MODEL KNALPOT RACING (2T) PENGARUHI KARAKTER MESIN


Sebelumnya minta Maaf dulu lah sama Senior-Senior yang lebih Fasih tentang permesinan dan mungkin juga sudah pernah membahas hal ini sebelumnya..

Berawal dari keluhan Brade Ninjers di Smsnya, bahwa topspeed Ninja RRnya justru menurun setelah ganti Knalpot Racing dan jetting Karburator mengikuti kebutuhan Mesinya..
Jadi ada baiknya juga untuk mengulas kembali karakter knalpot Racing (2T) dari bentuk / model knalpotnya.. Baiklah mulai dari belakangnya Dulu,

1. Silencer

Bila silencernya panjang dan biasanya diameternya juga agak kecil karakternya bagus untuk RPM menengah sampai atas, semakin panjang silencer akan semakin tinggi juga topspeed yang akan diraih.. Sebaliknya bila silencernya pendek, biasanya diameternya juga agak lebih besar maka karakter silencer ini bagus buat akselerasi atau mantap di RPM bawah sampai menengah saja sedang topspeednya bakalan loyo/ agak tertahan.. Kalo nggak panjang tapi juga gak pendek berarti ya sedang-sedang saja alias Knalpot Harian / tidak signifikan peningkatan performanya..
Oia, biasanya panjang silencer selain diikuti diameter silencernya juga akan seimbang dengan pipa penghubung antara silencer dengan perut Knalpot, semakin panjang silencer akan semakin panjang juga pipa penghubungnya, karena pipa penghubung yang panjang akan memperpanjang Napas Mesin sehingga dapat mengail topspeed yang lebih tinggi.. Begitu juga sebaliknya, jika silencer pendek dan diameternya lebih gede maka pipa penghubung dengan perutnya pun semakin pendek, agar gas lebih cepat terbuang dan segera menghasilkan power sehingga akselerasinya lebih yahud..

2. Perut Knalpot

Perut knalpot yang besar / Gendut akan membuat karakter mesin lebih Dominan pada RPM bawah atau akselerasinya dapat, sebaliknya perut kenalpot yang kecil akan membuat mesin lebih beringas pada putaran menengah keAtas..
Dipasaran Tanah Air banyak sekali beredar Knalpot Racing Racikan Bengkel-Bengkel Ternama yang membuat Knalpot Produknya Berdasarkan Riset-Riset, makanya setiap Produk Knalpot mempunya i karakter yang berbeda-beda..

Kemuudian Bagian terakhir yaitu Pipa Pembuangan dari Blok ke perut Knalpotnya (leher angsa)
– Bila leher angsanya pendek ke perut Knalpot yang Gendut / besar, maka Karakter Mesin yang terbentuk adalah Sadist dan Sangar pada RpM rendah sampai tengah (akselerasinya Maut)
– Bila leher Angsa panjang ke Perut Knalpot yang Gendut maka Karakter mesin Merata dari RPM bawah, menengah hingga Atas (Type kenalpot Harian)
– Leher Angsa Pendek ke Perut Knalpot yang Kecil akan Menghasilkan Karakter Mesin yang Mantap dan Padat dari Putaran Menengah Sampai Top RPM
– Leher Angsa Panjang ke Perut Knalpot yang kecil akan membuat Napas Mesin yang lebih panjang sehingga TopSpeed Maksimal dapat di raih namun Biasanya Akselerasinya kurang Bagus..

Nah, sekarang tinggal Pilih Model / bentuk Knapot Racing yang sesuai Kebutuhan atau spek Mesin Motor Kita..
Sebagai Contoh, apabila Motor (2T) kita speknya Over Bore dan butuh akselerasi Motor yang SADiS atau sering Stop en Go karena tinggal di pemukiman Padat sehingga tidak memungkinkan untuk NYARI TOPSPEED maka keknya model ini yang Cucok..

Tapi ada yang perlu di INGAT Boz, Knalpot model ini Biasanya membuat Mesin Motor RAKUS BBM..

Sedangkan Bila Sampeyan hobi Touring dan Motor (2T) Anda Power Maximalnya di RPm Atas atau tinggal di Daerah (Kek Saya) dan suka dengan TOPSPeeD setinggi-tingginya keknya Model ini Yang Anda Butuhkan..

Jangan Lupa untuk Jetting Ulang Karburatornya Agar PerForma Maximal Knalpot bisa didapat dan Keluar dengan Sempurna..

Semoga Ada Mamfaatnya, dan Mohon Koreksinya bila ada kekurangan…

Yang penting KIP BRADEHUD FOREVE
en PISS..

~ oleh Hourex150L pada April 6, 2011.

145 Tanggapan to “MODEL KNALPOT RACING (2T) PENGARUHI KARAKTER MESIN”

  1. PERTAMAXX
    2 kali pake knalpot racing bwat 2t ane dulu,tarikan mang ruarr biazza,nggak berisik bgt,sekarang pke 4t gak berani pke knalpot racing,tkut disambit sendal jepit karena suaranya
    SALAM KARET BUNDAR™

  2. rung tau mbandingin je, ndisit nganggo King yo standard ae… wis ngacir, saiki wedi nganggo 2t, terakhir nganggo F1zr korekan, ga iso ngerem.. nggeblag, ndlosor telung meteran nang aspal, padahal motor nyilih je.. isin aku

    • Wuaduh Kang Tri, podhoo..!!
      Tahun 94(masih SMK kelas 1) Saya pake poswan semi korek punya teman juga Dloozzoorr,, yang bikin malu masih gigi 1 dan baru 10 meteran Jalan..xixixixi..

      *pengalaman GURU yang terbaik lho..

  3. Ane naksir image yg paling bawah muantep buat touring, BTW merknya ap Bro & harganya brapa yah, klo beda merk knalpot beda settingan karbunya jga kan bro.

    • @ Mas Bro Skips
      waaa, yups Saya juga Naksir Nii.. Klo diliat modelnya disamping Topspidnya Mantab keknya akselnya juga Sip tu, Sori Maz.. Merk en Harganya Gelap Maz Bro, Kos Pictnya juga hasil Nyopet di Gugel Kok..
      Sejauh yang Saya ketahui juga Begitu Maz, lain Knalpot juga lain setingannya Yang Pas (walo model & merk sama kadang juga beda spuyer yang dibutuhkannya)
      CMIIW…

  4. Nice inpo ..

  5. @Bro Vicky
    Thengs Suwun sanjungannya, Saya Masih Junior ni Maz Bro.. Masih perlu banyak petunjuk dari para Senior seprti Sampeyan Maz Bro..

    PISS..

  6. aku malah lg njajal knalpot lokal mas, gawean bandung cuman durung nemu setingan seng pas, modele koyo pict ngisor dw

  7. gwe pengen ambil ninin 2T , tp gwe malah di ceramahin ma bokap katanya 2T mau di stop.. Bner ga sih maz hourex… 😦

    • waaa, kalo Isu 2T di stop sudah sejak dulu Maz Bro, sama kek Saya waktu mo ambil Ninja juga Isu tersebut udah beredar kencang..

      *kalo 2 T di stop, ATPM kawasaki mau jualan apa Bro..?? Wong yang laku keras dari Kawasaki cuman 2T nya..

      Keknya gak bakalan Bro, liat di Eropa aja tidak di Larang,, justru masih di kembangkan..CMIIW..

      PISS..

  8. wah hrganya ama knalport 4 stroke mahalan 2 stroke :mrgreen:

    • hhaalaah, tergantung to yaa..
      Walao Knalpot 4T kalo buat N250R ya sampai 6 jutaan Broo.. Laa 2 T harga 2 jutaan udah bagus banget Tu Maz..

      PISS..

  9. mantap bro..

  10. Diseputaran solo bikin kenalpot racing 2t yang top markotop dibengkel kamto daerah turisari atau bengkelnya benny ompong, by the way…aq lebih demen knalpot standar 2T dibobok aja dan dimodifikasi saringan rumah lebahnya agar suara merdu ngga kaya gledek plus tenaga atas bawah lumayan nendang dengar harga cuman 75rb perak :-D.

  11. motor ku kalau main nafas, N main pelintir gas cepat knapa tenaga motor” nahan ya?
    padahal kan kalo buat trek2n butuh main gas cepat? tolong resepnya mas bro
    aku dah ganti knalpot racing N seting karbu

  12. @ Bro Rizal
    keknya Jetting Karburatornya gak pas Tu Bro..
    Emang sekarang PJ & MJ nya brapa Bro, ama nahannya di kisaran RpM brapa Bro..??

    • PJ nya pake standart soalnya kalo pake 48 motor ngeberebet, MJ pake ukuran 145, dan tu pasnya, kalo dikasih 148 motor ngberebet. nahan di RPM 7000 kalau mau naik gigi langsung rada keluar tenaganya

      • kisaran RPM 7000an adallah masa Transisi fungsi dari jarum skep ke MJnya..
        Analisa Saya yang masih bodo ini, ada ketidak sinkronan antara keduanya (jarum skep & Mj)..
        MJ 145 berarti naik 1,5 step dari standarnya (138),, jadi kalo jarum skepnya belum di modif (di naikan sikit) maka saat peralihan fungsi akan terjadi shock (biasanya ngelayani yang 138)..
        Jadi menurut Saya jarum skepnya yang perlu di setting/ dinaikan lagi (kalo masih standard) ato bahkan kalo sudah di naikan jarumnya bisa jadi kurang pas ukuran naikannya (bisa ketinggian / kurang tinggi)
        silahkan Brade Ninjers yang lain kalo mau nambahin ato koreksi…
        Monggo…

  13. ninja R ane masih setia ama knalpot standar
    tapi tarikannya bisa ngalahin ninja R yg berknalpot resing 😀

    diluar negeri, kawasaki victor(ninja R disini) dpke balapan masih pada pke leher knalpot standar yg banyak liukannya,gk tau knapa alesannya

    • Ya jelas lah Bro, lha wong karbune Sampeyan udah apgredan kok (PWK 28 yaa??)..
      Bdw, seperti yang Saya tulis diatas Maz Bro, karakter kenalpot Std Ninja (Leher panjang=utk top spid, perut besar= utk aksel, silencer panjang = untk topspid, sedang pipa penghubung perut dng silencer yang 1/2 panjang silencer = utk akselerasi) adalah Perpaduan antara Akselerasi dan TopSpeed racikan Enginering Kawasaki thailand sono yang terbukti yahud Atas-Bawah, cuman kalah di suara aja Maz Bro..
      Dan salah satu alasan Saya ganti kenalpot juga karena pingin suara yang Garing & renyahnya Maz Bro..

      PISS..

      • @brodar hourex
        brader ane baru ajje dpt inpo dr bloger nii yg judulnya senjata rahasia ninja…
        pokoke intinya tuh dy standard recing ting..ting..pabrikan cmn yg do’i mainin lobang ventury karbunya yg d’bubut ato d’amplas klo pgn manual…
        naah yg jd ane binun pless atuut…
        apa gk syg th karbu ori d’papas trz klo d’gt’in ngrusak mesin ndaak..??
        naah dy jg blg “knp gk sxan gnt karbu 28..??”
        kata doi klo lgsg gnt gt bros’a minta ampyun jln snte atopun kenceng…
        klo d’papas gk terlalu plg 1:25 bnsin’a…
        oya mksd karbu..
        oya doi mapas karbu keihin 26 dipapas 2mm jd 28…

      • walaaaa,, Saya bingung dengan komen Sampeyan ini.. 😀 😀

        gimana nii,, gak Mudeng arahnya..

        PISS..

  14. kalo knalpot motor 4 t gimana bos?

    Honda Tiger direnov tahun ini!

    • @ kangMaz
      klo yang 4T keknya lebih rumit & sensitif dee..
      Kos selain panjang Pipa, burger/mufler juga diameter pipa baik leher angsa ama diameter ujung/final pembuangan sangat menentukan karakter dan power yang terbentuk..IMHO..

      PISS..

  15. masuk akal juga, analoginya lubang udah besar tapi kapasitas suntikan bahan bakar masih standar, maka hasilnya kurang full, nanti dah aku coba, cari2 ring dulu buat ganjal jarumnya, thanks ya mas, semoga sukses lah

    • bisa pake isi Pena (pipa plastiknya) yang agak gede / biasanya model tinta gel potong aja sesuaikan ketebalanya sesuai kebutuhan mesin (1 – 3 mm)

      PISS..

  16. kenalpot racing sebaiknya jgn beli, tapi pesen khusus, tinggal bwa mesinya ke gandhoel jogja ntar bisa dibikinin kenalpot yg pas dg mesin kita

  17. mas bro……gw pngen 2t gw lajuny kenceng,bs topspeed.knalpot jg pngen yan cring..criiing bunyiny……biar pak pol mkir2 klo mo blpn…..tp gw pngeny bs ngirit cz gw sneng tour luar kota…..enakny gmn mas bro????? tolng pndapatny duunxz??!! mksh tengyu

    • Knalpotnya Ganti yang Merk TerKenal Maz Bro, TDR, DBS, R9 dll..

      Jamin deh gak terlalu Boros asal settingannya pas..

      *biasanya Harga ga bisa Bohong..

      PISS,,

  18. Maaf om mau nanya,mnurut om klau knalpot r9 itu jenis knalpot akselerasi atau topspeed ? Saya pngen beli knalpot itu tp msih ragu,,mohon pencerahan nya..

    Makasih 🙂

    • yang Saya tahu R9 ini adalah knalpot racing harian (spec mesin standard) jadi merupakan perpaduan dari keduanya, perut yang besar untuk akselerasi sedang pipa antara perut & silencer panjang serta kecil akan meningkatkan napas atasnya(Topspeed)..
      Keknya bakalan naik baik aksel maupun topspeednya bila di suplai settingan karbu yang pas..

      • ohh gitu ya om,,makasih atas info nya 🙂
        maklum saya msih newbie,baru bulan kemarin di beliin ninja ama bokap..hehe 🙂
        ow iya mnurut om hourex oli samping yg bagus itu merk apa ya ? klau oli samping merk pertamina enviro bagus ga om ? soal nya misal beli oli samping enviro kan bsa di SPBU pertamina jd dpat yg asli,takut ny klau di toko smbarangan dpt oli yg palsu.. 🙂

        mohon pencerahan nya 🙂

      • waaa, kalo Oli samping merk itu saya gak tahu Mas Bro bagus apa tidak buat Ninja, belum pernah coba sih,, kos selama ini (sejak pake Ninja) Olsamnya pake KGO saja,, dulu pas pake RXZ (tahun 94) olinya cukup pake MesraNia warna Biru (Produk pertamina juga) lumayan bagus (ga da masalah di motor).. Pokok asal jangan oli murahan saja Maz Bro, biasanya HARGA GA K BOHONG..

  19. iya om harga biasa nya ga bhong,prnh dpt saran suruh pake olsam motul tp mahal banget om..hehe 🙂
    klau om hourex untuk oli mesin nya pake oli merk apa ? jarak pergantian oli mesin bagus nya tiap brp km om ? 🙂

    mohon pencerahan nya 🙂

  20. Saya cukup pake Oli mesin Standardnya kok (KGO 4T) setelah pergantian pertama (500km)kemudian per 5000km sekali.. Kos untuk Mesin 2 tak oli HANYA melumasi gearbox en kopling saja jadi zat pelumasnya jauh lebih tahan lama dibanding Oli pada mesin 4 tak yang musti masuk juga ke area pembakaran (silender & head) dengan suhu panaz yang extrime kemudian kembali ke gerbox & kopling lagi dan begitu seterusnya..

  21. ow berarti inti nya pergantian oli mesin tiap 5000 km ya om ? 🙂
    makasih bwt info nya om,,info dr om hourex sngat brguna bwt smua pemakai ninja trutama saya yg msih newbie ini..hehe 🙂

  22. Sukses Blognya bos.. info bagus nih.. saya dari jaman sekolah dulu motornya 2 tak semua n udah pernah riset macem2 buat knalpotnya, menurut info dari mbah google untuk volume knalpot itu hal yang gak kalah penting adalah melihat dari perbandingan stroke / langkah piston terhadap diameter piston, contoh untuk motor RX King,Ninja,NSR = langkah piston lebih kecil dari diameter piston = cocok untuk RPM atas, sedangkan untuk motor RXZ, F1ZR = langkah piston lebih besar dari diameter piston = torsinya besar,jadi tenaga bawah sampe menengahnya bagus.. setelah mengetahui type karakter mesinnya,baru disesuaikan sama volume knalpotnya dan trek yang akan dihadapi, apakah trek panjang,pendek, berliku / lurus kaya dragrace… Pisssssss… moga membantu.
    Salam @ 2Stroker (Ninjalovers)

  23. yang bagus apa ya masbro baru beli ninin ih

  24. Maz bro, Ninin qu thun 2010 akhri…..pake knalpot CMS solo, tp gk setting karbu
    ada efeknya gk Maz Bro…
    maklum…..masih baru Maz Bro..
    hehehehe
    piss

  25. mas, katanya knalpot aftermarket kaya CMS, DBS, dsb itu knalpotnya ga sebagus knalpot lokal? apa bener?CMIIW.
    soalnya kalo kaya gitu, ntar rugi udah beli mahal mahal.
    apa ngga ngrusak mesin mas?

    • enggak lahh,, itu merk-2 kondang lho.. Yg di buat berdasar hasil riset dari produsen masing-masing,, jadi yaa hasilnya juga ga di ragukan lagi asal settingan karbunya Pas jg aman buat mesin..

  26. MAKIN KENCANGGGGGGGGGGG

  27. kalo di tempat ane knalpot R9 yang jadi primadona untuk si Ninin bro…
    tampilannya juga kinclong… mantap dah…

  28. harganya brapa yach?…

    • yang mana..??

      • mgkn knalpot R9.
        kemaren aku beli Rp 1,2 jeti
        mungkin kalo harga udah naik/ lokasi di luar jawa bs nyampe 1,5 jeti.
        tp menurutku harga segitu nggak mahal,karena utnuk mencapai kepuasan itu gak bisa dinilai dg materi. dan di daerah saya ada ungkapan: “ono rego ono rupo”.
        hee… piSS…

  29. mas bro…..mo nanya nih

    karbu recing yg nggak ribet setingan ny ap ya..?

    trus bs nggak bikinin ane knalpot yg bs ngacir d stat awl,,,n bunyi ny bening.maklum jalanan d kota ane sering macet….brp duit+ongkos kirim ny k banjarmasin,buat motor ninja RR

    • karbu racing kebanyakan pake PE 28 Bro,, klo kenalpot resing Saya gak bisa bikinya Bro,, Saya juga di pedalaman sumatra ini.. Coba hubungin Brader di Jawa,, mungkin ada rekomendasi buat itu..

  30. Motor ane NinjaL 2009 knalpot R9, PJ48 dan MJ145 jarum skep ganti punya ninja lama alias blum superkips, yg ada klipnya itu lho…posisi klip nomer 2 dari bawah. Itulah menurut saya paling pas buwat harian, ga brebet baik atas, tengah maupun atas.

  31. Mas hourex… ada FB ato Twitter ngga???
    Mas klo knalpot racing Tsuigi Dexter standarnya KRR SE msh ada ngga??? klo Tsugi Dexter itu gmn karakternya???

  32. Mas hourex… ada FB ato Twitter ngga???
    Mas klo knalpot racing Tsuigi Dexter standarnya KRR SE msh ada ngga??? klo Tsugi Dexter itu gmn karakternya???

    klo dibandingin ma Knalpot2 Racing lainnya

    • waaa,, tsukigi bukan tandingan knalpot racing lokal ataupun interlokal Mas..

      Klo liat bentuk fiisiknya tsukigi karakternya High RPM tuu.. IMHO

      twiter gak punya Mas..

  33. KALO YAMAHA F1Z R STANDART BAGUSNYA PKE KNALPOT APA BROW,,???
    THANKS

  34. bner banget mas bro…
    klo pke knalpot standart tarikan motor emang agak loyo

  35. untuk balapan roadrace biasana cocok yang mana ?yang accelerasi ato yang top speednya yah ?
    kl perpaduan topspeed sma akselerasi yang modl mana knalpotnya ?

  36. sore om, saya punya usul ni .. bagaimana kalo om bikin ulasan tentang semua knalpot yg beredar di negri tercinta ini berikut dengan detail-detailnya seperti karakter, harga, dll
    so kita bisa tau dan cari knalpot yg pas untuk para ninja bikers.
    semoga usulan saya bisa diterima dan sebelumnya minta maaf kalo ada kata-kata saya yg buat om tersinggung.
    thnx

  37. […] Cara yang lazim dan biasa di lakukan adalah dengan Mengganti Knalpot standard OEMnya dengan tipe After Market yang kemudian di ikuti Proses Jetting Karbu,, bahkan sampai mengganti Karburator dengan diameter […]

  38. gmna cara pesen knalpot mcc buat ninja R, dan brpa harganya..
    mohon konfirmasinya. thank’s.

  39. sopo seng punyo nomor hape bengkel modif motor serba bisa..
    ane pengen bikin trial gas gas nih pake jet colled tornado 110
    ane butuh body kit nya
    yang tau kirim info nya k email ane ya
    rudye_yamahamokz@yahoo.com
    hape : 082172426851

  40. mas klo knalpot fu standar di buat semi racing sarangan knalpotnya yg bgus dibuat gmn and pipany ukuranny berapa z biar torsiii nya and top speedny ada

  41. mau beli knalpot tipe tops spidnya dimana pak? yang kayak gambar diatas paling bawah?

  42. mas.. mau dong tipe knalpot top spid diatas.. mau beli dimana?

  43. @ Hourex150L

    Maaf mas, sy mau tny. Kbtulan sy bike baru jd msih minim pnegetahuan tntang mesin mtor.
    Sy msh bngung dr pnjlsan mas di atas.
    Gini ya mas, Seandaix mtor sy putaran bwah trikanx loyo, tp pas putran atas baru kerasa tnagax. Nah klau dhububgkan dgn bentuk knalpot serta kgunaanx sprti pnjelasan mas di atas itu, Apakah sy hrus pkai knalpot untuk dongkrak menambah putaran bwah atau sy musti pkai knalpot untuk nambah top speed di putaran atas,?

  44. @ Hourex150L

    Maaf mas, sy mau tny. Kbtulan sy bike baru jd msih minim pnegetahuan tntang mesin mtor.
    Sy msh bngung dr pnjlsan mas di atas.
    Gini ya mas, Seandaix mtor sy putaran bwah trikanx loyo, tp pas putran atas baru kerasa tnagax. Nah klau dhububgkan dgn bentuk knalpot serta kgunaanx sprti pnjelasan mas di atas itu, Apakah sy hrus pkai knalpot untuk dongkrak menambah putaran bwah atau sy musti pkai knalpot untuk nambah top speed di putaran atas,?
    Thanks atas pnjelasanx.

    • klo tarikan bawah loyo hubungannya sama setting karburatornya Mas,, terutama pIlot jetnya..

      *pemilihan jenis knalpot di atas hanyalah untuk menyesuaikan dengan kebutuhan / gaya berkendara atau Trek jalanan..

      • maksudx gini bang,,,
        Seandaix motor sperti Ninja 150 dr pbrikanx kan memang untuk putaran bwah akselerasix gak segarang rx-king. Trus apakah sy hrus pkai knalpot dengan perut besar buat menambah akselerasi di putaran bwah (untuk mengimbangi rx-king) ataukah sy pkai knalpot dengan perut kecil dan silencer panjang buat nambah top speed,? Kira2 knalpot mana yg cocok.?
        Krena sy dengar, klu menggunakan knalpot racing yang gak sesuai dgn tipe mesin kandaraan, malahan membuat tenaga motor jd drop.
        Mhon dijawab ya mas ( klu gak kberatan, dsertai penjelasnx )
        Thanks ya.

  45. gan ane gi butuh karburator asli F1 zr,ada gk ya gan n brp harganya?

  46. Asslmk,,, Knalpot standar ninin 150r sering mbrebet, knapa ya mas brow?? trutama di tanjakan apalagi klo boncengan, klo di jetting aja tanpa gnti knalpot aftermarket bisa teratasi ga?? matur nuwun sdurunge atas pncerahannya.,

  47. kdx exhaust..

  48. Om kalo kaya gambar yang paling bawah, yang buatan pabriknya kira-kira apa ?
    Terus yang suaranya yang adem tapi melengking kira-kira apa ?

  49. mas,ninja rr standar pengen ganti knalpor racing harian yg suaranya garing dan awet buat mesin cocoknya pake yg mana ya ? klo r9 gimana mas ?atau punya referensi lain ? makasih ya mas broo

  50. Mas mau nanya nih ,kalo knalpot CMS galvanis atau R9 New monza mantep mana buat RR ?
    Kalo di mix gmana tuh ? Misalnya cilincer cms tp perut r9 ,pengaruh gak ?
    Oiya satu lg ,kalo pake v-force 3 tp keadaan mesin msh standar tingting , pengaruh banyak gak sama performance ?
    Maksh mas sblumnya (ˆ▿ˆ)♉

    • make v froce mantep bro.ga masalah mesin setandar asalkan jeting karbu pas. ga buat harian mah ga masalah. ane jga pake v froce. ya lumayan lah klo RPM tingi langsung d betot mah kaya d tarik jin
      wkwkw

  51. Selamat malam suhu-suhu…

    mau sharing donk…

    Ada yang pernah make knalpot DBS thailand ga..??
    barangkali ada yang bisa kasih masukan untuk setting pilot n main jet nya…

    Gw stress nih gan ga nemu2 setting yang pas..(maklum masih newbie)

    Sebelumnya pernah ganti PJ n MJ (lupa ukuranya berapa) tarikan dah lumayan tapi pas perpindahan gigi tenaga berasa menghilang sesaat…

    sekarang dah ganti ke PJ n MJ standar yang di rojok dikit…masalah pindah gigi sudah teratasi dengan baik, pas pindah2 gigi di rpm atas enak banget..nah sekarang masalah yang muncul adalah brebet pas awal tarikan (sebelum KIPS terasa membuka)…paling kerasa di gigi 1 dan 2 di RPM 7000-9000 an…brebetnya ga nahan,berasa boros banget tapi tenaga ketahan sama sekali..mending kalo sebentar ini lama banget, malah kadang2 ga jadi ngangkat sama sekali…tapi kalo pas udah ngangkat emang enak…cuma kalo brebetnya keterlaluan gitu sedih juga….

    barangkali ada yang tau ramuan jetting yang pas buat DBS galvanis..ato mungkin ada faktor lain seperti super kips (tapi kayanya KIPS nya g ada masalah)…

    Btw kalo karbu standarnya RR tuh PJ n MJ nya ukuran berapa yah?barangkali saya salah..

    thx before..

    buat agan2 boleh bantu comment untuk kasih solusi…

  52. bagus mana gan model las cacing ato yg polosan pada leher angsa nya? thx

  53. mau tanya gan…kalau knalpot DBS – AHM – R9 power manteb yang mana ya…
    😀

  54. KALAU KNALPOT SAYA MERKNYA AHAU TUH

    http://yudhadepp.blogspot.com/2012/06/knalpot-racing-ahau-motor-untuk-ninja-r.html?m=1

  55. mas broe.??? Ana bingung nie… Sbnr’y kenalpot R9 m dbs galvanis… Bgusan mn sih… Answer yeaa…

  56. Mas Kalau DBS Stanless sama CMS Stanless pilih mana ?
    saya masih bingung..terima kasih

  57. Terima Kasih Mas sebelumnya,
    Tapi saya masih punya problem..knalpot pakai merk lokal rencana mau ganti DBS,nyari yg lehernya las cacing agak susah yg SS,problem yg dihadapi sekarang begitu motor digas kok cuma 7-8rb rpm posisi gigi 4 anehnya openskips tidak terasa,kalau dulu berasa waktu pakai knalpot standar bahkan bisa sampai 11rb rpm,sekarang sudah portpolish sama pe28 dan PJ sama MJ juga sudah dinaikin..problem masih sama mohon pencerahannya ya mas,skips sudah dibuka masih bersih..kalau tanpa beban gas dipelitir masih bisa 12rb – redline,terima kasih sebelumnya
    BLOGnya sangat berguna bagi nubie spt saya

    • maksudnya di rpm 7-8 rb dah Brebet & gak mau naik lg rpmnya gitu Mas,,klo iya sepertinya gejala MJ kebesaran #memang knalpot DBS dah “TERKENAL” susah di setting# atau bisa jg setelan oli samping yg ke borosan.. IMHO..

      • Oh Maaf mas,saya lupa skr masih pakai knalpot lokalan..tapi itu mas rpm 8 ribu sudah ga mampu naik lagi walaupun posisi gigi 4,5,atau 6 seakan-akan tenaganya sudah hilang bahkan jambakan setan pun ga berasa..memang kalau MJ kebesaran tenaga atas loyo ya mas,padahal setelan kering agak basah

      • setelan angin kurang berpengaruh saat bukaan gas lebih dari 1/3 Mas,,jadi ga da hubungannya dengan RPM atas..

        Masalah mesin nahan /Brebet di >6rb-an RPM biasanya disebabkan MJ kebesaran yang di tandai dengan suara laju seperti tertahan, suara mesin kasar dan Suara knalpot jd lembab / Nge-BASS serta getaran mesin juga lebih kencang..

        Penyebab lain; posisi choke aktif atau Filter udara tersumbat..

        = IMHO @CMIIW =

  58. bang saya mau pesan knalpot bsa d kirim ga k karawang

  59. Mas mau nanya knalpot dbs rx king yg saya pake
    skrang performal nya nambah gila,tp stlah 400m merebet sediki apa mj nya kebesaran ya mas

  60. mas mau nanya nih,,, simple kok… knalpot yg bahan stenlis sama galvanis sebenarnya gak berpengaruh sama performa ya? tp kalo di sentul rata2 pake galvanis… pdhal harga lbh mahalan stenlis.. bingung nih mau beli CMS bahan galvanis apa stenlis.. secara kalo yg stenlis harganya lumayan mahal dr pd galvanis.. txs ya mas… 🙂

  61. Kalo r9 sentul itu ke top speed ato tarikan nya mas ?

  62. Kalo r9 sentul sma r9 new monza buat nnja rr 150 itu ke top speed ato tarikan nya mas ?

  63. mas sy mau nanya nih,, kmaren sy baru ganti knalpot lokal n udh ganti spuyer tp gtau ukurannya berapa.. yg saya rasain stelahnya adlh tarikan di bawah, n tengah sampe atas kurang. tarikan di bawah kurang spontan n di tengah sampe atas terasa ketahan/ brebed (ktahan di rpm 6000an), baru terasa jozz setelah rpm nyampe red line.. harusnya kan rpm 7-8rbuan udh jozz, kira2 knapa ya mas??
    n bener ga mas kalo spuyer udh di ganti ukuran besar enaknya open filter? tp ada yg bilang lg kalo open filter bisa bikin seher cpet rusak? (kayaknya spuyer sy ukuran besar dr stdr mas) gmana nih mas??
    nanya lg spuyer itu sama dengan MJ PJ ya?? thnks mas.. 🙂

    • sepertinya spuyernya mang kebesaran ityu Mas,, open filter tidak di anjurkan bila ingin mesin tetep awet..

      PJ + MJ adalah sebutan lain dari spuyer / bagian spuyer..

      Spuyer Kw jg bisa jadi penyebabnya,, karena ukurannya tidak Presisi seperti yg tertera..

      *untuk mesin standard biasanya cukup naik 1 step PJ + MJ nya Mas..

      • sy dh ganti filter tdr mas.. suaranya jd ngook ngokk gtu mas.. n dah ganti pilot jet lg mas, ukuran gtau lg mas..hehe tp msh ada terasa ngeden gtu dkit di putaran tengah.. masalh apanya lg ya mas?? apa knalpotnya?? soalnya katanya ada jg knalpot yg susah di seting mas..

  64. mas hourex mau tnya sebntr..
    r9 monza sma r9 sentul bagusan yg mana ? kalo menurut mas pribadi lebih suka yg mana ?
    trs kalo ganti knalpot racing mesti ganti spuyer nga ?
    buat motor nnja rr

    • new monza Mas,, dan sebaiknya klo ganti knalpot racing mang Spuyer musti di seting ulang Mas..

      • Mas pilih new monza karena apa ?
        Berarti harus bli spuyer baru dong.. Haha
        Trs kalo liat spuyer kw gimn mas ? Takutnya dapat yg kw

        1 lgi mas kalo buka fairing bawa ninja rr se 2012 bisa nga ? Takutnya kalo uda pakai lama kendor fairingnya..

    • bantu jawab yg di atas.. skalian sundul pertanyaan di atas.. fairing bawah pasti bisa gan, n ga bakalan kendor.. orang itu barang kaku ko, ya ga bakalan kendor..
      iya mas sy jg mau tanya seperti di atas, kalo dh ganti knalpot racing mesti “ganti” spuyer apa cukup di “seting” aja?? soalnya masih terasa berebed di tarikan tengah.. tq mas..

  65. alhamdulilah, akhirnya new rr ane udah sampe di rmh… 😀

  66. gan, ukuran PJ+MJ TDR PE 28 di ninja rr berapa kira2 ?
    soalnya ini masih kurang pas tarikannya 😀 makasih

  67. mas sya pke knalpot rx8 tipe kompetisi mesin saya standard ada pengaruh itu mas sma mesin sya klu seinggan karbu nya gi mna mas

  68. mas…aq baru tebus ninja ss 1 blan yang lalu,rencana knalpot ori akan bobok di medan,gmana menurut mas,info positif dan negatif tentang bobokan medan?

  69. kebalik bro, knalpot dengan perut atau muffler yang kecil cocok untuk putaran bawah. knalpot dengan perut yang besar cocok untuk putaran atas

  70. Bro, Kira-kira harga knalpot DBS itu brapa ??
    Kalau knalpot Ninja R Plong-Plongan itu bisa Membuat akselerasi meningkat Gak Bro ??

  71. Mas hourex…emang’a bner kalo panjang pipa penghubung antara perut dan silencer itu +- setengah dari silencer’a???

  72. mksh mass bro,ma klo bs mo nanya soal mtr gl 100 ku yg ngak mau hidop.padahal top n stelan klep nya udah pd standart

  73. Kalok mau order knalpot ninja 2t ane setok merek kdx jogja.085786000661

  74. knalpot kolong bwt satria hiu ada gk gan???

  75. gan..numpang tanya gan??kalau pertama tarikanya enteng gan..tpa kalau udah masuk gigi 4 keatas kok malah loyo ya gan..itu pengaruh apnya ya gan.??trimakasih??

  76. mas klo ninja r 2004 sma ninja r yg uda superkips..di kasi knlpot racing suaranya yg 2004 bisa cring halus kya yg ninja r 2008 ke atas g mas?? faktor ap y mas biar suaranya ninja 2004 cring ting halus

  77. Maaf mas.. kalo buat harian pnjg slencer nya yg 28cm pa 30cm mas?? Krn skrg bnyak yg nawarin pnjg slencer yg segitu??
    Supaya akselerasi dapet top speed jg dapet.

  78. jos artikelnya seputar knalpotnya

  79. jos semua knalpot racingnya

  80. mas , motor saya satria 2tak. mau tanya ni, knpa motor saya lari nya nahan ya sejak ganti knalpot kolong kaya yg di gambar paling bawah itu..?? dan apabila seting karbu sy harus pke MJ dan PJ brpa ?? motor sy udah korekan harian tpi msih pke MJ dan PJ standar.. mohon banget pencerahanya mas..

  81. Bang trus kalo knalpot yg gak pake silencer itu gimana bang macam knalpot2 motor drag di thailand??

  82. Infonya mantav….

  83. Gan motor saya ninja rr , pake knalpot racing creampie leher c sudah setting siang malem dan hasil nihil , kira kira mas ada recomend untuk ukuran pj dan mj nya gak ? Mohon bantuanya ngomg ngomg karbu ane masih bawaan dealer gan

  84. Cc f1 z sya udah mencapai 175 tapi lari nya malah makin loyo beda pas cc nya masih 150’an, malah sekarang di karbu nya juga jadi ng’ngap, apalagi kalo habis di gaspool saja si bodi motor dari blok mesin bergetar nya minta ampun bikin baud” pada longgar juga ada yang lepas, dan parah nya lagi kalo habis di gaspool sekitar 1kilo aja pas nurunin gigi mau berhenti nya kaya piring yang jatoh dari rak nya dan langsung mati, cuma bagus nya setelah rehat sekitar 30 detik pas di hidupin lagi jadi biasa lagi ga kenapa napa..? Mohon solusi nya bos.

  85. Motor saya satria 2 tak (hiu) mas, saya suka sekali dgn tampilan knalpot kolong full tp knpa ya ? Klo satria pake knlapot model kaya gtu larinya agak nahan antara putaran rpm menengah ke atas, tp memang top speednya ngeriihhh
    Dan yg pengen saya tau lg, biar putaran(rpm) dari bawah ->menengah -> atas ga nahan caranya gimana ya ?
    Ini spek motor saya
    Piston os 0,25
    Karbu pwk 28, pj/mj 50/145
    Pengapian AC (magnet+cdi rc100,spull ts125)
    Knalpot kolong full uk. Perut 34
    Slincer gemuk panjang 26cm

    Suwun sebelumnya.

  86. Kalo knalpot model king kayak d atas bisa d pakai ke ninja 150 nggak bang,, pengen beda gitu,,,

  87. Maaf mas bro harga brp ya perut knalpot nya..
    Klo bleh tau daerah mana ya mas bro..
    Matursuwun

Tinggalkan komentar