PEDOMAN SETTINGAN KARBURATOR SUDAH PAS..


Sebagai mana sama kita ketahui,, bahwasanya dalam melakukan perubaaaahan spek motor membutuhkan pula Perubahan Settingan suplay Bahan bakarnya.. misal dengan merubah knalpot standard di ganti saluran gas buang (knalpot) jenis Racing / aftermarket,, tentu juga membutuhkan Suplai pengkabutan BBM dan Oksigen yang berbeda pula.. dan dalam istilah Motor dengan sistem pengkabutan Karburator di kenal dengan istilah “jetting”,, yaitu penggantian Spuyer (Pilot & Main jetnya) maupun diameter jarum skep ataupun tinggi Rendahnya..

Adapun Patokannya adalah; putaran mesin BAWAH di pengaruhi Slow JET / Pilot Jet,, pada putaran mesin menengah (4000 -7000 rpm) di pengaruhi posisi jarum Skep dan diameternya,,, sedangkan Pada putaran atasnya di pengaruhi oleh Main Jetnya..
Adapun Pedoman Kurang / lebihnya ukurannya; Kalau mesin MBREBET tanda ukuran terlalu besar,, dan apabila NGEMPOS (hilang tenaga) tanda masih minta naik lagi ukurannya..

Setingan Motor yang PAS _ MANTAP apa bila Napas Motor/ mesin Terasa dari putaran bawah hingga atas tanpa Gejala BREBET ataupun NGEMPOS,, selainn itu juga harus di lihat juga dari WARNA Anoda Busi Motornya..

apabila Busi berwarna Hitam Legam pada kutub Anodanya tanda bensin terlalu boros/ kebesaran Spuyer,, sebaliknya bila Anoda Busi berwarna Terang Keputihan itu berarti Spuyer masih kekecilan..
Sedang Warna Idealnya adalah kemerahan seperti Gambar di atas^^..

atau mungkin seperti yang ini,, silahkann..

Semoga ada Mamfaatnya,, KIP BRADEHUD en PISS…

~ oleh Hourex150L pada Februari 7, 2012.

107 Tanggapan to “PEDOMAN SETTINGAN KARBURATOR SUDAH PAS..”

  1. klo ujung warna merah bata,tp sekitarnya hitam kering kdang smpai busi susah dlepas…piye kang?

  2. Kalo jetting anginnya piye? Brapa putaran?

  3. wah,,,sekarang pake pideo yutub segala,jossssssssssssssssssssss
    msok panas langsung lepas busi??
    http://pertamax7.wordpress.com/2012/02/07/ketika-fitur-matic-honda-di-iklankan-fanpage-yamaha-motor-indonesia/

  4. langsung di praktekan hehehe

  5. nice info, langsung dipraktekin ke c bongsor 😉

    aniway ijin nitip kandang masbro :mrgreen:

    HOAX kah?? JEBAKAN BETMEN OKNUM POLISI

  6. Sipp Bro, Btw klo mesin masih panas atau setelah dipakai buka/pasang busi ada pengaruh buruknya gak Bro?

  7. joss tenan info oprek’e kang mul

    http://areeya2.wordpress.com/2012/02/07/ketika-honda-beat-tak-mau-kalah-dengan-suzuki-nex/

  8. busine ndak wes ganti racing mas?

  9. klo dibawa pelan ndut2an kyk bensinnya mampet gitu apanya mas..? tapi rpm atas bagus..
    klo starter juga enak, ngak susah

    tapi klo bawa stabi di 4000 rpm nich, cegukan..itu kenapa yach, dah saya settinga2 angin ngak dapet2, trus klo gas disentak kyk ngok gitu..

    piye mas

    • seperrtinya Memang Setelan anginnya belum Tepat Mas..

      • punyaku sama kayak bro bacrut, rpm dbwh 3000 cegukan, meski kondisi mesin udh panas, pj/mj standar.. alhamdulillah ketemu setingan air screw dari mentok kanan cm buka 1 lbh dikit putaran, skrg udh aman, kecuali mesin dingin lnagsung jalan tetep aja cegukan.. namanya juga ninja super sutandard.. betul mas mul.. salam..

    • sama persis dengan ninja L saya dulu tapi setelah angin nya distel pas Alhamdulillah sembuh

    • ninja emank jossss larinya….. Belum pernah sih gas sampai mentok krna kondisi jln yg gak memungkinkan….tapi pernah ngetes dijalan arah kesamarinda pas jln agak sepi jarum di spedo ninin hampir 160 kpj namun syng lagi2 kondisi jln yg gak aman untuk ngebut pdhl mesin masih enteng untuk dibawa lebih kencang lagi…itu kondisi ninin masih dlm keadaan standar….

  10. suiiippp,sayang belum berani bongkar karbu vakum,kalo punya 2 tak sih sering

    • wah jangan Mas,, karbu vakum nmp ada sensor Efinya yg musti sinkron ama maping cdinya.. MELESET sikit Ajur Performa NMP sampeyan Mas Bro,, jadi seperti motor penyakitan….

      • Sensornya dimana mas bro, pernah buka2 karbu mio, tdk ada yg menunjukan bhwa itu sensor. Apa saya nya yg ga tau..hehe

  11. setingkan vixi ku donk bro 🙂 vixy182.wordpress.com/2012/02/06/belajar-megapro-nmp-di-soto/

  12. mantab…

  13. Settingin rr ku dong masbro,.. Masih standar tingting, problemnya kalo pas gigi 2@6000-7000 RPM sering mbrebet.. Kayak ketahan..

  14. auw..saya suka yg merah.. :mrgreen:

  15. durung patiyo mudeng.. 😦

    Hanya Keajaiban Tuhan.

  16. pertamaXX bro

  17. @Mas momdol
    Kapan2 kita jetting bareng yuu ane di ejip kukun. Mantep tuh dlm kawasan bwt tes.. Ane sering gass pool disitu

  18. hallah iki racun ngebut 😀 Ninja 150 mah rasah diutak atik wis mlayune koyo ngono, pomaneh nek di stting.. jyan .. Syerem tenan… Whuzzzzzzzzzzz semenjak ganti P220 ragampang keracunan, bingung sperpart je :isinaku:

  19. klo buat mesin 2 tak dah bagus Mas,, tapi klo mesin 4 tak sepertinya ada keborosan entah di PJ atau di MJ (Salah satu)

  20. +/- 2 putaran kekiri dari menthok kanan

  21. Ninja pondok gede@ ketemuan di lampu merah ejip (lippo cikarang) aja bro.. Malem senen gimana?

    • @masmondol
      Maf mas bln ini ane msk malem trs. Maklum kuli pabrik..heee kita pantengin aja dl blognya senior mul ni Jd tmbh tmn..

  22. begitulaH..

  23. Kalo businya merah kecoklatan, kadang gede kadang kecil, bisa memanjang dan memendek sendiri, nyetingnya gimana mas ? Soalnya silindernya nggak bisa dipake, nunggu selapan dino. Mblayu sek ah…….

  24. Setya@ ok ga papa bro,. Btw ada bengkel yang bagus ga di situ?
    Hourex@ sorry masbro.. Warungnya malah buat chat… 😀

  25. mas ,,aq mau nanya
    aq baru beli ninj 150 n 2011.ko temperatur di spedometer cepat sekali naik ya, waktu jalan macet padahal gk sampe 10menit kena macetnya.temp sudah lewat garis tengah
    pernah sampai di posisi “h”
    ada solusi gk mas,,kalo bengkel resmi dia bilang itu normal,,tetapi kalo saya bandingin dngan ninja lain di jalan mereka ko adem adem aja ya

  26. @masmondol
    Klo bengkel ninja dicikarang susah bro..setau ane dijababeka ada.bengkel pedro namanya. Klo yg mantep tuh dikalibata.bengkel pakde nano khusus 2t.

  27. masbro.. numpang nanya nihh.. MineJet yg mana wujud nya ? kalo PilotJet yg mana juga wujud nya?? RR ane di rpm 7000 keatas cegukan, brebet2 gitu trus larinya jadi gak dapet, itu kenapa yah?? trus kalo di tarik sampe 9000 rpm keatas di bawa ngebut suka kekurangan suply oli jadi piston kekurangan kompresi gitu (ngempos) gas nya…. itu knp yak ? hehehe banyak amat ya nanya nya, mohon jelasin se detailnya ya,,,, thaks masbro….

  28. waduh lbum nyampe ilmu beginian om 😀 … emang master nya nihh

  29. otomatif oot mechanical engineering salam kenal CMIIW

  30. Ini dia artikel pencerdasan otomotif.
    Thanks.

  31. nice info masbro… :2thumbsup sering lihat motor ganti kenalpot racy..tp hasilnya meledak2, terutama diturunan..

    Dominasi KTM Di Moto3 (Hasil Test), Bisa Jadi Berita Baik, Bisa Juga Berita Buruk (Bagi Ngidamer DZOO)

    Renungan : Suka Tidak Suka, India Mulai Jadi Barometer Low-Mid End Roda 2, Lantas Bgmn Dgn Kita ??

  32. wayahe genti motor kang 😀

    Nih Ninja Baru Resmi Diperkenalkan..harganya 34 Jutaan (OTR Jakarta)

  33. kang,klo boros busi berarti apanya yg salah tuh yo kang?

  34. mas hourex mohon pencerahannya…. saya masih bingung ne… ninin saya udh ganti knlpot racing, trs pj/mj udh ganti tapi dibwh standart pabrikannya…. yang mw saya tanya…. knapa y kl putaran bawah, (gigi satu) kalo gaspol ngerebet bet bet… jadi nafasnya pendek, tp cuma di gigi 1, mohon pencerahannya gan…. thanks b4… KIP BRADEHUD en PISS

  35. Sory mau tanya kalo D-tracker cocoknya pake karbu apa dan berapa ukuran pilotjet/mainjetnya?
    Mengukur kerenggangan busi yang baik gimana?
    Kalo knalpot nembak terus pengaruh dari apa ya?

  36. mw tanya harga blok ninja 150 super kips,piro yo..?

  37. mas hourex,ane sudah ganti pj/mj juga. sekrg pake knalpot dbs. tapi busi dalam sebulan udah ganti 3 x. sering hitam busi ane. pj /mj nya ane naikin satu step aja.
    tapi ane sering matiin superkips nya. buat jalan santai n dipakai harian. apa ada pengaruh matiin skips tu mas??
    ataw pj/mj nya ga pas??
    mohon pencerahannya mas.
    NINJA R. BA 2355 DR.

  38. bagaimana cara melepas jarum skep mikuni mas bro..

  39. mas mau tanya,low suara mesin ninja rr agak kasar itu wajar ap tidak . . . ?????

  40. mas mau tanya klo agak kempos gitu , d sebab khan oleh apha nya,,apha karbu nya yg gmna???

  41. kalo ninja L standart ganti knalpot racing, ukuran pj sama mj nya brapa boz????

  42. Pj & mj dh di rubah, pas di 7000rpm mbrebet, itu knp y gan? Tolong di jelaskan

  43. Motor saya ninja ss thn 2012 saya dah pake knalpot racing, mj saya ganti jdi 142 pj saya ganti jadi 48,,,di rpm 7000 mtr ngebrebet,,,kips g terasa kebuka,,,apa penyebab’a mas mas guru2 suhu2 tolong di jelaskan dan kasih saran’a buat saya, mksh

    • sama persis bro gejalanya sma ninja w…apa udah tau sekrng bro apa penyebab nya?soalnya w baru pake ninin ni 😉

  44. Mas bro mo nanya nich
    Motor ane baru sehari diservice+ganti oli
    pas dibawa ngebut terus knalpotnya nembak
    Kira2 kesalahan dr mana
    ..

  45. kalo jetelan angin di puter kekanan kekiri rpm tetep gak naik ga turun kenapa mas bro, manipol dsb sudah di cek ga bocor

  46. mas broo nanya ne kreta ku sring nyendat di bawak kencang

    kira2 kesalahan di mna ya broo

  47. mas hourex saya mau tanya lagi ni.. maaf kalo ga sesuai tema di blog.. motor saya katanya kompresiny sudah jauh berkurang.. solusinya gmana ya mas? trus dari karbu pas abis di blayer sampe12000 rpm bensine mili trus dari selang pembuangan sampe di off di kran baru brenti.. mohon pencerahannya mas.. suwun

  48. kok eruh nendi kANG sekolahmu……………………….

  49. kenapa mas ninja rr pas gas d urut selalu mberebet selalu d putaran 6000 atau 7000 rpm knalpot racing kilometer baru 700…

  50. gan klo motor mio di stater susah nyala nya itu apa nya gan yg mesti di gantiiiiii

  51. motor saya mesinnya panas banget, kira2 kenapa ea..]

  52. Yang ninja saya anehnya udah ganti spuyer gede tetep wrna busi nya putih tapi motor babyak brebet dan lag di putaran tengah pake ukuran 55/148 cocok ga?

  53. motor ane ninja l , ane pke knalpot r9, pilot jet pke 48, knpa yah mas d putaran bawah’y sring dan cepat ngebrebet (cepat minta gigi )
    mohon solusi mas hourex ???

  54. numpan nanya agang2 ….1 putaran untuk stelan angin motor it 180 drajat atau 360 drajat ??

  55. hai semua,saya nak setting untuk 135LC,motor malaysia,4stroke, block 63mm,cams racing,coil racing,carburetor PWL28mm,ekzos standard, brapa harus saya setting MAINJET dan PILOTJET?

  56. bost mao tanya ..pnya saya teu gk ad tenaga y teu ap nya ya bost???
    bureng sok”an oversize 150..bureng korek”n..mahnit kepras 2.5mm.
    trus membran pake pny rx king2002.
    karbu standar..cdi..standar cma saya pasangin kapasitor 4uf

  57. mas aku pnya ninja rr sdh ganti knalpot dbs, tp settingan nya susah slalu gk pas dr bawah tengah atas … sllu ad gejala brebetnya gmn solusinya

    • ganti Karbu PE / PWK aja Mas,, Karbu VM bawaan memang terkenal susah di settingnya…

      Klo mau yg murmer ganti karbu PWL aja #bawaan ninja R#,, lebih mudah nyetingnya..

  58. mas sy mau tanya motor sy ninja rr, kok businya selalu basah n hitam? baru beberapa minggu harus ganti busi. td motor sy brepet/ tsendat2 trus mogok. sy ganti businya motor jalan lancar lg. takut motornya mogok lg, ganti busi udh 2 kali belum sbulan. motor sy knapa ya mas? harus di servis/setting apanya? thnks mas..

  59. mas ukuran standarnya pj/mj ninja r brpa ya?
    karna setelah saya gnti knlpot racing saya rubah pj/mj nya jd 52/155..tp hasilnya ga bagus..kira kira brpa ukuran yg pasnya mas?

  60. Mas bro tnya, klo katup super kips yg berwarna oren/teflon itu punyaku wktu saya bersiin kok orenya ikut ilang juga ada efekny gak mas pdmesin hourex? Ples bls thx

  61. Pak mau tanya,ukuran spuyer yang pas untuk ninja r standar tpi sudah ganti vforce3 + karbu pj34 sudco + knalpot r9 berapa (saat ini 48 / 130)? trims

    • Wah, kyaknya MJ nya kekecilan itu bos.
      Standary nya aja pj 45 mj 138, tp itu di venturi karbu yg ukuran 26 sih. Kalo udah ukuran 34 kurang tau jg berapa.
      Sebagai perbandingan aja di ane pake knalpot r9 +karbu pwk 28 sudco. Pake pj 48 mj 140, air screw 1 (setelan basah).
      Atas bawah udah josss, tanpa gejala brebet ngempos dll.

  62. mas vforce3 + pj34 sudco + r9 ukuran spuyernya berapa ya? klw bisa kering. saat ini 48/130. trims

  63. mas ninja rr saya bru ganti knalpot,,trs ukuran pj nya saya naikin jd 25..kira2 mj nya di ganti jd ukuran brp ya…

  64. salam kenal mas (simbaurekso hourex150L, hehehe) ada sedikit pertanyaan seputar ninin saya. ketika motor berada di RPM 5-6rb, tarikan motor jadi tersengal seperti kekurangan asupan bensin. padahal KIPS gk macet. ditambah suara jadi halus gk garing patah2 seperti pada umumnya. spek ninin saya udh pake knalpot resing, pj mj juga sudah naik satu step. menurut penerawangan njenengan, apa yang terjadi pada kuda besi saya tersebut. atas jawaban serta pencerahannya saya haturkan terimakasih. salam satu jiwa

  65. Gan klau buat Speak 59 Karbur 28 Pake Stingan apa iya
    Pilot jet sama men jet nya brp pake nya
    soal nya syaa pake 50 masih aja kurang besar sudah syaa besarin pake jarum tapi motor malah sering makan gusi gan kira” dari apa iya gan
    tolong gan kasih penjelasanya gan…

  66. Gan motor ane di putran rmdah mbebetbterus nafase pndek bgt getaran msinya terasa bgt ,,,,,,,,solusine pye,,,,,,,,,,,,?

  67. malam mas bro, mau tanya ni… motor saya satria hiu tahun 2002… setiap kali ada di putaran bawah motor saya sering cegukan mas… tapi kalau udah di putaran atas udah normal mas… terus bunyi knalpotnya juga kayak gak stabil….. bet bet bet trus…. itu penyebabnya apa ya mas? mohon pencerahannya…

  68. Om ane mau nanya ne..kira2 ukuran spuyer yg pas buat hsx125 yg dahh d.bore up jdi 150 brapa ya N ane masih pake karbu standart..
    d.tunggu jawabannya ya Om..

  69. Om ane mau nanya ne..kira2 ukuran spuyer yg pas buat hsx125 yg dahh d.bore up jdi 150 brapa ya N ane masih pake karbu standart..
    d.tunggu jawabannya Om..

  70. Salam ninjers mas, mas ini agak urgent mas, ap benar KERAN BENSIN ninja harus selalu dalam posisi off saat parkir atau saat motor berhenti? Trus klw sering putar2 keran bensin apa lama2 gak soak kerannya mas?? Klw mas mul sendiri bgaimna?

  71. Motor saya di tarik gas ada ngepos di tengah tidak pul.

  72. permisi gan ane mau tanya ane punya suzuki satria 2t 5speet pake karbu mulik rx king tp klu di gas spontan ngok hampir mati.di tggu jwban nya.tanks

    • Mas saya punya shogun 110r naik piston thunder offersize 125 pake karbu pe 28 tapi kenapa kalau dinaikin suaranya meledak diturunin gasnya juga meledak apa ada masalah dengan PJ/MJ’nya sedangkan busi & kenalpot tidak bermasalah mohon infonya mas

  73. om saya punya ninja lama. blum ada super kips .. pas di bawa kencang.. sperti klos atau kopling nya di pencet sendiri.. gitu2 aja sterus nya kalau di bawa kencang ?? tolong saran nya om tks ??

  74. Bang kalo di rpm.3000 mau.ke 4000 itu tnaga nya trtahan dlu

Tinggalkan komentar