PENYEBAB OBLAGnya KOMSTIR MOTOR SAYA


Ini sebenarnya Merupakan Lanjutan dari Postingan Komstir si NaRjo yang OBLAG dan Bunyi PLETHAKQz saat Ngerem depan mendadak atau roda depan menghajar lobang,, Semula Saya berencana untuk Mengganti Laker dan Bearing komstirnya 1 set sekalian.. Namun Karena bearingnya Tidak ready stock a.k.a musti Indent dulu,, 😦 hingga membuat kesabaran Saya habis dan Akhirnya Saya Bongkar sendiri Komstirnya dan ternyata Saya menemukan Jumlah “Pelor” atau Ball bearing yang berbeda jumlahnya antara bagian atas Komstir atas dan bearing Komstir bagian bawahnya..

Jumlah Ball bearing /”pelor” atasnya 19 butir sedang yang bawah berjumlah 20 Butir,, Sampai Saya berASUmsi inilah penyebab OBLAGnya Komstir Motor Saya ini..
Yaitu Ball bearing /”pelor”nya kurang 1 butir pada Komstir bagian atas,, makanya Sayapun segera berBURU “Pelor” yang ber diameter 6mm ini..

Alhamdulillah,, akhirnya dapat juga.. Walaupun bukan baru,, melainkan berasal dari bearing bekas yang kebetulan “pelornya” berdiameter Sama (6mm)..

Segera Bongkar lagi Komstir si NaRjo buat Nambahin “Pelor”/ball bearingnya,,

Namun Apa Yang Terjadi JUSTRU kebalikan dari yang Saya Harapkan,, karena setelah Ball bearing Saya tambahkan ke komstir Bagian atasnya setang malahan jadi Macet untuk di belok-belokan..

*Nii bedanya mekanik aseli dengan mekanik lulusan SMEA #GADUNGAN – Abaikan saja# 😀 😀

Ternyata Memang sudah dari sononya (Pabriknya) Ball bearing komstir bagian atas Kawasaki Ninja R/RR berjumlah 19 butir,, karena setelah saya tambahi 1 butir justru ball bearing /”pelor” nya jadi tidak tepat pada rell bearingnya sehingga saat di kunci Komstir malahan jadi Macet.. Lha gimana dengan Komstir Bawah yang jumlah “pelornya” / Ball bearingnya 20 butir..?? Ternyata setelah Saya ukur Diameter as komstir bagian Atas dan Bawah Berbeda,, diameter As komstir atasnya 30mm sedang Diameter AS komstir bawahnya 32mm..

*makanya komstir bawah Muat di isi 20 ball bearing,, sedang komstir atasnya hanya bisa di isi 19 butir Saja (walaupun masih ada jarak/space beberapa mm) 😀 😀

“Dan Mungkin yang Menjadi PENYEBAB utama OBLAGnya Komstir Kawasaki Ninja R/RR adalah “pelor” / Ball Bearing Yang kering dari pelumas / Grease saja,, Mengingat jumlah “Pelor” dan diameter As Komstir yang berbeda antara komstir atas dan Bawahnya”

Oleh karenanya Bagi Brades Semua yang mengalami Komstir OBLAG jangan Langsung “Men_JUDGE” musti ganti Bearing Komstirnya,, bisa jadi itu di karenakan baut pengikat yang longgar atau Ball bearing /”pelor” yang sudah Kering dan minta di lumasi pake GREASE saja..

Terbukti setelah dengan “Hanya” menambahkan GREASE pada bearing Komstir atas bawahnya,, OBLAG dan Suara PLETHAKQ pada komstir Motor Saya langsung HILANG.. 😀 😀

*nii sudah NYETHOK 5 kg Grease HIGH PERFORMANCE Bos… 😀 😀

Dan Sekarang Komstir Motor Saya terasa seperti waktu masih Barunya dulu,, walau tidak jadi ganti Bearing Baru..

Hal ini “MUNGKIN” hanya berlaku apabila gejala OBLAGnya baru terjadi daan segera di service,, karena kalo Oblagnya sudah berbulan-bulan atau bahkan bertahun-tahun tapi hanya DI ABAIKAN saja kemungkinan Keausan yang di timbulkan tidak cukup hanya dengan menambahkan Grease saja..

Semoga ada Mamfaatnya,, KIP BRADEHUD en PISS..

~ oleh Hourex150L pada Desember 7, 2011.

41 Tanggapan to “PENYEBAB OBLAGnya KOMSTIR MOTOR SAYA”

  1. aku mau donk dikirimi grease’nya….
    wis muni plethak juga.. 😀

  2. super kips..

  3. hahahaha, guyu mas aq, sampean nyetok 5kg nggo pirang taun? xixixixixixi, sip aq njalok wae karo sampean yo

    • hahaha,, kan bisa di bagikan sama; Fakir, Miskin, mujahid fi sabilillah, kaum Duafa, anak yatim, mualaf maupun Orang yang terlilit Hutang piutang Mas.. 😀 😀

  4. waduh gemok kok nganti limang kilo mas, opo iso dianggo creambath mas, xixixi… :mrgreen:

    • hahaha,, injih Mas Haji Elsa.. Saget kagem Ngrimbati Valve Superkips ugi menawi pas servis / 2000km sepindah.. 😀 😀

      *boso jowone Pating Plethot yo Mas..

  5. Penyebab cepet rusak mesti sering dipake stopie mas

  6. sipp wess……

    ulasan yg jelass

  7. siap buat stoppie lagi deh 😀

  8. grease 5KG… buat berapa tahun tuh hahahaha

  9. Mungkin si vixi jg begitu kali yah

  10. Harganya nyampe berapa Bro greasenya? 😀

  11. informasi yang mantab, memang sebaiknya dikonsultasikan dlu ke ahlinya.. bisa buat berapa tahun tuh gemuk segalon..

  12. wah sama kasus nya nih sama punya ku…oblagh 👿

  13. ngomong2 sampean sak iki dadi juragan gemuk yo mas? lha kuwi nyetok sak ember.

  14. siip, nice info buat RR rider kayak saya, thanks mas mul

    titip jemuran
    http://www.hi-rpm.com/forum/troy-siahaan-editor-motorcycle-com-yang-full-indonesia-t77.html

  15. buset ..nyetok grease 5kg…buat dijual ketengan ya mas..:D

    hehe

  16. woh saingane piksen to om??…aiihihiih 😀 :mrgreen:

  17. Ikuti Kontes JFleece The Biggest Fans 2 berhadiah Ipad 2, klik disini untuk daftar http://www.j-fleece.com/fleecious/Bossderry ….sekarang juga..

  18. weee…ada juragan baru….juragan gemuk

  19. saya siap nerima greasenya

  20. sayang’y cuma gambar, kedepan bikin video tutorial nya mas, masih bingung nh, punya ninin rr baru tapi ga ngerti opo2.

  21. begitu jg vixion saya mas, kirain kena gejala komstir oblak yg katanya masalah generic vixion. trnyata gara2 banyak garam (saya posisi di kuta bali) yang mengendap di sekitar komstir, disinyalir sih gara2 air cucian motor mengandung garam. cuman ditambah grease dah lancar lagi.

  22. […] , ANTING- Swing Arm (supit udang) , tali Gas dan tali Kopling , Ninja 150RR-SE 2011 , Kelistrikan , Komstir segitiga bahkan knalpot Racing Dan banyak lagi yang lainya #maaf gak bisa sebutin semua- Abaikan saja […]

  23. kalo kawasaki blitz ukuran gotri atas sama bawah beda ga ya??

    kalo d lihat sekilas ukurannya sama, alhasil asal aja masukin yg atas 19 yg bawah 20…

    wehhh….:(

    “mantap buat mborong grease nya”

  24. ninin sy kog belok kiri nya agak berat mbanting gt …apany y

  25. malam bos,saya mo tanya ni bos.motor saya ninja rr se 2011,roda depan sering kena lobang jadi kalo belok tikungan tajam gak stabil kaya ban kempes padahal ban ok.mohon penjelasan’y bos,pa bearing,komstier atau pelek yang masalah.makasih bos,tlng di email:www.suga86@gmail.com

  26. pya q jga ngono mas…ni2n rr
    pengene blok knan wae nek nggo blok kri abot bgt…kiro2 opo kui ta mas…

  27. Siap laksanakan buat liburan akhir pekan hehehe

  28. […] blognyamitra, vixy182, lovemotobike, hourex150l […]

  29. Tksh Bos history nya sangat bermanfaat

Tinggalkan komentar