SERVICE KNALPOT MOTOR
Di dalam Dunia Perbengkelan Otomotif Roda dua khususnya,, Kata “SERVICE” indentik dengan “Merawat ataupun Membersihkan”..
Maka maksud dari Service Knalpot disini adalah Merawat dan Menbersikan Knalpot,, terutama Knalpot Racing mesin 2 langkah..
Seperti yang kita ketahui bahwa pada Mesin tipe 2 langkah menganut sistem pelumasan Terpisah,, dan salah satu kelemahan dari Mesin 2 langkah ini adalah ikut terbakarnya Oli yang digunakan dalam Proses pelumasan mesin di ruang Bakar (Silinder).. Sehingga menimbulkan lebih banyak karbon sisa pembakaran yang dapat menempel pada dinding saluran pembuangan (Knalpot),, dan lama kelamaan Karbon ini akan Bertambah tebal jika tidak kita bersihkan.. Seperti kita ketahui bahwa Kunci “KWALITAS SUARA” knalpot di pengaruhi jenis metal dan ketebalan dinding Knalpotnya,, makanya jangan Heran Bila Knalpot Racing Sampeyan Berubah suaranya setelah beberapa lama di pake..
Berikut Pengalaman Saya dalam men_SERVICE Knalpot Racing agar Kwalitas suaranya tetep Prima meski sudah di pake lama,,adapun bahan yang di butuhkan antara lain; sediakan 2 liter Bensin dan Batu Kerikil secukupnya..
*batu kerikil di pilih jangan terlalu Besar dan usahakan di cuci dulu agar bersih dari tanah maupun Pasir..
Caranya; Lepaskan dulu Kenalpot dari Motor dan pisahkan juga antara Lambung (perut) Knalpot dengan Silencernya,, karena Silencernya akan di bersihkan secara terpisah..
Lalu masukan sekitar 1,5 liter Bensin kedalam Lambung Knalpot lalu Gocang-Goncangkan beberapa saat,, Saya Sarankan untuk didiamkan agak Semalaman dulu..
Dikarenakan Kandungan Oktan pada Bensin yang Mudah Menguap ke udara bebas,, Saat di diamkan sebaiknya ke-2 lobang Knalpot (Ujung & pangkalnya lambung Knalpot) di tutup Rapat.. Boleh juga dengan Plastik yang di ikat gelang Karet supaya Kandungan Oktan Bensin tidak Menguap ke udara bebas,, karena oktan inilah yang mempunyai “DAYA” merontokan Karbon sisa pembakaran yang Menempel pada dinding bagian dalam Knalpot..
Baru ke esokan Pagi Masukkan Kerikil-kerikil yang sudah kita siapkan sebelumnya kedalam Lambung KNalpot,, lalu Goyang-goyang dan kacau-kacaukan Knalpot agar permukaan Kerikil yang tidak merata dapat menggosok dinding bagian Dalam Knalpot secara Merata.. Semakin “lama” di Goyang semakin Aseeek,, dan semakin Kuat “Goncangannya” semakin Mantabs.. π π
*Pokoknya Di Kerah Bersih Sajalah..
Setelah yakin permukaan Batu Kerikil yang kita Masukkan Tadi sudah “Merata” MENGGOSOK bagian dalam permukaan dinding lambung Knalpot,, lalu keluarkan kerikil dan Bensin dari dalam Lambung Knalpot..
Kemudian Bilas sampai warna Bensin Benar-Benar Bersih,, sebagai tanda Bagian dalam Lambung Knalpot sudah Bersih dari Karbon sisa Pembakaran..
Begitulah Cara Saya Men_Service Knalpot Agar PerForma Maupun kwalitas Suaranya tetep Optimal,, semoga ada Mamfaatnya..
“Se_Garing dan Se_Nyaring Apapun suara Knalpot kita tetep HARUS menghormati Pengguna jalan Lainnya,, KIP BRADEHUD en PISS..
ciamik…
Kerikil juga bisa dipakai buat nguras tangki bensin.
Lumayan merontokkan karat…
bapakeValen said this on Desember 10, 2011 pada 9:57 pm |
mosok Mas,, π π
Hourex150L said this on Desember 11, 2011 pada 6:37 am |
goyangan bikin renyah nih..
Ya2kzzz said this on Desember 10, 2011 pada 9:58 pm |
hahaha,, Betul jg Mas..
Hourex150L said this on Desember 11, 2011 pada 6:38 am |
Tangkinya jg ikut rontok. #bocor
mas wahyu said this on Desember 10, 2011 pada 11:04 pm |
kalo krikilnya kebanyakan.. π
Hourex150L said this on Desember 11, 2011 pada 6:40 am |
woookeee
mantep iki om
om jangan sampe ketinggalan kerikilnya om
bisa2 knalpot sampean jadi AK-47 besok #wekekekkee guyon om
nsx125 said this on Desember 10, 2011 pada 11:42 pm |
hahhaaha,, π
Hourex150L said this on Desember 11, 2011 pada 6:42 am |
kemrincing…
cafebiker said this on Desember 11, 2011 pada 1:56 am |
ciri Khas Knalpot 2 tak Cak Bro,, π
Hourex150L said this on Desember 11, 2011 pada 6:44 am |
Lek pengen resik maneh gawe las ae makdhe,dijamin resik tur suarane aring
J@ck said this on Desember 11, 2011 pada 4:45 am |
wattt,,, Maksud te piye “gawe las” ??
Hourex150L said this on Desember 11, 2011 pada 6:47 am |
Dibakar gawe las karbit,pengalamanku duwe mtr 2 tak ngunu kui dadine resik gak enek kerake maneh
J@ck said this on Desember 11, 2011 pada 7:05 am |
sip..
Hourex150L said this on Desember 12, 2011 pada 4:46 pm |
disedot pake sedot wc langsung bersih mas π
bimo96 said this on Desember 11, 2011 pada 10:31 am |
wah telat nih, tapi mantab bro!
aam sbb rr said this on Desember 11, 2011 pada 12:36 pm |
hehe….dibakar aja om
http://extraordinaryperson.wordpress.com
extraordinaryperson said this on Desember 11, 2011 pada 3:19 pm |
kakak saya selalu di bakar knalpotnya kalau bersih2.
wardiketel said this on Desember 11, 2011 pada 3:48 pm |
di bakar hanya Mengeringkan Oli yang lengket di dinding saja.. Lha Ngeluarkannya karbonnya gimana??
Hourex150L said this on Desember 12, 2011 pada 6:25 am |
nah,artikel berikut nitip cara membersihkan knalpot 4 tak ya mas,
terima kasih
nanared said this on Desember 11, 2011 pada 8:54 pm |
sebenernya cara nya Gak Jauh Beda Bro,, cuman sepertinya Pada Knalpot 4 tak gak perlu pake KERIKIL Bro..
Disamping “pipanya” yang lebih Kecil juga Sisa Karbon Pembakaran pada Mesin 4 tak tidak sebanyak 2 Tak..
Hourex150L said this on Desember 12, 2011 pada 11:24 am |
Dibakar dulu baru di kuras pke bengsin
Setya Nurma Meliana said this on Desember 12, 2011 pada 7:35 am |
sip,, keknya panas api langsung ke logam ini yang punya Efek Negatif pada knalpot Mas.. Lagian api yang menyala akan menyisakan karbon juga,, CMIIW π π
PISS..
Hourex150L said this on Desember 12, 2011 pada 4:45 pm |
misalkan bensi diganti solar gimana mas? bukane daya kikisnya lebih bagus solar?
dnugros said this on Desember 12, 2011 pada 12:19 pm |
monggo Mas Bebas Kok,, π π
*Ijasah SMEA Saya gak bisa menjawab pertanyaan ke-2 Sampeyan Mas,, π π
Hourex150L said this on Desember 12, 2011 pada 4:37 pm |
nderek langkung mas,sekalian meh takon,kmaren aq abs bersihin super kips,tp setelah itu koq suara kenalpotnya koq suaranya jd kya mendem,knpa ya mas….suwun
ANDREAS said this on Desember 12, 2011 pada 8:56 pm |
info yg mantab om, tapi ninja ane baru berusia 4 bulan π
aryapradanaa said this on Desember 13, 2011 pada 12:57 am |
nggak merusak catalityc converternya y Om
yoyoy said this on Desember 13, 2011 pada 4:05 pm |
ktanya udah ada mesin cucii khusus knalpot..
gogo said this on Desember 13, 2011 pada 5:23 pm |
Mau DOWNLOAD Aplikasi ,Film, Games dll. GRATIS + Dpt BONUS
Klik βPromiseβ
Promise said this on Desember 24, 2011 pada 11:19 pm |
klo pake carbu cleaner gmana bro?
eqo said this on Februari 3, 2012 pada 12:48 am |
Bagus Mas,, Tapi BOOROS… π π
Hourex150L said this on Februari 4, 2012 pada 7:06 am |
goyangannya bkin ngaceng
bagus hakiki said this on Maret 6, 2012 pada 8:46 pm |
[…] udang) , tali Gas dan tali Kopling , Ninja 150RR-SE 2011 , Kelistrikan , Komstir segitiga bahkan knalpot Racing Dan banyak lagi yang lainya #maaf gak bisa sebutin semua- Abaikan saja […]
SERVICE: BERSIHKAN KARBON DI RUANG BAKAR KAWASAKI NINJA 150R/RR | Hourex150l's Blog said this on Maret 21, 2012 pada 7:25 am |
Iya tuch klo knalpot yang 4tak gimana?
Muhammad kholid said this on April 30, 2012 pada 6:42 pm |
repair untuk knalpot r9 titanium dimana ya?
fian said this on Oktober 27, 2012 pada 9:30 pm |
efek samping krikil apa ngak mempengaruhi suaranya jon, , kayaknya gg perlu pake krikil , karna kan bergesekan dengan perut knalpot bikin bentuk knalpot jadi gg rata , , yg menyebabkan gelembung gg sempurna lagi bentuknya, ,
coba kalo knalpot KDX apa ngak eman”
jawab ya bro , , thanks π
enggal_wiwit said this on September 15, 2013 pada 8:34 am |
om krikilnya ga akan nyangkut di dlm knalpot om?? trus krikilnya yg ujung2 nya runcing ato yg ga runcing om
Bhakti Adhyaksa Gunakaya said this on September 18, 2013 pada 1:17 pm |
Emangnya gak penyok gan knalpotnya di masukin krikil trus di kocok gt?
Erga Setya Perwira said this on Mei 18, 2014 pada 5:24 pm |
prakteknya tidak Mas..
Hourex150L said this on Mei 19, 2014 pada 5:02 am |
Mau tannya klo repair knalpot ninja r150 brp penyok dket leheran gan brp duit kira”pengoknya cuma 20%
sigit suseno said this on Oktober 25, 2016 pada 2:07 am |
Bagaimana caranya mengeluarkan benda asing/kerikil yang mengganggu di dalam kenalpot vixsion 2012…?? Tolong berikan solusinya
kusmaji said this on Maret 30, 2017 pada 8:15 am |