SERVICE KNALPOT MOTOR


Di dalam Dunia Perbengkelan Otomotif Roda dua khususnya,, Kata “SERVICE” indentik dengan “Merawat ataupun Membersihkan”..
Maka maksud dari Service Knalpot disini adalah Merawat dan Menbersikan Knalpot,, terutama Knalpot Racing mesin 2 langkah..

Seperti yang kita ketahui bahwa pada Mesin tipe 2 langkah menganut sistem pelumasan Terpisah,, dan salah satu kelemahan dari Mesin 2 langkah ini adalah ikut terbakarnya Oli yang digunakan dalam Proses pelumasan mesin di ruang Bakar (Silinder).. Sehingga menimbulkan lebih banyak karbon sisa pembakaran yang dapat menempel pada dinding saluran pembuangan (Knalpot),, dan lama kelamaan Karbon ini akan Bertambah tebal jika tidak kita bersihkan.. Seperti kita ketahui bahwa Kunci “KWALITAS SUARA” knalpot di pengaruhi jenis metal dan ketebalan dinding Knalpotnya,, makanya jangan Heran Bila Knalpot Racing Sampeyan Berubah suaranya setelah beberapa lama di pake..

Berikut Pengalaman Saya dalam men_SERVICE Knalpot Racing agar Kwalitas suaranya tetep Prima meski sudah di pake lama,,adapun bahan yang di butuhkan antara lain; sediakan 2 liter Bensin dan Batu Kerikil secukupnya..

*batu kerikil di pilih jangan terlalu Besar dan usahakan di cuci dulu agar bersih dari tanah maupun Pasir..

Caranya; Lepaskan dulu Kenalpot dari Motor dan pisahkan juga antara Lambung (perut) Knalpot dengan Silencernya,, karena Silencernya akan di bersihkan secara terpisah..

Lalu masukan sekitar 1,5 liter Bensin kedalam Lambung Knalpot lalu Gocang-Goncangkan beberapa saat,, Saya Sarankan untuk didiamkan agak Semalaman dulu..

Dikarenakan Kandungan Oktan pada Bensin yang Mudah Menguap ke udara bebas,, Saat di diamkan sebaiknya ke-2 lobang Knalpot (Ujung & pangkalnya lambung Knalpot) di tutup Rapat.. Boleh juga dengan Plastik yang di ikat gelang Karet supaya Kandungan Oktan Bensin tidak Menguap ke udara bebas,, karena oktan inilah yang mempunyai “DAYA” merontokan Karbon sisa pembakaran yang Menempel pada dinding bagian dalam Knalpot..

Baru ke esokan Pagi Masukkan Kerikil-kerikil yang sudah kita siapkan sebelumnya kedalam Lambung KNalpot,, lalu Goyang-goyang dan kacau-kacaukan Knalpot agar permukaan Kerikil yang tidak merata dapat menggosok dinding bagian Dalam Knalpot secara Merata.. Semakin “lama” di Goyang semakin Aseeek,, dan semakin Kuat “Goncangannya” semakin Mantabs.. πŸ˜€ πŸ˜€

*Pokoknya Di Kerah Bersih Sajalah..

Setelah yakin permukaan Batu Kerikil yang kita Masukkan Tadi sudah “Merata” MENGGOSOK bagian dalam permukaan dinding lambung Knalpot,, lalu keluarkan kerikil dan Bensin dari dalam Lambung Knalpot..

Kemudian Bilas sampai warna Bensin Benar-Benar Bersih,, sebagai tanda Bagian dalam Lambung Knalpot sudah Bersih dari Karbon sisa Pembakaran..

Begitulah Cara Saya Men_Service Knalpot Agar PerForma Maupun kwalitas Suaranya tetep Optimal,, semoga ada Mamfaatnya..

“Se_Garing dan Se_Nyaring Apapun suara Knalpot kita tetep HARUS menghormati Pengguna jalan Lainnya,, KIP BRADEHUD en PISS..

~ oleh Hourex150L pada Desember 10, 2011.

42 Tanggapan to “SERVICE KNALPOT MOTOR”

  1. ciamik…
    Kerikil juga bisa dipakai buat nguras tangki bensin.
    Lumayan merontokkan karat…

  2. goyangan bikin renyah nih.. :mrgreen:

  3. Tangkinya jg ikut rontok. #bocor

  4. woookeee
    mantep iki om
    om jangan sampe ketinggalan kerikilnya om
    bisa2 knalpot sampean jadi AK-47 besok #wekekekkee guyon om :mrgreen:

  5. kemrincing…

  6. Lek pengen resik maneh gawe las ae makdhe,dijamin resik tur suarane aring

  7. Dibakar gawe las karbit,pengalamanku duwe mtr 2 tak ngunu kui dadine resik gak enek kerake maneh

  8. disedot pake sedot wc langsung bersih mas πŸ˜€

  9. wah telat nih, tapi mantab bro!

  10. hehe….dibakar aja om

    http://extraordinaryperson.wordpress.com

  11. kakak saya selalu di bakar knalpotnya kalau bersih2.

  12. nah,artikel berikut nitip cara membersihkan knalpot 4 tak ya mas,
    terima kasih

    • sebenernya cara nya Gak Jauh Beda Bro,, cuman sepertinya Pada Knalpot 4 tak gak perlu pake KERIKIL Bro..
      Disamping “pipanya” yang lebih Kecil juga Sisa Karbon Pembakaran pada Mesin 4 tak tidak sebanyak 2 Tak..

  13. Dibakar dulu baru di kuras pke bengsin

    • sip,, keknya panas api langsung ke logam ini yang punya Efek Negatif pada knalpot Mas.. Lagian api yang menyala akan menyisakan karbon juga,, CMIIW πŸ˜€ πŸ˜€

      PISS..

  14. misalkan bensi diganti solar gimana mas? bukane daya kikisnya lebih bagus solar?

  15. monggo Mas Bebas Kok,, πŸ˜€ πŸ˜€

    *Ijasah SMEA Saya gak bisa menjawab pertanyaan ke-2 Sampeyan Mas,, πŸ˜€ πŸ˜€

  16. nderek langkung mas,sekalian meh takon,kmaren aq abs bersihin super kips,tp setelah itu koq suara kenalpotnya koq suaranya jd kya mendem,knpa ya mas….suwun

  17. info yg mantab om, tapi ninja ane baru berusia 4 bulan πŸ˜€

  18. nggak merusak catalityc converternya y Om

  19. ktanya udah ada mesin cucii khusus knalpot..

  20. Mau DOWNLOAD Aplikasi ,Film, Games dll. GRATIS + Dpt BONUS
    Klik β€œPromise”

  21. klo pake carbu cleaner gmana bro?

  22. goyangannya bkin ngaceng

  23. […] udang) , tali Gas dan tali Kopling , Ninja 150RR-SE 2011 , Kelistrikan , Komstir segitiga bahkan knalpot Racing Dan banyak lagi yang lainya #maaf gak bisa sebutin semua- Abaikan saja […]

  24. Iya tuch klo knalpot yang 4tak gimana?

  25. repair untuk knalpot r9 titanium dimana ya?

  26. efek samping krikil apa ngak mempengaruhi suaranya jon, , kayaknya gg perlu pake krikil , karna kan bergesekan dengan perut knalpot bikin bentuk knalpot jadi gg rata , , yg menyebabkan gelembung gg sempurna lagi bentuknya, ,

    coba kalo knalpot KDX apa ngak eman”

    jawab ya bro , , thanks πŸ™‚

  27. om krikilnya ga akan nyangkut di dlm knalpot om?? trus krikilnya yg ujung2 nya runcing ato yg ga runcing om

  28. Emangnya gak penyok gan knalpotnya di masukin krikil trus di kocok gt?

  29. Mau tannya klo repair knalpot ninja r150 brp penyok dket leheran gan brp duit kira”pengoknya cuma 20%

  30. Bagaimana caranya mengeluarkan benda asing/kerikil yang mengganggu di dalam kenalpot vixsion 2012…?? Tolong berikan solusinya

Tinggalkan Balasan ke aryapradanaa Batalkan balasan