti merokok secara SPONTAN tidak terjadi Gangguan apapun dalam Tubuh Saya Bahkan Lebih Banyak maamfaat yang saya dapatkan dengan Berhenti dari menghisap asap Tembakau.. Salah satu mammfaat yang terasa adalah ketika bangun tidur Mulut dan kerongkongan terasa lebih Fressh di banding ketika masih merokok setiap bangun tidur Mulut dan tenggorokan terasa ‘Berantakan’ banget,, dan mamfaat yang paling utama makin banyak alokasi dana buat jajan di samping nafas yang terasa lebih Segar dan longgaaar Mbah.. 😀
DSC01002-crop
Mohon Maaf Bagi Mbah Mbah yang maseh Cinta dengan asap tembakau,, Tulisan ini Bukan bermaksud NYINYIR dan IYIK atau apalah lho Mbah.. Saya Hanya sekedar Share Pengalaman yang Saya Alami dan Tidak lebih,, Merokok Bukanlah sebuah Kebutuhan.. Merokok hanyalah sebatas KEBIASAAN yang sangat mungkin untuk DI HENTIKAN ataupun dimulai KAPAN SAJA,, dan semua itu tergantung Niat dan Motivasi masing masing individu..

Semoga Ada mamfaatnya atau Abaikan saja Mbah,, Kip Bradehuud end Piss Poreper..
Wassalamu’ alaikum wr. wb.

~ oleh Hourex150L pada Februari 28, 2016.

17 Tanggapan to “Peristiwa yang Membuat Saya berhenti Merokok”

  1. Wah josss

  2. well.. gara gara berita tentang hal haram jadi berhenti.. salut lek..

  3. bapakku stop ngrokok goro2 aku lair 🙄

  4. Saya pernah juga di ledek tmn satu kampung ketika pulang dr merantau, sudah cukup lama berhenti merokok, sebab kesehatan, menganggu aktifitas bermain bola voly, n ad sdkit bercak darah saat batuk ber **dir, hd saya putuskan pensiun dini ngudud nya mbah :D, lalu kembali ke awal td saat begadang acara tetangga. Nikahan, teman bilang masak g rokok banci aj ngrokok , esmosi saya mmng cukup tinggi tp insyaAllah kesabaran saya ad di atas esmosi saya hampir spontan saya tempeleng lalu saya injak mukanya, yh syukur g jd hehee piss . Astaghfirullah”

  5. Setuju mbah, merokok memang hanyalah kebiasaan. Memulai sama menghentikannya ya tinggal sekuat apa kemauan kita masing – masing 🙂

  6. njiiihhh…. Suwun…

  7. cerita yang isnpiratif 😀

  8. wahh mantabb tenann mbahh. 1 tekad sampai iso konsisten. Salutt.

  9. mantab critane mas haha , sangat menginspirasi

  10. Saya sudah berhenti merokok setelah lhat video zakir naik soal rokok 😀

  11. Yang paling sulit ialah ketika sudah jadi kebiasaan dan ingin berhenti dari kebiasaan.
    Untungnya, pas saya masih ‘belajar’ merokok waktu SMA, tidak diberi rasa ketagihan. Jadi gampang berhentinya. Hehe…

  12. Bininya cakep. Ditunggu jandanya huahauhua

  13. […] melalui Peristiwa yang Membuat Saya berhenti Merokok […]

Tinggalkan komentar