OPTIMALKAN BOX FILTER


Sudah Menjadi Sifat Dasar Manusia yang selalu saja merasa Tidak puas dengan apa yang sudah ada,, Begitu juga Biker Seperti Saya ini.. Meski dalam kondisi Standardnya Saja motor kita sudah cukup Mumpuni melayani kita dalam kebutuhan Riding Sehari-hari,, Namun Masih Saja muncul ke INGINan untuk mendapat kan Lebih dari yang sudah Ada dari Performa Maximal motor kita..

Adapun Cara yang lazim dan biasa di lakukan adalah dengan Mengganti Knalpot standard OEMnya dengan tipe After Market yang kemudian di ikuti Proses Jetting Karbu,, bahkan sampai mengganti Karburator dengan diameter Ventury yang lebih Besar atau Me_Reamer karburator OEMnya untuk mendapatkan diameter Ventury yang lebih gede..

Lalu apa Hubungannya Dengan Box Filter Karburator..??!!๐Ÿ˜€๐Ÿ˜€

Ehm, ehm, #maaf serak dikit – Abaikan saja๐Ÿ˜€ #

Box Filter Standard pabrikan Sudah di rancang Sedemikian Rupa guna Men_suplai kebutuhan Udara segar untuk kebutuhan Pembakaran pada Mesin baik dalam putaran rendah sampai atas Sesuai dengan kinerja Karburator STANDARD OEM maupun Knalpot STANDARDnya pula,, Jadi Bila Karburator sudah mengalami Peningkatan baik Spek maupun Ukuran diameter Ventury di tambah lagi Penggantian Knalpot After Market (RACING) yang lebih lancar arus Flownya Sudah Sewajarnyalah Kotak / Box Filternya Juga Musti di Tingkatkan Kinerjanya..

*Untuk Meningkatkan Jumlah Suplai Udara Segar sesuai Kebutuhan Karbu dan Knalpot ini,, ada beberapa Mekanik J A I L yang Melepas Busa Filter pada Boxnya setelah melakukan Penggantian Knalpot Racing yang di ikuti Jetting Karburator.. Hal ini Sangat TIDAK aman Bagi Mesin,, karena Partikel-Partikel yang bertebaran di Udara Bebas baik yang padat maupun cair dapat masuk kedalam mesin tanfa penyaringan terlebih dahulu..

Adapun langkah BIJAK Untuk meningkatkan Suplai Udara ssegar keruang Bakar adalah dengan Mengaplikasi FILTER Karburator After Market / FILTER RACING..

Namun Malang Bagi Saya Yang Sudah Mengganti Knalpot Racing serta Meng_Upgrade Diameter Ventury menjadi 30mm,, pasalnya banyak FILTER RACING yang Beredar di pasaran Tersebut (seperti Model/sampel Gambar di atas) TIDAK DAPAT di pasang ke Motor karena Menthok dengan Tabung Reseiver coolant Radiator,, karena memang Space antara Karburator dengan Tabung yang cukup Sempit..๐Ÿ˜ฆ๐Ÿ˜ฆ ..

Tapi Bukan Orang Indonesia Kalo Gampang Putus Asa dan Menyerah dengan Keadaan,, Cara yang Saya ambil adalah Meng_OPTIMALKAN Box Filter Yang telah ada..

Dengan Modal Pipa PVC 1/2″ berserta Tbow_nya..

Dengan Cara menambahkan Lobang Inlet pada Box Filter agar debit Udara segar yang masuk kedalam Box filter lebih Banyak..

Lalu kenapa harus pake T bow_nya..??!!๐Ÿ˜€๐Ÿ˜€

Ehm, ehm #maaf serak lagi -abaikan saja# Karena Box Filter di Rancang sedemikian Rupa BUKAN hanya untuk Menyaring Udara Segar yang di butuhkan Mesin saja,, tetapi juga MenJaga agar Udara dalam kondisi TENANG sebelum masuk kedalam Karburator.. Nah Fungsi T Bow adalah menghambat / menghalangi Udara yang masuk kedalam box karena adanya Flow dari luar Box dan menjaga udara yang masuuk ke dalam Box karena adanya DAYA HISAP dari mesin.. IMHO & CMIIW..

Ini penampakannya dari Luar Box..

*gambar di ambil saat masih Experiment,, sekarang jumlah pipa Inlet tambahannya sudah lebih dari Satu biji..

Secara FISIK memang Modifikasi ini Terlihat MERUSAK part OEMnya,, Namun Sepertinya Cara Ini Sangat Lebih Aman dari pada Melepas Busa Filternya karena Meski Debit udara yang Masuk lebih banyak,, namun semua tetap Tersaring Oleh Busa Filternya.. Juga lebih Save dari pada Mengapli Filter Racing Karena lebih aman saat musim Hujan dan flow udara yang di hisap jauuuuh lebih Rendah,, yang berakibat PERCAMPURAN dengan BBM di dalam Karburator lebih PRESISI juga..

*Penggunaan FILTER RACING dalam jangka lama Juga Dapat MERUGIKAN Part OEM motor lainnya seperti KARET MANIPOL,, Karena karet manipol TERBEBANI mengGENDHONG Karburator dan Filter racing sekaligus.. Apalagi kalo jalanya tidak rata,,pasti karet manipol seperti di ENCOT-ENCOT karbu & Filter Racing..๐Ÿ˜ฏ

Alhamdulillah,, Hasil dari Penambahan Saluran Inlet Box Filter ini SANGAT MEMUASKAN..

KIP BRADEHUD en PISS..

~ oleh Hourex150L pada Desember 26, 2011.

55 Tanggapan to “OPTIMALKAN BOX FILTER”

  1. PERTAMAX Idenya kreatif Bro..๐Ÿ˜€
    Yo wis bar maca tak tinggal ritual ngeKips dhisik Bro..
    Brade Kips’ers lainnya pada kemana nih???

  2. hahaha, NgeKIps Terus Mas..

    Hati-hati Mas,, keseringan Ngekips bikin kecanduan.. Dan semakin banyak pula Biker yang kena Racun SuperKips nantinya,, ujung-ujung nya KMI yang Untuk… Xixixi๐Ÿ˜€๐Ÿ˜€

    • @Bro Hourex
      Hahaha mumpung ada kesempatan dalane sih sepi & Ane klo ngekips paling banter cma gear 3 shift >8000rpm ke 4 dah dapet 110Kpj. Malah skr gear 6 nya jarang ke pake mz Bro dalane puadetttt ra ketulungan. hiks.hiks.

  3. waduh pertamax e entek, podium 2 wes๐Ÿ˜ฆ

  4. sekalian di sambung selang oom:mrgreen:
    bisa buat nyirem taneman๐Ÿ˜ˆ

  5. kreatif..

  6. dengan cara demikian memang lebih baik, dari pada melepas saringan udara! karena suplai udara lebih banyak, TETAPI sayang mas, nanti kalo mau bikin standart lagi malah mesti beli lagi! hehehehehe!
    saya sendiri pake yang standart, dengan catatan debu2 yang nyangkut di saringan harus sering di bersihkan, sehingga udara yang masuk tidak tersumbat!
    (salam super kips)
    #sayangnya masih hujan#

    • klo mau nyandarin tinggal di sumbat pake lembaran Plastik tebal kalo gak pingin beli Baru..

      *Klo RR mending beli Filter Racing Saja,, modif ini terpaksa karena Filter Racing gak bisa di pasang di Karbu karena menthok Mas..

  7. yg di lubangi depan apa blkng mas,trus klo lebih dr 1 crnya piye,picnya gak ad susah ngayale….

  8. filter racing bisa kok dipasang di ninja R tanpa mentok,copot aja selang(air duct) karet elbow box filter yg ngehubungin box filter dgn karbu .trus ujung selang yg sblmnya nempel ke box filter jd tempat filter racingnya,jadi filter racingnya ngarah keatas contoh lebih jelasnya liat aja gambar ini

    selangnya kehalangan rangka๐Ÿ˜€ yg jelas filternya jadi dibelokin keatas

    • sipp Bro,, baru ngeh nii..๐Ÿ˜€

      *sepertinya perlu di bikinin dudukan sendiri filternya ya Bro,, kasiahan manipolnya nggendong beban karbu & filter sendirian saat jalan bergelombang..

      • manipol ninja kokoh bro,asalkan masangnya kenceng dan karbunya gak godek2 berlebihan aja pas digoyang2

        ninja punya temen 2 thn digituin aman2 aja blom ada masalah ampe saat ini,malah manifoldnya dibesarin lantaran pake karbu gede pwk 35 airstrike ama filter K&N segede gaban๐Ÿ˜€

    • ninja nya bro metalgear(bro yuli) ya bro??

      • bukan punyak sy om…
        sy tdk pernah pake pwk 35 AS๐Ÿ˜‰
        solusi agar manifold tdk terbebani karbu+filter aftermarket adalah dengan mengikat bodi filter ke sasis (diklem/ripet), atau mengganjal alas karbu yg menempel di bodi mesin, bisa dengan spons/busa padat๐Ÿ™‚ (hal ini berfungsi bukan hanya melepas beban, tapi masih ada fungsi laennya ;))

        *penggunaan airbox bisa juga dicombine dengan filter aftermarket, artinya busa diganti dengan filter aftermarket, sketsa sudah ada tapi lagi males bikinnya, hehehehe๐Ÿ˜€

  9. biar finishingnya bagus pake pvc wavin, lem pvc tangit & t-shock rucika mas..:mrgreen:

  10. mas mul ancen kreatif…
    tips yg bermanfaat…

    • hahaha, kere Aktif Mas..๐Ÿ˜€

      *sepertinya Saya Pribadi lebih Sreg dengan ini dari pada pake Filter Racing yang rawan air (saat menerabas hujan lebat/ di cuci/ semprot air)..

  11. sippp…kreatiff

  12. makasih kang sangat mengispirasi saya, tapi kalo busanya di tipiskan gmn kang?

  13. Sebaiknya J A N G A N Mas,, karena Busa merupakan Komponen utama filter / penyaringan udara..

    Sebagai sample coba sampeyan lihat KONDISI Box filter & karburator saat kotor dengan Busa Standardnya,, gimana kalo busa di tipiskan apalagi di lepas..๐Ÿ‘ฟ๐Ÿ‘ฟ

    IMHO & CMIIW

    PISS..

  14. Mas klo busa filter lepas. saya ganti sama kain tipis trus saya jahit sisinya gmna mnurut mas moel ?

  15. Mas klo busa filter saya lepas. Saya ganti sama kain tipis trus dijahit sisinya gmna?

  16. kalau hujan nggak kemasukan air mas?๐Ÿ™‚

  17. tambah 5 DK ya mas๐Ÿ˜€
    piss

  18. sekalian wae T 1 inch
    melu2 ah,,,,,,,,,,,,,,men meggi tambah enak

  19. @ mesin 4 tak:
    Insya’Allah,, kalopun Masuk mungkin hanya partikel embun saja..

    *fungsi T shock (ngikut Mas Elsa) diantaranya selain pelindung arus /flow udara dari luar juga mencegah titik air masuk saat hujan lebat mendera.. IMHO

    @ Mas Bro Nana:
    hahaha,, masih jauh dari 40 DK Bro..๐Ÿ˜€

    @ Mas Irpan:
    melu Bayar iuran lho..๐Ÿ˜€๐Ÿ˜€
    eh royalty ding….

  20. keren kerenn!
    sipp!!

  21. Good idea!!!Any Question?Pake oli shell advance.Wkwkwkwk.Malah ngiklan.Thanks infohnya.Nice infoh brad

  22. T nya disambung sama selang mesin cuci, menjulur kedepan hingga bawah head lamp. Lebih berani menantang angin mas, koyo montor galap kae lho

  23. inovatif masbro.. harusnya jadi enjiner neh..

  24. Nice info mas.. *Jempol

  25. Kalau hujan apa gak kemasukan air jika menggunakan T bow ini…

  26. Mau Nanya Untuk Saluran dr Karburator / Duct Filter Apa Bisa Dipakaikan Pipa Pvc Juga Bro?
    Soalnya Karburator Saya Berdiameter 55 untuk ukuran tsb sangat besar dan susah mendapatkan Pipa Duct Filternya… Mohon Petunuknya untuk Sy yang msh Newbie ini.. Terima Kasih

  27. […] Spek Si NaRjo; -Karburator reamer 30mm dan modif Box Filter Udaranya -PJ 48, MJ 155, jarum skep naik 1,3mm -Knalpot Aftermarket lokal -Mesin […]

  28. Ahem ehem #abaikan saja# ooh yang ini ta gus…..sip….

  29. Modif ini berlaku ga buat filter udara byson?

  30. Om klw box filter ninja RR bsa gk yh di aplikasi kaya gtu, diamantรฉ beda sma punya ninja R? Mohon pencerahannya om

  31. cara seperti ini juga udah aq terapin di motor Jupi MX aq, yg udah bore up 150 cc + noken Vixion + reamer karbu std jadi 24 mm, pj 25 mj 105, klo gak d’lubangi kurang suplay udaranya…

  32. bro kalo gitu caranya kenapa ga masang tuh air filter racing ke pipa itu … terus filter yang kertas di dalem ga usah ada .jadi nya filter nya ya yg di luar box kan bisa

  33. […] dari blog mas Hourex berikut iniย “klik disini”,ย ane akhirnya ikut-ikutan menambahkan lubang intake hawa syegar menuju box filter oribinal pada […]

  34. kjmnkimjkmkmkmkmkmkmkmkmm;ml;mllmlmlmlmlmlm

  35. lubang PVC nya dibelakangnya lubang filter ori ya Gan..???

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: