Pasang Power Jet pada Karburator Keihin Pwl
Hallo Mas Bro Diajeng Semuwahh,, jumpa lagi dengan tulisan ala kadarnya di Blog Hao-Hao ini..
Okeh,, tanpa berpanjang lebar mukodimah langsung aja kita Bahas mengenai POWER JET inih..
Power Jet merupakan Spuyer Tambahan Pada Karburator yang berFungsi Mensuplai Bahan bakar tambahan saat putaran mesin tinggi,,power jet akan bekerja seiring bukaan botol skep. Ketika skep terangkat tinggi, bahan bakar akan terisap akibat kevakuman moncong/venturi karburator yang lebih tinggi dibanding Mangkuk penampung BB..
Tehnologi Power Jet sendiri sebenarnya bukanlah Hal yang Baru,, karena Powerjet ini sudah Familiar sejak masa ke Emasan Motor Mesin 2Tak di era 90’an.. Namun seiring meredupnya pamor Motor Kencang ala 2 tak dan karena alasan Efisiensi ataupun standard Emisi Tehnologi inipun Mulai di tinggalkan Pabrikan Otomotif,, terbukti banyak Jenis Karburator yang sejatinya sudah dilengkapi jengan Fitur Power Jet Ini Namun sengaja di Non-aktifkan..
Salah satunya ya Karburator Keihin PWL inih,, lebih jelas silahkan baca juga di Tabloit Motor ples ini..
Namun Meski Karbu Keihin PWL punya saya sudah ada Jalur Power Jetnya,, Saya mencoba Cara Pintas Sesuai IMAJINASI dan lebih Gampang karena Hanya Modal spuyer dan selang Sajah..
Adapun langkah yang Saya Tempuh dalam membuat POWER JET sebagai berikut;
1-Bore Bagian atas Moncong Venturi Karbu dengan Mata bor 5mm,, Karena Saya akan Menggunakan Spuyer dari Pilot Jet Keihin yang ukuran Ulirnya 6mm..
2- Setelah berlubang,, barulah di Snei / Tab / bikin ulir 6mm untuk Spuyer Keihin (Pilot Jet)..
3- Pastikan Ulir Cocok dengan Spuyer yang akan kita peruntukkan sebagai Power Jet..
4- Pasang Selang pada Spuyer dan di hubungkan dengan Pipa pembuangan di bawah Mangkuk Karburator,, Panjang selang secukupnya saja (20-25cm)..
5- Jangan lupa buka sedikit Baut Pembuangan agar bensin dalam Mangkuk bisa keluar,, Ingat jangan terlalu Kendor karena beresiko lepas..
*Demi keamanan bisa di tambahkah Sealtape atau silikon pada Ulir baut agar Aman (Rapat & Lengket kuat)
6- Pemasangan Power Jet sedapat mungkin tidak Mengganggu Fungsi Part Lainnya,, seperti Box Filter tetep bisa Berfungsi Optimal menyaring Udara..
Adapun Keunggulan dari Cara ini di banding yg di muat Motor ples diatas adalah Selain Lebih SIMPEL juga yang Utamanya Besarnya spuyer POWER JET dapat kita sesuaikan kebutuhan..
*Modifikasi ini Hanya cocok bagi motor yang sering di Gass penuh Saja,, jadi bila motor Sampeyan hanya buat jalan santai atau merayap di kemacetan kota lebih baik ABAIKAN SAJAH atao silahkan beli Obat tetes Mata di Ragunan Sanah #Mubadzir Brayy#
Semoga ada Mamfaatnya,, Kip Bradehud en PISS..
Wih baru brojol lagi om ..
Tyo94 said this on Januari 11, 2013 pada 12:05 am |
Blog legendaris diupdate lagi
bean06 said this on Januari 11, 2013 pada 12:12 am |
Alhamdulilaq..blogx diramut lg..he
pangeran mendem said this on Januari 11, 2013 pada 2:27 am |
akhirnyaaaaaaaaaaaaaaaaaa
ali said this on Januari 11, 2013 pada 3:46 am |
khususon penganut aliran gaspoll .. .. Kang gambar ful nya ngendi (seluruh karburator) .. biar tau jalur2 selangnya kemana aja
triclaksono said this on Januari 11, 2013 pada 5:22 am |
mainkan imajinasinya om :p
parto said this on Januari 11, 2013 pada 5:35 am |
wadyuh kelupaan karbu dah keburu terpasang ogh#buru” pingin jajal hasilnya sih#,,cuman selang di spuyer tambahan itu di hubungkan saluran buang mangkuk karbu Kang Mas..
Hourex150L said this on Januari 11, 2013 pada 6:17 am |
aliran gas pol mbah mul 😀
parto said this on Januari 11, 2013 pada 5:33 am |
numpang nyimenk mbah mul 😀
parto said this on Januari 11, 2013 pada 5:34 am |
hahaha,, bawa tiker sendiri gak.. 😀
Hourex150L said this on Januari 11, 2013 pada 7:12 am |
bawa tiker,…cemilan ma aqua yaa
Iwan Budi Santoso said this on Januari 11, 2013 pada 9:16 am |
Tambah muter2 spidone cak mul he3
ninjers said this on Januari 11, 2013 pada 5:58 am |
pertamax!!!
Iwan Budi Santoso said this on Januari 11, 2013 pada 6:30 am |
Hooo ngisin2i posting pertamax….;(
m3tal said this on Januari 11, 2013 pada 7:21 am |
kesusu…tiba’e wes ono sing komen..hayaahhhh
Iwan Budi Santoso said this on Januari 11, 2013 pada 6:31 am |
kakean Sate Kijang Sampeyan Koh,, kramas dulu Suhu…
Hourex150L said this on Januari 11, 2013 pada 7:21 am |
hehehehe….maklum mbahhh…durung raup…
mbok yo aku di gaweke koyo ngene tho mbahhhh…peliii..ssssss….
Iwan Budi Santoso said this on Januari 11, 2013 pada 9:17 am |
hasile endi lek
ipanase said this on Januari 11, 2013 pada 7:42 am |
pidiyo nya Mas..??!!
*Pidiyo testride ada sih,, cuman katanya “kurang” baik klo di Aplod #NGajari Ugal2an bocah#.. Jadi koleksi Pribadih sajah deh Pidiyonya…
Hourex150L said this on Januari 11, 2013 pada 1:49 pm |
hasil tes neng sentul piye pak de,juwos ora
Ridersninja said this on Januari 11, 2013 pada 8:19 am |
N G I S O R Ku ikih SUHU ne SENTUL Mas ,, Takon langsung wae karo PAKLIK Daijo74 kiii… 😀
Hourex150L said this on Januari 11, 2013 pada 1:52 pm |
Nunut nyimenk mas Mul
Kulo mbhoten ngertos resing”an :malus
Daijo74 said this on Januari 11, 2013 pada 9:06 am |
podho paklik….kulo nggi mboten ngertos resing”an…
#hayahhh…malah ngespam nang kene kabehhh….*jungker akut :p
Iwan Budi Santoso said this on Januari 11, 2013 pada 9:18 am |
UFO, VD, airjet dhereng :p
Daijo74 said this on Januari 11, 2013 pada 9:29 am
UFO, VD, Airjet niku nopo nggih lik??
Iwan Budi Santoso said this on Januari 11, 2013 pada 12:24 pm
knapa pilih dr atas mas Mul?
knapa gak dr samping?
Daijo74 said this on Januari 11, 2013 pada 9:24 am |
klo dari samping terlalu Basah Paklik,,dan biasanya malah Main Jet nya minta turun..
*ini berdasarkan semalam suntuk berIMAJINASI Ogh..
Hourex150L said this on Januari 11, 2013 pada 2:01 pm |
Beli obat tetes mata aahhh ______________:ngacir:
Daijo74 said this on Januari 11, 2013 pada 9:27 am |
woow…motor kentjeng woow
jual obat tetes mata di ragunan aja ahh
dumsky said this on Januari 11, 2013 pada 10:51 am |
mas mul kan udah pake pwk28, kok skrg balik lg nang pwl??
tp kalo pake powerjet apa mainjetnya minta dikecilin lg mas..??
arif (@arifx4) said this on Januari 11, 2013 pada 11:13 am |
isine bocah” grup maho Fb kabeh, bedol deso pindah nang blog e mas Mul
wkwkwkwkwkwk
Daijo74 said this on Januari 11, 2013 pada 8:09 pm |
wah buka kran ya??
kalo gitu apa bensin gak terusan ngocor walau kendaraan diam?
giman said this on Januari 11, 2013 pada 8:40 pm |
Hasilnya gimana mas….??
Wiro Sableng said this on Januari 11, 2013 pada 9:05 pm |
Positip
masmondol said this on Januari 12, 2013 pada 7:56 am |
Njudul sik..#mak bendunduk.. Pringis..
babad150f said this on Januari 12, 2013 pada 9:26 pm |
mas sory oot kalo pj/mj standar ninja r tuh berapa ya
trus apa emang bawaan gear 1 selalu mberebet semua rpm sama susah open kips padahal pas udah gear 2 lancar semuanya sampe 11000 rpm
krazi said this on Januari 14, 2013 pada 9:02 am |
Pernah terapkan hal ini di kaze saya tahun 2000 silam…
Hasilnya mbrebeettt 😀
Ninja PSK said this on Januari 14, 2013 pada 2:09 pm |
turunin Mainjetnya Mas..
Hourex150L said this on Januari 16, 2013 pada 5:33 am |
Mz mkci ia pztingan’a sgad mmbntu wat ninin sya..!
D’tggu pztgan tntang msi ce ninin’a mz. Tanx’z
i-one said this on Januari 15, 2013 pada 9:30 am |
wah kemana aja kang mas, baru brojol lagi bagus mas artikelnya bisa saya tiru buat motor2 drag 😀
akcmc said this on Januari 18, 2013 pada 1:20 am |
usul Lek, selang bensin yang ke power jet jangan dari mangkuk pembuangan karbu, tapi langsung ngambil dari tangki saja, kalo perlu pake selang 3/4 inci, pasti tambah ngacir buat ngejar pemain
eit, tapi gak iso…pemaine tak gowo mblayu disek, ha ha ha
the honjo said this on Januari 18, 2013 pada 11:59 am |
mohon bimbingan ilmu nya mbah
Motorseo said this on Januari 19, 2013 pada 3:10 pm |
gambarnya sedikit…
mas… kalo VM16 or VM20 bisa gak dipasangin begituan?
Roy (X-Road Wannabe - Trellis Edition) said this on Januari 22, 2013 pada 1:11 pm |
Abaikan saja buat yg takut kenceng..xixixi
boerhunt said this on Januari 26, 2013 pada 1:54 am |
mas hourex,ninja R q setelah ganti knalpot racing lalu pilot jet aq naik kan jd 48 dan main jet 142 pas di Rpm 8000 mesin brebet… Itu kenapa ya?apakah karena olsam keborosan atau main jet nya minta diturun kan?
faliq hamzah said this on Januari 29, 2013 pada 5:38 am |
Misi mas Mul..(sory kalo OOT)
Mau nanya nih, dari kemaren aku baca blog sampeyan ini..terus terang kepincut pengen meminang ninja 150 SS/L. tapi rada ragu juga (faktor umur mesin 2tak).
Nek menurut sampeyan, kira2 masa depan mesin 2tak (ninja 150 baru) di negri ini masih lama gak yo?
Suwun.
2013-2Stroke said this on Januari 30, 2013 pada 11:40 pm |
justru buruan beli gan, mumpung masih bisa merasakan sensasi 2 tak, yg gak mungkin ada lg di masa depan 🙂
salam ngeKIPS.
Aldo Similikiti said this on Februari 16, 2013 pada 3:41 pm |
Bro saya pake pe28,itu kok baut pembuangan bensinnya susah dibuka ya?
martin said this on Februari 4, 2013 pada 12:33 pm |
??!! Semprot wd dulu mas
Hourex150L said this on Februari 5, 2013 pada 10:10 am |
mau tanya2 nih mas..hhe
kalo setang posisi lurus pas mau belok kanan/kiri ada jedanya (kayak nyangkut & berat), gak enteng kayak biasanya. kemungkinan dari segitiga apa komstir ya mas yang kena?
“kebetulan habis jatoh langsung kayak gt setangnya”
Andres Sofani Fibrihadi said this on Februari 22, 2013 pada 2:41 pm |
kemungkinan Komstirnya Mas,, terlalu kuat ngunci#komstirnya# jg bisa gitu..
IMHO..
Hourex150L said this on Februari 25, 2013 pada 6:34 pm |
oli kgo 2tak yg sekarang kemasannya warna putih ya mas and ditutupnya yg aluminium itu gak ada hologramnya…..?
faliq hamzah said this on Februari 23, 2013 pada 7:17 pm |
Mas bro spuyernya,pilot jet ap ma ukuran brp?
radit said this on April 6, 2013 pada 4:48 pm |
Nek ndilalah ngebore miring ngaruh gak mbah??
Si kurus said this on Mei 8, 2013 pada 6:51 pm |
agaan minta solusii
kalo pasang PWL di mtor shogun orian
pasang MJ sma PJ nya ukuran brapa yg pas
soalnya udah coba ga diganti malah suara karbu “ngook” di putaran atas
dicoba agak diperbesar malah beberebepan diputaran bawah nmun oke di putaran ataas
solusinya ia gaan
noval said this on Desember 7, 2013 pada 2:11 pm |
mas itu brapa ukuran pilot jet yg di jadikan power jet?
apakah ukuran main jet perlu di ganti (di kecilkan/di besarkan) setelah di pasang power jet
penasaran pengen coba kyk mna jadinya performa ninin sya
agung.c said this on Desember 30, 2013 pada 8:59 pm |
muga2 mas mul mbaca..hihi
ane udah nyoba masang jurus ini mas,hasilnya maknyuss..
berasa naek jet (pdhl blum prh naek jet :p)
cm keluhan ane klo abis buat ngebut,terus motor ane matiin karbu banjir mas -_-
sempet masuk ke mesin smua malah bensin nya..ampun dah motor macet total..
perkiraan ane sih apa gara2 bensin dari selang powerjet turun lg ke mangkok karbu,mangkanya banjir..
klo msalah bensin msuk mesin mah gara2 pelampunge “gendeng” kali..hehe
pelampung bensin akhir nya ane beresin..
tapi itu mas yg masih jd pikiran,,klo bensin turun lg yg dari selang powerjet ke mangkok karbu,minta solusinya mas..
suwun…
ridin said this on Oktober 16, 2014 pada 11:31 am |
Level bensin akan ‘selalu’ rata Om,, Baik yang di selang dan Mangkok akan selalu sama tinggi karena begitulah ‘Sifat’ benda cair..
jadi selama pemasangannya benar TIDAK ADA bensin yang turun dari selang ke karbu,, logikanya bagaimana bisa turun kalo permukaannya sama tinggi..??
Hourex150L said this on Oktober 23, 2014 pada 6:28 am |
mas kenapa bensin pada selang kok enggak mau naik ya padahal skep udah buka ful
rozy said this on Januari 21, 2017 pada 10:56 am |
mw tanya gan klo mesin 2tak pke karbu powerjet apa gak membuat kacau rasio oli sampingnya? kan pas dgas pol dpt tambahan suplai bensin lebih tp oli sampingnya tetap? Apa gk resiko piston macet klo trlalu lama buka gas karena kelebihan bensin tp kekurangan oli samping? kan ninja 2t oli samping masuk setelah karbu
Apa beda klo oli samping udh dcampur k tangki mungkin gpp kn pas powerjet aktif itu nambah suplainya dari mangkuk karbu yg udh campur sama oli samping… gmn gan?
ane pke koso 32 ninja 2t jd takut klo gas pol lama2…
tyo said this on April 19, 2018 pada 12:49 am |