MEMBUAT KUNCI SHOCK “T” SEDERHANA
Sebenarnya kunci shock T ini sudah lama Saya bikin,, tepatnya sejak Saya masih bersama Honda MegaPro “si meggi” sejak tahun 2002 silam.. Berawal dari menemukan Baut L 14 bekas di Pabrik yang secara kebetulan Cocok dengan kepala Baut 8,, akhirnya timbul ide untuk Membuatnya menjadi kunci Shock 8mm..
Setelah ternyata Sukses dengan kunci shock 8mm,,Kemudian Sayapun kembali mencari Baut L ukuran yang lebih besar untuk di buat Kunci tipe Shock lainya.. Dan ketemulaH Baut L 16 yang cocok dengan kepala baut 10,, ini dia..
Bagi Bikers yang Ngaku Sayang dengan Motor dan Hobi Service Motor,, H A R A M Hukumnya membuka Baut dengan Kunci Pass.. Terutama baut pada bagian Engine / Mesin apalagi baut yang ukurannya kecil seperti baut 8 dan 10mm,, karena pada Baut 8 dan 10mm penampang yang terkena Kunci sangat sedikit bila menggunakan Kunci Pass.. karena gaya yang tersalur dari kunci pass ke kepala Baut sangat sedikit sehingga Kepala kunci Rawan Slek atau Botak,, maka Sangat dianjurkan Untuk Membuka baut #apalagi yang ukurannya kecil# menggunakan kunci tipe Ring atau lebih bagusnya tipe Shock..
Karena bila dengan kunci tipe Ring atau tipe shock,, seluruh permukaan kepala baut Terkena GAYA putar dari Kunci..
Karena bentuknya yang sempel dan dimensinya yang Mungil,, maka ke-2 kunci Shock Handmade ini dapat ikut bersama menjadi kunci standard yang mengikuti kemanapun Motor Saya pergi..
*Hanya dengan peralatan kunnci yang tersimpan di Box toolkit yang Mungil ini,, service Motor bisa dilakukan mulai dari Filter -karbu-superkipsnya..
Lalu apa gunanya kunci Pass kalo Saya MengHaramkan Kunci pass untuk “Membuka” Baut..??!!!
Sebenarnya Kunci pass gunanya untuk “mengunci” baut atau juga biasa di gunakan untuk “Menahan” saat baut di Kunci,, karena saat Mengunci “GAYA” yang di salurkan tidak seBESAR saat Pertama “Membuka” Baut ataupun Mur..
Oia,, selain tipe Shock T.. Saya juga membuatnya dalam Bentuk Shock L,, dan semuanya mempunyai spesifikasi dalam menghadapi “POSISI” Baut ataupun Mur Yang berbeda..
Apapun tipe Kuncinya,, tetep KIP BRADEHUD en PISS..
nice blog gan
kalo berkenan mampir ke blog ane yuk sekalian tukeran link.
salam,
muslimshares
http://muslimshares.wordpress.com
muslimshares said this on Desember 22, 2011 pada 7:44 pm |
sip Mas,, makasih kunjungannya..
Hourex150L said this on Desember 22, 2011 pada 9:00 pm |
Waaaa saya jg bikin,
Coba keberuntungan ah,mohon likenya yah,terima kasih
Contin photo contest
mas wahyu said this on Desember 22, 2011 pada 7:45 pm |
sipp Mas Bro,, uudah di Like
Hourex150L said this on Desember 22, 2011 pada 8:41 pm |
josssssssss tenan
meggiku dikei PJ 40 ato 42 trus MJ 120 pie???
http://pertamax7.wordpress.com/2011/12/22/suasana-ujian-praktek-instalasi-listrik-dikampus-ane/
ipanase said this on Desember 22, 2011 pada 7:48 pm |
keknya PJ cukup 40 saja Mas,, mesinya kan masih prawan ting-ting thoo..?? Dan karena knalpotnya jg masih std MJnya cukup 112 saja..
*terlalu besar spuyer malah BREBET dan power justru drop.. IMHO & CMIIW
Hourex150L said this on Desember 22, 2011 pada 8:50 pm |
wih, keren mas!
tapi tadi waktu lihat judul ni artikel sekilas seperti membuat kunci liter T jadi ya kaget mas, kirain ?????????????
#su’udzon.com#
sorry mas bro
aam sbb rr said this on Desember 22, 2011 pada 8:20 pm |
di kira mau Ngajak M A L I N G yo Mas,, Xixixixi š š š
Hourex150L said this on Desember 22, 2011 pada 8:52 pm |
setau saya motor2 yg beredar di indonesia ukurannya metric (millimeter/mm) sbg standar ISO bukan inchi (“) yg dipake standar anerika CMIIW
pembodohan otomotif kah? …. piss š
dsamsudin said this on Desember 22, 2011 pada 10:08 pm |
Sugeng dalu mas mul…bade nyuwun trawanganipun…ninin kulo ngagem PJ lan MJ 48/148 niku sampun cekap nopo dereng ngeh?Soale mlebet wonten RPM 7000 nahan + mbrebet ……knalpot R9
matur suwun,sak derenge nyuwun pangapunten lhe mas.
Ghatot Prabaningrat said this on Desember 22, 2011 pada 10:10 pm |
waa,, kaya dukun aja pake penerawangan Mas..
Sebenarnya settingan tiap mesin tu beda-beda Mas,, apalagi dah ganti knalpot.. Gak bisa di pathok berapa pasnya,, contoh si NaRjo PJ 48 MJ 155 dan jarum skep naik 1,5mm (baru ketemu enaknya)..
Kuncinya; kalo motor Brebet berarti ke besaran spuyer & kalo Nahan/ngowos tanda kekecilan..
*tolong di perjelas di RPM +7k brebet ato Nahan/ngowos/ngempos Mas dan usahakan gunakan PJ + MJ ori agar mudah nyetingnya..
Hourex150L said this on Desember 22, 2011 pada 10:55 pm |
ouw mekaten ngeh mas,matur suwun analisanipun….RPM 7000ne mbrebet mas.
apa mungkin krn PJ & MJnya gak oem jdnya setingannya susah tenan.
Ghatot Prabaningrat said this on Desember 23, 2011 pada 10:23 am
kalo brebet tanda kebasahan/ke gedean Mas,, padahal MJnya cuma142 .. Bisa jadi setelan anginnya kekecilan jg bisa lho Mas..
Hourex150L said this on Desember 23, 2011 pada 11:23 am
atau cukup dengan menyebutkan baut 8, baut 10 dll. sudah otomatis 8mm, 10mm. bukan 8″ dan 10″ yg artinya 8inch, 10inch. CMIIW.
Terlalu technical memang, tapi ke toko baut dikasih tulisan itu dia kasih yg inchi
dsamsudin said this on Desember 22, 2011 pada 10:12 pm |
terima kasih Koreksinya Mas,, segera di ralat..
PISS..
Hourex150L said this on Desember 22, 2011 pada 10:36 pm |
baut L kedalamannya hexa (segi enam) maksimum 50% dari ukuran hexa nya, sedangkan kunci shock beneran kedalamannya minimal 100% dari ukuran hexa nya. yg artinya daya cengkram kunci shock beneran lebih kuat dibandingkan kepala baut L.
1lagi, kunci biasanya dibuat kebih lunak dari baut agar baut tidak patah disaat ikatannya sangat kuat jadi cuma slek aja. IMHO biasanya baut L lebih keras dari baut kepala hexa.
BTW, artikel ini ilmu yg bermanfaat juga, apalagi disaat kepepet bisa kepake. mantap
tambahan, kalo bisa jangan dipake utk baut yg super kenceng ikatannya, kalo bautnya patah kepalanya bisa berabe
dsamsudin said this on Desember 22, 2011 pada 11:53 pm |
wah saya gak ngerti nih, tapi dari sini saya jadi tertarik untuk belajar lebih jauh, mantap mas!
AK said this on Desember 23, 2011 pada 12:39 am |
terimakasih juga Mas,, saya juga masih belajar..
Hourex150L said this on Desember 23, 2011 pada 8:26 am |
sip sip … kreatif š
bimo96 said this on Desember 23, 2011 pada 6:01 am |
KERE AKTIP.. š
Hourex150L said this on Desember 23, 2011 pada 2:59 pm |
kreatif mas mul….
bapakeValen said this on Desember 23, 2011 pada 8:09 am |
kepepet Mas..
Hourex150L said this on Desember 23, 2011 pada 3:00 pm |
justru kepepet itu biasanya membuahkan kekreatifan..
wis pokoke mas mul top dah…
bapakeValen said this on Desember 23, 2011 pada 3:04 pm
kreatipp.. kretipp ..
good.. good…
Ari Semarangan said this on Desember 23, 2011 pada 8:53 am |
Kreatip margo Kahanan Mas.. š
Hourex150L said this on Desember 23, 2011 pada 3:02 pm |
š
mantap. jadi pengen bikin juga
nanared said this on Desember 23, 2011 pada 11:16 am |
Monggo Mas Bro..
Hourex150L said this on Desember 23, 2011 pada 3:03 pm |
Ini dapatnya ilmu dari bangku SMEA kan mas? š
dnugros said this on Desember 23, 2011 pada 11:18 am |
hahaha,,jelas tho Yaa.. š š
Hourex150L said this on Desember 23, 2011 pada 3:05 pm |
Klo cara ngrojok or gdein spuyer gmna mas?
Red ninja said this on Desember 23, 2011 pada 12:38 pm |
bisa pake mata bor khusus Mas..
Hourex150L said this on Desember 23, 2011 pada 1:18 pm |
Mas mul bisa ga klo jetting karbu ninja untung mborosin or ngritin tanpa mengganti or merojok pj
Setya Nurma Meliana said this on Desember 23, 2011 pada 12:46 pm |
sepertinya gak bisa Mas,, IMHO
Hourex150L said this on Desember 23, 2011 pada 1:17 pm |
itu kapasitor ya mas? yang warna item ada kabel kuning
bayu said this on Desember 23, 2011 pada 1:49 pm |
iya Mas,, tapi yang 2 lagi di bawah jok..
Hourex150L said this on Desember 23, 2011 pada 2:56 pm |
mangtaaafff mas..dulu sering bikin gini juga.. š
ya2kzzz said this on Desember 25, 2011 pada 6:26 pm |
keren dah.. ane jg lg mo nyari kunci shock.. toolkit bawaan motor krng lenkp..
gogo said this on Desember 29, 2011 pada 9:47 pm |
mas kl saya pesen brp harga nya
yosef said this on Mei 25, 2014 pada 8:09 pm |
haha,, wanii piroow..
Hourex150L said this on Mei 26, 2014 pada 10:54 pm |