TIPS UNTUK MOTOR SUSAH HIDUP DI PAGI HARI
Setelah sebelumnya Saya Posting tentang Motor yang Kecanduan Choke di pagi hari yang merupakan hal yang wajar dan NORMAL Terutama Untuk Motor Ber jenis mesin 2 tak apalagi yang usia pakainya sudah di atas 3 tahunan,, tapi apabila mesin tetap susah Hidup di pagi hari meski sudah pake CHOKE itu tandanya Motor MINTA di Service Mas Bro..
Naa Bagi Brades yang super sibuk sehingga tidak mempunyai waktu untuk pergi ke bengkel,, ada baiknya di coba di service sendiri di rumah sepulang kerja sambil belajar.. 😀
Kalo Motor SUSAH Hidup di pagi Hari, maka;
-Pertama Periksa Percikan Api pada busi,, Caranya lepas Busi kemudian tempelin busi ke bodi mesin lalu Engkol..
Kalo sudah dipastikan Percikan api di Busi Biru dan menyatu tapi setiap pagi mesin susah Hidup walao sudah di Choke ‘bisa jadi’ Karburator Sampeyan kotor
-Untuk itu langkah berikutnya adalah Bongkar dan servise karburatornya..
Bersihkan semua lobang-lobang yang ada di dalam Karburator, dan lebih apdolnya gunakan cairan Pembersih (karbu cleaner / sejenis) kemudian semprot atau Hembus dengan angin kompresor,, kalo tidak ada Kompresor bisa HEMBUS pake Pompa angin Manual dan kalo tidak ada juga bisa Hembus Pake kompresor alami merk ‘TANG KEM MU’ atau apa sajalah yang penting di Hembus..
khusus Untuk Motor Bermesin 2 tak (usia diatas 3 tahun) sangat di ANJURkan untuk memBuka sekalian Silinder Headnya untuk di bersihkan KERAK yang melekat pada permukaan atas Piston maupun di headnya(Buang kerak)..
Caranya Mudah, buka baut pengikat di atas Mesin Blok silindernya dan angkat headnya,, lalu bersihkan setelah sebelumnya semprot pake cairan pembersih (WD / carbu cleaner dll) boleh juga menggunakan ampelas halus..
Setelah Bersih semua Pasang kembali baik karbu maupun Head silindernya,, Untuk SerVice Karburator SANGAT di anjurkan untuk dilakukan secara Rutin / periodik minimal 6 bulan sekali.. Sedang untuk BUANG KERAK bisa di lakukan lebih jarang minimal 2 tahun sekali (untuk mesin 2 tak) agar PerForma Mesin selalu terjaga,, Namun apa bila setelah di lakukan Service Ter sebut motor masih Susah hidup juga..
Berarti Karakter Mesin telah Berubah seiring waktu pemakaian sehingga kebutuhan pasokan Bensin + Oksigennya juga ikutan Berubah,, maka perlu di lakukan Jetting Ulang..
Caranya Naikan lagi Pilot jetnya 1 step Dulu,, 1 step pada Pilot Jet = 2,5 angka..
Jadi kalo Pilotjet Semula ukurannya 45 ganti dengan ukuran 48,, atau semula 48 ganti dengan ukuran 50 dsb..
Semoga ada Mamfaatnya,, KIP BRADEHUUD..
PISS..
Pertamaxx…
cotto said this on Juni 17, 2011 pada 11:54 am |
Keduaxxxx
Othonx said this on Juni 17, 2011 pada 12:06 pm |
Kalau 4tak.. Kapan bongkar head nya?? Hehehehe
Ribet,
Othonx said this on Juni 17, 2011 pada 12:08 pm |
hehehe iya Ribet,, tapi secara Mesin 4 tak Proses pembakaran lebih sempurna Bro..
Hourex150L said this on Juni 17, 2011 pada 2:54 pm |
bersihin kerak 2 tahun sekali kelamaan masbro, crystalku 6 bulan aja dah item. maklum, oli sampingnya yang murah
enth said this on Juni 17, 2011 pada 12:12 pm |
hehehe, kan MINIMALnya Mas Bro.. 😀
Hourex150L said this on Juni 17, 2011 pada 2:55 pm |
itu head silinder ada lubang2 jalur air radiator bukan?kalau habis buang kerak, head silinder dikasih gasket baru g? takutnya masih ada celah terus merembes
ajikz said this on Juni 17, 2011 pada 12:22 pm |
Iya Bro,, ganti gasket lebis bagus, tidakpun boleh asal masih bagus/ belum rusak..
Hourex150L said this on Juni 17, 2011 pada 3:01 pm |
tips untuk motor yang susah hidup sehari-hari yaitu ganti bpkb baru mas, dijamin lsg jozz…
elsabarto said this on Juni 17, 2011 pada 12:48 pm |
asal jangan KREDIT aja Mas.. 😀
Hourex150L said this on Juni 17, 2011 pada 3:02 pm |
klo beneran yang susah untuk dihidupkan itu kenapa mas bro,,,,di cook udah tapi msh sulit untuk nyala,,,itu knapa ya mw nyalain aja sampe stengah mati ngengkol nya ampe pegel….tolong penvcerahan nya
bodrex said this on Maret 4, 2012 pada 11:46 am |
jioss tnan pak.
kompresi kempos said this on Juni 17, 2011 pada 12:57 pm |
apane si JUUOOSS Bro..
Hourex150L said this on Juni 17, 2011 pada 3:03 pm |
iku sing moto njenengan sopo Kang ??..ihihihi 😀
triclaksono said this on Juni 17, 2011 pada 1:56 pm |
hehehe, si buah hati Pak.. Bulan depan ultah yang ke – 6.. 😀
Hourex150L said this on Juni 17, 2011 pada 3:05 pm |
wahh, selamat yo Le, njaluk kado ninja 250 r nang Bapak yo le ..eheheh 😉
triclaksono said this on Juni 17, 2011 pada 6:50 pm
hahaha.. Aya aya wae Sampeyan Mas Bro.. 😀
Hourex150L said this on Juni 17, 2011 pada 9:32 pm
weitss..ojok ngono Kang, sopo sing ngerti rezeki bocah ??..ya toh.. aminnn..ngono lho..eheheh 😀
triclaksono said this on Juni 17, 2011 pada 10:04 pm |
hahahah,,,betul itu,,,tips yang alami
ipanase said this on Juni 17, 2011 pada 5:00 pm |
iya Mas, postingan yang sesuai kapasitas saja.. Mau posting market share atau repost artikel luar ga tahu en gak nguasai bahasa asing malah belepotan nanti..xixixixi..
Hourex150L said this on Juni 17, 2011 pada 9:37 pm |
Maju indonesiaku
http://othonx.mywapblog.com/setelah-tambal-banpastikan-sudah-kencang.xhtml
Othonx said this on Juni 17, 2011 pada 10:02 pm |
nice
bebek said this on Juni 17, 2011 pada 10:56 pm |
suwun 😀
Hourex150L said this on Juni 18, 2011 pada 7:07 am |
kalo pagi2 masih ngantuk kali mas motornya jd susah di idupin nya.. Hahaha
pisss
rambutan bogor said this on Juni 18, 2011 pada 12:15 am |
hahaha.. Bener juga thuu.. 😀 😀
Hourex150L said this on Juni 18, 2011 pada 7:10 am |
gampang, tinggal pake motor yg udah ada fitur auto choke-nya aja.
gitu aja kok repot.
Pino Kio said this on Juni 18, 2011 pada 7:15 am |
waaa, mesti ganti BpKb juga tuu yaa.. 😀
Hourex150L said this on Juni 18, 2011 pada 8:57 am |
sip pakdhe bro, tapi gak make motor 2 tak je…..
kangmase said this on Juni 18, 2011 pada 7:46 am |
hehehe, jangan pernah pake ataupun mencoba yang 2 tak Mas.. Boros dan beracun 😀 (asapnya lho..)
PISS..
Hourex150L said this on Juni 18, 2011 pada 9:00 am |
suwun mas…
vava said this on Juni 18, 2011 pada 9:44 am |
sami -sami.. 😀
Hourex150L said this on Juni 18, 2011 pada 11:15 am |
yang begini-ni bikin bengkel-bengkel sepi lha wong kenapa-napa dikit servis sendiri (ngaca pada diri sendiri) 😀
dnugros said this on Juni 18, 2011 pada 10:56 am |
hahaha, kip bradehuud tapi nggak kip mekanik-huud Mas.. 😀
Hourex150L said this on Juni 18, 2011 pada 11:16 am |
pakdhe…,mau tanya,ninja pakai knalpot racing lokal buat jangka waktu panjang bisa merusak mesin gak ya(suara mesin berubah,atau performanya berkurang gt)..
Matur nuwun pakdhe..
Sory OOT n bnyak tnya..:)
salam kenal:)
vava said this on Juni 18, 2011 pada 12:55 pm |
kalo settingan Karbunya Pas keknya gak bakalan ngaruh pada Durabilitynya Bro,, biasanya efek samping dari Knalpot racing yg bikin gak awet..
Efek samping : sering Ngebut, sering red line, sering akselerasi dll..
Hourex150L said this on Juni 18, 2011 pada 2:28 pm |
maaf mas mau tanya,,kemarin sewaktu motor ninja rr saya ga di pake selama 2 minggu pas mau di nyalain susah banget sampe baju saya basah kuyup keringetan gara” engkol trus,stlah otak atik sedikit saya coba putar kran bensin yg sebelum nya di posisi RES ke posisi ON dan akhir nya mau nyala jg tp waktu mau jalan eh malah mati lg tp stlah saya panasin lg mesin nya agak lama(sampe jarum pengukur panas mesin naik setengah) akhir nya bisa di ajak jalan jg 😦
itu penyebab nya apa ya mas ?
ada tips buat nyalain motor yg lumayan lama ga di pake ga mas ?
mohon pencerahan nya
SUWUN 🙂
Chacinkz said this on Juni 19, 2011 pada 1:38 pm |
mesin 2T mmg butuh suhu lebih tinggi untuk Proses pembakaran ideal Mas..
Tips : kontak OFF, choke di tarik, engkol-2 agak 5 x, kontak ON engkol lagi..
Hourex150L said this on Juni 19, 2011 pada 7:04 pm |
ow iya lupa nambahin,motor nya jg sudah saya choke tapi masih susah buat nyalain nya 😦
SUWUN 🙂
Chacinkz said this on Juni 19, 2011 pada 2:32 pm |
Sami-Sami.. 😀
Hourex150L said this on Juni 19, 2011 pada 7:06 pm |
ow iya mas mau tanya lg,kata nya klau ganti knalpot racing baik nya kotak HSAS di non aktif kan,apa bener mas ? Efek positif ama negatif nya apa mas ? Maaf klau bnyak tanya..hehe 🙂
SUWUN 🙂
Chacinkz said this on Juni 19, 2011 pada 9:46 pm |
coba liat disisni: http://www.hourex150l.wordpress.com/2011/03/17/menutup-hsas-pada-ninja-150-rrr/
klo dah pake knalpot racing keknya gak fungsi lagi tu HSASnya..
Hourex150L said this on Juni 19, 2011 pada 10:06 pm |
Suwun mas info nya 🙂
Chacinkz said this on Juni 20, 2011 pada 5:05 pm |
sami-sami..
Hourex150L said this on Juni 20, 2011 pada 5:09 pm |
Jadi pilot jet sama main jetnya harus diganti ya?
Farras said this on Juli 19, 2011 pada 7:23 pm |
Mas…sy pny motor ninja 150 r kohar knalpot d bobok trs filter udara dlepas..mnt tolong cara setting setelan angin karburatornya…pke krburtor kehin..sblmnya setingannya sdh pas..warna busi sdh merah bata…tp stlh dservice pmbakaran jd basah (hitam)…mkn dr bengkel setingnya ga pas…motor jg jd tmbh boros…
Bro said this on September 29, 2011 pada 10:25 am |
putaran setelan Angin Idealnya 2 – 3 putaran kekiri dari mentok kekanan, saat stasioner coba putar setelan anginnya sampai RPM tertinggi Maas,, klo di bawah 2 putaran berarti PJ minta naik dan sebaliknya klo lewat 3putaran baru ketemu RPM tertinggi berati PJ minta turun (kebesaran)..
Hourex150L said this on September 29, 2011 pada 11:55 am |
Salam…
Makasih mas jwbnya…
Oh ya ada yg ingn sy tnykn lg…
Motor blm lama gnt super KIPS + piston mkn bru 7 bln tp ko suara mesin sudah berisik…itu kira2 apanya yg salah mas…?
Trs kl gigi 1 ko RPM cpt skali naiknya jd akselerasi cm sbntr ja n hrs gnt gigi biar mesin ga trlalu teriak…
Itu gmn mas benerinnya…?
Bro said this on September 29, 2011 pada 10:18 pm |
emang Ninja Sampeyan tahun Brapa Mas,, brisik biasanya karena celah ring sudah terlalu longgar (idealnya 0,3 mm utk motor harian) kalo getaran kuat biasanya di sebabkan bearing / stang sekernya yang longgar..
Hourex150L said this on September 30, 2011 pada 12:29 am |
Maaf mas Ada yg ktinggalan..
Pd saat setel angin krbrtor…untuk stasionernya pd RPM brp…?
Bro said this on September 29, 2011 pada 10:29 pm |
sebelum di setel usahakan di @ 1.500 rpm,, baru cari Rpm tertinggi dari air screw/setelan anginya..
Hourex150L said this on September 30, 2011 pada 12:40 am |
Ninja ane th 2008…tp pas bru gnt super KIPS n piston suaranya halus…
Kmungkinan emng dr ringnya…krn yg brisik d bagian pistonnya…
Mas sdh prnh posting cara bongkar2 mesin…?sy blm paham benar ttg mesin tp pngn tahu…biar bs service sndr…kdg d bengkel krg puas bru bbrp hr sdh ga enak lg…
Bro said this on September 30, 2011 pada 6:56 am |
Postingan tentang bongkar Mesin belum pernah Mas,, belum punya data/fotonya..
Saya juga males ke Beres Mas,, selain jauh kadang kurang memuaskan atau kasar pengerjaannya..
Hourex150L said this on September 30, 2011 pada 5:17 pm |
bro saya baru beli RR baru 1 harii ni. tp pas pagi mau di panasin susah nyala, udah di choke udah di selah masih susah nyala juga, padahal kamarin sore nyala itu kenapa bro
kucoba said this on Maret 8, 2012 pada 7:20 am |
di tunggu tipsnya mas bro masih pemula ni hehe
kucoba said this on Maret 8, 2012 pada 7:37 am |
kenapa motor saya kalau d gas malah mati,, terus susah terus,, mohon bantuanya
ESC 2 said this on April 11, 2012 pada 6:11 pm |
mau tanya bos…. honda tiger sy th 2007 klo pagi hari sulit dihidupkan…apanya ya bos… mksh mohon infonya…
jaka alas said this on Mei 21, 2012 pada 4:26 pm |
tiap pagi mw berangkat kerja suka tlt,,soalnya motor gak cek gur..motor saya ninja rr 2 tak.bantuiin ya bosss
yosep abdul gahfar said this on Juni 15, 2012 pada 12:49 pm |
kosakata yang sangat uaaaapik mas bro
” Pake kompresor alami merk ‘TANG KEM MU’ ”
kwakwkakwka
aditia said this on Juni 26, 2012 pada 3:49 pm |
berapa harga pilot jet 48 untuk kawasaki ninja R
Budi Last ChiLd PEdih said this on Januari 8, 2013 pada 2:43 pm |
kalau dari setelan angin nya ngaruh ngga mang ? terlalu kecil gitu atau gmana …..
makasi mang, mohon di bantu, masalahnya motor ku baru dateng tp masa uda kotor aja karbunya hehehe makasi mang ..
Nofull Muhammad Ridzka said this on Januari 22, 2013 pada 11:53 am |
seandai nya api nya dari coil kesil ???
dan ap yang kenak biasanya ,,,,,
dan ini khusus 4 tak
mc motor said this on Maret 2, 2013 pada 5:05 pm |
sekedar sharing dr pengalaman aja bro.
Kl engine msh std, coba cek bukaan plat membrannya (biasanya minta d buka lg dikit).
Kl udah pk knalpot after market, coba tutup lubang HSASnya. (PJ n MJ msh std)
thx moga” bermanfaat
welly said this on Maret 6, 2013 pada 9:24 pm |
The core of your writing whilst appearing reasonable initially, did not really
settle very well with me personally after some time.
Somewhere throughout the paragraphs you actually managed to make me
a believer but only for a very short while. I still have a problem with
your jumps in assumptions and one might do nicely to
fill in all those gaps. If you can accomplish that,
I would definitely end up being fascinated.
Ernesto said this on Mei 2, 2013 pada 5:53 am |
fu saya pkek klbu rx king kok pagi2 susah hidup nya ,,,,,, apa gejala itu bsa kita astsi?? 😦
roby said this on Juni 4, 2013 pada 12:10 pm |
gl pro black engine saya sulit di hdupkn di pagi apa yg hrus sya lakukn mhon penjlsannya
budi said this on Juni 28, 2013 pada 8:29 am |
kalo menurut ane gan kalo motor susah idup di pagi hari coba aja buka tutup bensinnya.. itu langkah yang paling mudah.
ijot said this on Juli 11, 2013 pada 11:02 am |
mas bro mau tanya donk,untuk ninja rr karburator mikunu posisi choke normal(choke off) itu kebawah atau keatas ya???
egar said this on Agustus 28, 2013 pada 9:07 am |
klo ga da setrum gmna broo.?
cowo marsha said this on November 2, 2013 pada 7:52 pm |
gw suka blog lu bro, keren2 lengkap…
montir merangkap jadi blogger (pujian 😀 (y) )
Ridle said this on Desember 7, 2013 pada 4:09 pm |
alasan mtr spra X 125 berasap padahal ru ganti seher n ringnya skalian
up4ll said this on Januari 6, 2014 pada 2:58 pm |
Om..
Trim’s ats info’y
Bams Arifin said this on Februari 8, 2015 pada 9:56 am |
Permisi numpang nanya gan, smash ane abis korter naik jd 50, klep ganti baru, spul ganti baru, busi nyala apinya kl di sela, karburator bensinya ada, tp kenapa ga mau idup yah? Trims sebelumnya, buat jawabanya
hudaini79 said this on Maret 26, 2015 pada 12:14 am |
Permisi numpang gan, motor smash ane abis korter naik jd 50, klep ganti baru, spul ganti baru, busi nyala apinya kl di sela, karburator bensinya ada, tp kenapa ga mau idup yah? Trims sebelumnya, buat jawabanya
hudaini79 said this on Maret 26, 2015 pada 12:15 am |
fiz r susah di hidupin klo pgi .., masalahnya apa mas bro klo susah di hdupinn.,.,
joejoe said this on Mei 22, 2015 pada 9:18 pm |