PASANG KAPASITOR BANK pada MOTOR lagi..


Setelah sebelumnya Saya pernah juga Posting tentang pemasangan Elektrolit Capasitor (Elco) pada tunggangan Saya si NaRjo,, namun waktu itu hanya satu buah Elco saja dengan kapasitas 10.000mF – 50 volt.. Dan Impresinya juga sudah Saya Posting di postingan tersebut,, Dan Dari pengalaman pemasangan Elektrolit kapasitor tersebut yang ternyata cukup membantu dan Bermamfaat pada kelistrikan Motor, maka Sayapun segera Meng_UP GRADEnya.. Dari sebuah kapasitor menjadi 3 buah Elco sekaligus,, ini dia..

Yang Saya rakit secara PARALEL sehingga menghasilkan Kapasitor senilai 30.000 mF / 50 volt (10.000mF/50V + 10.000mF/50V + 10.000mF/50V),, walaupun tidak seSIGNIFIkan pada kelistrikan sistem FULL WAVING #karena Ninja R/RR masih menggunakan sistem kelistrikan Semi Waving# tapi lumayan Membantu dan meringankan serta menambah kemampuan Aki..

Adapun Efek “lain” selain mempernyaring suara Klakson, lampu utama dan lampu sein juga “sedikit” lebih terang dan daya tahan Batrei/ aki lebih lama saat stanbay juga dipercaya meningkatkan “kwalitas” suplay arus listrik untuk pembakaran juga..
Berikut adalah warna kepala Busi Motor setelah Saya pakai touring kemarin,,

Meski setingan Mesin “Lumayan” BOROS (21 – 22 km: 1 liter Premium) saat dipakai Nonstop kemarin,, tapi Kepala Busi tetep kering dan berwarna Merah Kecoklatan.. Berarti Meskipun Bensin yang Masuk Kedalam Silinder 150ccnya termasuk RAKUS,, tapi dapat terbakar semua tanpa sisa jelaga yang Nempel..

Entah dari Mana logikanya dengan Pengaplikasian KAPASITOR BANK ini dapat meningkatkan KWALITAS PENGAPIAN untuk Pembakaran,, yang Jelas sudah banyak yang meyakini akan hal ini.. Dan menurut pengalaman Saya,, Api dari Koil di Motor Saya ini Jadi berwarna PUTIH dan Besar dan saat akinya lemah warnanya Menjadi Biru kemerahan seperti pernah juga saya posting Di sini..

Semoga ada Mamfaatnya,, KIP BRADEHUD en PISS..

~ oleh Hourex150L pada Desember 5, 2011.

43 Tanggapan to “PASANG KAPASITOR BANK pada MOTOR lagi..”

  1. Good bro.. Nice info..
    Btw.. Kenapa yah aki kalo dalam keadaan mesin panas nggak kuat starter tapi kalo keadaan dingin kuat buat di electric starter?

  2. Sip,jozz

  3. saya pake di motor reva saya..
    n memang terbukti lampu klakson tambah terang…

    http://adylukadiyo.wordpress.com/2011/12/05/modifikasi-sederhana-revalanceng-revo-absolute/

  4. kalau biar uang namabah dengan sendirinya tanpa nabung ke bank gmn mas..??:mrgreen:

    #abaikan saja pertanyaan ngawur dikarenakan gak ngerti babar blas..#:mrgreen:

  5. manteb lan kreatif,,

  6. mengko meh nyobo ah, tak pasang ning satria ku.

  7. sakjane, sekalian pasang sebiji aja mas, tapi yang gede…jadi gak ribet paralel kabel, juga hemat tempat…
    PISS (abaikan saja):mrgreen:
    ngomong-omong, emang bagus kayaknya pembakaran si Narjo, gak ada kerak / sisa bbm+oli blas layaknya mesin 2 tak..

  8. mas apa g kebnykan masang 3 biji kasian kiprockny ntr

  9. wahwahwah, ini nih tambah mumet! sirah ku sampe lonyot mikir2 cara nggawe-ne! tapi yo nanti tak pelajari sek, kudu tekon2 karo konco neng bengkel, yang penting hasinya jozzzzzzzzzzzz

  10. Mas Mul tu kapasitor langsung dpasang ke akki atau da saklar pemutusnya?

  11. waduh bikin boross… .πŸ˜€

    • weeeiiittt…. Tunggu dulu Mas..!!

      Ini tidak ada Hubunganya dengan penambahan konsumsi BBM lho Mas,, justru bisa menguntungkan pemakaian BBM sesuai dengan power yang dihasilkan..

  12. inovatif dah.. ada buku panduan bikinnya gak mas bro.. daya tahannya panjang gak neh..

  13. saya punya 10.000 microfarad 350Vdc, besar dan tingginya sama dengan botol mineral 600 mLπŸ˜€

  14. waaaa..
    cakep ini:mrgreen:

  15. Ada pengaruh yang negatif ga?buat motornya.udah lolos uji blm nih?

  16. wah,,ini koq kesannya mau saingan semua
    http://pertamax7.wordpress.com/2011/12/02/diy-upgrade-capasitor-bank-di-honda-megapro/

  17. mas kalo motorya ga pake aki
    trus kapasitornya di pasang di mana?
    trus apa aman sistem pengapian yang lain,seperti cdi,sepul,sama koil nya??
    thanks,

  18. Biasanya ukurannya sebesar apa bro?

  19. […] Pengapian juga mengalami “Sedikit” peningkatan.. Diantaranya dengan Menambahkan Kapasitor Bank dan Memodifikasi Koil standarnya sehingga Meski menggunakan Busi tipe Dingin Tapi sekali ENGKOL […]

  20. Apa bisa diaplikasikan pada motor RX king gan…?

  21. pengaruh disistem digital gak mas? mongstorku NMP tak kasih klakson hella twin tanpa relay kuat tapi kedip head lamp e. matur nuwun.

  22. Bukanny aki itu adalah capasitor berukuran besar ta bro,mnurutku kalo akinya dilepas itu baru dikasih cpasitor tp kalo akiny trpasang ya gk perlu tmbh cpasitor. Saran saja kalo mau pakek C Pilih merk yg bgus msl pnsonic,mtrola,phlips,rush,karena bnyk bgt yg abal2,tentu akan mrugikan anda. Nininq jg tk pasangi kyk gt sjak akinya mati,udah 4 taun,ganti 3x.karena elco abal2,klo rusak cirinya gk bs nyimpen lama

  23. mas minta tatacara pembuatan kunci rahasia di R dong

  24. Kalau anda bermaksud menambah
    kapasitas penyimpan muatan pada sistem
    kelistrikkan motor, anda jangan
    menggunakan kapasitor yang nilai
    kapasitansinya masih dalam orde ΞΌF tapi
    harus dalam orde ratusan ribu Farrrad
    seperti yang dipasang pada mobil Mazda
    keluaran terbaru atau yang dipasang pada
    mobil F1 pada sistem KERS. Tentunya
    harga kapasitor semacam ini bisa lebih
    mahal dibandingkan dengan unit baru utuh
    motor anda .
    Tidak ada hubungannya antara ke awetan
    aki dan pemasangan kapasitor, keawetan
    aki ditentukan oleh perawatan (dalam hal
    ini tidak telat mengisi air aki dan menjaga
    konsentrasi H2SO4) dan regulator dalam
    keadaan normal/ baik. Juga lampu lebih
    terang, starter lebih galak dan klakson
    lebih kencang sangat tidak berhubungan
    dengan kapasitor karena kapasitor tidak
    meningkatkan tegangan sama sekali.
    Lebih2 tarikan motor menjadi enteng, wah
    ini sangat jauh melenceng. Power yang
    dihasilkan mesin memang dipengaruhi oleh
    sistem pembakaran yang baik. Hanya saja
    dalam hal ini tegangan busi tidak akan
    naik selama input CDI atau coil
    tegangannya tetap segitu2 juga. Perlu anda
    ketahui supply listrik pada motor umumnya
    untuk lampu utama dan pengapian
    (ignition) tidak menggunakan listrik dari
    aki tapi dicatu langsung dari coil
    alternator.
    Pendapat saya : penambahan kapasitor
    tidak ada gunanya sama sekali. Kalau
    penambahan ini bisa meningkatkan
    performa kelistrikkan dan mesin tentunya
    pabrik sudah memasang dari dulu. Kan
    insinyur pabrik motor tidak bego2 amat
    seperti kita ? Faktanya kan tidak ada motor
    keluaran pabrik yang ditambahi kapasitor
    kecuali kapasitor digunakan untuk
    mengurangi bunga api pada platina dan
    mengatasi osilasi + over shoot pada
    ignition coil.
    Tapi tentu tidak ada salahnya kalau anda
    “anggap” penemuan teknologi ini bisa
    memenuhi kepuasan batin anda.
    Catatan :
    Tidak mungkin kapasitor yang anda pasang
    meledak karena tegangan maksimum
    kapasitor 100 dan 50 V jauh diatas
    tegangan kelistrikkan motor (< 14,4 V).
    Sebaiknya bodi kapasitor diberi balut
    sponse atau stereo foam atau karet untuk
    menghindari gesekan dengan bodi motor.
    Semoga keterangan dan pendapat saya
    bisa menambah wawasan anda.

    • ada bro motor yg pake capasitor/kondensor. ntu yamaha Vixion lawas & honda Cb150 pake yg kaya ginian di akinya. tapi gak tau tuh nilainya berapa.

    • Numpang nulis,
      Sebetulnya secara fakta dan teori,elco gunanya untuk menyimpan dan melepas jika di butuhkan,Dari teori ini,elco dapat membantu battery saat starting engine dengan motor electrik.Karena pada saat menstart engine,arus yang dibutuhkan untuk memutar crankshaft itu dapat membuat battery drop pada level 8-9 volt,keadaan ini bisa ditolong dengan penambahan kapasitas battery atau penambahan elco.sehingga pada bagian ini bisa dikatakan dapat memperpanjang umur battery.karena beban yang terberat battery tertolong oleh elco.Semakin besar kapasitas battery,pada beban yang sama semakin kecil level drop nya.kalau tidak percaya silakan test dengan tester/battery tester.Saat di start,lihat battery voltage.tentu ada perbadaan level drop voltasenya.
      Kenapa factory kendaraan dan para engineernya tidak menambahkan elco,jawabannya tentu untuk apa?karena pabrik sudah menghitung kapasitas battery yang tepat untuk beban kendaraan dan sumber charging (alternator atau spull charger).Dan ingat,bahwa setelah engine hidup,setelah battery terisi penuh berbarengan dengan pengaliran beban,semua beban kendaraan di tanggung alternator pada mobil dan spull charger pada yang lain,bukan battery yang tanggung.Untuk efesiensi,daripada menambah elco lebih baik menambah kapasitas (Ah) battery…
      Elco digunakan tentu voltase rangenya lebih besar dari source nya,hal ini lah yang menjadi kestabilan voltase.dengan kestabilan voltase,maka current tentu stabil,karena signal charging mengikut putaran engine,saat slow/idle tentu arus akan berkurang,walau voltase stabil.Dan ini bisa di back up dengan kapasitas(Ah) battery.atau penambahan Elco.Beban pun mendapat arus yang stabil.Kenyataan….semua device dc elektronik dipasang elco/capasitor bagian input source,karena dengan pemasangan elco/capasitor dapat menstabilkan tegangan dan arus yang akan di pakai device dc tsb.

      Moga bermanfaat…

  25. Klo kapasitor mesin listrik jinjing qobal bs g dipasang di rx king gan…

  26. bari pasang langsung meledak brrooo..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: