Antara Ukuran Ban dan Keselamatan Berkendara (Safety)


Hemmmm,,, hallo Mas Brow -Diajeng semua..
Demokrasi, Bineka tunggal Eka dan Itulah Indonesia Raya,, Dimana Pendapat/ opini setiap warganya di lindungi Undang-Undang.. Dan Bukanlah Indonesia bila tidak terjadi Perbedaan pandangan Dan Kontroversi,, bukan hanya dalam hal Keyakinan dan Ideologi maupun politik saja melainkan juga merambah sampai dunia Modifikasi khususnya kendaraan Roda duwa..

Begitu juga seiring Mulai Nge_Trendnya Modifikasi Motor dengan tema Drag look atau Drag style atau juga Thai look dan banyak lagi nama lainnya,, Modifikasi ini biasa di sebut juga Dengan Modif Ban Cacing atau motor Cacingan dan ada juga yang menyebutnya Motor Polio.. Penamaan tersebut di karenakan salah satu ciri modifikasi ini adalah Penggunaan ukuran Ban yang lebih kecil dari Standard bawaan Motor Pabrikan,, dan biasanya disertai dengan Pengaplikasian Velg Sproke Whell atau biasa di sebut Velg Jari-Jari..Njajal Motor e Dokter

Sesuai dengan Tema Modifikasinya yaitu Drag Style,, Dimana dalam gelaran Lomba adu Kebut Drag Bike tersebut salah satu Modifikasi utamanya adalah Pemangkasan Bobot Motor se Banyak Mungkin.. Dan Hal itu biasa di lakukan dengan Cara pemotongan sub Frame atupun tangki bahan bakar,, bahkan sampai pada pelubangan atau ‘Coak’ main Frame segala.. Dan Dari Modifikasi Motor Drag Bike tersebut yang paling membumi adalah Pemakaian Ban dengan ukuran yang kecil,, Namun meski pemangkasan bobot menjadi target utama setelah up grade performa tapi Faktor KESELAMATAN Joki / Pembalap / Ridernya merupakan Prioritas Utamanya juga lhoo..
307980_3957556610485_679601136_n
Makin Maraknya event-event Balap Drag Bike memberikan Warna baru di dunia modifikasi / style Bikers di Negri ini,, Berimbas semakin menjamurnya Modif motor ala Motor Drag pada motor Harian..

Menurut Saya Pribadi ini merupakan Fenomena yang Wajar dan LUMRAH bila PengHobi balapan trek lurus ini memodifikasi motor hariannya agar kelihatan seperti yang dinginkannya,, sebagaimana aliran-aliran Modifikasi lainnya.. misal Bagi Penggemar dan Pecinta Ajang Balapan Road Race ato bahkan MotoGP,, Mereka akan berusaha membuat Tampilan Motor harian mereka seperti Motor Idolanya di ajang Balapan tersebut.. Namanya juga Hobi,, meski motornya tipe cup / bebek akan di modifnya menyerupai Motor di motogp.. Minimal nempelin stiker liveri di motoGP Lah,, bahkan ada yang Exstrime memodifikasi motor cupnya se_Mirip mungkin dengan Tunggangan di MotoGP.. NinjaR e Dokter

Bagi yang Hobi Touring -cornering ato pecinta Road Race biasanya akan Memodifikasi Motor nya agar ‘Nyaman’ di gunakan sesuai Hobinya Tersebut,, salah satunya dengan mengganti ukuran ban yang lebih lebar dari standarnya Meski sebagian yang lain akan Menilai ‘Terlalu Maksain diri’lah , ‘Keberatan Ban’ lah, ‘Moge Wannabe’ lah dan lain sebagainya..

Begitu juga bagi Bikers penghobi Motor garuk tanah atau Trail / MotoCross maupun Grastrack,, Mereka juga akan melakukan hal serupa.. yaitu memodifikasi Motor Hariannya sesuai dengan Hobi dan ke Inginannya,, bahkan tidak cuma motor sport/ batangan dan motor cup / bebek melainkan sampai motor matik pun akan di pasangin Ban pacul atau ragi tahu Demi hobi dan kegemarannya..

Sebagai Mana aliran modifikasi lainya,, ternyata aliran modif drag bike ini banyak mendapat cercaan karena penggunaan ukuran Ban yang lebih kecil dari ukuran standard pabriknya… WHY…???!!!
Karena Modif Drag bike dianggap TIDAK SEPTI dan MEMBAHAYAKAN,, BenarKah..??!!

Menurut Saya Anggapan dengan berbagai opini tersebut tidaklah sepenuhnya Benar,,Selain pernah merasakan menggunakan Motor drag style #pinjeman temen-Abaikan sajaa# sambil iseng-iseng 2 minggu terakhir saya menanyai 20 bikers sebagai responden yang 10nya adalah pengguna Ban kecil/cacing pada Motor hariannya #berbagai tipe# dan 10nya lagi merupakan pengguna Ban ukuran lebar/standar.. Dan Hasilnya;

Menurut hasil survey alakadarnya di media Facebook melalui Inbox,, dari 10 pemakai ban ukuran lebih kecil dari standardnya hanya 1 orang yg pernah jatuh dengan motornya,, dan sebaliknya.. dari 10 orang yang menggunakan ukuran Ban standar dan lebih besar dari standarnya,, 3 orang diantaranya sudah jatuh dengan Motornya.. lho Kogh,, gimana niich..??!!
*hasil survey ini tidak mempunyai kekuatan apapun,, karena hanya sebagai bahan tulisan ini tidak lebih #Abaikan sajaa#
Terus terang akhir-akhir ini saya Pribadi prihatin dan ngelus dada bila melihat di forum-forum biker atoupun komunitas Bikers yang panas Membara dengan saling hujat dan saling menyerang dengan opininya masing-masing,,Dimana Perbedaan pandangan terhadap ukuran Ban menjadi faktor pemicu yang paling Besar.. Putih abu abu Prihatin
Karena Menurut hasil penerawangan saya 4 dari 20 yang pernah jatuh dengan motornya lebih disebabkan faktor riding style atau Gaya Berkendaranya,, Gunakan motor sesuai dengan fungsinya dan taati rambu lalulintas serta hormati pengguna jalan lain merupakan kunci KESELAMATAN ANDA BERKENDARA.. Dan Sebaliknya,,Menggunakan Ukuran Ban Berapa saja kalo kita menggunakan Kendaraan Buat UGAL-UGALAN dan Melanggar RAMBU-2 LALIN serta AROGAN kepada pengguna jalan lain sepertinya Kemungkinan anda Celaka akan jauh lebih besar..Mantanku.. sama mas mul

Dengan tulisan ini Saya ingin Mengajak kepada Saudara Bikers atopun penghobi Riding lainya untuk tetep saling Menghormati dan Menghargai satu sama lain,, Monggo Berpendapat dan ber OPINI secara Bebas tapi kita harus ingaat Bahwa Orang lain juga memiliki Hak yang sama..
Modifikasi hanyalah ajang Kreasi-Imajinasi dan Hobbi semata,, dan inilah resiko Hidup di INDONESIA yang penuh dengan FENOMENA.. SOOOOOOOO,,,, ABAIKAN SAJAAAAH
Persaudaraan dan BROTHERHOOD jauh lebih utama dan MULIYA..

Sebagai manusia biasa yang hanya memiliki kapasitas otak se-Upil,, Saya Mohon maaf bila tulisan ini tidak Berkenan..Dan Abaikan Sajaa..
Kip Bradehud en piss poreper

*berubung sebagian responden keberatan di publikasikan setelah mengetahui tujuan pertanyaan saaya adalah bahan tulisan di Blog,, dengan berat hatee identitas Responden saya simpan di dompet saya..

~ oleh Hourex150L pada Desember 11, 2013.

11 Tanggapan to “Antara Ukuran Ban dan Keselamatan Berkendara (Safety)”

  1. Sepengetahuan saya,pengguna ban cacing rata2 lebih pelan2 ketika memacu motornya dijalanan umum,mungkin mereka sadar kalo motor ban cacing bahaya klo dipake ngebut dijalanan ramai.

  2. saya suka yg sutandar ajah

  3. bener mas tergantung cara mbawa motornya saja sih. saya juga gak anti2 bngt m ban cacing n pernah nyoba, lawong motor adik sepupu modif ban cacing,hehe . . . .

    http://l2super.wordpress.com/2013/12/09/disaat-ku-tak-bisa-lagi-menikmati-damainya-melaju-di-atas-roda-roda-butut-ku/

  4. ban saya besar, tapi bawanya ga sruntulan, jadi alhamdulillah masih aman om,,,,, sebenernya menurut ane pribadi “bukan apa yang kau kendarai, tapi bagaimana cara kau mengendarainya” nyekolahin tangan dan nyekolahin kaki, itu yang penting.

  5. kalo ban kecil ane malah kurang pede kalo ketemu tikungan di hi speed. rata2 kalo hard brake suka goyang. beda ama ban std, hard brake masih cenderung stabil.

    jupe z punya adik pake ban cacing meskipun gak cacing banget, menderita kalo hujan. ban terasa ngambang gak ngegrip ke aspal.

  6. yg penting bukan ukurannya, tapi kepampuan ban tersebut dalam menahan beban dan KUALITAS KOMPON, gampangnya gini, pada motor epyu yg bobotnya cuma 95kg, lebih baik mana ban corsa, swalow ukuran 150/90 atau michelin ukuran 80/90?
    Atau gini aja deh, yg masih ngotot ukuran adalah segalanya coba tes miring ditikungan pake new piksen berkaki standar, brani?

  7. naik 1-2step aja dari standar,sekalian pilih merek dan. kembangan yg lebih bagus😀

  8. mau modif model bagaimanapun yg utama itu di sesuaikan untuk kebutuhan n sikon jalan lah, klo mau buat drag ya emang pas pk ban cacing, klo mau ngebut d jalan umum/raya ya yg safety pk ban standar…

  9. udahlah nafsi nafsi aja,yang jangan sampai nyelakain orang lain,bikinrugi orang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: