MODEL KNALPOT RACING (2T) PENGARUHI KARAKTER MESIN
Sebelumnya minta Maaf dulu lah sama Senior-Senior yang lebih Fasih tentang permesinan dan mungkin juga sudah pernah membahas hal ini sebelumnya..
Berawal dari keluhan Brade Ninjers di Smsnya, bahwa topspeed Ninja RRnya justru menurun setelah ganti Knalpot Racing dan jetting Karburator mengikuti kebutuhan Mesinya..
Jadi ada baiknya juga untuk mengulas kembali karakter knalpot Racing (2T) dari bentuk / model knalpotnya.. Baiklah mulai dari belakangnya Dulu,
1. Silencer
Bila silencernya panjang dan biasanya diameternya juga agak kecil karakternya bagus untuk RPM menengah sampai atas, semakin panjang silencer akan semakin tinggi juga topspeed yang akan diraih.. Sebaliknya bila silencernya pendek, biasanya diameternya juga agak lebih besar maka karakter silencer ini bagus buat akselerasi atau mantap di RPM bawah sampai menengah saja sedang topspeednya bakalan loyo/ agak tertahan.. Kalo nggak panjang tapi juga gak pendek berarti ya sedang-sedang saja alias Knalpot Harian / tidak signifikan peningkatan performanya..
Oia, biasanya panjang silencer selain diikuti diameter silencernya juga akan seimbang dengan pipa penghubung antara silencer dengan perut Knalpot, semakin panjang silencer akan semakin panjang juga pipa penghubungnya, karena pipa penghubung yang panjang akan memperpanjang Napas Mesin sehingga dapat mengail topspeed yang lebih tinggi.. Begitu juga sebaliknya, jika silencer pendek dan diameternya lebih gede maka pipa penghubung dengan perutnya pun semakin pendek, agar gas lebih cepat terbuang dan segera menghasilkan power sehingga akselerasinya lebih yahud..
2. Perut Knalpot
Perut knalpot yang besar / Gendut akan membuat karakter mesin lebih Dominan pada RPM bawah atau akselerasinya dapat, sebaliknya perut kenalpot yang kecil akan membuat mesin lebih beringas pada putaran menengah keAtas..
Dipasaran Tanah Air banyak sekali beredar Knalpot Racing Racikan Bengkel-Bengkel Ternama yang membuat Knalpot Produknya Berdasarkan Riset-Riset, makanya setiap Produk Knalpot mempunya i karakter yang berbeda-beda..
Kemuudian Bagian terakhir yaitu Pipa Pembuangan dari Blok ke perut Knalpotnya (leher angsa)
– Bila leher angsanya pendek ke perut Knalpot yang Gendut / besar, maka Karakter Mesin yang terbentuk adalah Sadist dan Sangar pada RpM rendah sampai tengah (akselerasinya Maut)
– Bila leher Angsa panjang ke Perut Knalpot yang Gendut maka Karakter mesin Merata dari RPM bawah, menengah hingga Atas (Type kenalpot Harian)
– Leher Angsa Pendek ke Perut Knalpot yang Kecil akan Menghasilkan Karakter Mesin yang Mantap dan Padat dari Putaran Menengah Sampai Top RPM
– Leher Angsa Panjang ke Perut Knalpot yang kecil akan membuat Napas Mesin yang lebih panjang sehingga TopSpeed Maksimal dapat di raih namun Biasanya Akselerasinya kurang Bagus..
Nah, sekarang tinggal Pilih Model / bentuk Knapot Racing yang sesuai Kebutuhan atau spek Mesin Motor Kita..
Sebagai Contoh, apabila Motor (2T) kita speknya Over Bore dan butuh akselerasi Motor yang SADiS atau sering Stop en Go karena tinggal di pemukiman Padat sehingga tidak memungkinkan untuk NYARI TOPSPEED maka keknya model ini yang Cucok..
Tapi ada yang perlu di INGAT Boz, Knalpot model ini Biasanya membuat Mesin Motor RAKUS BBM..
Sedangkan Bila Sampeyan hobi Touring dan Motor (2T) Anda Power Maximalnya di RPm Atas atau tinggal di Daerah (Kek Saya) dan suka dengan TOPSPeeD setinggi-tingginya keknya Model ini Yang Anda Butuhkan..
Jangan Lupa untuk Jetting Ulang Karburatornya Agar PerForma Maximal Knalpot bisa didapat dan Keluar dengan Sempurna..
Semoga Ada Mamfaatnya, dan Mohon Koreksinya bila ada kekurangan…
Yang penting KIP BRADEHUD FOREVE
en PISS..
PERTAMAXX
2 kali pake knalpot racing bwat 2t ane dulu,tarikan mang ruarr biazza,nggak berisik bgt,sekarang pke 4t gak berani pke knalpot racing,tkut disambit sendal jepit karena suaranya
SALAM KARET BUNDAR™
NanaRedPr☺ said this on April 6, 2011 pada 6:15 pm |
@Bro Nana
mantab Brade, Btw knalpot Racing 4T ada juga kok yang silent Mode Maz Bro..
Suaranya merdu dan lembut malah..
Hehehe..
hourex150l said this on April 6, 2011 pada 10:00 pm |
rung tau mbandingin je, ndisit nganggo King yo standard ae… wis ngacir, saiki wedi nganggo 2t, terakhir nganggo F1zr korekan, ga iso ngerem.. nggeblag, ndlosor telung meteran nang aspal, padahal motor nyilih je.. isin aku
Triyanto Banyumasan said this on April 6, 2011 pada 6:47 pm |
Wuaduh Kang Tri, podhoo..!!
Tahun 94(masih SMK kelas 1) Saya pake poswan semi korek punya teman juga Dloozzoorr,, yang bikin malu masih gigi 1 dan baru 10 meteran Jalan..xixixixi..
*pengalaman GURU yang terbaik lho..
hourex150l said this on April 6, 2011 pada 10:07 pm |
Ane naksir image yg paling bawah muantep buat touring, BTW merknya ap Bro & harganya brapa yah, klo beda merk knalpot beda settingan karbunya jga kan bro.
Skips said this on April 6, 2011 pada 7:44 pm |
@ Mas Bro Skips
waaa, yups Saya juga Naksir Nii.. Klo diliat modelnya disamping Topspidnya Mantab keknya akselnya juga Sip tu, Sori Maz.. Merk en Harganya Gelap Maz Bro, Kos Pictnya juga hasil Nyopet di Gugel Kok..
Sejauh yang Saya ketahui juga Begitu Maz, lain Knalpot juga lain setingannya Yang Pas (walo model & merk sama kadang juga beda spuyer yang dibutuhkannya)
CMIIW…
hourex150l said this on April 6, 2011 pada 10:19 pm |
kok silencernya krom kaya silencer ori nya yah? las-las an sangar je,,
dhuwurs said this on April 11, 2011 pada 2:02 pm
Nice inpo ..
Vickytrack said this on April 6, 2011 pada 8:59 pm |
@Bro Vicky
Thengs Suwun sanjungannya, Saya Masih Junior ni Maz Bro.. Masih perlu banyak petunjuk dari para Senior seprti Sampeyan Maz Bro..
PISS..
hourex150l said this on April 6, 2011 pada 10:26 pm |
aku malah lg njajal knalpot lokal mas, gawean bandung cuman durung nemu setingan seng pas, modele koyo pict ngisor dw
kobain said this on April 7, 2011 pada 1:41 am |
itu emang Model Knapot Favorit Maz Bro, karena selain Topspeednya bakalan Nambah akserlerasinya juga Dapat Maz Bro.. CMIIW:
hourex150l said this on April 7, 2011 pada 4:31 am |
gwe pengen ambil ninin 2T , tp gwe malah di ceramahin ma bokap katanya 2T mau di stop.. Bner ga sih maz hourex… 😦
Ricad said this on April 7, 2011 pada 9:48 am |
waaa, kalo Isu 2T di stop sudah sejak dulu Maz Bro, sama kek Saya waktu mo ambil Ninja juga Isu tersebut udah beredar kencang..
*kalo 2 T di stop, ATPM kawasaki mau jualan apa Bro..?? Wong yang laku keras dari Kawasaki cuman 2T nya..
Keknya gak bakalan Bro, liat di Eropa aja tidak di Larang,, justru masih di kembangkan..CMIIW..
PISS..
hourex150l said this on April 7, 2011 pada 1:14 pm |
wah hrganya ama knalport 4 stroke mahalan 2 stroke
asmarantaka said this on April 7, 2011 pada 9:51 am |
hhaalaah, tergantung to yaa..
Walao Knalpot 4T kalo buat N250R ya sampai 6 jutaan Broo.. Laa 2 T harga 2 jutaan udah bagus banget Tu Maz..
PISS..
hourex150l said this on April 7, 2011 pada 1:19 pm |
mantap bro..
Biker Manado said this on April 8, 2011 pada 7:51 am |
suwun Maz Bro..
hourex150l said this on April 9, 2011 pada 11:59 am |
Diseputaran solo bikin kenalpot racing 2t yang top markotop dibengkel kamto daerah turisari atau bengkelnya benny ompong, by the way…aq lebih demen knalpot standar 2T dibobok aja dan dimodifikasi saringan rumah lebahnya agar suara merdu ngga kaya gledek plus tenaga atas bawah lumayan nendang dengar harga cuman 75rb perak :-D.
dnugros said this on April 8, 2011 pada 10:24 am |
waaa, iku laa enak e urip Neng Jowo Maz, banyak versi alternatifnya…
hourex150l said this on April 9, 2011 pada 11:58 am |
solo… alamate pundi???
kulo boyolali…
ajeng tindak shoow room…
karto said this on April 12, 2011 pada 12:21 pm |
wah…, bener,,, kulo yo podo… tuku knalpot king ning beny ompong… manteb tenan
wong solo said this on Juni 7, 2011 pada 12:31 am |
alamat beny ompong mana gan????
knalpotku kurang mantap nih
mael said this on Oktober 23, 2011 pada 3:10 pm
ning nggone mcc yo lumayan apik mas, daerah jajar
paijo said this on September 21, 2011 pada 9:15 pm |
mcc solo itu daerahnya mana ya mas ?
dimas said this on Januari 21, 2012 pada 11:27 pm
motor ku kalau main nafas, N main pelintir gas cepat knapa tenaga motor” nahan ya?
padahal kan kalo buat trek2n butuh main gas cepat? tolong resepnya mas bro
aku dah ganti knalpot racing N seting karbu
rizal said this on April 9, 2011 pada 9:36 am |
@ Bro Rizal
keknya Jetting Karburatornya gak pas Tu Bro..
Emang sekarang PJ & MJ nya brapa Bro, ama nahannya di kisaran RpM brapa Bro..??
hourex150l said this on April 9, 2011 pada 11:53 am |
PJ nya pake standart soalnya kalo pake 48 motor ngeberebet, MJ pake ukuran 145, dan tu pasnya, kalo dikasih 148 motor ngberebet. nahan di RPM 7000 kalau mau naik gigi langsung rada keluar tenaganya
rizal said this on April 10, 2011 pada 8:31 pm |
kisaran RPM 7000an adallah masa Transisi fungsi dari jarum skep ke MJnya..
Analisa Saya yang masih bodo ini, ada ketidak sinkronan antara keduanya (jarum skep & Mj)..
MJ 145 berarti naik 1,5 step dari standarnya (138),, jadi kalo jarum skepnya belum di modif (di naikan sikit) maka saat peralihan fungsi akan terjadi shock (biasanya ngelayani yang 138)..
Jadi menurut Saya jarum skepnya yang perlu di setting/ dinaikan lagi (kalo masih standard) ato bahkan kalo sudah di naikan jarumnya bisa jadi kurang pas ukuran naikannya (bisa ketinggian / kurang tinggi)
silahkan Brade Ninjers yang lain kalo mau nambahin ato koreksi…
Monggo…
hourex150l said this on April 10, 2011 pada 10:00 pm
ninja R ane masih setia ama knalpot standar
tapi tarikannya bisa ngalahin ninja R yg berknalpot resing 😀
diluar negeri, kawasaki victor(ninja R disini) dpke balapan masih pada pke leher knalpot standar yg banyak liukannya,gk tau knapa alesannya
dumsky said this on April 9, 2011 pada 8:02 pm |
Ya jelas lah Bro, lha wong karbune Sampeyan udah apgredan kok (PWK 28 yaa??)..
Bdw, seperti yang Saya tulis diatas Maz Bro, karakter kenalpot Std Ninja (Leher panjang=utk top spid, perut besar= utk aksel, silencer panjang = untk topspid, sedang pipa penghubung perut dng silencer yang 1/2 panjang silencer = utk akselerasi) adalah Perpaduan antara Akselerasi dan TopSpeed racikan Enginering Kawasaki thailand sono yang terbukti yahud Atas-Bawah, cuman kalah di suara aja Maz Bro..
Dan salah satu alasan Saya ganti kenalpot juga karena pingin suara yang Garing & renyahnya Maz Bro..
PISS..
hourex150l said this on April 10, 2011 pada 10:11 pm |
@brodar hourex
brader ane baru ajje dpt inpo dr bloger nii yg judulnya senjata rahasia ninja…
pokoke intinya tuh dy standard recing ting..ting..pabrikan cmn yg do’i mainin lobang ventury karbunya yg d’bubut ato d’amplas klo pgn manual…
naah yg jd ane binun pless atuut…
apa gk syg th karbu ori d’papas trz klo d’gt’in ngrusak mesin ndaak..??
naah dy jg blg “knp gk sxan gnt karbu 28..??”
kata doi klo lgsg gnt gt bros’a minta ampyun jln snte atopun kenceng…
klo d’papas gk terlalu plg 1:25 bnsin’a…
oya mksd karbu..
oya doi mapas karbu keihin 26 dipapas 2mm jd 28…
opay said this on Oktober 1, 2011 pada 6:12 am
walaaaa,, Saya bingung dengan komen Sampeyan ini.. 😀 😀
gimana nii,, gak Mudeng arahnya..
PISS..
Hourex150L said this on Oktober 1, 2011 pada 8:59 am
kalo knalpot motor 4 t gimana bos?
kangmase said this on April 10, 2011 pada 10:02 pm |
@ kangMaz
klo yang 4T keknya lebih rumit & sensitif dee..
Kos selain panjang Pipa, burger/mufler juga diameter pipa baik leher angsa ama diameter ujung/final pembuangan sangat menentukan karakter dan power yang terbentuk..IMHO..
PISS..
hourex150l said this on April 10, 2011 pada 10:18 pm |
masuk akal juga, analoginya lubang udah besar tapi kapasitas suntikan bahan bakar masih standar, maka hasilnya kurang full, nanti dah aku coba, cari2 ring dulu buat ganjal jarumnya, thanks ya mas, semoga sukses lah
rizal said this on April 11, 2011 pada 9:01 am |
bisa pake isi Pena (pipa plastiknya) yang agak gede / biasanya model tinta gel potong aja sesuaikan ketebalanya sesuai kebutuhan mesin (1 – 3 mm)
PISS..
hourex150l said this on April 11, 2011 pada 10:10 am |
kenalpot racing sebaiknya jgn beli, tapi pesen khusus, tinggal bwa mesinya ke gandhoel jogja ntar bisa dibikinin kenalpot yg pas dg mesin kita
enth said this on April 14, 2011 pada 4:17 pm |
mas bro……gw pngen 2t gw lajuny kenceng,bs topspeed.knalpot jg pngen yan cring..criiing bunyiny……biar pak pol mkir2 klo mo blpn…..tp gw pngeny bs ngirit cz gw sneng tour luar kota…..enakny gmn mas bro????? tolng pndapatny duunxz??!! mksh tengyu
eko monjho suyono said this on Mei 6, 2011 pada 4:30 pm |
Knalpotnya Ganti yang Merk TerKenal Maz Bro, TDR, DBS, R9 dll..
Jamin deh gak terlalu Boros asal settingannya pas..
*biasanya Harga ga bisa Bohong..
PISS,,
Hourex150L said this on Mei 6, 2011 pada 6:19 pm |
Maaf om mau nanya,mnurut om klau knalpot r9 itu jenis knalpot akselerasi atau topspeed ? Saya pngen beli knalpot itu tp msih ragu,,mohon pencerahan nya..
Makasih 🙂
chacinkz said this on Mei 13, 2011 pada 10:26 pm |
yang Saya tahu R9 ini adalah knalpot racing harian (spec mesin standard) jadi merupakan perpaduan dari keduanya, perut yang besar untuk akselerasi sedang pipa antara perut & silencer panjang serta kecil akan meningkatkan napas atasnya(Topspeed)..
Keknya bakalan naik baik aksel maupun topspeednya bila di suplai settingan karbu yang pas..
Hourex150L said this on Mei 14, 2011 pada 4:38 am |
ohh gitu ya om,,makasih atas info nya 🙂
maklum saya msih newbie,baru bulan kemarin di beliin ninja ama bokap..hehe 🙂
ow iya mnurut om hourex oli samping yg bagus itu merk apa ya ? klau oli samping merk pertamina enviro bagus ga om ? soal nya misal beli oli samping enviro kan bsa di SPBU pertamina jd dpat yg asli,takut ny klau di toko smbarangan dpt oli yg palsu.. 🙂
mohon pencerahan nya 🙂
chacinkz said this on Mei 14, 2011 pada 11:54 am
waaa, kalo Oli samping merk itu saya gak tahu Mas Bro bagus apa tidak buat Ninja, belum pernah coba sih,, kos selama ini (sejak pake Ninja) Olsamnya pake KGO saja,, dulu pas pake RXZ (tahun 94) olinya cukup pake MesraNia warna Biru (Produk pertamina juga) lumayan bagus (ga da masalah di motor).. Pokok asal jangan oli murahan saja Maz Bro, biasanya HARGA GA K BOHONG..
Hourex150L said this on Mei 14, 2011 pada 6:15 pm
iya om harga biasa nya ga bhong,prnh dpt saran suruh pake olsam motul tp mahal banget om..hehe 🙂
klau om hourex untuk oli mesin nya pake oli merk apa ? jarak pergantian oli mesin bagus nya tiap brp km om ? 🙂
mohon pencerahan nya 🙂
chacinkz said this on Mei 14, 2011 pada 7:04 pm |
Saya cukup pake Oli mesin Standardnya kok (KGO 4T) setelah pergantian pertama (500km)kemudian per 5000km sekali.. Kos untuk Mesin 2 tak oli HANYA melumasi gearbox en kopling saja jadi zat pelumasnya jauh lebih tahan lama dibanding Oli pada mesin 4 tak yang musti masuk juga ke area pembakaran (silender & head) dengan suhu panaz yang extrime kemudian kembali ke gerbox & kopling lagi dan begitu seterusnya..
Hourex150L said this on Mei 14, 2011 pada 10:25 pm |
ow berarti inti nya pergantian oli mesin tiap 5000 km ya om ? 🙂
makasih bwt info nya om,,info dr om hourex sngat brguna bwt smua pemakai ninja trutama saya yg msih newbie ini..hehe 🙂
chacinkz said this on Mei 15, 2011 pada 3:12 pm |
Sukses Blognya bos.. info bagus nih.. saya dari jaman sekolah dulu motornya 2 tak semua n udah pernah riset macem2 buat knalpotnya, menurut info dari mbah google untuk volume knalpot itu hal yang gak kalah penting adalah melihat dari perbandingan stroke / langkah piston terhadap diameter piston, contoh untuk motor RX King,Ninja,NSR = langkah piston lebih kecil dari diameter piston = cocok untuk RPM atas, sedangkan untuk motor RXZ, F1ZR = langkah piston lebih besar dari diameter piston = torsinya besar,jadi tenaga bawah sampe menengahnya bagus.. setelah mengetahui type karakter mesinnya,baru disesuaikan sama volume knalpotnya dan trek yang akan dihadapi, apakah trek panjang,pendek, berliku / lurus kaya dragrace… Pisssssss… moga membantu.
Salam @ 2Stroker (Ninjalovers)
Ninjalovers said this on Mei 30, 2011 pada 11:35 am |
makasih, en Manteb sharingnya Maz Bro..
Di tunggu juga Sharing ilmu-ilmu Ninjanya dari sampeyan Bro..
Hourex150L said this on Mei 30, 2011 pada 12:56 pm |
mantab sharing Ilmunya Bro,, di tunggu ilmu-ilmu ninjanya nii..
Makasih..
Hourex150L said this on Mei 30, 2011 pada 1:02 pm |
yang bagus apa ya masbro baru beli ninin ih
Ogy_black_ninin said this on Juli 7, 2011 pada 2:50 pm |
yang bagus Pesan langsung sama ahli Knalpot Bro,, lebih mudah settiing karbunya..
Hourex150L said this on Juli 7, 2011 pada 11:12 pm |
Maz bro, Ninin qu thun 2010 akhri…..pake knalpot CMS solo, tp gk setting karbu
ada efeknya gk Maz Bro…
maklum…..masih baru Maz Bro..
hehehehe
piss
Satukosong Tujuh Sembilanpuluh said this on Juli 20, 2011 pada 9:48 pm |
kalo cuma buat harian sih Gak papa,, tapi kalo sering kebut-kebutan ya cepet aus Ringnya Mas..
Hourex150L said this on Desember 26, 2011 pada 9:18 am |
mas, katanya knalpot aftermarket kaya CMS, DBS, dsb itu knalpotnya ga sebagus knalpot lokal? apa bener?CMIIW.
soalnya kalo kaya gitu, ntar rugi udah beli mahal mahal.
apa ngga ngrusak mesin mas?
asemboh said this on Juli 24, 2011 pada 9:14 am |
enggak lahh,, itu merk-2 kondang lho.. Yg di buat berdasar hasil riset dari produsen masing-masing,, jadi yaa hasilnya juga ga di ragukan lagi asal settingan karbunya Pas jg aman buat mesin..
Hourex150L said this on Juli 24, 2011 pada 1:16 pm |
MAKIN KENCANGGGGGGGGGGG
ipanase said this on Agustus 4, 2011 pada 10:45 pm |
kalo di tempat ane knalpot R9 yang jadi primadona untuk si Ninin bro…
tampilannya juga kinclong… mantap dah…
iLanDenis said this on Agustus 7, 2011 pada 10:03 pm |
brarti Sama dung Bro..
Hourex150L said this on Agustus 7, 2011 pada 11:05 pm |
mas Bro,add fb-ku ya : iLanDenis ZED
aku search fb-nya sampean gak ketemu2…
trims before..
iLanDenis said this on September 3, 2011 pada 4:35 am
harganya brapa yach?…
Feb Celullar said this on Agustus 9, 2011 pada 4:58 pm |
yang mana..??
Hourex150L said this on Agustus 9, 2011 pada 7:28 pm |
mgkn knalpot R9.
kemaren aku beli Rp 1,2 jeti
mungkin kalo harga udah naik/ lokasi di luar jawa bs nyampe 1,5 jeti.
tp menurutku harga segitu nggak mahal,karena utnuk mencapai kepuasan itu gak bisa dinilai dg materi. dan di daerah saya ada ungkapan: “ono rego ono rupo”.
hee… piSS…
iLanDenis said this on September 3, 2011 pada 4:42 am
mas bro…..mo nanya nih
karbu recing yg nggak ribet setingan ny ap ya..?
trus bs nggak bikinin ane knalpot yg bs ngacir d stat awl,,,n bunyi ny bening.maklum jalanan d kota ane sering macet….brp duit+ongkos kirim ny k banjarmasin,buat motor ninja RR
samsul said this on September 24, 2011 pada 7:33 am |
karbu racing kebanyakan pake PE 28 Bro,, klo kenalpot resing Saya gak bisa bikinya Bro,, Saya juga di pedalaman sumatra ini.. Coba hubungin Brader di Jawa,, mungkin ada rekomendasi buat itu..
Hourex150L said this on September 25, 2011 pada 4:33 pm |
Motor ane NinjaL 2009 knalpot R9, PJ48 dan MJ145 jarum skep ganti punya ninja lama alias blum superkips, yg ada klipnya itu lho…posisi klip nomer 2 dari bawah. Itulah menurut saya paling pas buwat harian, ga brebet baik atas, tengah maupun atas.
Urit SuperKips said this on Oktober 20, 2011 pada 12:40 pm |
sip Mantab Mas..
Hourex150L said this on Oktober 20, 2011 pada 1:48 pm |
Mj 145 apa ga kebrosan mas bensinnya?
Erik (balikpapan) said this on Juni 15, 2016 pada 4:56 pm |
Mas hourex… ada FB ato Twitter ngga???
Mas klo knalpot racing Tsuigi Dexter standarnya KRR SE msh ada ngga??? klo Tsugi Dexter itu gmn karakternya???
fajar_text said this on Oktober 31, 2011 pada 9:57 am |
waa gak tau Mas,, tapi kalo lihat fisiknya untuk putaran atas tuu..
Gak punya twiter mas..
Hourex150L said this on Oktober 31, 2011 pada 10:51 am |
Mas hourex… ada FB ato Twitter ngga???
Mas klo knalpot racing Tsuigi Dexter standarnya KRR SE msh ada ngga??? klo Tsugi Dexter itu gmn karakternya???
klo dibandingin ma Knalpot2 Racing lainnya
fajar_text said this on Oktober 31, 2011 pada 9:58 am |
waaa,, tsukigi bukan tandingan knalpot racing lokal ataupun interlokal Mas..
Klo liat bentuk fiisiknya tsukigi karakternya High RPM tuu.. IMHO
twiter gak punya Mas..
Hourex150L said this on Oktober 31, 2011 pada 11:03 am |
KALO YAMAHA F1Z R STANDART BAGUSNYA PKE KNALPOT APA BROW,,???
THANKS
aziz zumara said this on November 9, 2011 pada 7:10 pm |
bedet knalpot orinya saja sudah sip Mas kalo STD..
Hourex150L said this on November 9, 2011 pada 11:11 pm |
bner banget mas bro…
klo pke knalpot standart tarikan motor emang agak loyo
Gento Muis said this on Desember 3, 2011 pada 10:35 pm |
untuk balapan roadrace biasana cocok yang mana ?yang accelerasi ato yang top speednya yah ?
kl perpaduan topspeed sma akselerasi yang modl mana knalpotnya ?
cahya said this on Desember 4, 2011 pada 7:37 pm |
sore om, saya punya usul ni .. bagaimana kalo om bikin ulasan tentang semua knalpot yg beredar di negri tercinta ini berikut dengan detail-detailnya seperti karakter, harga, dll
so kita bisa tau dan cari knalpot yg pas untuk para ninja bikers.
semoga usulan saya bisa diterima dan sebelumnya minta maaf kalo ada kata-kata saya yg buat om tersinggung.
thnx
sepedaipb said this on Desember 20, 2011 pada 3:38 pm |
hahaha,, usul yang Membangun Mas..
*waah abot kii..
Hourex150L said this on Desember 20, 2011 pada 9:16 pm |
[…] Cara yang lazim dan biasa di lakukan adalah dengan Mengganti Knalpot standard OEMnya dengan tipe After Market yang kemudian di ikuti Proses Jetting Karbu,, bahkan sampai mengganti Karburator dengan diameter […]
OPTIMALKAN BOX FILTER | Hourex150l's Blog said this on Desember 26, 2011 pada 9:40 am |
gmna cara pesen knalpot mcc buat ninja R, dan brpa harganya..
mohon konfirmasinya. thank’s.
Angga Cai said this on Februari 10, 2012 pada 5:09 am |
sopo seng punyo nomor hape bengkel modif motor serba bisa..
ane pengen bikin trial gas gas nih pake jet colled tornado 110
ane butuh body kit nya
yang tau kirim info nya k email ane ya
rudye_yamahamokz@yahoo.com
hape : 082172426851
zuezworkudye said this on Februari 18, 2012 pada 1:05 pm |
mas klo knalpot fu standar di buat semi racing sarangan knalpotnya yg bgus dibuat gmn and pipany ukuranny berapa z biar torsiii nya and top speedny ada
ryan said this on Maret 25, 2012 pada 11:44 am |
mau beli knalpot tipe tops spidnya dimana pak? yang kayak gambar diatas paling bawah?
skysquall said this on Maret 29, 2012 pada 10:08 am |
mas.. mau dong tipe knalpot top spid diatas.. mau beli dimana?
skysquall said this on Maret 29, 2012 pada 10:11 am |
@ Hourex150L
Maaf mas, sy mau tny. Kbtulan sy bike baru jd msih minim pnegetahuan tntang mesin mtor.
Sy msh bngung dr pnjlsan mas di atas.
Gini ya mas, Seandaix mtor sy putaran bwah trikanx loyo, tp pas putran atas baru kerasa tnagax. Nah klau dhububgkan dgn bentuk knalpot serta kgunaanx sprti pnjelasan mas di atas itu, Apakah sy hrus pkai knalpot untuk dongkrak menambah putaran bwah atau sy musti pkai knalpot untuk nambah top speed di putaran atas,?
Junior said this on Mei 5, 2012 pada 5:31 am |
@ Hourex150L
Maaf mas, sy mau tny. Kbtulan sy bike baru jd msih minim pnegetahuan tntang mesin mtor.
Sy msh bngung dr pnjlsan mas di atas.
Gini ya mas, Seandaix mtor sy putaran bwah trikanx loyo, tp pas putran atas baru kerasa tnagax. Nah klau dhububgkan dgn bentuk knalpot serta kgunaanx sprti pnjelasan mas di atas itu, Apakah sy hrus pkai knalpot untuk dongkrak menambah putaran bwah atau sy musti pkai knalpot untuk nambah top speed di putaran atas,?
Thanks atas pnjelasanx.
Junior said this on Mei 5, 2012 pada 5:32 am |
klo tarikan bawah loyo hubungannya sama setting karburatornya Mas,, terutama pIlot jetnya..
*pemilihan jenis knalpot di atas hanyalah untuk menyesuaikan dengan kebutuhan / gaya berkendara atau Trek jalanan..
Hourex150L said this on Mei 5, 2012 pada 8:44 am |
maksudx gini bang,,,
Seandaix motor sperti Ninja 150 dr pbrikanx kan memang untuk putaran bwah akselerasix gak segarang rx-king. Trus apakah sy hrus pkai knalpot dengan perut besar buat menambah akselerasi di putaran bwah (untuk mengimbangi rx-king) ataukah sy pkai knalpot dengan perut kecil dan silencer panjang buat nambah top speed,? Kira2 knalpot mana yg cocok.?
Krena sy dengar, klu menggunakan knalpot racing yang gak sesuai dgn tipe mesin kandaraan, malahan membuat tenaga motor jd drop.
Mhon dijawab ya mas ( klu gak kberatan, dsertai penjelasnx )
Thanks ya.
Junior said this on Mei 5, 2012 pada 11:35 am
gan ane gi butuh karburator asli F1 zr,ada gk ya gan n brp harganya?
sofyan said this on Mei 14, 2012 pada 1:08 am |
Asslmk,,, Knalpot standar ninin 150r sering mbrebet, knapa ya mas brow?? trutama di tanjakan apalagi klo boncengan, klo di jetting aja tanpa gnti knalpot aftermarket bisa teratasi ga?? matur nuwun sdurunge atas pncerahannya.,
sumanto09 said this on Mei 14, 2012 pada 4:01 pm |
kdx exhaust..
roonn said this on Mei 16, 2012 pada 2:37 am |
Om kalo kaya gambar yang paling bawah, yang buatan pabriknya kira-kira apa ?
Terus yang suaranya yang adem tapi melengking kira-kira apa ?
ryan said this on Mei 22, 2012 pada 6:57 pm |
mas,ninja rr standar pengen ganti knalpor racing harian yg suaranya garing dan awet buat mesin cocoknya pake yg mana ya ? klo r9 gimana mas ?atau punya referensi lain ? makasih ya mas broo
abu said this on Mei 28, 2012 pada 7:33 am |
Mas mau nanya nih ,kalo knalpot CMS galvanis atau R9 New monza mantep mana buat RR ?
Kalo di mix gmana tuh ? Misalnya cilincer cms tp perut r9 ,pengaruh gak ?
Oiya satu lg ,kalo pake v-force 3 tp keadaan mesin msh standar tingting , pengaruh banyak gak sama performance ?
Maksh mas sblumnya (ˆ▿ˆ)♉
fariz said this on Mei 31, 2012 pada 10:23 pm |
make v froce mantep bro.ga masalah mesin setandar asalkan jeting karbu pas. ga buat harian mah ga masalah. ane jga pake v froce. ya lumayan lah klo RPM tingi langsung d betot mah kaya d tarik jin
wkwkw
fahmi said this on Juli 27, 2012 pada 1:35 am |
Selamat malam suhu-suhu…
mau sharing donk…
Ada yang pernah make knalpot DBS thailand ga..??
barangkali ada yang bisa kasih masukan untuk setting pilot n main jet nya…
Gw stress nih gan ga nemu2 setting yang pas..(maklum masih newbie)
Sebelumnya pernah ganti PJ n MJ (lupa ukuranya berapa) tarikan dah lumayan tapi pas perpindahan gigi tenaga berasa menghilang sesaat…
sekarang dah ganti ke PJ n MJ standar yang di rojok dikit…masalah pindah gigi sudah teratasi dengan baik, pas pindah2 gigi di rpm atas enak banget..nah sekarang masalah yang muncul adalah brebet pas awal tarikan (sebelum KIPS terasa membuka)…paling kerasa di gigi 1 dan 2 di RPM 7000-9000 an…brebetnya ga nahan,berasa boros banget tapi tenaga ketahan sama sekali..mending kalo sebentar ini lama banget, malah kadang2 ga jadi ngangkat sama sekali…tapi kalo pas udah ngangkat emang enak…cuma kalo brebetnya keterlaluan gitu sedih juga….
barangkali ada yang tau ramuan jetting yang pas buat DBS galvanis..ato mungkin ada faktor lain seperti super kips (tapi kayanya KIPS nya g ada masalah)…
Btw kalo karbu standarnya RR tuh PJ n MJ nya ukuran berapa yah?barangkali saya salah..
thx before..
buat agan2 boleh bantu comment untuk kasih solusi…
paijo said this on Juni 9, 2012 pada 1:10 am |
mungkin jarum skepnya ga pas mas bro,,
cmiiw..
sumanto09 said this on Juli 7, 2012 pada 8:07 pm |
bagus mana gan model las cacing ato yg polosan pada leher angsa nya? thx
hanif said this on Juli 7, 2012 pada 12:29 am |
mau tanya gan…kalau knalpot DBS – AHM – R9 power manteb yang mana ya…
😀
jateng said this on Agustus 1, 2012 pada 11:06 am |
tergantung selera Mas,, klo Saya “NGIDAM” ma DBS..
Hourex150L said this on Agustus 1, 2012 pada 2:45 pm |
KALAU KNALPOT SAYA MERKNYA AHAU TUH
http://yudhadepp.blogspot.com/2012/06/knalpot-racing-ahau-motor-untuk-ninja-r.html?m=1
yudha depp said this on Agustus 4, 2012 pada 6:12 pm |
mas broe.??? Ana bingung nie… Sbnr’y kenalpot R9 m dbs galvanis… Bgusan mn sih… Answer yeaa…
aboets tea said this on Agustus 8, 2012 pada 3:25 pm |
klo saya vote ma DBS Mas,, IMHO
*DBS yg asli lho…
Hourex150L said this on Agustus 9, 2012 pada 2:02 pm |
Mas Kalau DBS Stanless sama CMS Stanless pilih mana ?
saya masih bingung..terima kasih
asta said this on Agustus 10, 2012 pada 10:24 pm |
secara pribadi saya pilih DBS dari segi tampilan & Brand (Selera/relatif)..
Hourex150L said this on Agustus 11, 2012 pada 3:05 pm |
Terima Kasih Mas sebelumnya,
Tapi saya masih punya problem..knalpot pakai merk lokal rencana mau ganti DBS,nyari yg lehernya las cacing agak susah yg SS,problem yg dihadapi sekarang begitu motor digas kok cuma 7-8rb rpm posisi gigi 4 anehnya openskips tidak terasa,kalau dulu berasa waktu pakai knalpot standar bahkan bisa sampai 11rb rpm,sekarang sudah portpolish sama pe28 dan PJ sama MJ juga sudah dinaikin..problem masih sama mohon pencerahannya ya mas,skips sudah dibuka masih bersih..kalau tanpa beban gas dipelitir masih bisa 12rb – redline,terima kasih sebelumnya
BLOGnya sangat berguna bagi nubie spt saya
asta said this on Agustus 14, 2012 pada 2:36 am |
maksudnya di rpm 7-8 rb dah Brebet & gak mau naik lg rpmnya gitu Mas,,klo iya sepertinya gejala MJ kebesaran #memang knalpot DBS dah “TERKENAL” susah di setting# atau bisa jg setelan oli samping yg ke borosan.. IMHO..
Hourex150L said this on Agustus 14, 2012 pada 4:06 am |
Oh Maaf mas,saya lupa skr masih pakai knalpot lokalan..tapi itu mas rpm 8 ribu sudah ga mampu naik lagi walaupun posisi gigi 4,5,atau 6 seakan-akan tenaganya sudah hilang bahkan jambakan setan pun ga berasa..memang kalau MJ kebesaran tenaga atas loyo ya mas,padahal setelan kering agak basah
asta said this on Agustus 14, 2012 pada 9:33 am
setelan angin kurang berpengaruh saat bukaan gas lebih dari 1/3 Mas,,jadi ga da hubungannya dengan RPM atas..
Masalah mesin nahan /Brebet di >6rb-an RPM biasanya disebabkan MJ kebesaran yang di tandai dengan suara laju seperti tertahan, suara mesin kasar dan Suara knalpot jd lembab / Nge-BASS serta getaran mesin juga lebih kencang..
Penyebab lain; posisi choke aktif atau Filter udara tersumbat..
= IMHO @CMIIW =
Hourex150L said this on Agustus 15, 2012 pada 6:12 am
bang saya mau pesan knalpot bsa d kirim ga k karawang
Gani slanker ciut bahe said this on Agustus 24, 2012 pada 3:41 pm |
Mas mau nanya knalpot dbs rx king yg saya pake
skrang performal nya nambah gila,tp stlah 400m merebet sediki apa mj nya kebesaran ya mas
Mikael king kembar said this on Agustus 31, 2012 pada 11:00 pm |
setelan oli samping jg bs bikin brebet lo kebesaran Mas,,IMHO
Hourex150L said this on September 1, 2012 pada 12:21 pm |
mas mau nanya nih,,, simple kok… knalpot yg bahan stenlis sama galvanis sebenarnya gak berpengaruh sama performa ya? tp kalo di sentul rata2 pake galvanis… pdhal harga lbh mahalan stenlis.. bingung nih mau beli CMS bahan galvanis apa stenlis.. secara kalo yg stenlis harganya lumayan mahal dr pd galvanis.. txs ya mas… 🙂
seoully_adam said this on September 18, 2012 pada 1:51 pm |
Kalo r9 sentul itu ke top speed ato tarikan nya mas ?
tomy said this on Oktober 4, 2012 pada 3:59 pm |
R9 semua series merupakan knalpot spek harian standard Mas,, jadi powernya merata atas-bawah.. IMHO..
Hourex150L said this on Oktober 4, 2012 pada 9:51 pm |
Kalo r9 sentul sma r9 new monza buat nnja rr 150 itu ke top speed ato tarikan nya mas ?
tomy said this on Oktober 4, 2012 pada 4:00 pm |
mas sy mau nanya nih,, kmaren sy baru ganti knalpot lokal n udh ganti spuyer tp gtau ukurannya berapa.. yg saya rasain stelahnya adlh tarikan di bawah, n tengah sampe atas kurang. tarikan di bawah kurang spontan n di tengah sampe atas terasa ketahan/ brebed (ktahan di rpm 6000an), baru terasa jozz setelah rpm nyampe red line.. harusnya kan rpm 7-8rbuan udh jozz, kira2 knapa ya mas??
n bener ga mas kalo spuyer udh di ganti ukuran besar enaknya open filter? tp ada yg bilang lg kalo open filter bisa bikin seher cpet rusak? (kayaknya spuyer sy ukuran besar dr stdr mas) gmana nih mas??
nanya lg spuyer itu sama dengan MJ PJ ya?? thnks mas.. 🙂
biondi said this on Oktober 5, 2012 pada 2:20 am |
sepertinya spuyernya mang kebesaran ityu Mas,, open filter tidak di anjurkan bila ingin mesin tetep awet..
PJ + MJ adalah sebutan lain dari spuyer / bagian spuyer..
Spuyer Kw jg bisa jadi penyebabnya,, karena ukurannya tidak Presisi seperti yg tertera..
*untuk mesin standard biasanya cukup naik 1 step PJ + MJ nya Mas..
Hourex150L said this on Oktober 5, 2012 pada 9:46 am |
sy dh ganti filter tdr mas.. suaranya jd ngook ngokk gtu mas.. n dah ganti pilot jet lg mas, ukuran gtau lg mas..hehe tp msh ada terasa ngeden gtu dkit di putaran tengah.. masalh apanya lg ya mas?? apa knalpotnya?? soalnya katanya ada jg knalpot yg susah di seting mas..
biondi said this on Oktober 5, 2012 pada 5:34 pm
mas hourex mau tnya sebntr..
r9 monza sma r9 sentul bagusan yg mana ? kalo menurut mas pribadi lebih suka yg mana ?
trs kalo ganti knalpot racing mesti ganti spuyer nga ?
buat motor nnja rr
sergio said this on Oktober 5, 2012 pada 2:58 pm |
new monza Mas,, dan sebaiknya klo ganti knalpot racing mang Spuyer musti di seting ulang Mas..
Hourex150L said this on Oktober 5, 2012 pada 4:25 pm |
Mas pilih new monza karena apa ?
Berarti harus bli spuyer baru dong.. Haha
Trs kalo liat spuyer kw gimn mas ? Takutnya dapat yg kw
1 lgi mas kalo buka fairing bawa ninja rr se 2012 bisa nga ? Takutnya kalo uda pakai lama kendor fairingnya..
sergio said this on Oktober 5, 2012 pada 6:47 pm
bantu jawab yg di atas.. skalian sundul pertanyaan di atas.. fairing bawah pasti bisa gan, n ga bakalan kendor.. orang itu barang kaku ko, ya ga bakalan kendor..
iya mas sy jg mau tanya seperti di atas, kalo dh ganti knalpot racing mesti “ganti” spuyer apa cukup di “seting” aja?? soalnya masih terasa berebed di tarikan tengah.. tq mas..
biondi said this on Oktober 6, 2012 pada 12:23 pm |
alhamdulilah, akhirnya new rr ane udah sampe di rmh… 😀
seoully adam said this on Oktober 16, 2012 pada 11:58 pm |
gan, ukuran PJ+MJ TDR PE 28 di ninja rr berapa kira2 ?
soalnya ini masih kurang pas tarikannya 😀 makasih
wahyu hernawan said this on Desember 10, 2012 pada 10:27 pm |
mas sya pke knalpot rx8 tipe kompetisi mesin saya standard ada pengaruh itu mas sma mesin sya klu seinggan karbu nya gi mna mas
fauzul said this on April 29, 2013 pada 1:50 pm |
mas…aq baru tebus ninja ss 1 blan yang lalu,rencana knalpot ori akan bobok di medan,gmana menurut mas,info positif dan negatif tentang bobokan medan?
bembenk said this on Juni 24, 2013 pada 10:52 am |
kebalik bro, knalpot dengan perut atau muffler yang kecil cocok untuk putaran bawah. knalpot dengan perut yang besar cocok untuk putaran atas
m. hadi said this on Oktober 11, 2013 pada 2:24 pm |
Bro, Kira-kira harga knalpot DBS itu brapa ??
Kalau knalpot Ninja R Plong-Plongan itu bisa Membuat akselerasi meningkat Gak Bro ??
Rakha said this on Oktober 22, 2013 pada 7:20 pm |
Mas hourex…emang’a bner kalo panjang pipa penghubung antara perut dan silencer itu +- setengah dari silencer’a???
aan sofyan said this on Desember 4, 2013 pada 11:18 pm |
mksh mass bro,ma klo bs mo nanya soal mtr gl 100 ku yg ngak mau hidop.padahal top n stelan klep nya udah pd standart
up4ll said this on Januari 6, 2014 pada 2:20 pm |
Kalok mau order knalpot ninja 2t ane setok merek kdx jogja.085786000661
buditec said this on Januari 21, 2014 pada 1:47 pm |
knalpot kolong bwt satria hiu ada gk gan???
ardiansyah said this on Februari 22, 2014 pada 9:03 pm |
gan..numpang tanya gan??kalau pertama tarikanya enteng gan..tpa kalau udah masuk gigi 4 keatas kok malah loyo ya gan..itu pengaruh apnya ya gan.??trimakasih??
cahaya fortune said this on April 18, 2014 pada 1:10 am |
mas klo ninja r 2004 sma ninja r yg uda superkips..di kasi knlpot racing suaranya yg 2004 bisa cring halus kya yg ninja r 2008 ke atas g mas?? faktor ap y mas biar suaranya ninja 2004 cring ting halus
Amsir said this on Juli 26, 2014 pada 12:18 am |
Maaf mas.. kalo buat harian pnjg slencer nya yg 28cm pa 30cm mas?? Krn skrg bnyak yg nawarin pnjg slencer yg segitu??
Supaya akselerasi dapet top speed jg dapet.
sulistiyanto said this on Agustus 4, 2014 pada 4:36 am |
jos artikelnya seputar knalpotnya
Knalpot Creampie Jogja said this on September 18, 2014 pada 2:19 pm |
jos semua knalpot racingnya
Knalpot Creampie Jogja said this on September 18, 2014 pada 2:20 pm |
mas , motor saya satria 2tak. mau tanya ni, knpa motor saya lari nya nahan ya sejak ganti knalpot kolong kaya yg di gambar paling bawah itu..?? dan apabila seting karbu sy harus pke MJ dan PJ brpa ?? motor sy udah korekan harian tpi msih pke MJ dan PJ standar.. mohon banget pencerahanya mas..
fandy jv said this on Oktober 2, 2015 pada 9:08 pm |
Bang trus kalo knalpot yg gak pake silencer itu gimana bang macam knalpot2 motor drag di thailand??
Ismael Palele 32 said this on Oktober 16, 2015 pada 7:09 am |
Infonya mantav….
Reiki said this on Maret 18, 2016 pada 1:07 am |
Gan motor saya ninja rr , pake knalpot racing creampie leher c sudah setting siang malem dan hasil nihil , kira kira mas ada recomend untuk ukuran pj dan mj nya gak ? Mohon bantuanya ngomg ngomg karbu ane masih bawaan dealer gan
iik said this on Juni 25, 2016 pada 2:49 am |
Cc f1 z sya udah mencapai 175 tapi lari nya malah makin loyo beda pas cc nya masih 150’an, malah sekarang di karbu nya juga jadi ng’ngap, apalagi kalo habis di gaspool saja si bodi motor dari blok mesin bergetar nya minta ampun bikin baud” pada longgar juga ada yang lepas, dan parah nya lagi kalo habis di gaspool sekitar 1kilo aja pas nurunin gigi mau berhenti nya kaya piring yang jatoh dari rak nya dan langsung mati, cuma bagus nya setelah rehat sekitar 30 detik pas di hidupin lagi jadi biasa lagi ga kenapa napa..? Mohon solusi nya bos.
Julian said this on Agustus 5, 2016 pada 10:57 am |
Motor saya satria 2 tak (hiu) mas, saya suka sekali dgn tampilan knalpot kolong full tp knpa ya ? Klo satria pake knlapot model kaya gtu larinya agak nahan antara putaran rpm menengah ke atas, tp memang top speednya ngeriihhh
Dan yg pengen saya tau lg, biar putaran(rpm) dari bawah ->menengah -> atas ga nahan caranya gimana ya ?
Ini spek motor saya
Piston os 0,25
Karbu pwk 28, pj/mj 50/145
Pengapian AC (magnet+cdi rc100,spull ts125)
Knalpot kolong full uk. Perut 34
Slincer gemuk panjang 26cm
Suwun sebelumnya.
Bagus said this on September 12, 2016 pada 12:14 am |
Kalo knalpot model king kayak d atas bisa d pakai ke ninja 150 nggak bang,, pengen beda gitu,,,
Arjom said this on Oktober 30, 2017 pada 4:50 pm |
Maaf mas bro harga brp ya perut knalpot nya..
Klo bleh tau daerah mana ya mas bro..
Matursuwun
Hendrik said this on Maret 26, 2018 pada 8:53 pm |