KENAPA NINJA HARUS DI CHOKE SAAT STATER DI PAGI HARI..


Alhamdulillah bisa Posting lagi Mas Bro-Diajeng..

Seiring adanya beberapa pertanyaan serupa yang di tujukan kepada Saya baik melaui FB – SMS maupun Komen di Blog ecek-cek ini,, maka Saya ingin sharing juga sekalian jawaban atas Pertanyaaan tersebut seMampu Saya..

Kenapa Ninja 150 R / RR musti pake Choke saat menghidupkan Mesinya di pagi Hari..??

Menurut Saya :

= > Tidak semua / tidak Selalu Ninja KeCanduan Sarapan Choke, contohnya sipaIJO tidak selalu membutuhkan Choke Saat Stater pagi (hanya kadang-kadang / jarang) Dan tidak Hanya Ninja R/RR saja Melainkan Mayoritas Motor berMesin 2 Langkah seperti itu/ membutuhkan Choke saat stater di pagi hari..

= > Tidak perlu Kawatir, hal tersebut adalah wajar..
Bisa di bilang ini adalah salah satu kekurangan Mesin 2 Tak di banding motor berMesin 4 tak,, karena dalam Proses Pembakaran Mesin 2 langkah di ruang bakar / Chamber melibatkan ‘Unsur’ Oli Samping sedang pada Mesin 4 tak murni hanya Campuran Gas Oktan + Oksigen saja..

Sebenarnya Tugas utama Oli Samping adalah sebagai Pelumas yang harus Melumasi Komponen-komponen Mesin di Ruang Crankcase/ di bawah Piston seperti; Kruk as besrta pen dan bering nya sampai stroke/ stang piston, pen piston + bearing,piston dan liner,, namun sebagian Oli samping ikut terisap bersama campuran gas Oktan + oksigen ke ruang Bakar, sebagian ada yang ikut terbakar sebagiannya lagi ikut terbuang keluar bersama Gas sisa pembakaran melalui Knalpot..

Maka dari itu pada Motor BerMesin 2 langkah membutuhkan suhu lebih tinggi untuk Proses pembakaran Ideal di banding Mesin 4 tak,, oleh karenanya Pada Mesin 2 tak menggunakan jenis / spek Busi PANAZ sedang sebaliknya Mesin 4 tak lebih cenderung menggunakan spek Busi Dingin..

Semoga ada Mamfaatnya..
KIP BRADEHUUD EN PISS FOREVE

Iklan

~ oleh Hourex150L pada Juni 13, 2011.

78 Tanggapan to “KENAPA NINJA HARUS DI CHOKE SAAT STATER DI PAGI HARI..”

  1. Ohhh gitu, jΞ±Ο‘i kalo abis dicuci gmn bro? Soalnya ninja ane kalo abis dicuci nyalanya susah, normal gak? Ada tips gak bro? Kalo abis nyuci nyalain ampe mandikeringet ngengkelnya.

    • sama aja Bro, Intinya Mesin jadi Dingin baik abis di cuci ataupun abis tidur semalaman.. Tipnya bisa bersihkan karburator / setting ulang air screw/ jetting ulang spuyer (Pilot jet)..

      *bisa juga air masuk saat di cuci, bisa melalui filter udara..

      • motor gue ninja r, baru sebulan susah hidup di pagi hari,terpaksa bawa ke bengkel resmi
        suruh ganti pj mekanik malah bilang bisa brebet(pj standar 45 ganti dgn 48).Hbs ganti
        PJ, mtr langsung hidup dlm kondisi mesin dingin.saran sy yang mengalami masalah mtr
        khususnya ninja brtanyalah pada suhu2 di google.

  2. wah gagal pertamaxxx. .
    Premium aja dah. .xixixixi

  3. di sering.in dong artikelnya, masa blog uda rame gini artikelnya jrang”

  4. wahhh…artikel ninja lgi…nice share om…
    *kepengen ganti ninja rasa ny…

  5. thanks for sharing useful info about ninja bro Hourex, sblm beli 150L putih/11.. Sy slalu liat update postingan blog nya..
    Slam kenal bro..

  6. bener mas bro, untuk motor2 2 tak memang kebanyakan harus tarik tuas choke dulu untuk stater dipagi hari, dan akan menjadi kebiasaan pada mesin saat masih dingin pasti asap putih tipis akan keluar tapi kalo udah panas akan tak terlihat kaya motor 4 tak

  7. CHoke ku wes almarhum bertahun2 yg lalu…gledekan uelek2 ngono langsung greng kalo dislah
    http://asmarantaka.wordpress.com/2011/06/13/mas-lampunya-hiduppp/

  8. biasa nya klo motor yang rajik coke itu ya kemungkinan besar pilot jet terlalu kecil, seperti kasus motor suzuki smash beberapa waktu lalu mas bro..
    hanya opini saya dari orang pinggiran!! :mrgreen:

  9. iaa nih mas bro ,kawani ane juga sarapan choke terus tiap pagi,mas bro minta saran nih ,ane mau ganti pke knalpot racing,kira2 yg suaranya garing dan enak d.dengar apa ya ? Makasih sebelumnxa

  10. @rafninjers bnyak pilihan ad r9 or kp smua suarana enk d dngar bos
    mas bikinin artikel servive karbu donk lgkap dgan langkah2 an pict nya..

    • Oke Bos,, tapi sabar ya.. Maklum,selain Karyawan swasta Saya juga seorang Petani Bro,, jadi kadang ga’ da waktu buat OL (kecape’an).. Piss..

  11. @eki: yaupz.. Setuju biar bs service sendiri, hemat mat mat.. Hehe
    mas hourex request ni.. Fast response yaa..

  12. braderhood lah mas.. Jgn pake2 wani pirooo… Hehee share ilmu investasi lho bwt akhirat, nanti sy amalkan pahalanya ngalir deh sama mas hourex,, hehehe
    piss

  13. @hourex150l,oke mas bro ditunggu artikel selanjutnya
    @eki,mkasih sarannya mas bro
    R9 sama CMS bagus mana ya?

  14. OOOO,,,matic ane dah auto choke untungya

  15. naiz inpo bro hourex ,
    mau nanya ni , ak baru aja dapet bonus ni , dibliin ninja 150L , trus mau ganti knalpot racing tapi bikinan sendiri , kalo setting spuyer (pj dan mj) bagusnya ukuran brapa bro ?
    Thx bro ,
    saya newbie , hehehe

    • Selamat atas Ninja barunya Mas Bro..

      Kalo setingan pj + mj gak bisa main angka Bro, kebutuhan tiap mesin beda-beda jettingnya,, apalagi kenalpot handmade..
      Oia, keknya saya sudah pernah beberapakali nulis ini bro, Coba di seach aja..
      *tinggal di mana ni..??

  16. HALLO MAs bro..aq mau tanya ne?knapa ya ninjaq kq selalu netes bensinya dari saluran bawah tangki(bukandari saluran pembuangan kabulator)? apa karena kena guncangan ya jdi bensinya meluap..luap…
    matur sembah nuwun n salam kenal..:)

  17. walah mas iki yo petani to??nek ngunu aq yo takon obat wereng seng jos opo yow?cz sawahku yo terancam gagal panen goro2 wereng…hahahahah forum bwt motor malah tanya tentang obat pari xixixixix

  18. oke thx infonya bro hourex , salam kenal , hhe

    tinggal di temanggung , jateng ,
    tetangga saya ada yang usaha bikin knalpot , harganya murah + barang bagus ,

    boleh minta no hp bro hourex ?? mau ngrepotin lg nih bro , hehehe

  19. gak pernah maen fb bro , hehehe
    kalo sekedar setting spuyer di bengkel resmi kawasaki gpp bro ?
    kmrn waktu service kan nambah coolant , tapi beda merek , sama mekaniknya dicampur sama coolant top 1 ,
    jadi bingung , ni tau beneran apa cuman bisa asal aja , gt mas bro ,
    kalo cari bengkel disini gatau tempatnya bro , hehehe

    • setting di bengkel mana saja ga masalah Bro, yang penting Motor jadi Maknyus larinya..

      Oia, coolant apa saja ga masalah (apalagi ber merk terkenal) untuk nambah..

  20. oh gt bro hourex , thx bngt nih infonya , ngbantu bngt , ntar kalo ada masalah numpang ngrepotin lg bro , hehehehe

    maju terus bro blognya !

  21. sama” bro ,

    thx bngt bro , sngt membantu bagi newbie seperti saya

  22. oh iya bro ,
    punya saya baru 700km.an , kalo diganti knalpot aman ya ?

  23. tengkyu mas bro atas infonya…
    walah mengko nek obate wereng emang jos,,pean kan iso tak rekomendasikan dadi pegawe peenyuluh pertanian..wkwkwk pisss..pipis..

  24. ow yoo..mau tanya lagi ne mas bro..
    penanda oli samping di mesin sebelah kanan yang bulet itu,,kq gak bisa bisa penuh yaw? padahal dlu bisa,,baiknya itu gmana ya??apa gara2 olsamnya tinggal dikit jadi tekanannya berkurang..matur suwunnn..

    • penanda oli samping tu adanya di spidometer Bro, untuk pastinya liat tabung oli di bawah jok..

      Klo kaca bening bulat di mesin sebelah kanan itu penanda oli transmisi/ oli mesin (bukan penanda oli samping)..

  25. owalah..matur suwun mas bro..gak paham je aku..lha itu bagusnya harus penuh apa gak ms bro??

  26. owalah apa gara-gara bis tak ganti oli mesinya ya kmaren…
    maap nggeh takon terus…hohohoi

  27. suhu lebih tinggi bukannya pakai busi dingin?
    kalo NGK angkanya makin gede

    NGK B7ES lebih panas dari B9ES bukan gt masbro?

  28. mas bro,,knp ya motor saya baru datng dri deler 1 mnggu

    trs tuh motor cpt panas n ada bau sangit ya gtu,,trs biasa ya kan klo kontak kunci motor di ON/nyalain pasti lampu netral N ya itu nyala,,tp ini kok gak ya,,,prtama dtg mah nyala,,,tp uda 1 mingguan gak nyala??

    knp ya??
    tlng saran ya…

  29. boss gw baru beli motor kawasaki ninja rr 150 warna merah tp bnyk bgt kendalanya knp y????contohnya super kips sering macet….di selahnya Jg susah bgt nyalahnya………pusing gw….tolong solusinya boss tnks……………

  30. mantab nie obrolan

  31. Saya mau tanya.saya punya ninja r thn ’10 .kalau dilihat2 dari segi tahun pastilah ninja tsb tdak bnyak masalah,namun tdk dmkian,ninja tsb sering bermasalah dan maslahnya itu2 aja,
    Dimana bensin sering bocor dari selang yang ada di bawah tepatnya di antara Cagak 2,,namun ketika saya putar keran dalam keadaan off bensin tdk bocor,,d putar lg ke on bensin bocor,,bgtu sterussnya,,,apa yg menyebabkan demikian mas,,solusinya apa??apakah perlu gnti karbu??thaks

    • sepertinya itu karena Karburator yg kotor,, terutama di jarum pelampungnya.. Sehingga saat pelampung udah naik tapi jarum tidak menutup sempurna karena terganjal debu/kotoran,, gak perlu ganti karbu..

      *klo agar bs di bawa kebengkel,, coba ketok-ketok bodi karbu lalu buka krannya..

  32. kenapa ninja 150 r super kips saya, sering keluar oli mesin di exhaust, dan chasis depan kop mesin saya sering ber oli…

  33. Mas mau tanya, kalo pagi motor saya kalo pagi di hidupin tanpa choke bisa cuma pas di trik gas dikit langsung mati, setlah choke sih lancar di engkol langusng hidup, kalo saya baca di artikel mas masih normal yah,,,nah kendalanya lagi motor pas awal jalan ( tarik gas pertama ) tuh ngempos seperti mau mati harus agak gede tarik gas nya kira2 maslahnya apa yah????motor masih setandard semua belum ada yg di rubah dari bawaan dealer.

  34. kenapa y ninja r saya saat lampu menyala sulit di hidupkan?
    mohon pencerahan y bro

    • kemungkinan ada korslet pd kabel lampunya Mas,, IMHO..

      • mas… sy baru beli motor ninja R belum cukup dua bulan kemarin… kendala motor sy mas..1.motor saya sdh di service di dialer kok asapnya masi banyak sekali pdhl sy sdh gunakan olisamping lowsmoke..2 kenapa motor saya setiap kali mau jalan harus tarik cook terus..berhenti 3 jam saja kalau mau jalankan mesinnya harus tarik cook…kalau gak tarik mesinnya gak mau hidup..bbm yg sy gunakan pertamax… tolong solusinya mas.. ane sdh pusing mau di apaiin lg ini motor…

  35. knapa ninja r saya sulit di hidupkan ketika lampu nya menyala?
    tolong pencerahan y mas bro

  36. Mas mau nnya dong, sy baru beli ninja RR baru di pake berapa bulan tp sekarang susah bgt di nyalain, sy sampe 3 kali ke diler, org diler nya sampe ganti busi nya 3x, tp beberapa hr susah nyala lg, itu knp ya? Tolong info nya dong

  37. bos… knp motor ninja R saya kok tarikannya hilang-hilang atau kosong seperti gak ada pengapiannya sama sekali.. tpi itu terjadi di saat jalan.

  38. mas bro…ninja rr saya baru 2 bulan tapi kok tiap pagi musti choke dan harus ditahan lama..kl choke bentar mesin mati.dan ukuran ketinggian standart ninja rr brapa ya?thx mas bro

  39. blognya keren mas. ijin gabung (nubi) hehe.
    Sekedar sharing nyambung yg td, punya sy jg dulu-sekarang begitu, hukumnya wajib pk itu choke, nanya dealer jg jawabnya gt2, akhirnya ngalahi tetep choke paling 1 mnt habis itu panasi bentar, untir2 gas dikit demi sedikit (kl langsung rpm tinggi bs macet itu kips) smp rpm 7rban dulu br ngacir, kl dipaksa ngacir pas mesin blm panas (ga cm pagi) pasti ngempos.
    -trims-

  40. blognya keren mas. ijin
    gabung (nubi) hehe.
    Sekedar sharing nyambung
    yg td, punya sy jg dulu-
    sekarang begitu, hukumnya
    wajib pk itu choke, nanya
    dealer jg jawabnya gt2,
    akhirnya ngalahi tetep
    choke paling 1 mnt habis
    itu panasi bentar, untir2
    gas dikit demi sedikit (kl
    langsung rpm tinggi bs
    macet itu kips) smp rpm
    7rban dulu br ngacir, kl
    dipaksa ngacir pas mesin
    blm panas (ga cm pagi)
    pasti ngempos.
    -trims-

  41. iya deh kalo gitu,, bermanfaat,, tapi bukannya ninja itu direkomendasikan pake buisi dingin ya?

  42. Mas bro izin brtanya…
    Kenpa mtor ninja 150 rr ku tiap pertama hidup asap ngebul pake buwangett. Tpi klo sdh agk lma (kira2 10-15 mnit) asap hilang.
    Mohon pencerahannya mas bro.

  43. berarti kalo awal running berasap itu gpp y mamaseh..tp nnti.ny ilang sii klo udh jalan…:)

  44. Mas mau nanyak di mana tempat choke ninja 150rr

  45. Saya mau nanya, jdi setiap pgi saat mtor mau di panasin, choke hrus dlm keadaan ke atas atau normal ?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: