BATAS AMAN PUTARAN MESIN (RPM) BAGI PISTON


Sebagaimana Sama kita ketahui bahwasanya Piston / sekher merupakan KOMPONEN VITAL dalam sebuah Mesin Otomotif,, karena pergerakan Piston inilah yang menjadi inti dari sebuah mesin Otomotif..

Dan sebagai Komponen yang bergerak,, Piston juga memiliki BATAS AMAN atau Kecepatan Ideal yang biasa di sebut dengan PISTON SPEED di dunia Balap.. “Piston Speed” merupakan Angka pedoman bagi Enginering pabrikan maupun Mekanik Balap dalam Meramu Formula Pada Mesin yang akan di bangunnya,, karena dari “Piston Speed” (PS) inilah dapat di tentukan Ketahanan maupun karakter Mesin barunya Nanti..

Adapun Kecepatan Ideal Piston (PS) adalah 21 meter/Detik (21 m/s)

Dan untuk menghitung Kecepatan Piston Kendaraan di dapat dengan Menggunakan Rumus:

( 2 x Stroke#dalam satuan meter# x Rpm)/60

*Angka “2” merupakan perwakilan dari gerak piston yang turun-naik saat mesin berputar 1 putaran penuh.
*stroke / langkah piston harus di kompersikan ke satuan meter dari milimeter
*RPM merupakan putaran mesin tertinggi yang di inginkan.
*Dan /60 merupakan pengalihan dari putaran RPM (Rotari per Menit) menjadi DETIK (second)

Mari kita coba terapkan Rumus kecepatan ideal “PS” mencari Batas aman kendaraan Kita,, Sebagai contoh Motor Kawasaki Ninja R/RR:
Stroke / langkahnya 54,4mm di jadikan meter jadi 0,0544 lalu mengingat red linenya di 11.000 RPM maka kita Coba Masukkan di 12.000 RpM dan masukkan ke Rumus:

(2 x 0,0544 x 12.000 ) : 60 =>

(1.305,6) : 60 = 21,76 m/s

Yang Artinya Mesin Kawasaki Ninja R/RR MASIH AMAN di geber melewati Redline-nya Hingga 12.000 RpM Karena masih dalam batas Kecepatan Piston Idealnya adalah 21 m/s

Contoh lain kita ambil Pada Honda Tiger yang mempunyai Stroke 62mm / 0,062meter yang telah di pasangi CDI Unlimiter dan di Geber hingga 12.000 RpM..

(2 x 0,062m x 12.000Rpm) : 60 =>

(1488) : 60 = 24,80 m/s

Artinya Apabila Honda tiger masih menggunakan Mesin Standardnya kemudian di Paksa hingga 12.000 Rpm di Jamin Piston si Macan Akan MONCRODDz alias Jebol..

Karena sudah Jauh Melewati Batas Aman Kecepatan Piston /PS yang berada di 21 meter/ detik..

*Mohon Maaf bukanya ingin mengangkat dan menjatuhkan merk tertentu,, dengan menggunakan contoh Ke-2 Motor diatas #Abaikan saja# 😀 ..

Makanya Jangan ASAL naikan RPM mesin dengan CDI Unlimiter,, Kenali dulu karakter Mesin Motor Sampeyan terlebih Dahulu.. Perhitungkan durability dari Mesin (piston) dengan mengukur Piston speednya..

Semoga ada mamfaatnya..

PISS..

~ oleh Hourex150L pada April 4, 2012.

118 Tanggapan to “BATAS AMAN PUTARAN MESIN (RPM) BAGI PISTON”

  1. ya ya ya(sok mudeng)

  2. artikel menarik pak,saya suka sekali

  3. PERTAMAX
    PREMIUM
    SOLAR MINYAK TANAH
    ELPIJI
    AMAN
    *mumpung podium sekalian serakah aja

  4. kalau bisa dikasih referensinya mas bro…. biar lebih mateb informasinya. Btw, 21 m/s itu batas maksimal atau masih ada toleransi nya ( +/- berapa persen gitu…), soalnya selisih 0,76 itu besar lho… 😀 😀

    • angka 21 m/s adalah batas amannya Mas,, jadi selama masih di bawah angka 22 sepertinya masih aman.. IMHO & CMIIW..

      • :D… soalnya di mesin F1 bisa lebih dari 25m/s bro..mungkin saja “aman” nya piston speed itu dipengaruhi material dan disain mesin secara keseluruhan yang digunakan. Untuk mesin produksi massal memang berada di kisaran 20-25 m/s (http://en.wikipedia.org/wiki/Mean_piston_speed), artinya lebih diutamakan reliabilitas tanpa mengorbankan performa mesin namun dengan harga yang kompetitif

  5. nice infooo

    http://areeya2.wordpress.com/2012/04/04/modif-thunder-125-supermoto-wanna-be/

  6. MANTAF

  7. vixi ane 12000 rpm masih aman ya,coz PSnya 21,2.
    limiternya 10000rpm-PSnya cm 19

  8. Good information mas Mul…mantap

  9. artikel pencerdasan otomotip,, kalo gitu batasan aman ninja r/rr ada di rpm 11.580,882 y mas… wah ninjaku aman dong lha nyampe rpm 10.000 aja belom pernah :mrgreen:

  10. masbro..apakah acuan segitu untuk material piston standar pada semua motor?

  11. wah…mantepp infox… Kalo si vixi brp bro… ? rumusin donk 🙂 vixy182.wordpress.com/2012/04/04/pulsar-400-cc-di-tahun-2013/

  12. nanya mas bro… apakan rumus tersebut berlaku untuk motor 2 tak maupun 4 tak ?
    dikarenakan perbedaan komponen yang terdapat di kedua jenis mesin tsb ( silinder & head ) apakah berpengaruh terhadap batasan piston speed antara kedua jenis mesin tersebut?
    apakah sudah ada kasus piston ninja jebol dikarenakan PS nya melebihi redline ( digeber pada 13000 rpm secara terus menerus ) ?
    jujur saya penasaran, karena masalah PS ini sangat pengaruh ke power mesin… misalkan kalo kita mau menggeser redline nya untuk mendapatkan top speed yang lebih tinggi lagi…
    mohon pencerahan…

    • piston speed tidak bergantung pada tipe engine (2 stroke / 4 stroke), karena toh pada dasarnya untuk type reciprocating engine, 1 kali piston naik-turun (TMA-TMB-TMA /360 derajat) adalah satu kali rotasi crank dimana jarak tempuhnya adalah 2 x stroke nya. RPM dihitung dalam satuan menit, makanya ada pembagi 60 (konversi 1 menit = 60 detik). Untuk batasan piston speed tentu dilihat dari konfigurasi dan bahan pembuat komponen engine tersebut.

  13. tigerku cuma 9000 rpm max 🙂

    http://silvervaio.wordpress.com/2012/04/04/sholat-jamak-dan-qoshor-bagi-muslim-bikers/

  14. ada tiger di rumah, jika dalam keadaan stasioner/diam jika digeber menunjukkan RPM diatas red line alias mentok. (kira2 diatas 12000RPM). jika demikian berarti tidak aman ya?? dan mungkin berlaku pada semua motor yg pada keadaan diam trus digeber gasnya ampe mentok udah pasti itu diatas 11000RPM.
    trus bagaimana tuh perilaku mekanik bengkel resmi yg suka geber2 gas saat motor diam diservis, akankah itu akan merusak piston?
    BTW artikel bagus nih

    • Ane juga bertanya hal yg sama.

    • sebenarnya maksud mekanik baik, yaitu menghilangan kerak yang menumpuk di ruang bakar,,,, kalau yg tidak aman itu menggeber motor sampai melebihi batasan RPM motor tersebut

  15. klo gitu tigerku max 10000 rpm ya. cos dapatnya 21.6

  16. ralat… 20.6 dapatnya jadi masih aman sampai 10000 rpm untuk tigerku

  17. wahhh..nice artikel..good..good.. jadi pengen ngitung juga punyaku 😀

    BAJAJ : Avenger Tidak Jadi Diluncurkan ? Cocok, Mending Nunggu Mesin Terbaru

  18. “Kecepatan Piston Idealnya adalah 21 m/s”
    Angka 21 itu dapatnya dari mana bro?

  19. wah ilmune mas hourex nih mnteeep abisss
    mksiii mas bro infonyaa 😀

  20. mantab neh infonya.. nambah ilmu..
    ngikut petuah di manual book nya..

  21. gampangnya liat aja panjang strokenya, klo pendek bisa digeber high RPM, klo panjang kayak TIGI, bisa digeber high RPM, tapi getarannya mpe ke B*ji..:D
    efeknya : klo stroke pendek torsinya kecil, stroke panjang torsi gede, ibarat klo mau ngungkit batu, enakkan mana pake kayu yg panjang atau pendek..?
    kira2 begitu lah gampangnya..CMIIW

    PIss

  22. semakin pendek stroke/langkah makin aman di geber di rpm tinggi…menurut rumus ini
    jd buat yg punya motor over stroke/long stroke ga usah di geber2 ntar rontok 😀

  23. artikel yang sama pernah dibahas SPEEDLOVER dan RATS

  24. sep tmbh ilmu ini. . .
    Coba hitung mesin gp yg mpe 18rb rpm i2 dulu ah. . .
    Xixi

  25. kalo piston kw batas amannya berapa kang ? dulu crystalku tak pasangi piston indopart baru gigi 3 langsung ngancing je

  26. tanya oom
    kalau ninja-nya oom Hourex digeber sampe 12000 rpm katanya tadi itungan2anya sampe 21,76 m/s bukannya itu udah mau deket 22 m/s apa ga beresiko 🙄

  27. maaf ya gan,,,saya agak meragukan rumus itu.
    saya bukan ahli mesin sih,,,cuma kalo logika saya motor dengan stroke pendek kan memang disetting untuk putaran atas,,,sebagai contoh honda sonic atau CS1….pertanyaanya mana mungkin enginering pabrikan merancang mesin yang ganas di putaran atas tapi malah membuat komponennya ambol? “correct my if i wrong”

    • hahaha,, coba sampeyan lihat berbagai spek mesin “Pabrikan” mas.. Perhatikan pada @Rpm berapa Poower maksimalnya di tempatkan,, lalu masukan ke dalam Rumus..

      *saya jamin masih di bawah 20m/s semua Mas,, sedang batas Amannya di 21m/s..

      R A G U . . . ??!! klo Ragu balik lagi Mas daripada kesasar..

  28. Wah, asik ni postingnya oom. Sering – sering publish yang macem ini oom… hehehe 😆

  29. Limiter rpm itu penting..bahkan balap kelas dunia pun pakai limiter..tujuannya ya biar ngga jebol mesinnya,dan lagi kalau sampai si rider memaksa mesin melampaui limit ideal juga percuma lantaran tenaga udah drop banyak..
    postingannya mantap mas mul 🙂

  30. ijin menyimak kang….rapaham ginian

    http://setia1heri.wordpress.com/2012/04/05/ketemu-moge-dan-bmw-ktm/

  31. klo gtu cebeer 150 saya bisa sampe 13347,458 RPM klo mw pas 21 😀

  32. Mas bisa sharing ciri2 rantai kamprat kendor atau aus?
    Motor ane mulai berisik crik..crik..crik di sisi kiri (deket magnet) mesinnya mas
    Apalagi pas idle

    Motor ane emang sering digeber redline sekitar 10500-11000 kondisi standar (cdi standar tp emang limiternya segitu..overbore)
    Km di 38000 keluaran 2009
    Oli motul 5100 10w-40
    Bbm pertamax

    Mohon petunjuknya mas
    Trims

  33. y kalo gni stop geber mesin ampe lewat 12000 rpm!

  34. absen aja om mul…gak ngerti ginian 😀

  35. keren infonya…

    MotoGP Mania? Masuk…

  36. makasih… lumayan dapat ilmu baru…

  37. wip lek,sip sip sip
    http://pertamax7.wordpress.com/2012/04/05/new-megapro-headlamp-byson-nmpson/

  38. ngitung2 buat batas PS Fu dulu ah… :mrgreen:

  39. csone bisa 13000 dong rpmnya…wuihh sadizzzz

  40. Nmbah ilmu mneh kie, Bagi Ane Ninja150 standarnya aj dah kenceng gak perlu lgi di neko2 kek tambah rpm melebihi batas,ganti piston dll. Klo di terapkan buat Ane keknya mubazir spek gila kek gitu lha wong buat harian standarnya aj udah joss 100km/h gear 3 aja napasnya masih sisa 1/4 pdhl masih jauh dr gear 6. Beda cerita klo udah buat kompetisi di atas lintasan spek perawanan ws ora kanggo 😀

  41. rag dong nyong..

  42. salam kenal masbrow,, mau tanya ni, Ninin aman ga klo di cuci steam?? Matur nuwun sanget,,

  43. wah CS1 ane 13500 msh aman ya..PS nya 21,24 bahkan di limiter 11000 PS nya hanya 17,307..

    thanks mas bro ilmunya..gk perlu takut geber si cesy..

  44. wahh..cs1 di 13500 PS nya 21,24…berarti msh aman ya…sedangkan di limiter 11000 PS nya 17,307…

    thanks mas bro ilmunya…jadi gk perlu takut geber cs1 di red line

  45. berarti CBR 150 masih aman sampe 13500 itupun masih 21,24m/s

  46. mantap pencerahannya mas bro,,, untuk kondisi idle nya juga tidak boleh terlalu rendah… yang cepat kalah adalah stang seher,,,, CMIIW
    http://roda2makassar.wordpress.com/2012/04/09/peluncuran-all-new-vario-125-di-makassar/

    http://roda2makassar.wordpress.com/2012/04/09/kejanggalan-ninja-150-rr-yang-berbuah-manis/

  47. woooooo…pencerdasan otomotif, tapi lebih pas kalau sumbernya dicantumin. Itung si pio ahh

  48. good artikel pak

  49. Suzuki, Suka Gonta-ganti Nama = Blunder Besar..!!!

  50. Pernah baca dimana saya lupa, piston motor prototype katanya bisa sampe 30 m/s. Tapi pake material khusus gitu

  51. mantep infonya mas..jadi berani mbejek CS1 di 11000 rpm.. 😀

  52. Sip tenan artikelnya mas..
    Setelah di itung-itung, FXR saya dengan stroke: 48,8 pada RPM: 13.000(max RPM standar) = 21.14467 (Gembira Mode=ON)

    Semoga itungan saya bener deh.. 😀

    Btw, Gambar pertama diambil dari piston apa ya? Sangar tenan..!

  53. Mas brow,,, minta ijin mirengake nggeh..
    Di tunggu klas brikutnya..

  54. kulonuwun mas brow,, ninin baru knapa cepet panas yo mesin ne, amper temp cepet naek nyampe stengah,,?? mohon pencerahannya mas brow,, matur nuwun sanget

  55. hati-hati jangan langsung main hitung tanpa liat faktor x lainnya, coba perhatikan kelasnya bro, motor-motor ente yang dimari (termasuk MX ane) & (Vixion, CS1, Scorpio, Tiger) diciptakan untuk spek medium speed bukan motor-motor kelas high speed.

    Classes:
    medium speed petrol
    ~16 m/s for automobile engines
    high speed petrol
    ~20–25 m/s for sport automobile engines or motorcycles

    Jadi yang bener kalau mo tau batas aman motor harian (rata-rata motor kite) ambil batas limit -/+ 16 m/s bukan yang 21 ms.

    Liat rata-rata spek pabrikan sudah mencantumkan maks. RPM, itulah yang jadi acuan RPM maks yang paling aman.

    contoh CS1:
    (2 x 0,0472 x 10.000rpm) / 60 = 15,73 (liat masih batas aman)

    contoh MX:
    (2x 0,0587 x 8.500rom( / 60 = 16,63 (masih batas aman juga)

    nah sudah jelas mas bro ukuran spek piston motor harian kita rata-rata masuk di kelas yang medium 16 m/s bukan yang high speed 21 m/s

    kalau mau ke kelas high speed, ya kudu ganti piston kompetisi, bukan piston standar.

    sumber: http://en.wikipedia.org/wiki/Mean_piston_speed

  56. Reblogged this on winhitam.

  57. reblog ah////////////////////

  58. Pulsar 180 ug4 ane klo liat dri spek maks RPM pabriknya…
    17.02 di RPM 8.500..
    kalo pengen tau berapa RPM yang di capai untuk sampe di 21 m/s di pulsar ane giman yah??????????

  59. mas hourex … Kenapa koq mesin Ninja L saya diRPM bawah seperti ada suara jangkrik nya,tapi ketika Di RPM atas suara tsb hilang?

  60. gitu ya mas,sy pikir Ring piston nya yg bermasalah….tapi klo masalah kenyamanan baik putaran bawah atau atas jos bngt mas…. Malahan diputaran atasnya cepat bngt naik nya hnya saja ya itu td terganggu suara mirip jangkrik…. Jngn bosan-bosan bagi-bagi ilmu ya mas hourex…

  61. Maaf kang mul. Apakah diameter piston berpengaruh, stroke ninja kan pendek, sedangkan tiger panjang, brarti rata2 motor normal batas rpm aman adalah 8000-9000 untuk diatas 200cc.
    Cmiiw

  62. maaf mas hourex150L mau nanya mtr q ninja 150r thn 2010 bli bru stahun yg lalu tpi bru umur 6bln suara mesin dri putaran bawah-atas ko’ da suara “ngiung2” kya motor dah tua..kira2 apanya ya??

  63. oh ya mas hourex brhubng mtr di pake d flores wkt bli mtr delrx cma kasih oli 2t gratisanx 1 btl ja jd cma mpe 4bln dah hbs kbtulan tmn ngasih oli motul road racing 800 double ester 2T nah smjak pake oli ntu mas suara “ngiung2” nya ada tpi oli ttp q pake ga di buang alx ga tau,, nah smpe skarang ga da bengkel yg bisa mmprbaiki bhkan swara knlpot jd brisik pdhl skips dah dibrsihin..tolng mas solusix.

  64. maaf ni mas mo nanya lg klo ganti karet skunder da alternatif lain ga? mksdx pake karet skunder motor lain yang ukurax sama coz barusan dah telpn ke delrx klo mo beli karet skunderx ja ga bs harus 1set hrg skitar 800rb..

  65. Gan, ane mau nanya..
    Apakah masih ada ukuran Piston/seher di atas ukuran B75 ?? (ninja RR).
    Kalau ada, sampai berapa ukurannya ??
    Soalnya motor saya sudah pake B75, tapi sekarang sudah Ngeretek lagi, mau ganti yang ukuran C tapi saya ragu, takut gak ada dan mesti ganti block cylinder baru.
    Mohon pencerahannya gan . .

  66. siiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiip-pp

  67. salamun alaik
    syukron kang
    sering2 share ilmu yg bginian kang
    d’tnggu, suwon

  68. walah , MXku gaboleh maen lebih dari 10500rpm dong … soalnya di 12000rpmnya udah 23,sekian

  69. tiger saya tak geber nyampe 11.000 di gigi 4 koq gak apa ya??? padahal masih standar pabrikan??? tak hitung PS nya 22,1 m/s

  70. misi om, saya baru beli cs1 2nd taon 2008. Mau tanya memang suara mesinnya kasar gak kayak bebeknya? Kalau jalan powernya masih padat. Terimakasih

  71. misi, saya baru beli cs1 2nd thn 2008, memang mesin cs1 suaranya kasar gak kayak bebek ya? Tx

  72. kalo new thunder 125 dimasukkan ke rumus, dptnya 13000 rpm masih aman yah, coz hasilnya sekitar 21.147..bener gk mas??soalnya lngkah pistonnya 48.8

  73. itu yng bwat gren rumus’n betul ap slah mas bro

  74. nice

  75. buat yg piston speed nya masih dlm batas aman, jgn seneng dlu trus geber sesukanya.. hati2… per klep ga sanggup melayani putaran tinggi, jebol2 jg dehh…

  76. keren formulanya…jadi, FXR ane masih ideal digeber sampe 13000rpm masGan…maknyoss…:D

  77. Ninin ane th 2003 yg R lg,baru nyampe RPM 11000 aja atut terbang,yg laen cm melongo aja dibelakang,kaciaaaaan ya hehe pisssss ah

  78. nanya gan,, motor cs1 ane udah oversize 50. nah setelah pasang malh gak ada tenaganya!! ap aja yang mndukung piston supaya kembali bertenaga.. sekarang malah suaranya lebih kasar!!

  79. ass. mas bro, kenapa ya ninin saya di geber di putaran atas brebet saat motor tidak di ajak jalan,, apakah boleh gas diputar dalam2 ketika mtr tdak jalan?? sbb klo di ajak jalan pas diputaran atas tdak ad mrebetnya,, ap efek dri yg saya lakukan trsbut mas,,, mohon pencerahannya,, kata temen2 tidak boleh gas dalam2 trus ditahan saat motor tdak jalan,, trims sblumnya mas.. 😀

  80. Tpe batas aman untuk m0tor megapro keluaran k2 brapa?

    • stroke new honda mega pro adalah 57.84, standar 8500 rpm, tapi masih bisa di 11000 rpm kalau dihitung:
      (2 x 0.0578 x 11.000) : 60 = 21.19 m/s
      masih aman… cuma membantu… 😀

  81. Berarti vixion lawas ane save nya di 11000 Rpm saja…

    Makasi om ilmunya…

  82. ass. 1 rpm berapa detik

  83. Rx king bisa sampe 13000 rpm 😮 :v

  84. Tiger sy th 2009 mentok di 9500rpm. Nyoba pas mudik ke klaten di jalur pantura.

  85. Apakah tingkat kompresi tdk berpengaruh? Krn durability dari piston jg ditentukan dari besar kompresi yg akan dikerjakan oleh piston itu. Semakin tinggi kompresi, berarti semakin berat kerja permukaan head piston dalam menekan/mengompres gas bahan bakar.
    Dan kompresi yg tinggi menyebabkan panas yg berlebihan sehingga dapat menurunkan durability piston, saat mesin bekerja.
    Mohon menjadi bahan pertimbangan.

  86. Keren gan ..mudeng..entar saya coba ke tormax..thanks share ilmunya..

  87. mau tanya itukan batas aman RPM buat motor laki….
    kalo motor bebek berapa?
    ada rencana mau upgrade supra fit jadi 153 cc
    batas rpmnya berapa?
    stroke 62.3mm
    bore 56mm

  88. wah MOCROTTT iku mas pistonya.hahaha

  89. brarti semakin pendek stroke, semakin panjang pula nafas (rpm) dan top speednya ya om?

  90. Bang, yamaha R6 sampe 22.000 rpm nya, gimana nih?

  91. Wah berarti honda cb150 bisa lebih dri 12.000 RPM dong 😀
    (2 x 0,0472 x 12.000 ) : 60 =
    1132,8 : 60 = 18.88 PS

  92. […] Kenapa 28mm? alasan paling mendasar(subyektif) adalah melakukan limitasi dari putaran mesin sampai dengan 12000rpm yang merupakan batas aman kecepatan piston, hitungan rincinya bisa dilihat dari blog nya kang hourex. […]

  93. brapa sih harga seker/seher sonic masih bingung gua

  94. yah… klw di f1 bs 25 m/s. tapi saat mesin itu d geber sampai batas amannya maka akan blow engine. karena penaikan rpm yg melebihi batas tersebut bermaksud agar beberapa gigi mendapatkan rpm yang pas, dimana tidak bisa d capai dengan rpm standar yg sudah di seal

  95. biar gampang ngitung maxpistonRPM dgn asumsi max piston speed 21 m/s = 630 / stroke (dalam meter)

  96. Ilmu yang bermanfaat, terimakasih gan..

Tinggalkan komentar