Air Bercampur Oli Mesin hingga Oli Mesin Se Putih Susu..


Hallo Mas Bro – Mbak Bro sekalian,, lama gak posting jadi males ngisi halaman.. #hemmmm..
Sebelumnya Saya Mohon permisi kepada para Suhu Senior semuanya,, bukan maksud kemethag mengguruii hanya sekedar sharing saja.. Beruhubung ada yang menanyakan makanya sekalian di share sapa tau ada Bradah Bikers lain yang mempunyai permasalahan sama,, Sehingga bermamfaat bagi lebih banyak Mas Bro – Mbak Bra lain..

Banyak kasus terjadi di mana oli Mesin yang seharusnya encer dan berwarna terang (merah, kuning, biru atau keemasan_tergantung partainya) Berubah menjadi kental ‘keputihan‘ seperti SUSUU,, Hal tersebut biasanya terjadi karena Oli Mesin telah berkolaborasi dengan cairan asing dalam menjalankan tugas pelumasannya..
Penyusup
Cairan asing tersebut bisa dari airhujan / air cucian atau juga dari air radiator pada Mesin yang sudah menggunakan system water cooler (radiator),, Pernah posting diSINI dan DiSINI juga..
Pada mesin yang maseeh menggunakan Sitem “Air cooler” alias pendinginan Udara,, Air dapat menyusup kedalam mesin melalui Selang pernapasan Mesin..
Ada rembesan oli
Selang pernapasan mesin merupakan saluran keluar-masuknya (Sirkulasi_jawanya) udara dari dalam bak mesin ke atmosfer sebagai pelepasan suhu di dalam mesin ke udara bebas di luar gearbox,, dan apabila selang tersebut terkena air (bisa dari melewati banjir/ genangan air atau air bekas cuciaan) maka air tersebut akan terhisap kedalam bak mesin..
Kalo sudah pasti penyebabnya dari sini,, penanggulangannya cukup di bersihkan selang dan atur ulang posisinya agar tidak mudah menampung air atau terjuntai terlalu panjang dan buang/tap oli mesinnya sampai benar-benar bersih menggunakan angin kompresor lalu
pastikan tidak ada celah lain yg berpotensi menghisap air Atau Di Modifikasi di hubungkan ke Box filter Udara kalo memang belum ter hubung ke Box filter..

Adapun Penyebab berikutnya adalah Bocornya Mechanical Seal waterpump pada mesin yang sudah menggunakan sistem Water cooler atawa radiator,, Mekanikal seal yang seharusnya bertugas sebagai benteng atau penghalang antara ruang gearbox dan water pump bocor atau hAus.. Sehingga Cairan coolant dapat menerobos melalui celah As waterpumpnya,, dan Biasanya hal ini di tandai dengan semakin berkurangnya cairan / coolant pada tabung reservoir radiatornya..
mekanikal seal
Kalau sudah jelas tanda-tanda tersebut maka obatnya hanyalah mengganti Mekanikal seal / seal Mechanical waterpumpnya,, Untuk Motor Ninja 150 R/RR harga resminya Rp 70.000an.. Bagi para suhu pemasangan seal mechanical tersebut merupakan hil yang kecil,, tapi bagi yang masih pemula kek saya dan memang belum berani bongkar sendiri sebaiknya di serahkan pada Ahlinya saja (bawa kebengkel sambil ngopi_ tau beres sajah)..

Semoga ada mamfaatnya terutama bagi diri saya sendiri,, KIP BRADEHUD en PISS..

~ oleh Hourex150L pada Maret 26, 2014.

12 Tanggapan to “Air Bercampur Oli Mesin hingga Oli Mesin Se Putih Susu..”

  1. Pertamax om mul,,,haha
    Cara masang kipas pada radiator si paIJO dunk mas mul,,
    Tapi yang ga asal masang mas mul,yang tahan hujan badai

  2. Syeremmm

  3. Perduax ,serem tuh

  4. numpang minyak nggeh mas Mul :*

  5. wuih, milki

    Test Ride Z250
    http://monkeymotoblog.wordpress.com/2014/03/26/test-ride-kawasaki-z250-250cc-yang-pas-buat-harian/

  6. milky

  7. kang mul,,,blh mnt email nya??
    udah lama mnt sm sampeyan tp
    blm da balasan.

  8. Mas, saya mw curhat mas, ninin ane seminggu yg lalu habis jatuh nyium bemper inova, setelah kejadian itu, si ninin klw d bwa pelan kok knalpot nya ngasep ya mas, sblm jatuh klw pas manasin motor doang mas ngasepnya, skrg d bwa pelan ngasep, di geber geber dulu n d bawa agak jauh baru ngga ngasep lg, ntar klw stationer trus pelan lg motor ngasep lg. Sudah di cek pompa olsam nya standar mas, n mesin masih standar ting ting. Mohon bantuan nya kira kira ap masalah nya ya mas???

  9. permisi mas hourex, apa gambar rangkaian radiator di atas punya ninja 150?

  10. makasi gan.
    hampir ditipu saya sama mekan yang perbaiki ninja saya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: