Jetting Karbu Ninja setelah Ganti Knalpot


Sepe rti yang telah saya janjikan dulu, bahwa proses jetting Knalpot sipaIJO akan saya posting kemidian,, dan pada kesempatan kali ini lah,,, Yang kebetulan dapat pinjaman notbuk” dari temen ni…

karena kebetulan Keknya Operamini Saya keberatan untuk ngangkat beban postingan-2 sampai Hp baru saya ikut sekarat, yang berrimbas pada tersendatnya aktivitas Blog ini..

Oke, tanpa panjang mukodimah,, langsung aja kita mulai cerita tentang Proses jetting karbu sipaIJO with knalpot RACING Lokalnya..

Pertama pasang Knalpot Racingnya lalu hidupkan mesin pada posisi langsamnya beberapa saat, setelah grib gas nya dilepas mesin mati (keknya gejala pilotjet kurang gede) trusshidupin lagi mesin sampe @8000an agak lama, setelah itu buka busi en liat anodanya ternyata kering abis,, jelas karbu perlu dibuka.. Dikarenakan spuyer standarnya tak mampu memenuhi kebutuhan mesin setelah ganti knalpot,, kemudian operasipun dimulai..

Niii dia karbu yang sudah dibelah beserta spuyernya, Oia Brades semua,, setelah sekitar seminggu lebih berburu PJ+MJ untuk sipaIJO (1-2step dari standarnya) hingga pencarian sampai ke kota Bukit tinggi(untuk propinsi SumBar) en muaarao Bungo untuk prop Jambi namun hasilnya hampa Maz Bro..

Kek gini susahnya tinggal di daerah Maz Bro.. dan dikarenakan hasrat memakaikan knalpot Racing kepada sipaIJO sudah tak terbendung lagi akhirnya saya nyerah juga dalam mencari PJ+MJ ori buat karbu sipaIJO,, Dan akhiiiiiiirnya… ini yang saya pilih…

Yaa..Slow jeting dan jet main punya motor Tiger yang versi variasinya yang saya Comot.. begitulah Bradess,, nasib Bikers didaerah terhadap kelangkaan parts2 yang diingikan.. harus punya tekad bulat untuk kereaktif dikit,, kebetulan juga cocokkok.. eiiits tapi gak sampai situ aja penderitaanya,, kos tidak semua  ukuran yang kita inginkan tersedia,,  untuk PJ 48 sedang MJnya hanya 118 (hhaaahnkecil amat) pdahal standarnya 45-138..

dan untuk itu saya main bor sendiri,, ni peralatan yang saya gunakan..

Yaitu sebuah kawat stenlisstill diameter 4mm yang saya runcingkan sebagai mata Bornya, kemudian penggaris ukur karena lubang yang akan Saya buat adalah 1/100 mili, kemudian kawat tembaga ukuran 1,50mm(karena saya ingin buat lubang 150 pada Mainjetnya)

Adapun cara SAya adalah sebaagai berikut:

Main jet aftermarketnya yang setadinya berukuran 118 akan saya jadikan 150, yaitu sebelumnya diukur dulu mataBor dari kawat stenlis tersebut dengan penggaris ukur di anggka 150/ 1,5mm,, kemudian tandai pake spidol lalu mulai proses pengeborannya seperti pada gambar :

Oia, dalam proses ini sangat diperlukan kehati-hatian dan kecermatan,, dikarenakan 1/100mm adalah ukuran yang sangat kecil,,, maka jangan terlalu bernafsu dalam mengebornya… harus  rajin-rajin ngukur dan ngepasin dengan Malnya(kawat tembaga 1,5mm),, sampai bener-bener pas dengan ukuran yang kita inginkan..

Untuk pilot jetnya, meski ukurannya sudah 1 step (48)diatas standartnya tapi ternyata setelah diukur dengan pengukur 1/100 mm ternyata hanya sekitar 43,5an jadi masih perlu dimodif ulang dengan kawat baja (serabut sling) yang diameternya kita bikin 0,48mm

Naa,, Ini dia PJ+MJ baru buat sipaIJO untuk knalpot barunya,,, yang ukuran akuratnya “ora genah” sebab sudah beberapa kali bongkar-pasang untuk di Bor-up lagi sampai dirasa sesuai dengan kebutuhan ruang bakar sipaIJO.. dikarenakan jarum skep karbu standarnya tidakbisa di seting alias permanent, maka si jarum Saya ganjal dengan O-ring yang diambil dari tutup Ci*** hand&body lotion dengan tebal 2mm..

pokoknya, segala upaya Saya lakukan walau dengan cara apapun yang penting halal bagi mencukupi kebutuhan dapur pacunya Ninja 150R/L kesayangan..

Ini kepala Busi pada mesin @ 1500- 4000 rpm,, atau hasil setingan pilot jetnya setelah beberapa kali penyesuaian akhirnya dapatjuga warna merah bata pada anoda Businya..

sedangkan yang ini adalah hasil dari putaran mesin sipaIJO @6000 -10.000 rpm..

sama halnya dengan setting pilot jetnya,, mainjet juga mengalami beberaapa kali penyesuaian sampai didapat hasil kepala busi warna coklat / kemerahan kek gini..

Inilah salah satu suka dukanya Bikers didaerah seperti Saya,, tapi senengnya rasa puas dengan hasil yang dicapai takbisa di unggkapkan mengingat background pendidikan Saya yang cuma lulusan Smea,,

setelah ubahan diatas, yang Saya rasakan terhadap tunggangan adalah akselerasi sipaIJO makin MAUT”,, tapi sampai saat ini saya belum berani test Top Speednya…  atttuuuuttt.!!!

Semoga ada Mamfaatnya Bagi Brades en sisters semua,, terutama NINjA 2T riders..

mohon koreksinya bila ada kejanggalan dalam postingan ini,

PISS

~ oleh Hourex150L pada Februari 7, 2011.

81 Tanggapan to “Jetting Karbu Ninja setelah Ganti Knalpot”

  1. si IJO memang joss!

  2. welehh…telaten dans abar tenan sampeyan modifnya..xixixixiixixixi:mrgreen:
    selamat wess…berikutnya ganti fairingnya Ninja RR to ya:mrgreen:

  3. kreatif bener, hebat euy .lanjutkan …

  4. wee gan manteb usahanya, kalo bagiku ninja itu nggak usah diapa-apain udah raja jalanan yang belum ada yg ngalahin. heheh
    cuman satu catatan aja untuk jetnya sitigor yang variasi itu kok saya kurang yakin to, kenapa nggak sabar dikit pergi ke ibukota milih daitona atau ke BRT kan lebih meyakinkan karena itu urusan nafas motor

  5. makin kenceng dah ninjanya😀

    http://extraordinaryperson.wordpress.com/

    • mudah-mudahan Mz Bro, kos belum di coba sampai pul spid,, masi trauma dengan biker lain yang slonong Boi (insident 22 nov’10).. Tapi akselnya dah lumayan nambah wyueissst..

      PISS..

  6. waduh gan…takut knalpot rusak kalo nenggak premium gara2 ada timbalnya?? Kalo sedimen dibusi (kerak) berwarna merah bata menandakan kalo pengotor/aditif pada bensin bukan timbal tapi Mangan…mungkin yang pada jago kimia bisa menerangkan alurnya…kalo begawan sih ngertinya cuma segitu….
    kalo diputaran menengah kuarng garang..berarti profil jarum skepnya yang kurang slim….

  7. Wah ntar lagi porting nih, tambah mak nyus akselnya, konsumsi bbm sekarang brp ya?

    • hehehe.. Maunya gitu Mz Bro,, tapi belum nemu ukuran yang sip buat naikin exhaushnya.. Lagi cari-cari bahan referensi ni..
      Skrang konsumsi PREMIUMnya skitar 22km/liter Bro..

  8. sip deh mas bro..kalo aku disuruh ngoprek begituan..yg ada ancur aja tuh MJ coz ga sabaran..mening kasih mekanik aja..xixixi:mrgreen:

    http://aditninjamaniac.wordpress.com/2011/02/08/bocoran-nih-cbr-250r-tinggal-menunggu-waktu-saja/

  9. mantap masbro,warna businya udah pas

    kyk stelan jetting karbu ane yg pke pj keihin asli
    emang klo serba kekurangan otak kudu kerja keras buat memenuhi yg ada,saluutt ane
    jujur ane gak bisa ngerojok jarum sendiri

    gak nyoba copot atau sumbat HSAS nya biar putaran bawahnya makin garang?

  10. KRENGATIP bgt mas hourex, tak kenal pasrah :mrgreen:

    treng teng teng… ngguuuiiiiiing ! laju terus pak cik!😆

    http://azizyhoree.wordpress.com/2011/02/09/yang-baru-saja-saya-tau-dari-bebek-tvs/

  11. Weww…kebayang tambah buoross…😯
    Tapi kebayang juga larinya tambah kuencenggg…:mrgreen:

    *mau nanya juga..emangnya premium msh ada kandungan timbal-nya tho?

  12. 1 lt 22 km? iritan karimun estilo..hehe
    kalau saya dulu saya tusuk2 pake kawat bekas kabel kopling, g tau deh berapa mili.. yang jelas boros pol, wkwkwk, ngawur mode on, masih jaman muda dulu

  13. Iya Mz Bro,, Buoross..

    Wah kalo gitu termasuk nggerathil juga Sampeyan doeloe yaaa…

  14. waah….kreatif nih maz brow……abiz berapa duit maz brow…bli PJ+MJ….coz gw dlu bli PJ
    Keihin 48…kena 5orbuand….beli di dealer K

  15. jangan heran Mz Bro,, kos Saya tinggal di pedalaman Andalas ni..ixixiixixiixixi
    harga segitu termasuk murah, yang mahal biaya nyarinya (lebih seminggu) ngubek-ubek bengkel/toko asesoris mulai dari kota Muaro Bungo(prop.jambi) sampai Bukit tinggi (prop.Sum-bar)..
    Pokoknya radius 200an km la..
    Kira-kira berapa tu uang bengsin ama makannya….?? Whuahahaha.. Itupun dapetnya ya cuman itu DOANG..
    Cp deee,,,

    pISS..

  16. mas menurut mu bisa ga y jarum skep ninja RR yang bisa disetel, di pasang di ninja R……..o y aku pernah naikin PJ 140 MJ 48, tapi kenapa ngeberebet harusnya pas sama penggantian knalpot racing?

    • waa, kurang tau Bro,, belum pernah coba..
      Keknya kebalik Boz, MJ yang 140 & PJ yang 48, klo menurut Saya brebet bisa juga faktor setting air screw atau setelan anginya kekecilan Bro, oia Mjnya kekecilan kalo menurut Saya Mz, kos standarnya aja udah 138 jadi minimal 142 laa..
      IMHO…

      PISS..

  17. o y lupa? motor mu dilepas ga busa filternya?

  18. Nice blog🙂

  19. Salam kenal mas..
    aku juga pake ninja sama persis kaya si paijo. 3 bulan lalu aku ganti knalpot merk R9. urusan pasang knalpot & jeting karbu aku serahin semua ke bengkel mekanik aku (bukan bengkel resmi kawasaki). mekanik aku bilang setingan atasnya naik dan bawahnya turun karna bawahnya udah basah kalo di naikin tambah basah/banjir dan dia kasih aku pilot & main jet asli di bawa pulang. dan aku ga ngerti apa itu setingan atas bawah. setelah aku pake 3 bulanan ini memang terasa ada peningkatan 3 – 5 % tapi aku masih kurang puas setelah aku liat ternyata warna busi anoda+katoda hitam legam (busi masih asli bawaan pabrik). yang mau aku tanyain kira2 seting pilot & main jet untuk knalpot R9 pake ukuran berapa ya..? teringat sebelum aku ganti kanlpot R9 waktu service pertama di bengkel resmi kawasaki di situ jual juga knalpot R9 tp harganya mahal. mekanik di sana bilang kalo pake R9 itu katanya ga perlu lagi ganti spuyer.
    jadi mana yang bener nih.. mohon bantuannya dari mas hourex, maklum mas aku masih baru dan belum ngerti apa2 soal ninja.
    thx before..

    • salam kenal juga Bro
      untuk Knalpot racing tidak bisa patok angka gitu Bro,,dan warna busi HANYA sebagai Rujuan Saja.. Pedoman sesungguhnya adalah di rasakan langsung PERFORMAnya di setiap RPM,, di rpm bawah(1500 – 4000 rpm) PJ yang main-tengah(4000 – 7000) jarum skepnya + air screw -rpm atas (7000 =>) main jet + piston Skep..

      Semoga membantu

      • Bener juga sih mas, seting karburator ga bisa di patokin angka PJ+MJ
        menurut mas, kondisi ninja saya apa yg masih kurang kalo di liat dari warna busi..?

      • busi hitam berarti Boros (AFR terlalu kaya)
        cuman pertanyaannya pd RPM berapa busi berwarna Hitam..?? Ini untuk menentukan part mana yg kebesaran..

  20. Btw ,,, mas bro tnggal dmn yach ??? Andalas bgian mna ??

  21. Klww saya driau ,, prbtasan sumbar !!

    Oowh y maz broo !!! Klw nnja 150 ss ,, kencengan mana pke velg 18” ato 17 ” ???? !!

  22. Oowww ,,,, tp kok mtor ane ,, pas mkan ban ama velg standddart , gk stabil saat 180 kpj y ??? Tp stlah sya gnti ban ukuaran kcil ama velg 17 ,,, trsa nyaman2 aja d 180 kpj !!!

    Owh y mas bro ,,, kta bs ktemuan gk ??? Skdar sharing2 gitu !

  23. Gan, ninja RR saya baru gnt knalpot R9 nih. Tp blum keburu setting karbu. Kira” ntar ada dampak apa kemotor saya ? Tolong info donk

  24. mas bro pngen nnya jg dunkz…
    sya pke rr nih smnjak gnti knalpot trus ukr. Pj 27,5 MJ 270 knp y klo mlai naik di RPM 6rb-7rb an brebet g mau naik lg klo posisi gigi 2 tp klo di gigi 3 mau naik dst. busi bsah bnget mesin standar,, prnh pke ukr.PJ 22,5 MJ 260 klo bru d nylain g dpake bs lansam tp abis dpake jd g ada lansamny kya gasny kabur gt,,knp y??ap kbasahan ato blum pas jettingnya skips sring semprot pke wd40…plizz dunkz bngung neeh mklum msih newbie pke ninja..
    thanx be4 mas bro..

    • standardnya RR PJ 27,5 dan MJ 260 jadi klo dah ganti Knalpot minimal PJ naikin 1step(2,5 ) jadi 30 atau untuk knalpot tertentu(topspeed) MJ juga minta naik (270 berrti naik 2step)
      jadi kalo brrebet diiawal biasanya pemanasan mesinnya saja yang kurang maximal..maklum mesin ninja adalah 2T liquid cooler..
      Kalo di bawah 27,5(PJ) dan 260(MJ) berarti terlalu irit (bisa membahayakan mesin Mas) apalagi sudah ganti knalpot racing..

      • ok seep thanx brat mas bro ad pencerahan neeh..aq lngsng gnti deh..btw ko aneh y klo gt,,rr ku thn 2011 bru servis prtama kli di bengkel resmi dgn ukr. PJ 270 MJ 22,5 (ktauan pas gnti PJ jd 27,5) jd dealer yg aneh ato mekanik ny yg aneh (nakal) nie…tmbh bingung..
        skali lg thanx y mas bro..

  25. [WTA] mas bro :
    >>identifikasi masalah dulu ya :
    motor sy ninja r, baru gnti knalpot mas. saya rasakan motor saya itu tarikan ne kurang
    maknysu mas,💡 sehari kmudian saya bawa ke bngkel (rekomendasi dari anak klub).
    kemudian dicoba oleh si mekanik dan disetel ulang (tanpa penggantian pj/mj, tp busa di dalam
    filter itu dilepas mas😦 ) kemudian saya coba, memang terjadi peningkatan performa mas.
    enak bgt tuh motor,[Guriiihh] iso ngetril2 mas… nganti kewelen aq- :mrgreen:
    >>pertanyaane < > > thank’s before < < <

  26. Badhe Tanglet mas. motor sy ninja r, baru gnti knalpot mas. saya rasakan motor saya itu tarikan ne kurang maknysu mas,💡 sehari kmudian saya bawa ke bngkel (rekomendasi dari anak klub). kemudian dicoba oleh si mekanik dan disetel ulang (tanpa penggantian pj/mj, tp busa di dalam filter itu dilepas mas😦 ) kemudian saya coba, memang terjadi peningkatan performa mas. enak bgt tuh motor,[Guriiihh] iso ngetril2 mas… nganti kewelen aq- :mrgreen:
    >>pertanyaane < > > thank’s before < < <

  27. ga muat ya mas ??
    >>pertanyaane << ❓❓❓➡ temenq lain bilang "qo pj/mj ga diganti, mesakne mesine +/- 3 bulan motormu ngerik, bensine kurang deres tp kegedean performa. PJ/MJ ne gantinen, sing asli disimpen, tukokna ukuran sing radak gede". tapi tarikane udah dapet mas- menurut mas, pj/mj ne saya gti ndak ya? dgnti brapa mas?🙄

    • waduh,, Open filter sangat merugikan mesin lho Mas..
      Anjuran Saya kalo memang cari aman dan performa naik,, ganti PJ MJ lebih besar agar mesin lebih adem..
      Minimal PJ 48 dan MJ 142,, PISS..

      • iya mas,, makasih infonya….. aq tadi udah beli pj/mj 48/142. besuk mw ke bengkel lg,,, dan nutup kembali filternya- (busa-nya). oya ma,, di post lainnya,, saya liat njenengan pake pj/mj 48/152 ya??? ap bengsingnya ga terlalu boros mas??? hehehehe🙂

  28. mas bro..
    mau tanya cara seting putaran angin yang benar gimana ya?
    thx before..

  29. Gimana setelan pj+mj utk ninja yg pake KIS(ninja model lama)…beda ato sama mas
    Suwun infonya

  30. Ninja msh standar,maklum mas jarang dipake cos kerja dilokasi…

  31. Tambahan lagi,knalpot sudah di bedel mas…

  32. broo..
    klo pake oli racing (motul)gimana broo..?????
    kata mekanik dealer,,”gak usah gnti oli yng laen,cukup pke standart kawasaki aj”..
    gimana broo..??? katanya temen” sih eak tuh pke motul..
    apa ada dampak negatip klo gnti oli racing..

  33. Mas hourex, sy mau tnya. Ukuran PJ & MJ standar untuk Ninja 150 L ( ninja R superkips ) brp ya,,???

  34. mass..ku mau nanya nh..rencana aku mau pake pj/mj 140/48…pake knalpot r9 pa cocok g mas???…..motornya Ninja r 150 L super kipss…

  35. pj/mj ninja kis brapa om

  36. mas mau nanya neh….warna busi dah merah bata,
    tapi anehnya tarikan rpm bawah brebet,tarikan atas teriak lalu ngempos itu gmana solusinya mas???

  37. Mkasih suhu.. ilmu yg sangat bermanfaat..
    Ane sabagai newbie terbantu banget..🙂

  38. […] Karbu, biasanya pilot jet dan main jet dinaikkan 1-2 step, Itu juga ane tahu dari blog nya Mas Hourex 150L. Nah, karena motor Masbro Hourex aka Mulyanto adalah Ninja L (CMIIW), tentu ukuran pilot jet dan […]

  39. Permisi…

    Bumble bee (nama ninja saya), jenis ninja R tahun 2000,,
    Pake knalpot kolong hary tamboen exhaust, karbu PE 28,
    Pake mj 145 pj 45,
    Velg 17,,
    Angin karbu 1x putaran

    Kendala : gas biasa posisi motor berhenti oke banget gax ad mslah,,
    Pas narik gas masuk 1,2,3 gax mau lari lebih dr setengah tarikan gas, suara makin gede & brebet tp bumble gax mau lari,, setelah di tahan setengah gas sekitar 5 detik, mesin dan rpm memanas, bru deh bs lari, malah larinya ampunnnn derasssss,,
    Tp saya kurang puas dgn posisi bawah yg lambat naik tsb.

    Mohon pencerahan maz bro…

  40. ijin tanya mas hourex,,

    ninja saya std,,karbu standar ,,piston std,,knalpot std udah di bedel,,
    nininnya beli second,,

    kok gak kerasa ya jambakan setannya ?

    tarikan gas bawah gesit,,tp pas tarikan gas atas ( posisi kencang )
    lajunya stabil terus,,,gak ngisi,,,,keayaknya,,,biasa aja

    solusinya apa ya mas ?
    saya buat pakek kerja pp 30 km,
    kok keknya belum puas saya,,,

    apa ganti PJ MJ nya beserta lubang venturi di karbu di bentuk oval juga ?

  41. pengennya kayak punya mas hourex std std aja tp akselerasi dan speed memadai lah,,dan gak boros boros amat..

    karena saya pun pake buat kerja,,,bukan balap balap..

  42. Klo ninja rr 2014 ganti knalpot r9 pj mj nya brpa ya mas?

  43. ms bro mau tanya,,aq mau gnti,knlpot r9,,pj/mj nya pkai nya apa biar enk,,,,,mhon bntu

  44. Mass.. Mau tanyaa… Setelah ganti knalpot racing…kok asepnya jadi banyak ya… Trus kaya ada oli sisa pembuangan di slincernya tp agak banyak.. Padahal sebelumnya pake knalpot racing mrk lain ga kaya gitu.. Ini saya baru aja ganti yang model crempie mass..

    • tanpa mengurangi rasa hormat saya kepada suhu hourex saya coba jawab ya. untuk oli samping itu diborosin atau ngga? knalpotnya juga pake jenis apa? stainles atau galvanis? karna jika stainles bahannya lebih licin dari galva. makanya galva kadang ngerak karna ya memang bahannya agak kasar tidak selembut stainles. CMIIW

  45. Pengalaman saya jetting karbu tdk bisa dipatok naik sekian step, tp musti ngikuti apa maunya paket mesin itu sendiri.
    Ninja RR 2013 mesin full standar, knalpot DBS, koil YZ125, membran KX85, busi denso IW27, per kopling CMS, karbu PWK28sudco plus velocity stack lepas filter, kombinasi PJ 75, MJ 155, BBM pertamax didpt warna anoda busi coklat bersih cenderung putih.
    Kombinasi PJ MJ ini tdk mendadak dipatok segitu, tp prosesnya panjang. Bengkel pertama kasih kombinasi “lazim” yakni PJ 48 MJ 148. Hasilnya di red line teriak tp bawahnya kedodoran mesinpun super panas. Cari bengkel lain dikasih PJ 52 MJ 148, performa masih tdk memuaskan. Entah berapa bengkel yg sdh saya samperin tp hasilnya tdk banyak berubah karna kombinasi PJ MJ hanya berkisar pada angka itu itu juga.
    Merasa tdk puas, saya coba jeting sendiri. Entah sdh berapa puluh puluh kombinasi saya coba mulai kombinasi PJ terkecil 48 hingga 75 dan MJ mulai 148 hingga 160, pindah klip jarum skep hingga ganti jenis busi dan membran. Modifikasi box filter hingga rusak akhirnya dibuang sekalian dan diganti velocity stack. Bahkan sempat ganti knalpot merk lain dan knalpot custom buatan bengkel knalpot, termasuk juga pasang kipas radiator untuk usir panas.
    Pendek kata tdk ada hari libur tanpa oprek motor heheheh. Hasilnya? Cukup bagus untuk ukuran motor standar (non korekan). Tenaga ngalir dari bawah keatas tanpa jeda, suara bulat cenderung kasar dan bising. Banyak yg tdk percaya jika ini motor standar mengingat suara dan performanya pernah mengalahkan beberapa motor sejenis yg sdh di korek harian (mungkin korekannya saja yg kurang bagus kali ya?).
    Perlu proses seusia motor itu sendiri untuk sampai pada kombinasi yg sekarang yakni PJ 75 MJ 155 (terus terang saya juga tdk tahu kenapa spuyernya bisa begitu besar padahal motor standar).
    Mungkin proses ini akan masih terus berlanjut mengingat warna busi masih cenderung putih belum merah bata. Pingin coba karbu venturi yg lebih besar (mengingat spuyer yg besar) dan CDI racing. Juga nafas gigi 1 yg kelewat pendek (mungkin perlu final gear yg lebih berat karna saat ini masih pakai gear standar).
    Bagi orang yg tdk hobi motor mungkin terlihat “kurang kerjaan” tp saya justru menikmati “pencarian” seting ideal ini. Padahal saya naik motornya tdk pernah lebih dari gigi 4 kecepatannya pun dibawah 140km/jam itupun sekilas saja (saya suka ngoprek motor biar kencang tp tdk suka ngebut).
    Membaca tulisan anda saya tertarik membagi keasyikan ini, mengingat “perjuangan” anda sepertinya lebih asyik yakni sampai hrs membuat ukuran PJ MJ sendiri secara manual. Saya tinggal di Jakarta jadi oprek motor terasa kurang semenantang yg anda alami karna hampir semua tersedia hehehehe. Sory kepanjangan, salam treng treng treng ngebul.

  46. mas saya mau tanya, setelah ganti knalpot racing, motorny ninja rr ,sebaikny ukuran main jet di naikin g?

Tinggalkan Balasan

 
