PENYEBAB OBLAGnya KOMSTIR MOTOR SAYA
Ini sebenarnya Merupakan Lanjutan dari Postingan Komstir si NaRjo yang OBLAG dan Bunyi PLETHAKQz saat Ngerem depan mendadak atau roda depan menghajar lobang,, Semula Saya berencana untuk Mengganti Laker dan Bearing komstirnya 1 set sekalian.. Namun Karena bearingnya Tidak ready stock a.k.a musti Indent dulu,, 😦 hingga membuat kesabaran Saya habis dan Akhirnya Saya Bongkar sendiri Komstirnya dan ternyata Saya menemukan Jumlah “Pelor” atau Ball bearing yang berbeda jumlahnya antara bagian atas Komstir atas dan bearing Komstir bagian bawahnya..
Jumlah Ball bearing /”pelor” atasnya 19 butir sedang yang bawah berjumlah 20 Butir,, Sampai Saya berASUmsi inilah penyebab OBLAGnya Komstir Motor Saya ini..
Yaitu Ball bearing /”pelor”nya kurang 1 butir pada Komstir bagian atas,, makanya Sayapun segera berBURU “Pelor” yang ber diameter 6mm ini..
Alhamdulillah,, akhirnya dapat juga.. Walaupun bukan baru,, melainkan berasal dari bearing bekas yang kebetulan “pelornya” berdiameter Sama (6mm)..
Segera Bongkar lagi Komstir si NaRjo buat Nambahin “Pelor”/ball bearingnya,,
Namun Apa Yang Terjadi JUSTRU kebalikan dari yang Saya Harapkan,, karena setelah Ball bearing Saya tambahkan ke komstir Bagian atasnya setang malahan jadi Macet untuk di belok-belokan..
*Nii bedanya mekanik aseli dengan mekanik lulusan SMEA #GADUNGAN – Abaikan saja# 😀 😀
Ternyata Memang sudah dari sononya (Pabriknya) Ball bearing komstir bagian atas Kawasaki Ninja R/RR berjumlah 19 butir,, karena setelah saya tambahi 1 butir justru ball bearing /”pelor” nya jadi tidak tepat pada rell bearingnya sehingga saat di kunci Komstir malahan jadi Macet.. Lha gimana dengan Komstir Bawah yang jumlah “pelornya” / Ball bearingnya 20 butir..?? Ternyata setelah Saya ukur Diameter as komstir bagian Atas dan Bawah Berbeda,, diameter As komstir atasnya 30mm sedang Diameter AS komstir bawahnya 32mm..
*makanya komstir bawah Muat di isi 20 ball bearing,, sedang komstir atasnya hanya bisa di isi 19 butir Saja (walaupun masih ada jarak/space beberapa mm) 😀 😀
“Dan Mungkin yang Menjadi PENYEBAB utama OBLAGnya Komstir Kawasaki Ninja R/RR adalah “pelor” / Ball Bearing Yang kering dari pelumas / Grease saja,, Mengingat jumlah “Pelor” dan diameter As Komstir yang berbeda antara komstir atas dan Bawahnya”
Oleh karenanya Bagi Brades Semua yang mengalami Komstir OBLAG jangan Langsung “Men_JUDGE” musti ganti Bearing Komstirnya,, bisa jadi itu di karenakan baut pengikat yang longgar atau Ball bearing /”pelor” yang sudah Kering dan minta di lumasi pake GREASE saja..
Terbukti setelah dengan “Hanya” menambahkan GREASE pada bearing Komstir atas bawahnya,, OBLAG dan Suara PLETHAKQ pada komstir Motor Saya langsung HILANG.. 😀 😀
*nii sudah NYETHOK 5 kg Grease HIGH PERFORMANCE Bos… 😀 😀
Dan Sekarang Komstir Motor Saya terasa seperti waktu masih Barunya dulu,, walau tidak jadi ganti Bearing Baru..
Hal ini “MUNGKIN” hanya berlaku apabila gejala OBLAGnya baru terjadi daan segera di service,, karena kalo Oblagnya sudah berbulan-bulan atau bahkan bertahun-tahun tapi hanya DI ABAIKAN saja kemungkinan Keausan yang di timbulkan tidak cukup hanya dengan menambahkan Grease saja..
Semoga ada Mamfaatnya,, KIP BRADEHUD en PISS..
aku mau donk dikirimi grease’nya….
wis muni plethak juga.. 😀
bapakeValen said this on Desember 7, 2011 pada 3:10 pm |
alamatnya Pak..??!!
Hourex150L said this on Desember 7, 2011 pada 9:25 pm |
super kips..
Ya2kzzz said this on Desember 7, 2011 pada 3:16 pm |
Mana..??
Hourex150L said this on Desember 7, 2011 pada 9:28 pm |
hahahaha, guyu mas aq, sampean nyetok 5kg nggo pirang taun? xixixixixixi, sip aq njalok wae karo sampean yo
aam sbb rr said this on Desember 7, 2011 pada 3:58 pm |
hahaha,, kan bisa di bagikan sama; Fakir, Miskin, mujahid fi sabilillah, kaum Duafa, anak yatim, mualaf maupun Orang yang terlilit Hutang piutang Mas.. 😀 😀
Hourex150L said this on Desember 7, 2011 pada 9:34 pm |
waduh gemok kok nganti limang kilo mas, opo iso dianggo creambath mas, xixixi…
elsabarto said this on Desember 7, 2011 pada 4:11 pm |
hahaha,, injih Mas Haji Elsa.. Saget kagem Ngrimbati Valve Superkips ugi menawi pas servis / 2000km sepindah.. 😀 😀
*boso jowone Pating Plethot yo Mas..
Hourex150L said this on Desember 7, 2011 pada 9:39 pm |
Penyebab cepet rusak mesti sering dipake stopie mas
masmondol said this on Desember 7, 2011 pada 4:49 pm |
sebenere gak Rusak Mas,, cuman kebetulan pas Kering saja Greasenya paling.. CMIIW..
Hourex150L said this on Desember 7, 2011 pada 10:00 pm |
sipp wess……
ulasan yg jelass
bimo96 said this on Desember 7, 2011 pada 5:02 pm |
suwun Mas..
Hourex150L said this on Desember 7, 2011 pada 10:01 pm |
siap buat stoppie lagi deh 😀
nanared said this on Desember 7, 2011 pada 6:21 pm |
hahaha,, malu dah tua Mas Bro.. 😀
Hourex150L said this on Desember 7, 2011 pada 10:03 pm |
grease 5KG… buat berapa tahun tuh hahahaha
kamil said this on Desember 7, 2011 pada 9:37 pm |
Mungkin si vixi jg begitu kali yah
mas wahyu said this on Desember 7, 2011 pada 9:39 pm |
bisa jadi Mas,, sebab diameter shock depannya kan juga mirip..
Hourex150L said this on Desember 7, 2011 pada 10:05 pm |
Harganya nyampe berapa Bro greasenya? 😀
Skipz said this on Desember 7, 2011 pada 9:57 pm |
hampir 300k Mas..
Hourex150L said this on Desember 7, 2011 pada 10:09 pm |
informasi yang mantab, memang sebaiknya dikonsultasikan dlu ke ahlinya.. bisa buat berapa tahun tuh gemuk segalon..
gogo said this on Desember 7, 2011 pada 11:10 pm |
wah sama kasus nya nih sama punya ku…oblagh 👿
vixy182 said this on Desember 7, 2011 pada 11:17 pm |
tapi sekarang SUDAH SEMBUH,,, 😀 😀
Hourex150L said this on Desember 9, 2011 pada 10:21 am |
ngomong2 sampean sak iki dadi juragan gemuk yo mas? lha kuwi nyetok sak ember.
dnugros said this on Desember 8, 2011 pada 9:37 am |
siip, nice info buat RR rider kayak saya, thanks mas mul
titip jemuran
http://www.hi-rpm.com/forum/troy-siahaan-editor-motorcycle-com-yang-full-indonesia-t77.html
zikri irfandi said this on Desember 8, 2011 pada 10:32 am |
buset ..nyetok grease 5kg…buat dijual ketengan ya mas..:D
hehe
penggemar ninja said this on Desember 8, 2011 pada 11:01 am |
woh saingane piksen to om??…aiihihiih 😀
asmarantaka said this on Desember 8, 2011 pada 1:53 pm |
Ikuti Kontes JFleece The Biggest Fans 2 berhadiah Ipad 2, klik disini untuk daftar http://www.j-fleece.com/fleecious/Bossderry ….sekarang juga..
derry said this on Desember 8, 2011 pada 8:41 pm |
weee…ada juragan baru….juragan gemuk
martini said this on Desember 8, 2011 pada 10:37 pm |
hahaha,, mau tak jual Online ni Mas Begawan.. 😀 😀
*di CIDUK pora yaa..??!! 😀
Hourex150L said this on Desember 9, 2011 pada 11:24 am |
saya siap nerima greasenya
ipanase said this on Desember 10, 2011 pada 3:42 pm |
sayang’y cuma gambar, kedepan bikin video tutorial nya mas, masih bingung nh, punya ninin rr baru tapi ga ngerti opo2.
abibi said this on Desember 11, 2011 pada 12:06 pm |
begitu jg vixion saya mas, kirain kena gejala komstir oblak yg katanya masalah generic vixion. trnyata gara2 banyak garam (saya posisi di kuta bali) yang mengendap di sekitar komstir, disinyalir sih gara2 air cucian motor mengandung garam. cuman ditambah grease dah lancar lagi.
rahasia said this on Januari 27, 2012 pada 1:37 pm |
[…] , ANTING- Swing Arm (supit udang) , tali Gas dan tali Kopling , Ninja 150RR-SE 2011 , Kelistrikan , Komstir segitiga bahkan knalpot Racing Dan banyak lagi yang lainya #maaf gak bisa sebutin semua- Abaikan saja […]
SERVICE: BERSIHKAN KARBON DI RUANG BAKAR KAWASAKI NINJA 150R/RR | Hourex150l's Blog said this on Maret 21, 2012 pada 7:25 am |
kalo kawasaki blitz ukuran gotri atas sama bawah beda ga ya??
kalo d lihat sekilas ukurannya sama, alhasil asal aja masukin yg atas 19 yg bawah 20…
wehhh….:(
“mantap buat mborong grease nya”
raditta said this on April 22, 2012 pada 11:42 am |
ninin sy kog belok kiri nya agak berat mbanting gt …apany y
siswanto said this on Juli 24, 2012 pada 9:52 pm |
coba check setelan rante/ setelan roda belakangnya,, sepertinya belum center Mas..
Hourex150L said this on Juli 24, 2012 pada 11:02 pm |
malam bos,saya mo tanya ni bos.motor saya ninja rr se 2011,roda depan sering kena lobang jadi kalo belok tikungan tajam gak stabil kaya ban kempes padahal ban ok.mohon penjelasan’y bos,pa bearing,komstier atau pelek yang masalah.makasih bos,tlng di email:www.suga86@gmail.com
suga said this on Januari 28, 2013 pada 9:24 pm |
pya q jga ngono mas…ni2n rr
pengene blok knan wae nek nggo blok kri abot bgt…kiro2 opo kui ta mas…
sendi said this on Juni 12, 2013 pada 5:00 pm |
Siap laksanakan buat liburan akhir pekan hehehe
faazarucul said this on Desember 7, 2013 pada 10:12 am |
[…] blognyamitra, vixy182, lovemotobike, hourex150l […]
Vixion ABS | Blog Gandem! said this on November 22, 2014 pada 2:57 pm |
Tksh Bos history nya sangat bermanfaat
Supriyadi said this on Mei 20, 2019 pada 8:03 am |