EfeK Mencopot Filter Udara pada MOTOR


Beberapa hari lalu seOrang Teman mengeluhkan Suara Kasar pada Blok mesin Yamaha Rx-King’01 yang dibelinya akhir tahun 2010 lalu,, juga getarannya yang sampai ke stang kemudi membuat tangan terasa kesemutan.. Padahal baru 4 bulan lalu Motor tersebut di Leamer /oversize (75),, tapi suara kasar sudah mulai muncul kembali antara hampir sebulan ini, begitu juga getarannya kok malah semakin Kuat..

Kalau menurut Pengamatan Saya semua itu di sebabkan karena ini nii..

Sejak di belinya Motor tersebut Box air filter/tabung saringan Udara di lepas tanpa di pasang saringan Udara penggantinya,, katanya agar Suaranya lebih MakNyooss dan Sangar serta menambah Akselerasi Motor.. Tapi Efek negatifnya selain lebih Boros Mesin jadi cepat Jebol,, karena kotoran dan debu Serta Partikel-partikel padat lainnya (pasir) yang berterbangan di sekitar karburator dengan Bebasnya dapat menerobos Masuk hingga ke ruang Bakar.. Apalagi medan jalan yang biasa di lalui adalah jalanan Berpasir dan Berdebu,, sudah wajar kalo Durabiliti Mesin tidak bertahan lama..

Menurut yang Saya Ketahui,, Membuka Filter Udara pada kendaraan berMotor yang mesinya Masih Standard, apalagi hanya untuk Harian Sangat lah TIDAK DI ANJURKAN.. ❗ ❗ Membuka bok filter udara Karburator hanya menguntungkan Bagi Motor yang sudah mengalami UpGrade Mesin,, dan itupun hanya berefek Optimal Saat RPM tinggi.. Sedangkan pada Motor Standard yang di gunakan harian Kerugian dari Membuka Bok filter ini jauuh lebih besar,, yang jelas tambah Boros dan merusak Mesin lebih cepat..

Box Filter Udara Karburator sendiri selain berfungsi untuk Menyaring Udara yang akan Masuk Kekarburator,, juda di rancang sedemikian Rupa agar dapat Menahan FEEDBACK / arus Balik campuran Bahan Bakar dan Oksigen yang Memantul Saat membentur Valve/klep yang menutup secara mekanis #saat proses daya/TMA ke TMB(2T) atau proses kompresi/TMB ke TMA(4T)# jadi bisa lebih Irit,, namun bila tanpa Box filter Udara campuran patikel BB + O2 yang memantul tadi langsung terbang bebas/ terbuang ke Udara..

Boleh Membuka Box filter Udara OEMnya/ standardnya namun harus tetep di pasang Filter Udara yang Aman seperti menggunakan Filter Udara AfterMarket (Racing) yang Banyak Bertebaran di Toko-Toko speed shop,, karena Membiarkan Karburator tanpa Filter Udara sangat tidak aman bagi Mesin#giamna kalo ada orang jahil yang memasukan paku/ baut ke dalam karburator ❓ ❓ apa gak Ngeri Sampeyan.. ❗ ❗ # belum lagi karbu juga rawan di curi..

*Intinya “SAYANGILAH MOTOR ANDA,, MAKA MOTOR ANDA JUGA AKAN MENYAYANGI KANTONG ANDA”

Semoga ada Mamfaatnya dan Junjung Tinggi Persaudaraan di manapun Berada,, KIP BRADEHUD en PISS..

~ oleh Hourex150L pada Oktober 7, 2011.

97 Tanggapan to “EfeK Mencopot Filter Udara pada MOTOR”

  1. pertamax aman 🙂

  2. Open filter hanya recomended for racing only , untuk pemakaian harian siap siap kantong jebol ! Apalagi musim hujan berpotensi water hammer alias mesin jebol kemasukan air hujan

  3. kalo ujan, biasanya dititip tas kresek 😆

  4. Biassa ..Al4y ..xixixixi ..

  5. sip deh, yang penting 200km/jam

  6. mesti cah enom

  7. klo 2 tak mending jangan deh open filter buat harian….lebih parah drpd 4 tak
    ninja yg balap di sentul aja walau open filter tapi area di sekeliling karbunya ditutup ama fiber,dari luar gk kliatan pke karbu apaan

    soalnya di 2 tak bensin bercampur olsam yg bertugas skalian melumasi piston,krukas dan dinding silinder
    klo campuran bensinnya tercemar pasir debu ato benda asing lainnya,ya sama aja dgn masukin benda asing tsb ke bak oli di mesin 4 tak, akibatnya FATAL
    mesin NGEJIM cuy

  8. padahal king kan udah terkenal sama jambakan mautnya,kok yo masih ga puas ya. king temen pun dilepas juga saringan udaranya mas. & suara mongtor jd ga bulet,ky ada suara ngowosny.g banget dah.

  9. Kalo ada yang lepas filter ya anggap aja orang itu masih mengalami kebodohan otomotif, filter sudah di rancang pabrikan sedemikian rupa agar mesin bersih dan pembakaran juga lebi baik, kalo ada yang bilang melepas filter bisa menambah akselerasi pada mesin standart jangan di percaya malahan performa mesin turun… Haram melepas filter apalagi untuk motor2 injeksi dan karbu vakum.

  10. “SAYANGILAH MOTOR ANDA,, MAKA MOTOR ANDA JUGA AKAN MENYAYANGI KANTONG ANDA” Like banget…

  11. klw yg dlepas cm busa nya doank gmn mas bro ?

  12. kuliah teori teknik mesin dari SMEA Solo ni, lho kok SMEA ada teknik mesinnya ya?

  13. ada suara “NGOOOOKKKKNYA” sih
    *ngeles.com*

  14. Siiip Mas 🙂

  15. mas, numpang tanya di luar topik blh ya.
    ane lg kepincut ama ninin L ne, kira2 sekarang harganya berapa ya?
    maaf gan melenceng jauh dr topiknya

    • di sumatra barat 26,3 jt Mas,, klo di jakarrta 25 an jt #beda-beda di setiap daerah#

      • kok di jogja jauh bgt ya mas harganya, makanya ane smp nanya ke mas bro, soalnya dr kemaren2 ane pantau trus ne bloknya mas bro yg pernah blg klo utk sumatra 26jtaan trus ane jg udah pantau dr forum kaskus yg blg 24.7jt, mmg si tiap daerah beda2 harganya tapi kok jauh bgt ya terpaut harganya setelah siang tadi ane cek di dealer jogja yg ternyata harganya 27.3 juta mas bro. jadi bimbang lg hati ane jadinya

      • whatt 27,3 jt..!! Muahall bener Mas…

        #26,3 jt harga awal tahun Mas# sekarang..???!!

  16. Beneran mas sudah saya cek di dua tempar berbeda, makanya saya jadi lemes tadi siang

  17. sama boz..dijawa timur jg 27an keatas . . .

    • berarti memang harganya segitu ya mas harganya untuk daerah jogja dan jawa timur, atau sekarang harganya sudah naik.

  18. http://temonsoejadi.wordpress.com/2011/10/09/kisah-seekor-semut/

  19. 4 bulan sudah kasar mesinnya? menurut saya bukan karena filter dilepas. tapi kualitas piston, ring piston, proses korter atau oli samping yang buruk.
    kalo kotoran debu, pasir yang masuk ke ruang bakar itu efeknya sangat lama.
    saya lepas filter motor sudah bertahun-tahun ngga masalah tuh.
    apalagi kemaren waktu ada debu vulkanik yang sifatnya terkenal sangat korosif dan abrasif, ngga terasa efeknya sampai sekarang, saya buka pistonnya masih bagus.
    melepas asal stelan tepat, semakin responsif di putaran bawah maupun atas.
    buat harian ngga masalah, tergantung selera. mau dilepas monggo resiko tanggung sendiri, boros, umur komponen lebih pendek dll, tapi tidak se-ekstrim yang disebutkan diatas maupun pada komentar-komentar.
    jangan terlalu didramatisir. lebih parah efek dari pamakaian ugal-ugalan dan oli kualitas jelek.
    satu lagi, water hammer bisa terjadi jika volume air yang masuk ke ruang bakar sangat banyak.
    saya cuci motor juga ngga pernah tutup karbu, paling cuma agak mbrebet di awal saja kok.
    beda ama kena banjir setinggi mesin, itu baru berpeluang besar terjadi water hammer.
    kalo disebut kebodohan otomotif, silahkan menilai sendiri. yang menjudge bisa saja cuma membaca artikel atau kata orang lain kok 😀
    saya cuma menjelaskan pada motor berkarburator konvensional, bukan injeksi.

    no offense 🙂

    • hahahahahaha,, “didramatisir”.. LEB@Y BGT Boss.. 😀 :-D..
      Oli samping pake Yamalube 2T lowsmoke, semua parts OEMnya YMKI yang di pasang (lho kok tau..!! #ya tanya orgnya lasung lah nyuk#)

      *apakah Sampeyan Mau nuduh OEMnya YMKI Buruk.. ❓ ❓ ❗ ❗
      ioa jalan ini sepanjang 5 km biasa dilalui Si RX jambret 4 x sehari http://www.hourex150l.files.wordpress.com/2011/09/bikers-4.jpg

      Pertimbangkan lagi Komen Sampeyan Bro,, Makasih atas Sharingnya..

      PISS..

      • lebay ya? maap pak. tapi yang saya maksud adalah ngga usah terlalu parno dengan melepas box filter. sesuai selera dan hati masing-masing saja 🙂
        saya ngga nuduh part OEM YMKI buruk, tapi kalo piston set saya lebih milih dari produk NPR, lebih bagus, lebih ringan dengan harga jauh lebih murah. kalo oli 2T yamahmud di daerah saya jarang yang make, lebih ke merk-merk yang lain yang “katanya….., lebih bagus” 😀
        sebenarnya yang saya sebutkan pada komentar pertama, salah satu penyebabnya adalah dari yang saya sebutkan itu. kalo yakin partnya udah bagus, bisa saja proses korternya jelek. clearance terlalu lebar bisa saja (inreyen cepat, tp cepet oblak pistonnya), atau campuran bensin dengan olinya terlalu miskin.
        saya sudah mempertimbangkan komentar saya, pak. dari tahun 2002-agustus 2011 ini ngga pernah make box filter, perjalanan rata-rata 40an km/hari 😀
        kalau tidak berkenan anggap saja angin lalu, atau hapus saja komentar saya 🙂

        salam…..

      • sipp,, Makasih Sharingnya Mas Boss..

        *kalem aaee 😀 gak ada komen yang di hapus di blog ini#kecuali yang double post-abakan saja# kita -sama-sama saling Berbagi di sini Boss..

        PISS..

    • Filter udara dilepas efeknya buruk
      buat mesin.
      Ring piston akan cepat habis, dan oli
      lebih cepat kotor.
      Debu yang masuk akan langsung
      mengikis semua komponen.
      Apalagi kalau sampai kerikil yang
      masuk, tamat deh itu mesin.

    • Setuju,saya juga baru saja open filter pada karaburator motor saya (ninja 150 RR) akselerasi tambah joss tapi dengar penjelasan orang2 di atas jadi takut juga saya?

  20. sekedar share, klo motor 2nd mending cek dulu semua part mesinnya mas bro, klo olsamnya sendiri masih ok ga pompa olinya.. bisa dikira2 dari konsumsi olsamnya. klo suara kasar bisa juga dari stang seher, laher bambu, laher kruk as, kruk as ga center, rumah kopling oblak, jetting keiritan/overheat juga bikin suara kasar.. itu sejauh yg ada dlm pikiran saya aja mas bro.. hehe

  21. ini Mas sekedar referensi,, di MotoGP yang FULL kompetisi paling bergengsi saja Masih mementingkan Filter udara lhoo.. http://www.lekdjie.wordpress.com/2011/10/15/gileranya-si-kribo-di-era-terakhir-gp250dab/#wpl-likebox Mosok untuk harian saja musti open filter..?? PISS.. 😀

  22. om mohon bantuan y..filter racing yg bagus merk y apaw jaw..sekalian kasih tau harga y

    • semua filter Racing keknya Sama bagusnya Mas,, yang membedakan cuma Harga dan kwalitas materialnya saja Mas.. CMIIW.. Semakin Mahal semakin AWET dan penampilannya juga OK,, misal merk KN, Daytona, domino, magura dll, harga gak tahu (sekitar 200 – 300 k)

  23. […] peningkatan Performa yang tidak “seberapa” karena mesinnya yang masih Standard.. Atau Hanya untuk Harian saja,, Runyam.. #abaikan […]

  24. kalo pake filter racing nanti ada bunyi “NGOOOOKKKKNYA” ga ??
    atau sama aja ?

  25. bukan open filter kali gan..klo open filter paling ngelepas matrial penyaringnya aja smisal filter busa atau filter kertas klo itu namanya open box filter heheheheh ….klo menurut ane ni agan agan klo kaya gtu pecumah bli bahan bakar yang kualitas bagus atau pake pertamax plus klo pas dlam proses pengkabutan dikarbu di campur sama udara kotor so hasil campuran udara sma bahan bakar jadi kotor jga..kan tujuan kita bli bahan bakar yang bagus itu yang bebas timbal paling ga kadarnya sngat minim,,nah untuk menjaga kemurnian bahan bakar tdi dikarbu menuju keruang bar harus menggunakan udara bebas timbal jga,nah apakah udara diluar bersih tanpa debu,dan material 2 lain, kandungan timbal dari asep kendaran 2 besar dan sebagainya,klo udaranya bersih tidak sih tidak masalah>> pada silinder blok terdengar suara keeeer keer keer tapi yng ninja r ga,apa gara2 Oven filter gtu yah///// …..hanya sekedar curhat mungkin ada masukan dari suhu suhu smua ,,,

    • haha,, SIP Mas Bro..

      Bisa jadi karena usia pake yang sudah lama,, sehingga terjadi keHAUSan pd ring / pen piston.. IMHOO.. 😀

      • sip dah mas bro,,,hhhh
        tnks…skarang dh pindah aliran jadi racing look lebih ke penampilan dari pada ngejar speed yg ga da abisnya…

  26. Betul BOS

  27. mas motor ku ko lambat yah di tarikan bawah, klo pake filter

  28. aku pake 2 motor.2 tak dan 4tak.dua duanya aku lepas filternya..
    Yamaha touch pake seher dan ring npp,mesin dah portingan,aku buat harian ga ada masalah..
    satu lg nouvo,selama ini jg ga ada keluhan.
    Tp masalah oli dua duanya aku perhatikan bngt,plng efeknya cm lbh sering bersihin karbu.
    Mngkn ada yg blng kebodohan,tp aku blng itu pilihan,toh selera beda beda..
    Poinnya ga ada efek kerusakan scr cepat klo cm melepas filter udara,
    stdknya,di motorku,

  29. gan untuk injection filter rcing bisa dipkai kgk ??
    thankz 🙂

  30. Bang, aku mau tanya, tp JANGAN KETAWA YA !! Filter racing itu yg kayak gimana ? aku belum tau.. 😀 Trus harga berapa ?

  31. makasih masbro atas informasinya,mulai sekarang aku kga mau lagi dah buka tuh filter lagi

  32. masyaallah info yg sangat bermanfaat.sy jd ngeri gak kebayang bila sesuatu masuk kemesin entah dedebuan atau air saat di cuci lewat moncong karburator.emang sih tarikan jd enteng tp itu hny sementara selanjutnya tenaga lemah karna kotoran dlm mesin

  33. melepas filter udara tdk berarti motor langsung rusak.tapi tau gak sih kwalitas nya jd kayak motor china tanpa dirasa tenaganya lama2 merosot emang sih tetap enteng tapi itu pemaksaan mesin.msh tetap enak motor yg pkai filter udara tenaga dan tarikan tetap maknyus…halus krn udara bersih.

  34. Filter udara dilepas efeknya buruk
    buat mesin.
    Ring piston akan cepat habis, dan oli
    lebih cepat kotor.
    Debu yang masuk akan langsung
    mengikis semua komponen.
    Apalagi kalau sampai kerikil yang
    masuk, tamat deh itu mesin.
    tt

  35. kalo pake filter racing suara motornya jadi berubah gak gan????

  36. post yang bermanfaat.aku pake satria 2 tak.pake filter racing.pesan saya lindungi setiap komponen motor dengan semestinya.agar tercipta situasi yang aman dan sejahtera.

  37. kwi do di woco go bocah2 sik lagi seneng numpak motor ben ojo do mbukak filter karburator,mesakne wong Tuomu wis ditukoke ra di apik ke malah dirusak,tukoke pitung ae sik elek2 an ben diapek ke,ko tak tukune

  38. wah,wah,wah sangat bermanfaat patut dilakukan nih.
    terima kasih info nya.

  39. bng mau tnya
    mtr satria 2t sya mati2 mlu klw hbis dturunin gas.a
    suara.a jg brisik d karbu
    itu knp ya
    bls lwt fb aja bng

  40. ayooo,lepas-lepas filter udaranya,biar mahut 😆

  41. terimakasih.. sangat bermanfaat

  42. kalo busa nya dganti busa biasa bisa gak!kan busanya dah hancur.thx

  43. mau tanya donk mas, kalau beli filter udara gl-pro yg original brp ya harganya?
    thanks

  44. kalo dpan lubang filter d kasih mika mas gmna

  45. om aman pake filter racing?

  46. mau share donk klo filter cvt pada matic injeksi sperti mio j klo di copot tabung tabung filter.y pengaruh ga gan,.. thank’s,..

  47. terimakasih masukanya gan,
    salam raja, WuuueeeeT. . . . . . .

  48. mtr saya kalau d copot saringan filternya tarikannya bertambah,tp suara mesin kasar. .solusinya gimana ea?

  49. gini gan saya punya kendaraan bermotor matic honda vario 125 FI Tadi Sore Saya Lepas Saringan udara/Filter airnya..
    Pas setelah saya lepas saya bersihkan tuh filter air/saringan udaranya pake air dan sabun mandi lifeboy yang padat.. Setelah saya bersihkan saya jemur hingga kering… Setelah kering saya potong sedikit tuh kertas basah supaya Udara yang masuk lebih maksimal karena kata orang kalo mau tarikan lebih enteng potong tuh sedikit kertas basahnya supaya udara masuk lebih banyak..
    Tapi setelah saya potong saya coba/tes di jalan raya yang panjang memang tarikan lebih enteng.. Tapi kok bbm saya boros apa itu dampak dari kertas basah yang saya bersihkan pakai air dan saya potong tadi jadi debu mudah masuk dari filter air/Saringan udara.. Tolong di jawab ?
    Padahal bbm saya Pertamax harusnya lebih irit

    • melubangi filter itu berarti filter tidak ‘mampu’ lagi mem-filter udara yang masuk ke ruang bakar,, itu artinya udara yang seharusnya bersih menjadi kotor.. Jadi Mungkin Udara yang kotor inilah yang mengacaukan sensor-sensor injektor sehingga semburan bahan bakar keruang bakar melebihi kebutuhannya,, CMIIW…

      • Oke gan makasih jawabannya… Mungkin harus saya ganti deh filter motor saya.. Takut Injectionnya rusak ntar malah kantong kehabisan mulu..

      • gan,mau tanya nh,,kalau busa pilter udara,di ganti dngan busa biasa,boleh gx ya,,mohon solusinya,trimakasi.

  50. gan,mau tanya nh,,kalau busa saringan udara,di ganti dngan busa biasa,boleh gx ya,,mohon solusinya,trimakasi.

  51. kalo udah lama tabung filter nya di lepas terus di pasang lagi masih enak engga tarikan nya bos

  52. Klo box filter di pasang tapi filter dalam nya di lePas,na kalo itu gmna efek nya?

  53. klo memakai tutup baling-baling gimana mas

  54. klo memakai tutup filter baling baling fariasi

  55. mf nmpang prkir,,,

    slam knal all,,,
    mf ni klok gua nylewng ma prtanya’n di ats,,,
    knpa ya mesn spada gue
    gmpank cpet pnas,,,,

  56. Mas mau nanya. Motor saya smash 2005 pada karburator angin angin nya saya kendorin kata tmen gua bisa irit dan lama” boros juga. Pas saya pake buat jalan” angin”nya lepas dan hilang ntah kmana. Kalo karburator tanpa angin” dampak nya apa ya mas ? Trimakasih

  57. mas maaf agak melencheng. mau nanya nih

    efek tabung RIS dicopot apa yak ?
    soalnya kalo liat ninja yg udah pake karbu2 guede itu pada gak pake RIS
    terus di mesin2 SE macam KX gitu juga gak pake
    TZM aja gak pake #kayaknya

    soalnya, kan saya pake karbu uk.34, spek kohar
    nah kalo pake RIS, rpmnya suka mbandang di 3-5ribu, gak mau turun
    udah dicek, sitabung kagak bocor, pake tabung RIS temen juga sama aja
    dari selang sampe manifold sudah dicek juga aman
    perpak membran/manifold juga aman

  58. Boleh nanya ya

  59. makasih info ne bro

  60. bg mau bertanya apa bisa saringan udara mio soul di ganti dengan saringan udara koso turbin

  61. Maaf mas mau tanya soalnya kemaren kan di service motorku kata tukang servicenya panas motorku lalu aku di sarankan di lepas daleman filternya tapi boxnya tetep di pasang nah itu kalau di lepas dalem filternya apa gak bahaya?

    • dengan melepasbusa filter itu artinya debit udara akan lebih banyak terhisap karbu,, efek nya campuran udara akan lebih besar dari standarnya dan itu namanya campuran kering / miskin…
      nhaa campuran kering inilah yang justru menyebabkan mesin lebih cepat panas Mas,, sepertinya terbalik analisa tukang service nya itu..
      melepas filter / busa bukan saja membuat campuran afr lebih kering tapi yang paling membahayakan adalah semakin banyaknya partikel debu – pasir yang terhisap ke meson yang berakibat mesin lebih cepat aus dan panas..

Tinggalkan komentar