Mengatasi Super Kips Macet, Yuk Sharing di sini..


Hallo Mas Bro -Diajeng,, Mohon Maaf bila Postingan Kali ini lebih Spesifik pada Pengguna dan Penggemar Kawasaki KR150 series..

Sebenarnya Saya sendiri agak Canggung klo Bahas mengenai SuperKips Macet ini,, Pasalnya meski sudah hampir 4 tahun menjadi Pengguna Belum pernah sekalipun Mengalami hal ini.. #Jangan sampei lah – Amin#
super-kips

Super Kips (Kawasaki Intregate Power System) #sengaja saya cetak tebal karena kemarin ada Sms dari Lampung yang nanyai Kepanjangan S Kips ini yang belum sempat di Balas – Maaaf# Merupakan Tehnologi Saluran buang tambahan dengan Klep Putar (rotary Valve) yang di gerakkan secara Mekanis.. Lengkapnya silahkan baca lagi disini..

Superkips Macet atau Nyangkut yaitu Valve superkips yang sudah terbuka secara mekanis pada saat Putaran Mesin tinggi tidak mau kembali Menutup saat Putaran mesin turun / rendah Kembali,, Biasanya Gejalanya suara Knalpot lembab dan Kasar , Power mesin Drop bahkan mau mati mesin kalo putaran mesinnya rendah (<3000an RPM)..

Adapun Penyebab Utama dari Super Kips Macet adalah Terlalu Sempitannya Li ang Valve Super Kips ,, hal Tersebut bisa Terjadi Karena 2 Hal..
Yaitu ;
1- Adanya Karbon / Kerak sisa Pembakaran
Hal ini biasanya di sebabkan Setingan Campuran Bahan Bakar dan Oli Samping yang lebih Boros dari Kebutuhan Mesin atau sudah Melemahnya Komponen Kelistrikan / Pengapian Motor..Congkel valve

2- Cetakan dan Finising Part yang kurang Sempurna
Hal ini Terbukti dengan Macetnya Super Kips pada Motor-Motor yang Ter golong Masih Baru dan 99%masih Standard Pabrik atau pun Motor-Motor yang jarak tempuhnya masih sangat Rendah..
*Saya Pribadi sudah 2x menjumpai Superkips yang memang sudah Berat di putar2 ato di gerak2 kan meski motor masih Baru..
Bongkar RR

Nah,, sekarang tugas kita adalah Menganalisa Penyebab Macetnya Super Kips pada motor Tunggangan kita,, Kalao yakin bahwa Penyebabnya adalah seperti No.1 diatas maka cara mengatasinya bisa di Service atao di cuci seperti pernah Saya posting di sini..
Dan jangan lupa setting Ulang Campuran Bahan Bakar dan Oli Samping sesuai kebutuhan Mesin,, karena setiap yang berlebihan itu tidak Baik..

Namun Cara di atas Tidak berlaku bila ternyata Penyebab Macetnya SuperKips adalah No.2,, yaitu Permukaan secondary Exhause Port yang Kasar dan kurang Persisi.. Apabila di yakini ini penyebabnya,, maka yang perlu di lakukan Memodifikasi Ulang saluran buang tambahan khususnya pada liang Valve Superkipsnya agar Valve dapat berputar (Buka-tutup) secara lancar dan ringan..
Bersihkan Blok 1855

Semoga ada Mamfaatnya,, mohon maaf bila ada kesalahan dari Saya..

Bagi yang mempunyai Solusi atupun Pengalaman Lain Monggo Sharing nya disini,, Kips Bradehud En Pisss..

~ oleh Hourex150L pada November 19, 2013.

12 Tanggapan to “Mengatasi Super Kips Macet, Yuk Sharing di sini..”

  1. pertamax ?

  2. nyimak aja kang.

  3. Persis seperti yg saya alami mas, motor baru 8 bulan skips udah macet, saat sy bawa ke bengkel memang terdapat tumpukan kerak karbon yg cukup banyak, kalau seperti itu kondisinya sy jadi pgen tau apa pendapat mas mul terhadap macetnya skips ninja sy apakah karena tumpukan karbon atau kah karena finishing part yg kurang presisi atau malah keduanya, lalu jika seandainya diketahui pnyebabnya adalah part yg kurang presisi gimana cara memodifikasinya mas?

  4. Josh gandos infonya

  5. mantab suhu
    http://sarikurnia980.wordpress.com/2013/11/21/lagi-sibuk/

  6. punyaku juga macet rr se 2011. solusinya bongkar cylinder, skalian servis. katup kips lapisan teflonnya di gerus. lobang katup kips di amplas pake amplas yg paling halus. abis itu di poles pake autosol sampe bner2 licin. intinya menambah renggang celah lobang kips dan katub kips. saya jamin ngak brebet kok. sampe skarang aman2 aja. kalau sbelumnya tiap 100km dah nyangkut.

  7. KIPS smile??? owww bener atau gak ya??

  8. om mau nanya ni.. ninja saya tahun 2001. di bawa lari kenjang. seperti yentak2 sperti klos nya di main2 kan.. apa ya itu om ?? makasi om ?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: