TANGKI BENSIN NINJA MUDAH KEMASUKAN AIR..??!!


Sori Brades Ninjers semua, judul diatas bukan sebagai provokasi atau pemVonisan terhadap tangki BBM si Ninja.. kemarin ada seorang seorang teman yang MEMPERINGATKAN Saya agar tidak menyiram langsung tangki Bensin sipaIJO saat mencucinya, karena menurutnya model Tutup tengki bensin Ninja yang datar serta tidak ada got/ paritnya seperti tengki motor Sport pada umumnya exc:megapro-tiger-Visen..

Dan masih menurut doi air dapat dengan mudah masuk kedalam tengki bengsin karena tidak adanya parit pembuangan air juga Adanya keluhan Dari seorang pengguna Ninja tentang hal ini kepada Saya.. waa, padahal selama ini Saya selalu menyemprot langsung tengki saat mencucinya.. namun Saya tidak langsung percaya begitu saja ucapan tersebut, karena gak mungkin hal seperti ini terlewat dari perancangan dari Enginering ATPM sekelas Kawasaki..

Makanya setibanya dirumah langsung deee saya coba cari tahu kebenaran pendapat teman tersebut dengan membuka Tutup Tengki Bensin sipaIJO, dan hasilnya seperti yang telah Saya perkirakan sebelumnya.. yaitu semuanya sudah melalui perancangan yang sempurna..

Liat saja, ternyata di bawah karet penutupnya terdapat sebuah lubang Drainase.. sehingga air yang masuk melalui celah-celah Tutup Tangki Bensin Ninja bakalan terbuang melalui lobang di dasar tutup tengkinya ini.. dan lobang ini akan meneruskan air yang masuk melewati Tengki Bensin hingga ke Bawah tengki melaui sebuah Pipa..

Ni dia penampakan pipanya yang akan meneruskan air yang masuk melalui Celah-celah Tutup Tangki melewati tengki hingga ke bawah Tangki yang akan diteruskan  oleh selang pembuangan..

selang yang lumayan panjang inilah yang merupakan saluran pembuangan akhir hingga ke belakang gearbox mesin Ninja, Jadi mengenai pendapat /opini yang berkembang bahwa Tangkin Bensin Ninja Gampang Berkarat karena Model Tutup Tangkinya yang Datar sehingga Air hujan atau Air cucian gampang masuk rasanya kurang tepat.. karena model tersebut sudah antisipasi dengan adanya saluran Drainase yang cukup memadai..

Adapun yang perlu kita perhatikan adalah menjaga komponen pembuangan tersebut agar dapat berfungsi sebagaimana mestinya, seperti menjaga lobang Drain & selang pembuangan (gambar 3 & 6-7) tidak tersumbat serta kebersihan pipa di dalam tangki (gambar 4) dari karat agar air tidak masuk kedalam tengki..

tapi komponen yang tak kalah pentingnya dalam hal mencegah Air masuk ke dalam Tangki adalah Karet seal pada Tutup tengkinya ini, jadi perhatikan selalu kondisi si karet ini dan pastikan tidak rusak(tergores) atau sudah mengeras..

Intinya di perlukan perawatan lebih pada Model tutup Tangki seperti Yang di Aplikasi Ninja seris Ini, mengingat banyaknya keluhan Dari pengguna Ninja yang tengkinya sering kemasukan Air bahkan ada yang Sampai Berkarat..

Semoga ada Mamfaatnya..

PISS..

Iklan

~ oleh Hourex150L pada April 11, 2011.

31 Tanggapan to “TANGKI BENSIN NINJA MUDAH KEMASUKAN AIR..??!!”

  1. benson like

  2. podium 2…

  3. gitu ya…manggut2 aja nih

  4. nice cross check bro,,,
    http://jaranwesi.wordpress.com/2011/04/11/penampakan-syekh-subakir-di-ultah-kota-magelang-ke-1105/

  5. Ninja gw tutup tangkinya bekarat, susah dibuka, pokoknya menderita banget deh,

    akhirnya ane jual ninja RR gw setelah 4 tahun make n ganti matik, pusing gw mikirinnya., 😀

  6. wah sip mas mul, tidak mudah percaya ama gosip langsung pembuktian 😀

  7. thx infonya bro, nice job!!!

  8. jangan sering kepanasan oom, karetnya bisa pecah-pecah tuh 🙂

  9. wah punya ane kok udah berkarat ya?…padahal dibawah jok loo
    http://asmarantaka.wordpress.com/2011/04/12/pembalap-indonesia-kemana/

  10. Iya Pak Dar, kan katanya Tutup Tanki Bensin Ninja seris ini Model Baru masak iya gak lebih baik dari yang Model-model sebelumnya..xixixi..
    Tapi emang keknya perlu perawatan lebih yang model ini Pak Dar, terutama Pipa yang melintas di dalam Tankinya ‘Jangan Sampai Karatan / Sumbat’ karena rawan bocor kalo sudah karatan/ kotor..

    PISS..

  11. kalau ninja masuk disentul gimana 🙂
    http://ridertua.wordpress.com/2011/04/12/cbr-250-vs-ninja-250-di-sirkuit-sentul-pemerkosaan/

  12. kawasaki pasti udah memperhitungkan semuanya

  13. Tutup tangki Pulsar model datar juga.
    Apakah sama desainnya dgn model Tutup
    tengki bensin Ninja…?

  14. ojo klebonan banyu maz mul, pertamax plus wae ben tambah banter..he.he

  15. ini mocin sport 2 silinder 250cc (cuma 232cc sih…heheheh) ngayal ikut kejurnas 250cc http://mocinrider.wordpress.com/2011/04/13/mocinrider-siap-ikut-kejurnas-250cc/

  16. ga benar kalau mudah kemasukan air, cuma kadang kalau jarang di oli di lobang kuncinya, agak keras n perlu tenaga extra buat ngebuka tutup tangkinya. Bahkan kemaren kunci kontak sampai bengkok. hehehehehehe

  17. setuju mazbro..salah kaprah tu klo ad yg blg tutup tangki model datar ky ninja lbh rentan karat dbndng tipe tangki motor lain..
    Sy sndr slaku penyemplak motor bertutup tangki datar (dulu Yamaha Touch,skr Kawak 150RR SE) hakkul yakin bhw yg perlu dperhatikan thdp tutup tangki model ini hny mslh tutup sulit dibuka jk jrg dilumasi..solusix y tgl kt rjn2 melumasi aj. mslh tangki karat n bocor srg tjd jk tangki sering dlm keadaan kosong n mnggunakan BBM yg ga memiliki kandungan zat pencegah karat,n it bs tjd pada tangki tipe datar maupun yg berundak macam pny vixion,megy n tiger..
    Buat bro hourex,salam jambakan setan,h3..

    • hehehe juga Maz Bro..
      Salam Ninjers aka Ninja Riders balik Brade..

      *tetep sehat, tetep semangat agar lebih lama ngerasain membelah angin di atas 160 kpj…

      PISS..

  18. 160kpj blm ksampaian mz bro,jalanan di palembang ora memungkinkan mbetot gas mpe segitu,max cm 140kpj udh mencet tuas rem lg gr2 macet,h3..
    posisimu klo g slh di jambi y bro??
    Btw mz bro ngerti cara ngatasin skips yg macet yg lbh praktis slain bongkar skips-nya??

  19. motor mahal juga takut air

  20. mantab bang…
    nice..

  21. hahaghhaagss…tutup tangki ninja paling bagus bang desainya…sering klo isi bensin kadang bensin ada yang tumpah disebelah lubang tangki….akhirnya keluar tuh…cepet malah keluarnya….

  22. mne nak cari penutup tangki ni ??

  23. iya

  24. Saya nyari2 info dapet di ninja community salah satunya yang ini bro

    — tangki masuk aer

    Ini penyakit bawaan ninja dari lahir..:p kalo motor ente dah diatas 2 taun
    dijamin masuk ni aer kalo kena ujan gede or nyuci motor…

    Efeknya bikin gondok! Motor mogok karna karbu isinya aer mulu, gejala mogok
    gini biasanya di ninja motor bisa nyala begitu masuk gigi 1 mau jalan
    langsung kek ayam sayur..gitu terus dah..:p,, sama tengki karat (wah kalo
    dah gini suseh benerinnya)

    Penyebabnya simpel, tutup tangki model kek ninja emang pasti masuk air
    karna rata, tapi udah dibikinin saluran aer tuk pembuangan pipa kecil yang
    masuk ke dalem tengki buat dialirin keluar lewat bawah, jadi ga masuk
    kedalem tengki tuh aer…

    Cuman sering salurannya kotor n jadi macet, akhirnya tuh aer geneng n bisa
    masuk ke dalem.. Di perparah ma desain salah Kawasaki yang nutupin tuh got
    pake karet segede gaban!, coba dicek tutup tengki dibuka, liat diseputaran
    tengki ada karet, bandingnin ma moge or nsr yang dsainnya ciamik tanpa karet
    disitu…kekekekeke

    Solusinya sebelum kemasukan aer, coba potong tuk karet, gampangnya potong
    biasa aja yang penting tuh got ga ketutup karet lagi, n aer bisa langsung
    menuju lubang kecil yang ada digot itu.. N langsung keluar.. jangan lupa
    abis potong bersihin tuh gotnya kek kerja bakti dikampung, n tiup pake
    kompresor lubang kecilnya supaya ga ada kotoran nyumbat n aer bisa lancar
    jaya keluar lewat bawah…

    Tetep kalo dah gitu usahain kalo nyuci mtor tutup tengki nya ditutupin pake
    kanebo, supaya lebh aman dari sakit masuk angin..eh aer….

    * ane ninja R baru ~ belum setengah tahun dah 3 kali mogok cuma karena aer dari tangki doang *(soalnya ga pernah nrabas banjir dalem, bener2 pure kena air ujan doang atau nyuci)

  25. Gan, kunci motor ninja rr 150 saya hilang. Trus mau ganti tutup tangki nya. saya coba buka susah gan. Apa ada saran gan? Makasih sebelum nya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: