KENAPA NINJA HARUS DI CHOKE SAAT STATER DI PAGI HARI..
Alhamdulillah bisa Posting lagi Mas Bro-Diajeng..
Seiring adanya beberapa pertanyaan serupa yang di tujukan kepada Saya baik melaui FB – SMS maupun Komen di Blog ecek-cek ini,, maka Saya ingin sharing juga sekalian jawaban atas Pertanyaaan tersebut seMampu Saya..
Kenapa Ninja 150 R / RR musti pake Choke saat menghidupkan Mesinya di pagi Hari..??
Menurut Saya :
= > Tidak semua / tidak Selalu Ninja KeCanduan Sarapan Choke, contohnya sipaIJO tidak selalu membutuhkan Choke Saat Stater pagi (hanya kadang-kadang / jarang) Dan tidak Hanya Ninja R/RR saja Melainkan Mayoritas Motor berMesin 2 Langkah seperti itu/ membutuhkan Choke saat stater di pagi hari..
= > Tidak perlu Kawatir, hal tersebut adalah wajar..
Bisa di bilang ini adalah salah satu kekurangan Mesin 2 Tak di banding motor berMesin 4 tak,, karena dalam Proses Pembakaran Mesin 2 langkah di ruang bakar / Chamber melibatkan ‘Unsur’ Oli Samping sedang pada Mesin 4 tak murni hanya Campuran Gas Oktan + Oksigen saja..
Sebenarnya Tugas utama Oli Samping adalah sebagai Pelumas yang harus Melumasi Komponen-komponen Mesin di Ruang Crankcase/ di bawah Piston seperti; Kruk as besrta pen dan bering nya sampai stroke/ stang piston, pen piston + bearing,piston dan liner,, namun sebagian Oli samping ikut terisap bersama campuran gas Oktan + oksigen ke ruang Bakar, sebagian ada yang ikut terbakar sebagiannya lagi ikut terbuang keluar bersama Gas sisa pembakaran melalui Knalpot..
Maka dari itu pada Motor BerMesin 2 langkah membutuhkan suhu lebih tinggi untuk Proses pembakaran Ideal di banding Mesin 4 tak,, oleh karenanya Pada Mesin 2 tak menggunakan jenis / spek Busi PANAZ sedang sebaliknya Mesin 4 tak lebih cenderung menggunakan spek Busi Dingin..
Semoga ada Mamfaatnya..
KIP BRADEHUUD EN PISS FOREVE
Ohhh gitu, jαϑi kalo abis dicuci gmn bro? Soalnya ninja ane kalo abis dicuci nyalanya susah, normal gak? Ada tips gak bro? Kalo abis nyuci nyalain ampe mandikeringet ngengkelnya.
revianto said this on Juni 13, 2011 pada 2:04 am |
sama aja Bro, Intinya Mesin jadi Dingin baik abis di cuci ataupun abis tidur semalaman.. Tipnya bisa bersihkan karburator / setting ulang air screw/ jetting ulang spuyer (Pilot jet)..
*bisa juga air masuk saat di cuci, bisa melalui filter udara..
Hourex150L said this on Juni 13, 2011 pada 4:38 am |
motor gue ninja r, baru sebulan susah hidup di pagi hari,terpaksa bawa ke bengkel resmi
suruh ganti pj mekanik malah bilang bisa brebet(pj standar 45 ganti dgn 48).Hbs ganti
PJ, mtr langsung hidup dlm kondisi mesin dingin.saran sy yang mengalami masalah mtr
khususnya ninja brtanyalah pada suhu2 di google.
ogi said this on Januari 1, 2012 pada 1:20 am
wah gagal pertamaxxx. .
Premium aja dah. .xixixixi
rambutan bogor said this on Juni 13, 2011 pada 2:12 am |
hahahaha..
Hourex150L said this on Juni 13, 2011 pada 4:39 am |
di sering.in dong artikelnya, masa blog uda rame gini artikelnya jrang”
rahman gresik said this on Juni 13, 2011 pada 5:33 am |
sori mas Bro, jaringan di daerah Saya kadang ga’ bisa buat aplod Gambar.. Masih bwelum stabil kwalitasnya,, makanya diawal-awal Saya ucapkan Syukur ‘alhamdulillah’..
PIss..
Hourex150L said this on Juni 13, 2011 pada 7:11 am |
ow ternyata ada maksutnya y,
pdahal saya yg pake ninja krr150 sangat di untungkan dg artikel” ninja di blog ni,
maklum saya masi baru pake ninja dan butuh info” tntang ninja
rahman gresik said this on Juni 13, 2011 pada 1:07 pm
haaalaaaw, Bisa aja Sampeyan Bro.. 😀 ..
Hourex150L said this on Juni 13, 2011 pada 6:47 pm
wahhh…artikel ninja lgi…nice share om…
*kepengen ganti ninja rasa ny…
Virus said this on Juni 13, 2011 pada 6:01 am |
Santai aja Bro, pikir dulu masak-masak..
Jangan sampai menyesal Nantinya di kemudian hari.. Xixixiixiixixii..
Hourex150L said this on Juni 13, 2011 pada 7:14 am |
thanks for sharing useful info about ninja bro Hourex, sblm beli 150L putih/11.. Sy slalu liat update postingan blog nya..
Slam kenal bro..
5180s.riefq said this on Juni 13, 2011 pada 8:22 am |
salam kenal balik Mas Bro.. Selamat atas Ninja Barunya..
Hourex150L said this on Juni 13, 2011 pada 6:11 pm |
bener mas bro, untuk motor2 2 tak memang kebanyakan harus tarik tuas choke dulu untuk stater dipagi hari, dan akan menjadi kebiasaan pada mesin saat masih dingin pasti asap putih tipis akan keluar tapi kalo udah panas akan tak terlihat kaya motor 4 tak
dnugros said this on Juni 13, 2011 pada 9:25 am |
apalagi yang Pake CC diknalpotnya, jamin bersih Mas
Hourex150L said this on Juni 13, 2011 pada 6:10 pm |
CHoke ku wes almarhum bertahun2 yg lalu…gledekan uelek2 ngono langsung greng kalo dislah
asmarantaka said this on Juni 13, 2011 pada 10:27 am |
itu tandanya pilotjetnya gede(basah) alias Boros kan Mas..xixixixi
Hourex150L said this on Juni 13, 2011 pada 6:16 pm |
biasa nya klo motor yang rajik coke itu ya kemungkinan besar pilot jet terlalu kecil, seperti kasus motor suzuki smash beberapa waktu lalu mas bro..
hanya opini saya dari orang pinggiran!!
agungsevi said this on Juni 13, 2011 pada 10:50 am |
beda kasus Mas Bro, smas kan Mesin 4 tak.. Tp bisa juga sih..
Hourex150L said this on Juni 13, 2011 pada 6:23 pm |
iaa nih mas bro ,kawani ane juga sarapan choke terus tiap pagi,mas bro minta saran nih ,ane mau ganti pke knalpot racing,kira2 yg suaranya garing dan enak d.dengar apa ya ? Makasih sebelumnxa
rafninjers said this on Juni 13, 2011 pada 1:11 pm |
nanti Saya posting Tip agar gak KECanduaN Choke Bro..
*dari dulu Saya NGIDAM knalpot R9 Bro..
Hourex150L said this on Juni 13, 2011 pada 6:52 pm |
@rafninjers bnyak pilihan ad r9 or kp smua suarana enk d dngar bos
mas bikinin artikel servive karbu donk lgkap dgan langkah2 an pict nya..
eki said this on Juni 13, 2011 pada 3:28 pm |
Oke Bos,, tapi sabar ya.. Maklum,selain Karyawan swasta Saya juga seorang Petani Bro,, jadi kadang ga’ da waktu buat OL (kecape’an).. Piss..
Hourex150L said this on Juni 13, 2011 pada 6:57 pm |
@eki: yaupz.. Setuju biar bs service sendiri, hemat mat mat.. Hehe
mas hourex request ni.. Fast response yaa..
5180s.riefq said this on Juni 13, 2011 pada 3:37 pm |
hahaha WANIII PIROOO.. 😀 😀 😀
Hourex150L said this on Juni 13, 2011 pada 7:02 pm |
braderhood lah mas.. Jgn pake2 wani pirooo… Hehee share ilmu investasi lho bwt akhirat, nanti sy amalkan pahalanya ngalir deh sama mas hourex,, hehehe
piss
5180s.riefq said this on Juni 13, 2011 pada 7:34 pm |
haahahhaa,, ngok phonii, ngok mmendhek,, nggomonhngg ngoopoo..
* 😀 😀
PISS juga..
Hourex150L said this on Juni 13, 2011 pada 9:27 pm |
@hourex150l,oke mas bro ditunggu artikel selanjutnya
@eki,mkasih sarannya mas bro
R9 sama CMS bagus mana ya?
rafninjers said this on Juni 13, 2011 pada 11:29 pm |
OOOO,,,matic ane dah auto choke untungya
ipanase said this on Juni 14, 2011 pada 7:56 pm |
naiz inpo bro hourex ,
mau nanya ni , ak baru aja dapet bonus ni , dibliin ninja 150L , trus mau ganti knalpot racing tapi bikinan sendiri , kalo setting spuyer (pj dan mj) bagusnya ukuran brapa bro ?
Thx bro ,
saya newbie , hehehe
newbie help said this on Juni 15, 2011 pada 1:50 pm |
Selamat atas Ninja barunya Mas Bro..
Kalo setingan pj + mj gak bisa main angka Bro, kebutuhan tiap mesin beda-beda jettingnya,, apalagi kenalpot handmade..
Oia, keknya saya sudah pernah beberapakali nulis ini bro, Coba di seach aja..
*tinggal di mana ni..??
Hourex150L said this on Juni 15, 2011 pada 2:47 pm |
HALLO MAs bro..aq mau tanya ne?knapa ya ninjaq kq selalu netes bensinya dari saluran bawah tangki(bukandari saluran pembuangan kabulator)? apa karena kena guncangan ya jdi bensinya meluap..luap…
matur sembah nuwun n salam kenal..:)
hiv_zhone said this on Juni 15, 2011 pada 4:27 pm |
bisa jadi Mas Bro, coba check ring bantalan karet dittutupnya.. Mungkin sudah keras / tipis karetnya
salam kenal balik Mas Bro..
Hourex150L said this on Juni 15, 2011 pada 4:34 pm |
walah mas iki yo petani to??nek ngunu aq yo takon obat wereng seng jos opo yow?cz sawahku yo terancam gagal panen goro2 wereng…hahahahah forum bwt motor malah tanya tentang obat pari xixixixix
hiv_zhone said this on Juni 15, 2011 pada 4:34 pm |
hahaha..
Saya emoh njawab Mas Bro.. Mengko darani promosi Gratisan,, xixixixi 😀
Hourex150L said this on Juni 15, 2011 pada 7:17 pm |
oke thx infonya bro hourex , salam kenal , hhe
tinggal di temanggung , jateng ,
tetangga saya ada yang usaha bikin knalpot , harganya murah + barang bagus ,
boleh minta no hp bro hourex ?? mau ngrepotin lg nih bro , hehehe
newbie help said this on Juni 15, 2011 pada 4:42 pm |
081374559125 atau mau lebih maremnya lagi di FB saja mas..
Email saya: mulyanto567@yahoo.co.id
Hourex150L said this on Juni 15, 2011 pada 5:18 pm |
gak pernah maen fb bro , hehehe
kalo sekedar setting spuyer di bengkel resmi kawasaki gpp bro ?
kmrn waktu service kan nambah coolant , tapi beda merek , sama mekaniknya dicampur sama coolant top 1 ,
jadi bingung , ni tau beneran apa cuman bisa asal aja , gt mas bro ,
kalo cari bengkel disini gatau tempatnya bro , hehehe
newbie help said this on Juni 15, 2011 pada 5:27 pm |
setting di bengkel mana saja ga masalah Bro, yang penting Motor jadi Maknyus larinya..
Oia, coolant apa saja ga masalah (apalagi ber merk terkenal) untuk nambah..
Hourex150L said this on Juni 15, 2011 pada 6:29 pm |
oh gt bro hourex , thx bngt nih infonya , ngbantu bngt , ntar kalo ada masalah numpang ngrepotin lg bro , hehehehe
maju terus bro blognya !
newbie help said this on Juni 15, 2011 pada 6:37 pm |
makasih doanya Mas Bro..
Oia, ini ada postingan jetting karbu,, tapi sayang GAMBARnya banyak yang ilang (gari 2 thok).. 😀
http://www.hourex150l.wordpress.com/2011/02/07/jetting-karbu-ninja-setelah-ganti-knalpot/
Hourex150L said this on Juni 15, 2011 pada 7:08 pm |
sama” bro ,
thx bngt bro , sngt membantu bagi newbie seperti saya
newbie help said this on Juni 15, 2011 pada 7:22 pm |
😀
Hourex150L said this on Juni 15, 2011 pada 10:32 pm |
oh iya bro ,
punya saya baru 700km.an , kalo diganti knalpot aman ya ?
newbie help said this on Juni 15, 2011 pada 7:28 pm |
tengkyu mas bro atas infonya…
walah mengko nek obate wereng emang jos,,pean kan iso tak rekomendasikan dadi pegawe peenyuluh pertanian..wkwkwk pisss..pipis..
hiv_zhone said this on Juni 17, 2011 pada 9:10 am |
ow yoo..mau tanya lagi ne mas bro..
penanda oli samping di mesin sebelah kanan yang bulet itu,,kq gak bisa bisa penuh yaw? padahal dlu bisa,,baiknya itu gmana ya??apa gara2 olsamnya tinggal dikit jadi tekanannya berkurang..matur suwunnn..
hiv_zhone said this on Juni 17, 2011 pada 9:15 am |
penanda oli samping tu adanya di spidometer Bro, untuk pastinya liat tabung oli di bawah jok..
Klo kaca bening bulat di mesin sebelah kanan itu penanda oli transmisi/ oli mesin (bukan penanda oli samping)..
Hourex150L said this on Juni 17, 2011 pada 9:36 am |
owalah..matur suwun mas bro..gak paham je aku..lha itu bagusnya harus penuh apa gak ms bro??
hiv_zhone said this on Juni 17, 2011 pada 10:03 am |
untuk oli Mesin / transmisi HANYA 0,87 L saja JANGAN di penuhi..
Hourex150L said this on Juni 17, 2011 pada 11:07 am |
owalah apa gara-gara bis tak ganti oli mesinya ya kmaren…
maap nggeh takon terus…hohohoi
hiv_zhone said this on Juni 17, 2011 pada 10:14 am |
hahaha,, HORA POPO Mas Bro..
KIP BRADEHUD .. 😀
Hourex150L said this on Juni 17, 2011 pada 11:09 am |
suhu lebih tinggi bukannya pakai busi dingin?
kalo NGK angkanya makin gede
NGK B7ES lebih panas dari B9ES bukan gt masbro?
parto said this on Juni 24, 2011 pada 10:52 pm |
Yups,, betul banget Mas Bro..
Hourex150L said this on Juni 24, 2011 pada 11:51 pm |
mas bro,,knp ya motor saya baru datng dri deler 1 mnggu
trs tuh motor cpt panas n ada bau sangit ya gtu,,trs biasa ya kan klo kontak kunci motor di ON/nyalain pasti lampu netral N ya itu nyala,,tp ini kok gak ya,,,prtama dtg mah nyala,,,tp uda 1 mingguan gak nyala??
knp ya??
tlng saran ya…
rizki said this on Juli 5, 2011 pada 10:12 pm |
bisa jadi air akinya lupa tidak di isi oleh deler, coba cek level air akinya dulu..
Hourex150L said this on Juli 5, 2011 pada 11:42 pm |
thanx gan
rizki said this on Juli 7, 2011 pada 8:03 pm
boss gw baru beli motor kawasaki ninja rr 150 warna merah tp bnyk bgt kendalanya knp y????contohnya super kips sering macet….di selahnya Jg susah bgt nyalahnya………pusing gw….tolong solusinya boss tnks……………
Yandi Doank said this on Agustus 3, 2011 pada 9:00 am |
solusinya Service Besar Mas,, karbu-valvesuperkips-ruang bakar-Knalpot di bersihka semua..
*Pasti jozz..
Hourex150L said this on Agustus 4, 2011 pada 5:55 pm |
mantab nie obrolan
sniper purworejo said this on November 15, 2011 pada 7:39 am |
Saya mau tanya.saya punya ninja r thn ’10 .kalau dilihat2 dari segi tahun pastilah ninja tsb tdak bnyak masalah,namun tdk dmkian,ninja tsb sering bermasalah dan maslahnya itu2 aja,
Dimana bensin sering bocor dari selang yang ada di bawah tepatnya di antara Cagak 2,,namun ketika saya putar keran dalam keadaan off bensin tdk bocor,,d putar lg ke on bensin bocor,,bgtu sterussnya,,,apa yg menyebabkan demikian mas,,solusinya apa??apakah perlu gnti karbu??thaks
roemy said this on Agustus 3, 2012 pada 10:03 am |
sepertinya itu karena Karburator yg kotor,, terutama di jarum pelampungnya.. Sehingga saat pelampung udah naik tapi jarum tidak menutup sempurna karena terganjal debu/kotoran,, gak perlu ganti karbu..
*klo agar bs di bawa kebengkel,, coba ketok-ketok bodi karbu lalu buka krannya..
Hourex150L said this on Agustus 3, 2012 pada 11:19 am |
kenapa ninja 150 r super kips saya, sering keluar oli mesin di exhaust, dan chasis depan kop mesin saya sering ber oli…
ferbi sahensolar said this on Mei 25, 2013 pada 3:57 pm |
Mas mau tanya, kalo pagi motor saya kalo pagi di hidupin tanpa choke bisa cuma pas di trik gas dikit langsung mati, setlah choke sih lancar di engkol langusng hidup, kalo saya baca di artikel mas masih normal yah,,,nah kendalanya lagi motor pas awal jalan ( tarik gas pertama ) tuh ngempos seperti mau mati harus agak gede tarik gas nya kira2 maslahnya apa yah????motor masih setandard semua belum ada yg di rubah dari bawaan dealer.
Toni said this on Juni 25, 2013 pada 1:32 pm |
kenapa y ninja r saya saat lampu menyala sulit di hidupkan?
mohon pencerahan y bro
irawan said this on Agustus 14, 2013 pada 10:25 am |
kemungkinan ada korslet pd kabel lampunya Mas,, IMHO..
Hourex150L said this on Agustus 29, 2013 pada 6:12 am |
mas… sy baru beli motor ninja R belum cukup dua bulan kemarin… kendala motor sy mas..1.motor saya sdh di service di dialer kok asapnya masi banyak sekali pdhl sy sdh gunakan olisamping lowsmoke..2 kenapa motor saya setiap kali mau jalan harus tarik cook terus..berhenti 3 jam saja kalau mau jalankan mesinnya harus tarik cook…kalau gak tarik mesinnya gak mau hidup..bbm yg sy gunakan pertamax… tolong solusinya mas.. ane sdh pusing mau di apaiin lg ini motor…
Alda said this on November 3, 2015 pada 11:53 pm
knapa ninja r saya sulit di hidupkan ketika lampu nya menyala?
tolong pencerahan y mas bro
irawan said this on Agustus 14, 2013 pada 10:28 am |
Mas mau nnya dong, sy baru beli ninja RR baru di pake berapa bulan tp sekarang susah bgt di nyalain, sy sampe 3 kali ke diler, org diler nya sampe ganti busi nya 3x, tp beberapa hr susah nyala lg, itu knp ya? Tolong info nya dong
Will said this on Agustus 20, 2013 pada 11:03 pm |
bos… knp motor ninja R saya kok tarikannya hilang-hilang atau kosong seperti gak ada pengapiannya sama sekali.. tpi itu terjadi di saat jalan.
rico said this on Oktober 9, 2013 pada 3:36 pm |
mas bro…ninja rr saya baru 2 bulan tapi kok tiap pagi musti choke dan harus ditahan lama..kl choke bentar mesin mati.dan ukuran ketinggian standart ninja rr brapa ya?thx mas bro
rudy said this on November 5, 2013 pada 11:18 pm |
blognya keren mas. ijin gabung (nubi) hehe.
Sekedar sharing nyambung yg td, punya sy jg dulu-sekarang begitu, hukumnya wajib pk itu choke, nanya dealer jg jawabnya gt2, akhirnya ngalahi tetep choke paling 1 mnt habis itu panasi bentar, untir2 gas dikit demi sedikit (kl langsung rpm tinggi bs macet itu kips) smp rpm 7rban dulu br ngacir, kl dipaksa ngacir pas mesin blm panas (ga cm pagi) pasti ngempos.
-trims-
jagad said this on Desember 8, 2013 pada 7:21 pm |
blognya keren mas. ijin
gabung (nubi) hehe.
Sekedar sharing nyambung
yg td, punya sy jg dulu-
sekarang begitu, hukumnya
wajib pk itu choke, nanya
dealer jg jawabnya gt2,
akhirnya ngalahi tetep
choke paling 1 mnt habis
itu panasi bentar, untir2
gas dikit demi sedikit (kl
langsung rpm tinggi bs
macet itu kips) smp rpm
7rban dulu br ngacir, kl
dipaksa ngacir pas mesin
blm panas (ga cm pagi)
pasti ngempos.
-trims-
jagad said this on Desember 9, 2013 pada 8:51 am |
iya deh kalo gitu,, bermanfaat,, tapi bukannya ninja itu direkomendasikan pake buisi dingin ya?
Resa NaRjo ( Ninja Rr ijo) said this on Juli 8, 2014 pada 9:05 am |
Mas bro izin brtanya…
Kenpa mtor ninja 150 rr ku tiap pertama hidup asap ngebul pake buwangett. Tpi klo sdh agk lma (kira2 10-15 mnit) asap hilang.
Mohon pencerahannya mas bro.
yogi said this on Oktober 14, 2014 pada 4:31 pm |
iya punyaku juga ngebul gitu tp lma” ilang..cuma awal.ny aja…
mohon pencerahan.ny maamaseh
ahong76 said this on November 23, 2014 pada 10:20 am |
berarti kalo awal running berasap itu gpp y mamaseh..tp nnti.ny ilang sii klo udh jalan…:)
ahong76 said this on November 23, 2014 pada 9:35 am |
Mas mau nanyak di mana tempat choke ninja 150rr
yazid said this on Desember 4, 2014 pada 9:00 pm |
Saya mau nanya, jdi setiap pgi saat mtor mau di panasin, choke hrus dlm keadaan ke atas atau normal ?
kamal said this on April 28, 2016 pada 7:44 am |
Mau tanya klo masukin gigi pas mau jalan lepas kopling mesin bunyi ngiuk apa nya ya ?? Klo lagi jalan ngiiiikk.. suara klo lagi lepas kopling sma narik gas.. diturunin gak bunyi
allies said this on Oktober 27, 2016 pada 11:34 am |