MamFaat Pasang Kapasitor Pada Motor
Kapasitor yang Saya pasang Pada Motor Harian Saya adalah jenis Elektrolit Capasitor a.k.a Elco,, Dan Saya mendapatkan “Formula” ini dari brosing ke Blognya Mas Bro Alexandr di warung Peraknya..
*sori gak bisa tampilin link_nya karena Posting via Hp Jadul#abaikan saja#
Elco atau Elektrolit Capasitor yang Saya Pasang Berukuran 10.000mF (mikro Farad) 50 V (volt)..
Masih Menurut Mas Bro Alexandr kasiat dari pemasangan Capasitor tipe DC ini dapat meningkatkan kinerja perangkat Kelistrikan Pada Motor seperti CDI-aki-kiprok-pulser dan koil,, terutama bagi Motor yang menganut pengapian sistem DC seperti Kawasaki Ninja 150 R/RR, NewMegaPro 150, dan lain sebagainya..
Sifat dasar Kapasitor / Elco sendiri merupakan Komponen yang dapat berfungsi sebagai STABILIZER dan PENYARING arus listrik,, juga dapat berfungsi Menyimpan Arus..
Di samping Harganya yang Murah #punya Saya hanya Rp 15.000 sajah# cara pemasangannya juga Murah Banget..
Tinggal sambungkan kabel #Saya sarankan di sambungkan pake Solder dan timah# kaki Negatif (ada tanda (-)nya) ke kabel aki negatif (-) dan kaki satunya sudah pasti positif dunk(+) ke kaki Aki yang Positif pula,, bagusnyadi sambung klem baut aki..
Adapun Impresi atau Mamfaat yang Saya Rasakan setelah Memasang Kapasitor tipe Elco 10.000mF 50 V ini Ke Pengawal Saya si NaRjo antara lain:
1 – Suara Klakson jelas lebih Nyaringgg
2 – Arus di dalam Aki lebih tahan lama
3 – Lampu utama “sedikit” lebih tarangs
4 – Lampu Sein juga lebih terang
5 – Peningkatan Performa “memang” tidak begitu terasa
Kesimpulan Saya : Pengaplikasian Kapasitor pada Motor ini Sangat Rekomendid karena dengan biaya Yang relatif Murah Namun Hasilnya dapat Memaksimalkan Perangkat Kelistrikan pada Motor secara Permanent dan menyeluruh #termasuk pada komponen pengapian juga#
Terima kasih Mas Bro Alexsandro atas Sharing ilmunya yang bermamfaat bagi “Kami” para Bikers semua..
KIP BRADEHUD en PISS..
sip.
Bisa dicoba nih.
Menurut teori daya dan audio makin besar kapasitas elco suara makin enak(bass),kalau di motor gimana?
B M W ♣ said this on Oktober 26, 2011 pada 10:52 am |
klaksonnya lebih NREBLE abis Mas..
Hourex150L said this on Oktober 26, 2011 pada 11:24 am |
Ukurannya minimal harus 10.000 mikro mas?
fajar said this on Oktober 26, 2011 pada 10:54 am |
Injih Mas
Hourex150L said this on Oktober 26, 2011 pada 11:25 am |
penah nemu bacaan katanya tiap 1A aki = 2200 mf
jadi jika 5A = 11000 mf
CMIWW #abaikan saja#
Ghost said this on Oktober 26, 2011 pada 12:38 pm
Mantabs,, aki Ninja 150 R cuma 3,5 A saja kok.. Jadi dah cukup 10.000 mF #abaikan sajah# 😀
Hourex150L said this on Oktober 26, 2011 pada 1:16 pm
manteb kui
cafebiker said this on Oktober 26, 2011 pada 10:55 am |
J O S S . . # a b a i k a n s a j a #
Hourex150L said this on Oktober 26, 2011 pada 11:26 am |
aku takut kesetrum….
Ya2kzzz said this on Oktober 26, 2011 pada 10:57 am |
pake sendal jepit Mas..
Hourex150L said this on Oktober 26, 2011 pada 11:27 am |
ra wani masange samar kliru
#abaikan saja#
#99 bro said this on Oktober 26, 2011 pada 11:04 am |
kleru di setip Mas.. #abaikan sajah#
Hourex150L said this on Oktober 26, 2011 pada 11:28 am |
di bakar ae wong e sak pedah e
JOKEX said this on April 30, 2012 pada 1:34 pm
Elco bisa cr yang 10000mf/25V, harga lbh murah. Lbh baik cr Elco yang ori, harga dbwah 20rb kmungkinan byk yang palsu.
Kurnia1prorider said this on Oktober 26, 2011 pada 11:55 am |
yang ori tanda /cirinya gimana Mas.. ❓
Hourex150L said this on Oktober 26, 2011 pada 1:03 pm |
Elco dpt juga difungsikan sbg pengganti aki untk smentara kalo akinya soak. Saya udah pasang dimtor prima,bgtu mesin hdup stasioner suara klakson sdh nyaring sama kyk pake aki, ga perlu di gas gd. Cobo rasakan ndiri.
Kurnia1prorider said this on Oktober 26, 2011 pada 11:58 am |
waaa,, Joss Mas..
Hourex150L said this on Oktober 26, 2011 pada 1:06 pm |
Like this . . . . Sepertinya anak anak bengkel sdh lama mempraktekanya CMIIW
Mas Agus Ninjers Riyanto said this on Oktober 26, 2011 pada 12:15 pm |
waa,, ketinggalan tho jebule 😀 😀
Hourex150L said this on Oktober 26, 2011 pada 1:07 pm |
nice impoh masbro..
nitip yak..
mohon dukungannya siapa tau ada yg punya akses untuk memberikan masukan, namun jika yg saya tulis ada kesalahan, mohon dikoreksi
boerhunt said this on Oktober 26, 2011 pada 12:28 pm |
Monggo..
Hourex150L said this on Oktober 26, 2011 pada 1:08 pm |
pasang ke bebek gmana yya ?
Ari Semarangan said this on Oktober 26, 2011 pada 12:29 pm |
yang penting bebeknya pake arus listrik Mas..
Hourex150L said this on Oktober 26, 2011 pada 1:10 pm |
maksude bukan bebek bakar gitu ya?
bapakeValen said this on Oktober 27, 2011 pada 3:11 pm
kaki negatif tambain 1 kabel lagi buat nempelin ke body
Ghost said this on Oktober 26, 2011 pada 12:36 pm |
makasih Infonya Mas..
Hourex150L said this on Oktober 26, 2011 pada 1:11 pm |
Sesimpel itukah? Apakah Kawasaki gak meriset hal seperti itu?
BTW, menurut saya useless bro. Arus dari battery sudah sangat stabil.
just my 2 cent #abaikansaja#
Yoshi said this on Oktober 26, 2011 pada 12:52 pm |
ini bukan cuma untuk Ninja Thok lho Mas,, merk lain juga bisa kok.. 😀
Hourex150L said this on Oktober 26, 2011 pada 1:20 pm |
josss,,, tigy ane pake 5 biji masbro,, biar puas ngerangkainya
salam kenal dari nubi 😀
karawangtigerrider said this on Oktober 26, 2011 pada 2:50 pm |
waattt… 5 biji apa gak keberatan Mas.. 😀 maksudnya berat motor bertambah gitu.. 😀
Hourex150L said this on Oktober 26, 2011 pada 10:05 pm |
gpp masbro, biar stabil kayak c narjo
karawangtigerrider said this on Oktober 27, 2011 pada 9:48 am
mas brow…itu tiger apa PLN…hahahaha
salam…
papasugih said this on April 23, 2012 pada 2:04 pm |
cari begituan dimana oom?
cobaa aaah..
“..Tinggal sambungkan kabel #Saya sarankan di sambungkan pake Solder dan timah# kaki Negatif (ada tanda (-)nya) ke kabel aki negatif (-) dan kaki satunya sudah pasti positif dunk(+) ke kaki Aki yang Positif pula,, bagusnyadi sambung klem baut aki..”
kaki negatif kekabel aki negatif??
kekabel aki negatif ato kekutub negatifnya oom?!
si oom said this on Oktober 26, 2011 pada 3:00 pm |
sama saja Mz Om,, yang penting jangan sampai kebalik (kaki (-) Elco ke kabel atau kutub (+) aki) bisa MELEDAK Elconya..
Hourex150L said this on Oktober 26, 2011 pada 10:11 pm |
cari beginian dimana oom?
toko listrik ato bengkel?
si oom said this on Oktober 27, 2011 pada 10:49 pm
ngelmu iki. suwun..
kompresi kempos said this on Oktober 26, 2011 pada 3:02 pm |
Dulu pernah waktu masih suka bikin perangkat audio di motor,dikasih elco bassnya lebih bulat aka ga sember…sipppp..
Avaya_user said this on Oktober 26, 2011 pada 3:24 pm |
Joss 😀
Hourex150L said this on Oktober 26, 2011 pada 10:02 pm |
Karo simbah di jenengi ‘Capasitor Bank’ 😀
Ghost said this on Oktober 26, 2011 pada 3:35 pm |
Mangstabs.. 😀 😀
Hourex150L said this on Oktober 26, 2011 pada 10:18 pm |
ya…ya…udah saya aplikasikan ke motor saya juga mas, tarikan jadi lumayan terus percikan api dibusi lumayan biru
dnugros said this on Oktober 26, 2011 pada 4:18 pm |
Ngaco . . .
Kan masang kapasitornya di aki,
emang api di busi listriknya dari aki?
Jaka sembung
Yoshi said this on Oktober 26, 2011 pada 6:12 pm |
cdi kan arusnya dari aki..(cdi dc)..lha..dari cdi ke koil..dari koil ke busi..lha businya terus mbledoz..
babad150f said this on Mei 23, 2012 pada 11:45 am
@ Bro yosi
hahaha,, tetep ada hubungannya Mas antara Busi dan aki.. Meski tidak secara langsung tetapi support aki cukup besar pada kwalitas pengapian busi lhoo.. CWIIW…
*jaka sembungnya gak bawa Golok kan..
Hourex150L said this on Oktober 27, 2011 pada 9:05 am |
sip tenan, nanti saya akan coba ni! info bgus mas bro!
aam sbb rr said this on Oktober 26, 2011 pada 7:58 pm |
Dah pasang dibebek saya sejak 4 bln yg lalu. Pakai 2 x 10.000 mikroF.
Wiro Sableng said this on Oktober 27, 2011 pada 12:50 am |
Mas mas numpang nanya.. Motor saya tirev 2009, aki 7 ampere, nah kapasitor berapa mF yang bagusnya buat dipasang di motor? bales ya masbro..
masmondol said this on Oktober 27, 2011 pada 4:08 am |
sisan pake yang 22000mF aee,, yg ukuran 15000an mF ga ada Mas..
Hourex150L said this on Oktober 27, 2011 pada 8:59 am |
Klo liat komen diatas kan 1Ampere p[ake Elco 2200 mf.. Nah kebetulan motor saya 10Ampere, jadi butuh 22rb mf.. Itu cara ngerangkainya gimana ya mas? Pengen coba bikin sendiri.. Klo beli jadi, mahal…
Jin Galon said this on Oktober 27, 2011 pada 6:18 am |
lebih sip beli yang elco 22000mF 50V sebijih ajah Mas langsung pasang,, simpel ..
Hourex150L said this on Oktober 27, 2011 pada 8:45 am |
Ooww.. Wokeh bro.. Sabtu langsung nyari elco ah.. 😀
Btw, cara ngitung yang diatas kayaknya kurang bener deh.. Kapasitas elco tergantung dari seberapa besar beban kelistrikan.
Buat contoh, elco 0,5 Farad (500rb uF) bisa buat beban 500 watt.
Jadi kalo buat support kelistrikan standar aja sih gak perlu terlalu gede. 10rb uF kayak yang bro pake aja dah cukup kok.
Jin Galon said this on Oktober 27, 2011 pada 12:47 pm
Betul mas bro…ditaruh di motor injeksi juga cocok…
blognyamitra said this on Oktober 27, 2011 pada 3:15 pm |
klo pulsar bisa gak yah ?
setia1heri said this on Oktober 27, 2011 pada 3:35 pm |
gak bisa OM,,
*gak bisa nolak lhoo Pulsarnya..
Hourex150L said this on Oktober 27, 2011 pada 4:30 pm |
kwkwkwkwwkwkwk uda pasang di pulsar 220 tenanganya nampah di tarikan bwh klo masalah lampu klakson or sein lbh terang g kerasa soalny pulsar 220 lampuny dr sonony dah maknyus
novriexx said this on Oktober 28, 2011 pada 11:45 am
yaiyalah,, lampu led yaa..
Hourex150L said this on Oktober 28, 2011 pada 1:28 pm
kalo di megapro pasang yg berapa mas?
bapakeValen said this on Oktober 27, 2011 pada 3:55 pm |
tinggal kalikan saja berapa ampere akinya Mas,, minimal 10000mF Mas..
Hourex150L said this on Oktober 27, 2011 pada 4:28 pm |
nice ingpoh, mas…
akan saya coba..
nyambi jualan ya….:D
http://valkyla1723.wordpress.com/2011/10/28/hujan-mulai-se…ng-motor-sobat/
bapakeValen said this on Oktober 28, 2011 pada 8:51 pm |
siap nyontek tipsnya
nitip ya
nanared said this on Oktober 27, 2011 pada 7:40 pm |
apik apik apik
Pak Bambang Nunggang Byson said this on Oktober 27, 2011 pada 8:27 pm |
aku takut salah le masang e…..
ardiantoyugo said this on Oktober 28, 2011 pada 2:39 am |
halah,, asal tau mana yg (+) dan yg (-) gak bakalan salah Mas..
Hourex150L said this on Oktober 28, 2011 pada 7:34 am |
kebalik masang (+) (-)nya njedor hahahahaaa
bagas said this on Mei 6, 2013 pada 8:30 am |
Kalo takut ya minta di temenin simbok masbro 😀
masmondol said this on Oktober 28, 2011 pada 3:31 am |
Mzbro sorry klo OOT,mw tny mengenai prgantian oli berkala biasa nya mzbro bli ukuran brp ltr dlm kemasan? 0.8lt ato 1.0lt ?? Ohh ya kuda besi nya yakni ninin 150 series(mklum msh newbie sy XD)
Ubikukus said this on Oktober 28, 2011 pada 7:06 am |
bagusnya beli yang 1l tapi jangan di isilkan semua,, ambil sekitar 100cc dulu (bisa buat ngoli rantai) baru sisanya baru di masukan ke bak mesin (gearbox)..
Hourex150L said this on Oktober 28, 2011 pada 7:38 am |
ane kan dah posting lamaaaaaaaaaa bgt
wah ini
http://pertamax7.wordpress.com/2011/07/11/pasang-capasitor-bank-di-honda-megapro/
ipanase said this on Oktober 28, 2011 pada 9:30 am |
sori Mas,, A S E L I gak Ruh Saya..
Hourex150L said this on Oktober 28, 2011 pada 11:17 am |
hiks hiks
ipanase said this on November 5, 2011 pada 7:41 am
Glodagh…. lha wong komennya pertamax kok ngakunya gak weruh, gimana to mas…?
Jangan kayak Nunun ah..
Legenda Raja Matahari said this on Januari 7, 2012 pada 6:22 am
biasa Mas,, cuman ngisi tanda Hadir tanpa baca Artikelnya..
PISS..
Hourex150L said this on Januari 7, 2012 pada 6:58 am
Mz,horex…kmaren ad teman kos saya yang pasangd vixinya,namanya automatic power balancing,trus tanya saya alatnya itu komponennya ap,kbetulan ge kuliah listrik d poltek malang..saya bilang..y komponen yg d paralel sama aki yang tegangan DC ya kapasitor…hehe
Gene maz,d malang 1 set barangnya d bandrol 180 ebu…hehe ,skedar share aj…hihi..jadi pgen bliin buat ninin yang d Solok..haha
Are said this on Oktober 29, 2011 pada 9:43 pm |
waa,, sekalian bawain napa.. Kok waktu pulang kmarin gak kasih kabar Bro.. ❓
Hourex150L said this on Oktober 30, 2011 pada 7:10 am |
Waaa….ok dh mz,kmaren kagak pulang saya lebaran..saya praktek lapangan..haha insyaalah february plang,ntar d atur aj kopdarnya..haha
Are said this on Oktober 30, 2011 pada 11:48 am |
[…] Posted on Desember 5, 2011 by Hourex150L Setelah sebelumnya Saya pernah juga Posting tentang pemasangan Elektrolit Capasitor (Elco) pada tunggangan Saya si NaRjo,, namun waktu itu hanya satu buah Elco saja dengan kapasitas 10.000mF – 50 volt.. Dan […]
PASANG KAPASITOR BANK pada MOTOR lagi.. | Hourex150l's Blog said this on Desember 5, 2011 pada 9:38 pm |
wach, NICE IDEA!!
gesang86 said this on Desember 6, 2011 pada 3:32 pm |
mas motor ane minerva 150 se
ane dah tanya ke tukang accesories Lampu yang pinggir jalan, katanya pake 22000 mF
Apa bener mas ?
YNR said this on Desember 8, 2011 pada 11:29 am |
disini gak ada yg 10000mf, yg ad cuma 60mf, jdi gmna tu gan?
muhammad andrian said this on Januari 3, 2012 pada 9:08 am |
kurang Fungsional Mas Kalo cm 60mF Mas…
Hourex150L said this on Januari 7, 2012 pada 7:02 am |
nih gw lagi cari barangnya, mo gw praktekin di motor jadul gw. tar hasilnya gw komen lg disini hehehe………bismillah
eman said this on Januari 6, 2012 pada 3:08 pm |
mas bro,
klo untuk vixion bsa ga ya ??
hazly said this on Januari 8, 2012 pada 12:24 am |
seharusnya bisa mas..
Hourex150L said this on Januari 8, 2012 pada 10:33 am |
Gue langsung pasang di input CDI,LBH Mantabs..
Mecanik dealer aj ngacungin jempol karna kesetrum kabel busi mtr q,so tegangan kan stbil..wkwkwkwk..
Tama said this on Februari 16, 2012 pada 12:36 am |
kalo di byson gimana mas kan akinya cuman 3 amper
sayim said this on Februari 16, 2012 pada 8:23 pm |
Ms brow,,klo pemasanganya elco,nya langsung kontak dengan aki tanpa pemutus ap gk habis strum di akinya,,,?? Tank,s
Glondor said this on Maret 1, 2012 pada 10:13 pm |
Alhamdlah tdk mas glondor..kan kontak pemutusnya dlm rangkaian CDI…Setahu saya sech…
Tama said this on Maret 28, 2012 pada 12:07 am |
q pke yg lbih ribet bro,sip bgt dgn :
8 elco 4,7uf
5 elco 1000uf
4 elco 4700uf
4 elco 3300uf
msing” 25v
1 elco 10nf
ghozali said this on April 28, 2012 pada 9:34 pm |
Mas bro, di warung sebelah ada yg bilang klw elco dah dirangkai dicharge dulu jadi gak bs langsung pasang, betul kah ? thx
AR said this on Mei 27, 2012 pada 9:12 am |
dpasang pd mio bisa gak mas bro?
yudi lapanempat said this on Juni 9, 2012 pada 3:49 pm |
Kalo buat si NASIR bisa g mas? .. Soalnya kan Nasir pake RC valve .. Takut kebakar atw rusak ..
Manathaz said this on Agustus 31, 2012 pada 9:50 pm |
gampang, deh buat agan agan, kan tanya nih motor bisa gak pke ginian . takasihtaw, caranya klo agan mesin motor mati ente swit on lampu depan nyala dah pasang tuh motor ama kapasitor efeknya sama kayak yang dijelasin user2 lain . karna pengapian motor dc, tp inget klo aki basah cek berkala yah, mau manfaat harus maintenannn hehehe
jack said this on September 24, 2012 pada 4:52 am |
kalo pake lebih dari 10.000 mf bisa ga’…
ane pake aki 2amper…
berpengaruh ga’ sama aki…
atau kelistrikan yang lain’a…
mohon pencerahan’a…
Arie Herdiyana said this on November 4, 2012 pada 12:44 pm |
klo pke elco tapi tanpa accu bisa gak bro????????????
romi raevan said this on November 23, 2012 pada 8:17 pm |
mas2 n semuanya :
maaf ni sedikit berbagi pengetahuan :
1. capasitor ( C ) , accu (aki), elco : adalah sama2 berstatus DC ( Direct current ) atau berarus searah
2. component diatas memiliki fungsi yg sama : penyimpan arus listrik DC
3. pemasangan component no1 secara pararel aki – C – beban * **** sebenarnya tidak berpengaruh jika :
a) kondisi aki masih bagus = aki adalah C dengan capasitas besar
b) kelistrikan motor ( lamp,cdi, kiprok ,spul ,horn dll )masih standart
4. yg bikin pengaruh adalah pemasangan C dg tegangan yg lebih dari tegangan aki ( 12v) ex: 16v,25v,50v dst sedang capasitasnya nggak ngaruh sama sekali.
5. jika yg dipasang cuma 1 C dan kondisi aki masih bagus sebaiknya nggak usah ( buang duit )
6. kalo mo pasang baiknya 8 dg susunan pararel
dan ukuran capasitas C semakin jauh mengecil
C1>C2>C3>C4 +C4<C3<C2<C1
koreksi mas2 semua kalo salah
FB @angga indhiq anake nurrochman
angindcell@yahoo.com
angindcell said this on November 29, 2012 pada 8:34 am |
aq pening nih, ngopolah mesin kupiter klou pas geber putaran tinggi langsung mrebet @ akinya tekor
sugeng said this on Desember 13, 2012 pada 11:56 am |
blog mantep……lucu tapi serius
Komarudin Samlawi said this on Januari 17, 2013 pada 10:54 pm |
kalo uda kita pasang tuh ELCO apa kita ukur pake tester bsa stabil??
Chenz Wilzx said this on Maret 7, 2013 pada 3:54 pm |
ikut nanya juga gan.
motor ane satria f dngan aki 7 ampere
brrti itunganya 2200 x 7 = 15400.
kan gak ada tuh yg segitu pakenya yg 22000 kegedean gak yah. trus ini buat yg udah fullwafe atw yg std juga bisa ( tinggal pasang di kutub aki )
satu lagi apakah ini elco tidak akan menguras strom yg ada di dalam aki #misal motor jarang dipake
trimakasih yg mau menhawab
olid fu said this on Maret 7, 2013 pada 5:47 pm |
gan ane uda psang tuh ELCOnya.
tp kok ane tes pake tester digital kok gk stabil ya?
kalo di gas tetap naik voltnya?
bukannya kata2 org tetap di 12,4 volt??
Chenz Wilzx said this on Maret 16, 2013 pada 5:26 pm |
semerawuut……..
dono said this on April 13, 2013 pada 12:11 am |
test…..
deny_bae said this on April 20, 2013 pada 4:29 am |
Ingin tau lebih jelar mas brooo
Kalau pasang elko di antara arus cdi ke koil cara pasangnya gimana hayoo……
Roby said this on Juni 3, 2013 pada 12:36 am |
aku sudah lama pasang elco (10.000 uf / 50v) sebagai capasitor bank di motor ku Jupie MX, yang jelas klo buat motor yg pengapiannya DC jadi menyetabilkan pengapian, klo mo pake mending yg bermerk macam Panasonic kya punya ane, lebih awet dan stabil. ya walau harga lebih mahal tp lebih awet dan stabil, bentuk juga gak besar” amat kya yg palsu.
joel said this on Juni 4, 2013 pada 11:32 am |
perlu dicoba..
wibowo said this on Juni 21, 2013 pada 6:30 pm |
cobain di pulsar aaah
do2ldurian said this on Juni 27, 2013 pada 11:13 am |
Kalau anda bermaksud menambah
kapasitas penyimpan muatan pada sistem
kelistrikkan motor, anda jangan
menggunakan kapasitor yang nilai
kapasitansinya masih dalam orde μF tapi
harus dalam orde ratusan ribu Farrrad
seperti yang dipasang pada mobil Mazda
keluaran terbaru atau yang dipasang pada
mobil F1 pada sistem KERS. Tentunya
harga kapasitor semacam ini bisa lebih
mahal dibandingkan dengan unit baru utuh
motor anda .
Tidak ada hubungannya antara ke awetan
aki dan pemasangan kapasitor, keawetan
aki ditentukan oleh perawatan (dalam hal
ini tidak telat mengisi air aki dan menjaga
konsentrasi H2SO4) dan regulator dalam
keadaan normal/ baik. Juga lampu lebih
terang, starter lebih galak dan klakson
lebih kencang sangat tidak berhubungan
dengan kapasitor karena kapasitor tidak
meningkatkan tegangan sama sekali.
Lebih2 tarikan motor menjadi enteng, wah
ini sangat jauh melenceng. Power yang
dihasilkan mesin memang dipengaruhi oleh
sistem pembakaran yang baik. Hanya saja
dalam hal ini tegangan busi tidak akan
naik selama input CDI atau coil
tegangannya tetap segitu2 juga. Perlu anda
ketahui supply listrik pada motor umumnya
untuk lampu utama dan pengapian
(ignition) tidak menggunakan listrik dari
aki tapi dicatu langsung dari coil
alternator.
Pendapat saya : penambahan kapasitor
tidak ada gunanya sama sekali. Kalau
penambahan ini bisa meningkatkan
performa kelistrikkan dan mesin tentunya
pabrik sudah memasang dari dulu. Kan
insinyur pabrik motor tidak bego2 amat
seperti kita ? Faktanya kan tidak ada motor
keluaran pabrik yang ditambahi kapasitor
kecuali kapasitor digunakan untuk
mengurangi bunga api pada platina dan
mengatasi osilasi + over shoot pada
ignition coil.
Tapi tentu tidak ada salahnya kalau anda
“anggap” penemuan teknologi ini bisa
memenuhi kepuasan batin anda.
Catatan :
Tidak mungkin kapasitor yang anda pasang
meledak karena tegangan maksimum
kapasitor 100 dan 50 V jauh diatas
tegangan kelistrikkan motor (< 14,4 V).
Sebaiknya bodi kapasitor diberi balut
sponse atau stereo foam atau karet untuk
menghindari gesekan dengan bodi motor.
Semoga keterangan dan pendapat saya
bisa menambah wawasan anda.
wahyi said this on September 14, 2013 pada 11:23 am |
Apa bisa diaplikasikan disemua motor?
dani said this on September 19, 2013 pada 3:43 pm |
mas mau nax..apa cocok dengam motor injeksi,misal yamaha v-xion..apa ga berpengaruh pada njektorx?
Hamsah said this on September 27, 2013 pada 12:24 pm |
mas broo klo volt di elco 50V ga ngruh ke piranti motor nya?????????????
irfan said this on Oktober 9, 2013 pada 8:00 am |
betull kata mass brooo………..pengapian dan kelistrikann.stabil untuk starter,,klakson lebih nyaring….apalagi saya pakai banyak lampu aksesories 3 model angel eye lampu blitz,,dan lampu remm kolongg??
ucok said this on Oktober 21, 2013 pada 12:32 am |
Assalamualaikum permisi om, saya mau konfirmasi, kalo kapasitor bank buat vegy ane yang berapa ya om ? , apa yang 10000mf/50v cukup ? Kapasitas aki 12v 5ah ??
Maturnuhun om
Fany Raynaldo said this on Oktober 29, 2013 pada 4:35 pm |
Untuk pengaplikasian elco 3300mf 25v sudah ada pada mtr pulsar 135ls. Coba teman2 semua lihat ada d posisi kiprok yg sudah d aplikasikan untuk penyetabil tegangan….
Firmansyahbosco said this on Desember 15, 2013 pada 8:34 pm |
Masa saya bingung masang elco untuk shogunku saya sambung dari aki tiap kaki plus di pasang plus,yg min,di min juga.benar tdk?
Jamaludin said this on Desember 28, 2013 pada 6:38 pm |
gangaruh juga,.. punya ku gw pasang 4x10000uf/50v, 4x3300uf/25v, 4x2200uf/15v, 4x1000uf/16v, 4×4,7uf/16v plus 100nf anatar positif ama negataif.
Maszt Beiy said this on Februari 1, 2014 pada 5:34 pm |
kabal yg warna putih apa tu namanya,…????
radliannur said this on Februari 13, 2014 pada 11:47 pm |
mas kalau 50 v 10.000 piko farat apa nggak cepat putus sekring s.motornya? karena dibatre s.motor tersebut tertulis 12 v.
lamhot saragih said this on Februari 20, 2014 pada 9:37 pm |
menurut,,saya,,,saran yang di kasih sangat bermanfaat,,,karena menurut kami pakar servis elektronik,,,,fungsi,,capasitor adalah untuk menyimpan muatan listrik,,,,dan klau di nyambung pada aki lebih bagus lagi kualitas tegangannya,,,,semakin besar nilai capasitornya lebih bagus lagi kualitas frekuensi arusnya
robby delektro said this on Februari 26, 2014 pada 10:33 am |
wooww,, Monggo Suhuuu.. Makasih atas pencerahannya…
Hourex150L said this on Februari 26, 2014 pada 1:04 pm |
Maaf kalau untuk motor lawas accu 6 volt 2A kira-kira capasitor yang cocok?
firdaus said this on Maret 3, 2014 pada 6:50 pm |
klu dipakai untuk jimat bsa gak ya?/dibuat bandul kalung kan cantik
alhabsi said this on Maret 3, 2014 pada 11:34 pm |
boos motor viar 200cc ane spulnya gosong….. saya ganti tapi listrik yang ke koil kaga ada… apanya ya bos..?
endi said this on Maret 20, 2014 pada 10:26 am |
Penambahan kapasitor paling terasa efeknya kalau aki sudah tekor, soak atau bahkan mati total.
Kalau aki soak, supply voltagenya bisa berada di bawah supply voltage kiprok hingga mengakibatkan perangkat kelistrikan DC (lampu, klakson dlsb) tdk dpt bekerja optimal atau meredup.
Kalau aki mati total, maka aki akan menjadi sangat tinggi nilai resistansinya sehingga tidak bisa meneruskan supply listrik dari kiprok ke perangkat yg membutuhkan hingga mengakibatkan perangkat mati total atau sangat redup (untuk perangkat2 DC), sedangkan perangkat2 AC (lampu depan & belakang) hanya memperoleh supply langsung (direct) dari spul tanpa melalui kiprok hingga voltage tidak terkontrol dan mengakibatkan lampu sering putus saat RPM tinggi.
Kalau aki soak, sebenarnya solusi mudahnya hanya dengan sekalian melepas aki dan langsung menghubungkan kabel (+) dan (-), maka perangkat kelistrikan akan kembali memperoleh supply listrik dari kiprok sehingga lebih terang (dibandingkan saat aki yang mati masih terpasang) dan lampu2 AC voltasenya terkontrol sehingga tdk mudah putus.
Tapi bukan berarti kapasitor tidak ada gunanya. Guna kapasitor saat aki masih sehat dalam hal ini adalah:
1. Sebagai buffer listrik saat ada beban kejut yang singkat tapi besar.
2. Sebagai perata fluktuasi tegangan AC yang diubah ke DC dari kiprok yang masih kurang mulus pola gelombangnya.
3. Sebagai implikasi dari no 2. diatas penggunaan elco atau kapasitor yang diparalel pada kelistrikan DC akan sedikit meningkatkan voltage dan/atau arus yang pada akhirnya akan meningkatkan kinerja perangkat listrik dan juga sistem pengisian aki hingga aki akan lebih awet.
Ilya Kuryakin said this on Maret 21, 2014 pada 4:16 pm |
Yang ane ko kebakar ya bro kabel positif nya (+) . Padahal pasang elco yang 10000mf 50v . ?
Muhammad hartono said this on Maret 29, 2014 pada 11:09 am |
sipp
Yuri Agus said this on April 5, 2014 pada 9:18 pm |
Mas brow, kebetulan saya punya elco 80V 10.000mf, saya pasang di jupiter mx saya dgn spek klakson gede, listrik sdh dc, kiprok punya tiger, lampu depan 35 watt, aki 12v 5ah,dll. kok ga ada pengaruhnya ya? jd kl diklakson suaranya msh kecil, dan lampunya sempat kedip jika distater dan diklakson. pie mas brow… opo ono sing salah yo….?
Andrik Sunkist said this on April 10, 2014 pada 9:54 am |
mohon info mas klo di pasang di scorpio yg arus nya belum dc ada pengaruh tdk .. watur nuhun
Reiders Scopio United Freedom said this on April 30, 2014 pada 10:20 am |
maz brow ini sya uda cba tpi sma aja ni gmna maz bro ????
trims’ sblum na
ryan (@ryan_1182) said this on Mei 9, 2014 pada 1:33 pm |
Om Tolong Dijawab ya, saya punya PSU komputer yg udah gak kepake, tapi saya yakin masih bagus, nah saya liat di situ tulisannya 330uf dan 200v, nah sedangkan yg d bahas itu 22000mf dan 50v, kira2 bisa g om ??? rencana saya klo bisa saya mau / bermaksud menggandeng 3 kan,…
Rizky Arinanda AR said this on Juni 14, 2014 pada 5:14 am |
kalau wat mt0r vaga,R 2005 gimana ,pake elco yang berapa? mohon petunjuk mu #amatir
firman all hilal said this on Juli 6, 2014 pada 3:20 am |
kalau wat mt0r yamaha vaga,R 2005 gimana ,pake elco yang berapa? mohon petunjuk mu #amatir
firman all hilal said this on Juli 6, 2014 pada 3:20 am |
kalo masang di tiger piye? berapa elco yang dipasang (biar ngejoss) cdi shogun
Rully Purbayanto said this on Juli 13, 2014 pada 11:48 pm |
anu bener ka haji
cilas said this on Oktober 12, 2014 pada 12:43 pm |
nek akine motorku grend arep tak ganti ngango aki truk pie mas iso gak soale aku ndwe aki bekas truk cara pemasangane gimana mas brow mohon pencerahanya,tq
abdoel aziz said this on November 9, 2014 pada 11:55 pm |
Mmmmmbbbbuuuhhhhh……
Hendro said this on September 1, 2017 pada 12:28 am |
lha itu motor kok di pasangin petasan apa gk takut njebluk masss,????
abdoel aziz said this on November 9, 2014 pada 11:57 pm |
maaf seperti bos wahyi diatas, jika melihat fungsi kapasitor / elco sebenarnya “penyimpan tegangan” maaf jika salah, dalam hal elektronika sebagai contoh apabila (contoh TV) dimatikan maka didalam rangkaian TV dalam hal ini kapasitor masih menyimpan tegangan. dengan pembuktian kita short/jumper/sambungkan kaki kapasitor (+) dan (-) maka akan terjadi letupan.
contoh flyback TV pada TV yang sudah dimatikan juga menyimpan tegangan dan apabila di short/jumper/sambungkan kaki flyback (tabung) akan terdapat juga letupan.
mohon maaf jika saya salah.
dan mungkin dengan penambahan kapasitor otomatis ada tegangan tersimpan di kapasitor (mungkin maksudnya semacam itu), tetapi yang jadi pertanyaan adalah apabila kaki (+) accu di sambung dengan kaki (+) kapasitor begitu pula dengan kaki (-), apakah arus accu pada saat motor mati tidak diambil/lari/menuju ke kapasitor ? sehingga saat accu mati dalam tempo lumayan lama (mungkin 2 s/d 3 hari) bisa membuat accu tekor/rusak tetapi elco/kapasitor masih menyimpan arus ?
mohon jawabannya ?
salam kenal
nurany
ynnrny@gmail.com
saya ada pertanyaan lagi.
bagaimana cara menyambung accu tambahan yang bagus (step by step langkahnya) yang accu tambahan tersebut juga bisa terisi apabila motor jalan ?
tujuan ingin buat audio kecil-kecilan, charger hp (seperti socket di mobil pada umumnya). dan lampu darurat yang seperti mobil/lampu hasrat (banyak orang bilang) serta lampu touring (yang kelap kelip bergantian).dan apakah harus mengganti coil/magnet dll ?
nurany said this on Januari 2, 2015 pada 1:14 pm |
Elco bersifat penyimpan dan penstabil,bukan sebagai beban dari sumber listrik(accu) kendaraan..arus listrik hanya akan mengalir jika ada beban.
selamet said this on Juli 30, 2015 pada 3:38 am |
klo vario 125 di tambahin elco 10.000 mf/80v.bisa kah???
taufik said this on Februari 26, 2015 pada 2:27 pm |
bisa untuk motor honda spacy nggak?
tujuannya supaya pemakaian aki nggak boros, karena lampu yang terus menerus menyala, makasih.
wiicaak said this on Juni 21, 2015 pada 10:39 am |
klo d kasih elco 10.000mf/100v x2 bisa gax mas
ainun said this on Juni 22, 2015 pada 6:18 pm |
mikro farat semakin besar makin bagus minimal 10000uf yg penting volt nya jgn di bawah volt nya aki 50v udah cukup
kalau gak salah said this on Juli 11, 2015 pada 11:27 pm |
bro/sis semua.
saya pernah belajar mengenai fungsi kapasitor.
dalam model penyearah arus (half/full) dalam bahasa otomotif (AC/DC), dimana dalam bahasa eletronika Half/setengah gelombang, ripplenya luar biasa.
ripple ini mengakibatkan tegangan tidak stabil, dan kapasitor, berfungsi menyetabilkan ripple ini. semakin tinggi kapasitasnya (farad), maka semakin baik.
jadi jangan heran, jika memakai kapasitor yang faradnya lebih besar, maka aki lebih awet. karena beban diambil langsung dari kapasitor, buka dari accu.
oh ya, perbedaan accu dengan kapasitor adalah pada kecepatan pengisian dan keawetan penyimapan arus listrik. accu sangat lambat dalam proses pengisian, sedangkan kapasitor sangat cepat pengisian arusnya.
jika ada yang tidak berefek, saya kira karena beban resistansi pada motor anda sangat besar, biasanya disebabkan karena konektor yang berkarat. silakan di cek konektor pada aki motor, apakah kotor atau tidak. jika kotor bersihkan dengan diamplas halus sampai mengkilat/bersih
wewBU said this on Agustus 8, 2015 pada 11:21 am |
Gini mas, motor ane mio soul, aki ori.. Saya pasang klakson keong 2 with relay suaranya cetuk2 doang, setelah baca artikel ini kmudian saya beli elco 10000 uF 50 v, pertanyaannya, apakah 2 klakson saya akan berhasil bunyi, makasih om
Aditya raka said this on September 8, 2015 pada 3:25 pm |
assalmualaikum gan
numpang nanya …..nich bkanya ninja 150 r maupun yg rr masih make kelistrikan ac bkn dc
nono said this on Oktober 4, 2015 pada 4:48 pm |
iya bener gan.
Hourex150L said this on Oktober 15, 2015 pada 8:25 am |
bagaimana jika pakai bajai pulsar cc akinya Amphere
kivah said this on Oktober 17, 2015 pada 5:54 am |
Kalu motor yamaha rx125 twin bisa gak bos….yg pertama udah cdi…trus gak pakai aki…hidup nya tapa aki …klau di kasi kapasitor itu gimna cara pemsangan nya
Hamdani said this on Oktober 19, 2015 pada 3:23 am |
fungsi elko ini adalah membantu memaksimalkan serta memfilter arus dari aki Om,, kalo tanpa aki selain tidak memberikan mamfaat maksimal elco jg bisa meledak karena tegangan berlebih Om..
Hourex150L said this on Oktober 20, 2015 pada 4:04 am |
Bang.. Kira2 ada gk dtoko listrik Capasitor Tabung yg 40rb mf?
Mksh
Willy said this on November 19, 2015 pada 10:20 pm |
Sya udh nyoba mas pkek yg 10000micro 80 volt tpi cuma sdikit prubhan di api koil klo di tambah lgi capasitor nya kira” gimana. Buat ninja
kiljon said this on Maret 10, 2016 pada 11:40 am |
Numpang nanya Mas.. motor saya New Jupiter Mx 2012, kelistrikan DC, kalau Aki saya sudah 4.2 Ampere merk Motobat, berikut Kiprok sudah di ganti Kiprok BRT, lampu LED 3 titik, dan klakson Mx king.. masih perlukah pemasangan Elco..?
Karena sebelumnya aki yg saya pakai 3.5 ampere (standar bawaan..) rada tekor..
Klakson kayak cepirit nanggung, lampu sign rada genit.. antara mau dan tidak..
Terima kasih..
Btw harus di tambah 1 kabel lagi yaa di ( – ) ke rangka motor…? Untuk apa itu mas..?
Aero Spatiale said this on Agustus 14, 2016 pada 6:04 pm |
Om, klo Saya pke yg 80v 10.000uF. bisa gk ya..
Didi said this on Oktober 23, 2016 pada 9:47 am |
, kirim.in linknya dong mas
kepet said this on Desember 17, 2016 pada 8:44 am |
Pagi om.. Numpang tanaya.. Bs g elco ky gini di aplikasikan ke yamaha R25 atw Nmax..
Opan said this on Maret 21, 2017 pada 6:49 am |
bukana kallo kapasitor dipasang di aki motor kalo motor itu jarang dipakai bisa pengaruh ngedropnya aki tersebuk, krna capasitor ataw elko tersebut sistemnya klo dipasang diakib memakan setrum bisa mengakibatkan aki ngedrop itu kalo motor tersebut jarang dipakai karna elko itu ataw capasitor tersebut harus adanya setrum yang mengaliri aki ataw yang mengisi aki klo ga ada bisa bisa setrum aki tersebut bisa habis kemakan kapasitor tersebut, coba anda buktikan pasang seperti itu trus motor anda jangan anda hidupkan slama krang lbih 3 hari trus sesudah itu kapasitor lepas dari jalur aki dan hidupkan motor anda tanpa kapasitor pasti strumnya berkurang
ms iyan said this on Agustus 21, 2017 pada 5:16 pm |
Saya juga mau tanyak mas… ,hm, hm, jadi begini., saya juga mau pasan elco tapih dengan tambahan relay agar waktu motor tidak di pakai elco dan aki tidak terhubung dan juga sekalian kasi sakelar agar bisa di nonaktifkan saat siang hari,. Na… Yg jadi pertanyaan kaki negatif elco bagusnya di body atau di negatif aki??? Oh iya…juga Untuk cara saya pasan elco dengan relay dan sakelar apakah tidak ada masalah. Terimakasih sebelumnya
krisna said this on Januari 23, 2018 pada 8:17 pm |
om tanya om..
kalo elco 50v sama 16v mending dan bagus yg mana ya?
didik said this on April 6, 2018 pada 9:53 pm |
Volt menunjukkan batas maksimal tegangan yg tanggung/ simpan
Hourex150L said this on April 16, 2020 pada 7:19 pm |
Makasih infonya mas..
Rian said this on September 9, 2018 pada 1:42 am |
Inofatif.
Terima kasih atas pencerahannya.
Akan saya coba
masto said this on April 27, 2019 pada 12:26 pm |