MODIFIKASI SELANG PERNAPASAN MESIN


Inti dari Modifikasi ini adalah menghubungkan Selang pernafasan Mesin dengan Box Filter udara,, hal ini sudah di terapkan oleh Prabbrikan Motor di beberapa Produk terbaru Mereka.. Seperti Ninja RR ataupun Honda MegaPro generasi -2 (elektrik stater) maupun honda tiger,, ini contoh yang ada pada Honda Megapro Generasi Ke-2..

Namun karena pada Motor Megapro tua (belum elektrik stater) milik Saya belum ada di aplikasikan PengHubungan selang Pernapasan Mesin ke Box Filter udaranya,, Maka Saya memodifikasi sendiri saluran/ selang pernapasan Mesin untuk di hubungkan ke Box Filter..

Caranya dengan menanamkan Pipa berulir dari Dop pentil Ban dalam atau bisa juga dengan sambungan lelang hidrolik yang berukuran kecil ke dalam box sebagai tempat memasukan Selang Pernapasan Mesin agar terhubung dengan Box Filter udara..

Modifikasai Serupa juga Saya terapkan pada pengawal Saya si NaRjo (Ninja R ijo),, hal tersebut juga terinspirasi dari kawasaki ninja RR yang sudah menghubungkan selang pernapasan Mesin dengan Box filter udara.. Hanya saja pada Modifikasi kali ini jauh lebih simpel dan gampang,, karena pada Box filter Ninja R (L & N) sudah terdapat 2 buah water trap buntu yang bisa di mamfaatkan..

Cara Modifikasi selang Pernapasan mesin agar seperti yang ada pada sodaranya si RR hanya tinggal Potong “SEDIKIT” ujung yang “BUNTU” saja maka akses (lobang) ke box filter sudah terbuka,, tanfa refot-refot bikin / menanam pipa pada bodi Box Fiter..

Langkah berikutnya tinggal Masuk kan selang Pernapasan Mesin kedalam pipa water trap “buntu” yang sudah kita potong / lobangin tadi,, GAmpang tho

Jangan lupa tanbahkan Klem untuk menjamin selang tidak mudah lepas terutama saat di cuci..

Adapun beberapa mamfaat dari Modifikasi ini antara lain;
* lebih aman Saat melewati genangan air (apalagi musin Hujan),, karena bisa saja selang pernapasan mesin yang biasanya terjuntai ke bawah mesin dapat Menghisap air saat ujung selang tercelup genangan air atau bahkan saat di cuci saat ujung..
Seperti Pernah terjadi di sini

* Sirkulasi pendinginan udara di dalam Mesin jauh lebih baik karena adanya daya hisap dari Box Filter saat mesin di hidupkan..

Modifikasi seperti ini BUKAN semata berlaku pada Motor SPORT saja tetapi dapat juga pada jenis Motor-Motor lainya seperti Motor BEBEK maupun SKUTIK & SKUBEK,, Semoga ada Mamfaatnya..

PISS..

~ oleh Hourex150L pada November 29, 2011.

59 Tanggapan to “MODIFIKASI SELANG PERNAPASAN MESIN”

  1. mantab..kreatif..

  2. bisa menghisap ya..ta pikir bisa nyebul tok..πŸ™‚

  3. aslinya kan water trap, gimana kalo beneran air masuk kesitu n masuk ke mesin bisa bahaya. kalo bisa usahakan cari lubang yg lebih tinggi dari lubang water trap

    • Ini Bukan Jalur Water Trap kok Mas,,karena letaknya di dasar “ATAS”.. Dan WATER TRAPnya di dasar bawah Box dengan selang Pembuangan keluar yang BESAR masih utuh dan tidak di ganggu kok..πŸ˜€ Insya Allah AMAN..

      PISS..

  4. Nais inpoh mas!! Mau dicoba minggu nanti. Mas, sekalian mau minta pencerahannya. Ninin ane yg masih umur 3 minggu, km 700-an, kok kalo digas urut dari bawah, kok bisa sendat2 ya saat di rpm 2~3 rb? Ada hubungannya dgn setelan olsam boros atau setelan air screwnya yg gak pas? Sudah dibw servis pertama ke beres & dikeluhkan ke mekaniknya, tp katanya kips-nya macet sdgkan krn masih masa inreyen, rpmnya maks baru ane geber sampe 4rb. Mohon sharing ilmu & pengalamannya ya mas. TrimsπŸ˜€

    • kemungkinan pemanasannya kurang atau setelan anginnya belum pas..

      *masih reyen kok superkips macet,, logika MEKANIKnya itu yang macet Mas.. Hehehe..

      PISS

    • bilang sama mechanicnya, super kips macet ndasmu..kips baru kebuka di 7000 rpm, dibawah itu mah blom..
      settingan karbu aja ntu check lagi..

      Piss

  5. wohhh! bisa diterapkan di satria 2 tak ndak mas? mo nyoba2 dulu ah…

  6. Sip lah

  7. siipp.. GL 100 saya dulu juga tak gituin.
    tp sekarang udah dijual😦

  8. kalo artikelnya kayak ini, gak kedelo’an angger wong smea! persis mekanik handal! xixixixixixixi

  9. fungsi utamanya sebenernya buat apa masbro.
    apa ada peningkatan performance, makin irit kah, apa jadi ramah lingkungan?

  10. jelas ada Mas..
    Performance; dengan modif ini udara yang bersirkulasi di dalam bak mesin di jamin lebih seteril karena telah melalui busa filter udara di dalam box, serta sirkulasi udara juga lebih optimal karena adanya gaya hisap dari piston yang menghisap udara di dalam box filter,, dengan sirkulasi udara yang bagus jadi suhu didalam mesin juga bisa lebih stabil..
    Ramah lingkungan juga; apabila sudah terjadi kebocoran pada ring kompresi piston, maka akan ada campuran oktan bb + o2 yang menerobos ke ruang mesin,, dan ini tidak akan bisa keluar ke udara bebas karena di hisap kembali ke box filter dan akan kembali di hisap mesin melalui karburator lagi..
    IRIT; kalo gas oktan yang lolos tadi di bakar kembali maka akan terjadi efisiensi juga thoo..
    *analisa lulusan sMea kii,,,πŸ˜€πŸ˜€ PISS..

  11. mntep bg nnti tk cobak ama si jojho
    (ninja 150 l)

  12. sik-sik mas.. klo ambil jalur dr water trap opo ora malah kemasukan air embun/kondensasi dari box filter udara mas..

    • waa,, sebenernya itu bukan jalur WATER TRAP kok Mas,, karena letaknya di bagian dasar “atas”.. Cuman fungsi ke-2 pipa box yang di sumbat dari pabriknya itu(gambar -3) saya nggak tahu maka saya sebut sperti water trap,, karena water TRAP yang sebenarnya Masih Tetep ada di bagian dasar “bawah” Box dengan selang pembuangan dan tidak Saya Ganggu..

      Klo di Ninja RR juga di sambungkan ke pipa itu juga Mas dari Pabriknya..

  13. kalo buat mesin 4tak sih emang banyak pengaruhnya.. tapi kalo 2tak kayaknya gak banyak pengaruhnya karena selang tsb cuma selang napas transmisi, misal ditutup rapat juga gak banyak akibatnya.. lobang napas yamaha alfa kecil banget, paling cuma 2mm di belahan crankcase..

  14. Yah kalo kehabisan napas tinggal kasih napas buatan saja..

  15. Trus kalo udah dipasang selang buatan,.. Bisa ngebut sampe 150km/jam nggak mas?

  16. modifikasi yang berpositif dan sangat bermanfaat… universal dah..

  17. @ Mas Mondol :
    hahaha,, jelas tho yaa.. TIGER tho motornya..πŸ˜€πŸ˜€

  18. Udah ada kayaknya mas,, gak jadi deh modif sendiri😦
    but nice info dan trik

  19. bukti kalo produk dr pabrikan masih punya kekurangan
    next 2011 ninja harus ada “SELANG” nya langsung.. masak pemilik hrus nambah2 kayak gini … repotπŸ˜€

  20. sip tenan kang

  21. kuwi panggone sisih ndi to? ra mudeng aku

  22. gak terlalu ngaruh ke performa ama ramah lingkungan sih,klo lebih ke alaesan menghindari mesin kemasukan air bisa lah

    soalnya selang pernapasan ini cuman selang pernapasan transmisi gearbox,bukan selang pernapasan mesin seluruhnya.lantaran ruang mesin 2 tak kebagi 2 yaitu ruang krukas,yg diisi krukas,piston dkk dan ruang transmisi yg diisi gear driven ama kopling dkk

    biasanya klo di 4 tak selang pernapasan ngeluarin angin yg berasal dari pergerakan kruk as dan kebocoran ruang bakar yg gak kehalang ring piston, makanya motor 4 tak skrg selang pernapasan ini udh dihubungin semua ke box airfilter

    tapi tidak utk 2 tak,lantaran adanya sekat antara kruk as dan transmisi,yg menyebabkan terhalangnya udara di sekatnya.udara yg dihasilkan dari pergerakan kruk as dan kebocoran kompresi akan tetap masuk keruang bakar melalui lubang inlet dan keluar ke lubang exhaust lalu ke knalpot

    jadi klo ngaruh ke performa ama lebih ramah lingkungan spertinya gak begitu ngaruhπŸ˜€

  23. mas bro. .itu kan ada 2 saluran buntu. .lha yg dpotong yg besar ato yg kecil?*tenkyu

  24. To be completely honest, I have not stopped by here for a few months as I thought it had gotten kinda bland, but the last few posts have been very impressive so I suppose I’ll add you back to my regular bloglist.

  25. 2011…

    This is a very good tips especially to those new to blogosphere, brief and accurate information… Thanks for sharing this one. A must read article….

  26. Awesome blog you have here but I was curious about if you knew of any discussion boards that cover the same topics discussed here? I’d really like to be a part of group where I can get opinions from other knowledgeable people that share the same interest. If you have any recommendations, please let me know. Many thanks!

  27. I got what you mean, thanks for swing up. Woh I am glad to conclude this website finished google. Thanks For Share MODIFIKASI SELANG PERNAPASAN MESIN | Hourex150l's Blog.

  28. I got what you plan, thanks for putting up. Woh I am cheerful to gestate this website finished google. Thanks For Share MODIFIKASI SELANG PERNAPASAN MESIN | Hourex150l's Blog.

  29. I got what you will, thanks for putting up. Woh I am willing to learn this website through google. Thanks For Share MODIFIKASI SELANG PERNAPASAN MESIN | Hourex150l's Blog.

  30. I got what you will, thanks for putting up. Woh I am glad to find this website finished google. Thanks For Share MODIFIKASI SELANG PERNAPASAN MESIN | Hourex150l's Blog.

  31. Magnificent goods from you, man. MODIFIKASI SELANG PERNAPASAN MESIN | Hourex150l's Blog I have understand your stuff previous to and you are just too wonderful. I really like what you’ve acquired here, really like what you are stating and the way in which you say it. You make it enjoyable and you still care for to keep it wise. I can’t wait to read much more from you. This is really a tremendous MODIFIKASI SELANG PERNAPASAN MESIN | Hourex150l's Blog informations.

  32. Fantastic goods from you, man. MODIFIKASI SELANG PERNAPASAN MESIN | Hourex150l's Blog I’ve understand your stuff previous to and you are just too magnificent. I really like what you’ve acquired here, certainly like what you are saying and the way in which you say it. You make it entertaining and you still care for to keep it sensible. I can not wait to read much more from you. This is really a great MODIFIKASI SELANG PERNAPASAN MESIN | Hourex150l's Blog informations.

  33. Fantastic goods from you, man. MODIFIKASI SELANG PERNAPASAN MESIN | Hourex150l's Blog I’ve understand your stuff previous to and you are just too wonderful. I really like what you’ve acquired here, really like what you are saying and the way in which you say it. You make it enjoyable and you still take care of to keep it wise. I can’t wait to read far more from you. This is really a terrific MODIFIKASI SELANG PERNAPASAN MESIN | Hourex150l's Blog informations.

  34. I got what you designate, thanks for putting up. Woh I am happy to conceptualise this website finished google. Thanks For Share MODIFIKASI SELANG PERNAPASAN MESIN | Hourex150l's Blog.

  35. Great goods from you, man. MODIFIKASI SELANG PERNAPASAN MESIN | Hourex150l's Blog I have understand your stuff previous to and you’re just too fantastic. I actually like what you have acquired here, certainly like what you’re saying and the way in which you say it. You make it entertaining and you still care for to keep it wise. I can’t wait to read much more from you. This is actually a tremendous MODIFIKASI SELANG PERNAPASAN MESIN | Hourex150l's Blog informations.

  36. An interesting communicating is worth interpret. I expect that you should write writer on this subject, it strength not be a preconception matter but mostly group are not enough to mouth on much topics. To the succeeding. Cheers like your MODIFIKASI SELANG PERNAPASAN MESIN | Hourex150l's Blog.

  37. An gripping communication is worth remark. I think that you should compose more on this issue, it power not be a sacred field but generally grouping are not enough to mouth on much topics. To the succeeding. Cheers like your MODIFIKASI SELANG PERNAPASAN MESIN | Hourex150l's Blog.

  38. apakah kalau air masuk ke lubang nafas sangat berbahaya?
    motor ane GL pro ’96.

  39. […] bersih menggunakan angin kompresor lalu pastikan tidak ada celah lain yg berpotensi menghisap air Atau Di Modifikasi di hubungkan ke Box filter Udara kalo memang belum ter hubung ke Box […]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: