Service Filter Air BoX Atau Saringan Udara..


Hallo Mas Bro -Diajeng Semua,, pada umumnya Filter Udara kendaraan sekarang sudah mengggunakan bahan Kertas..
Hal tersebut dikarenakan Bahan Kertas memiliki pori-pori yang lebih sempit di bandingkan bahan busa sintetis,, Sehingga kotoran yang tersaring juga lebih banyak dan itu artinya Udara yang terhirup akan lebih bersih.. Namun Bukan berarti Saringan / Filter berbahan Kertas tidak mempunyai kelemahan,, Salah satunya adalah dalam hal service atau perawatan..
cecs-300x240
Saringan / Filter udara berbahan Kertas terbilang susah dalam hal perawatan,, janganlah pernah berharap performancenya dapat kembali seperti barunya lagi meski sudah di service.. Salah satu penyebabnya dikarenakan adanya cairan khusus pada filter berbahan Kertas yang disebut viskos,, fungsi cairan yang terdapat pada filter kertas tersebut adalah menangkap partikel halus yang bercampur dengan udara..
Akibat si viskos ini lah sehingga debu yang menempel pada Filter kertas tidak dapat terangkat sempurna meski sudah di seprot menggunakan angin bertekanan (Kompresor) sekalipun,, ini berakibat kurangnya pasokan oksigen keruang bakar dan itu berarti pembakaran tidak akan dapat sempurna..
Filter kertas
Belum lagi Bahan kertas sangat rentan terhadap air,, ini sangat beresiko saat motor / kendaraan sering di gunakan di bawah guyuran hujan lebat atau sering di cuci dengan air bertekanan tinggi.. Filter yang basah rentan sobek atau bahkan tersumbat pori-porinya,, akibatnya fungsinya jelas akan menurun drastis..

Begitu juga pengalaman saya dengan Motor bebek 125 si Risma yang suaranya terdengar lembab,, dan ternyata Filter Kertasnya sudah Sekarat..
Sebagai Biker yang tinggal di daerah #Pedalaman – Abaikan saja# tentunya Bertahan menggunakan Filter Kertas bukanlah pilihan yang menyenangkan.. Harga Filter baru yang berkisar 40 – 70an Ribu tak sebanding dengan usia pakai yang tergolong singkat mengingat daerah yang berdebu dan jarak yang lumayan jauh untuk ke bengkel terdekat untuk sekedar service Filter,, Untuk itu dengan pertimbangan agar mudah perawatan dan lebih tahan lama serta yang paling Utama adalah Pertimbangan ongkos/ Biaya tentunya maka saya putuskan untuk mengganti Filter kertas dengan busa..
Ganti dng Busa
Busa sintetis memang memiliki pori-pori yang lebih besar dari pada bahan Kertas,, Namun bahan busa jauh lebih mudah dalam Hal perawatan dan yang Penting Jauh Lebih MURAH tentunya.. Yaitu tinggal cuci dengan air sabun / detergen lalu di keringkan dengan spin ato dijemur dan di olesi oli sebelum di pasang kembali,, Harganyapun cuma 5 – 10an ribu saja sudah dapat di pake bertahun-tahun asal rajin merawat & mencucinya.. Mungkin itulah salah satu ke unggulan Filter Busa di Banding Filter Kertas yang membutuhkan alat kompresor #walo hasilnya tetap tidak akan Maksimal kembali#,, sedang kekurangannya jelas udara yang tersaring tidak sebersih Filter Kertas tentunya..
mungkin sudah menjadi hukum alam ini,, kalo Semua ada kekurangan dari Kelebihan dan sebaliknya..

Menurut Saya Bukan masalah bahan Busa atao Kertasnya yang bikin Mesin kendaraan anda Awet,, Tapi kepedulian dan Perawatan Sampeyan lah Kuncinya..

Mohon maaf atas kesalahan yang ada,, KIP BRADEHUD en PISS…

~ oleh Hourex150L pada Desember 16, 2013.

10 Tanggapan to “Service Filter Air BoX Atau Saringan Udara..”

  1. masih pake busa…

  2. sy pake ferrox mas

  3. asal jgn pake pembalut. ups…just kidding bro! 😀

  4. salam kenal mas. Mau tanya
    ni. Ninja saya kok kalo tutup
    radiator dibuka trus dibleyer
    10k rpm airnya muncrat
    yah ? Muncratnya ky
    kompresi bocor gitu. Kemarin
    udah ganti seal head+dilapisi
    silicon merah kok ttp gitu ??
    Mohon bantuannya mas.
    Trims

  5. salam kenal mas. Mau tanya
    ni. Ninja saya kok kalo tutup
    radiator dibuka trus dibleyer
    10k rpm airnya muncrat
    yah ? Muncratnya ky
    kompresi bocor gitu. Kemarin
    udah ganti seal head+dilapisi
    silicon merah kok ttp gitu ??
    Mohon bantuannya mas.
    Trims..

  6. Seusaikan kebutuhan aja lah,,, kalo saya pakai ferrox yg pake bahan baja anti karat,,,

  7. ninjaku msh inreyen kang mul,,,olsam koq buoros bgt y?
    1botol seng isi 1ltr wes kelong stgh pdhl lg entuk 150km.
    wajarkah krn mtr msh baru?
    mohon penjelasanya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: