PRILAKU MEKANIK Yang Bikin BIKERs AntiPati


Hallo Mas Bro – Diajeng Bikers semua,, kalo sebelumnya Saya Banyak posting tentang Motor, keknya tidak ada Salahnya sekarang gantian NGOMONGIN team Medice nya Motor.. Yaitu Para mekanik/ Bengkelers..

Semua ini hanya berdasarkan Pengalaman Pribadi Saya yang sudaah RESMI Menjadi seOrang Biker sejak tahun 1994,, dikarenakan motor pertama Saya yang merupakan pemberian Orang tua merupakan Motor second hand (yamaha Rx-Z’92) di tambah lagi usia Saya baru 15 tahun dan sekolah di SMEA.. hal tersebut membuat Saya harus sering-sering berurusan sama Mekanik Bengkel,, dari sejak itulah Saya banyak Menjumpai Karakter & Prilaku Mekanik Bengkel yang kadang bikin Jengkel..

Kemudian setelah DEWASA Saya bekerja di sebuah Perusahaan Perkebunan yang Mempunyai Banyak Cabang,, dan beberapa kali juga Saya di mutasikan ke daerah lain yang masih Satu Group.. Sebagai SeOrang Biker tentunya memerlukan Mekanik Bengkel,, baik untuk sekedar Sharing ataupun service rutin.. Dan hampir di setiap daerah yang saya tempati sudah Saya kunjungi Bengkel-bengkelnya,, sekedar cari Ilmu ataupun mencari Mekanik yang cocok..

Berikut beberapa Prilaku Mekanik Bengkel yang Membuat Saya Jengkel dan tidak bakalan mau untuk datang kembali..

1- Mekanik Banyak OMONG saat bekerja

Yaitu Mekanik yang Ngajak cerita Saya saat sedang bekerja dan menceritakan pengalaman-pengalamannya memperbaiki Motor tipe-tipe sport Premium..
sok ahli githuuuw,,:mrgreen:
*kata pepatah “Tong kosong Nyaring Bunyinya”..

2- Kurang Berempati

Sebagai Mekanik harusnya bisa bersikap lebih Bradehud dengan Bikers jadi seolah bisa memahami perasaan Bikers yang sedang susah karena Motornya Problem,, bukanya Malah sebaliknya.. Pernah dengar Mekanik ngomong ” waa dah hancur parah nii Mas,, di bagusi juga percuma”..
*Mekanik macam apa kek githuuuw

3- Suka Nganggurin Motor

Saat sedang bekerja(kerjaan masih berserak) malah minta sebatang Rokok dan Ngobrol sama Bikersnya,, sementra kerjaan ditinggalin begitu Saja..
*waa gak propesional nii

4- Tidak tepat Waktu

Pernah punya temen yang Motor honda tigernya turun mesin,, dari janjinya 3 hari selesai ini jadi 3 bulan lebih #Saya sampe capek ngantarin bolak-balik ke bengkel# padahal sudah di kasih DP Rp500 ribu.. mau di ambil lagi motornya DP hangus,,PAdahal butuh Pats apa saja langsung kami carikan..

*Mekanik Licik berakal bulus nii..

5 – Tidak menerapkan Garansi

Pernah Habis ganti CDI di sebuah bengkel baru di pake jalan sekilo dah mati lagi,, di bawa balik kebengkel ee di suruh beli lagi yang Baru..👿👿
*perlu di adikan ke LPKI niii

6 – Meremehkan Pasien / Bikers

Pernah Saat nungguin Motor di service,, datang Brade Biker (udah agak tua) dengan motor Tuanya di dorong ke bengkel.. tapi para mekaniknya kok cuek saja tidak di sambut ataupun di tanyai apa-apa,,
tidak ada Bradehudnya sama sekali..
*mekanik Matree kelaut ajee luuuw..

7 – Super pelit
Suatu saat pernah service shock beker depan (ganti seal + oli) ganti aki + bolham lampu utama dan ganti Oli + setel klep biaya total lebih Rp.200k #dulu sekali#,, saat itu ketahuan baut plat Nomor polisi lepas 1 (baut 10″) sekalian minta bautnya.. Eee suruh bayar Seribu lagi,, Edyian bukanya bonus malah di mahalin.. Padahal di tempat lain harga 1 baut cuma Rp,500 paling mahal..😯😯
*mekanik gak bisa PASEDULURAN niii..

8 – Cara kerjanya Sembrono dan Kasar dengan Motor

Sering kali melihat mekanik kebingungan mencari Baut yang kurang bahkan kadang malah Berlebih👿 ,, kadang sampai di rumah baut pada ilang karena kurang kuat saat nguncinya.. Dan yang lebih membuat Saya IlFil adalah penanganan Yang KASAR dengan Motor Kesayangan,, seperti menggunakan Peralatan seadanya#kadang main PAHAT# lalu Menggeber-geber Motor Sak PUOOL-PUOOLLe saat diam / netral..
* wong Motor di Rumah di elus-elus kok sampai di Bengkel di Perkosa,, yaa tidak Rela Thoo yaaa..

Dari berbagai Pengalaman Tersebut Membuat Saya lebih Percaya Diri dan Lebih Sreg men_SERVICE Motor kesayangan sendiri Dirumah,, di samping bisa sambil Belajar dan lebih MOTORiawi serta adanya peralatan (toolkitnya) yang Cukup juga Alhamdulillah Saya Memiliki BANYAK waktu LUANG..

Tapi bukan Berarti Saya Anti Dengan Mekanik Bengkel Lho,, karena Saya juga memiliki Mekanik Langganan yang bisa di ajak Sharing Namun skill dan cara kerjanya BERSIH dari beberapa yang Saya sebutkan Di Atas.. Yaitu di sebuah Bengkel di Rimbo Bujang Unit -2 dan satu lagi di Unit-5 #Bukan Promosi lho😀

Tetep sehat – Tetep Semangat agar kita terus dapat Gaasss Puoooll dan service ringan tunggangan sendiri,,

HEMATT BEIIEBB..😀😀

Kip Bradehud en PISS..

~ oleh Hourex150L pada Oktober 5, 2011.

61 Tanggapan to “PRILAKU MEKANIK Yang Bikin BIKERs AntiPati”

  1. Pernah ngalamin juga, servis tambah ora penak..

  2. sudah pernah juga…. sampe nemuin yg cocok

  3. Mungkin mekanik dari Rimbo BujangGadih(BG) bisa membantu…xixixixi

  4. point terakhir sering ngalamin oom😈

  5. Benar banget nih pengalamannya seperti saya juga 90-an akhir setelah banyak belajar akhirnya ilmunya da lumayan sampai skarang sudah punya bengkel sendiri ,mantap benget ulasannya ..

  6. rame juga dimari

  7. mastere skips di rimbo bujang. 2 jempol lah

  8. saya tambahin
    ~mekanik korup~
    cerita teman servis dibengkel pinggir jalan,shogun kebo.cdi shindengen ori miliknya ditukar sama cdi abal2,baru ketahuan saat servis dibengkel langganan karena mogok,mekanik teman dan juga tetangga bilang cdinya jelekk dan bukan ori lagi..padahal yang punya beli motor dari baru gak pernah ngorek2 tu cdi

  9. Memang terkadang jd dilema , tp kita jng apriori dl . . . Kalau ane pribadi ya ke bengkel langganan yg sdh kita kenal dan bisa dipercaya kehandalanya

  10. nyervis ke bengkel2 besar yg lumayan punya nama,eh malah cocoknya sama bengkel kecil yg nyambi nambal ban deket kost2an.

  11. sesuk gledeknaku sampeyan servis yo maz?😀

  12. fu dan hayate biasa ke bengkel langganan. tapi yang crystal, nggak rela kalo harus diobok-obok orang lain. bongkar pasang sendiri

  13. mekanik tergantung mood., ngerjainnya kalo lagi mood ajah… biasanya malem2 sampe lupa waktu… ini tipikal mekanik mongtor tua… kerjanya nggak mau diburu2… sak geleme dewe… kalo hasil kerjanya bagus rapi gpp…. tp kalo ngerjainnya mlm2 cuman bwt nyari kesempatan tuker2 part… ya apesssssssss sama kayak contoh2 diatas….
    satu lg, mekanik part time… kayak yg punya blog.. xixixixixi… slm kenal masbro… sama2 naik kawasaki, cuman mongtor saya dah discontinu 26 thn yg lalu… xixixixixi

  14. Betul banget pakbro hourex
    Klo bisa mending service sendiri

    Mekanik sekarang pikiran ny sempit
    (Motor-motor orang bukan motor gw, asal aja lahhh)

  15. ya mirip kaya kamu itu, pikiran sempit, suka nuduh orang tanpa bukti,wkwkwke

  16. setuju sekali sama point2 diatas dan kalau bisa servis sendiri kenapa enggak?

  17. Ane jga pernah ngalamin tuh.😦

  18. pokokmen
    hancuuuuuuuuuuuurrrrrrrrrrrrrkkkkkkkkkkkaaaaaaaaaaaaannnnnnnnnnnnnnn

  19. mekanik yang ngeyelan mazbro…gapleki tenan

    http://setia1heri.wordpress.com/2011/10/06/dasar-maling…p…rahpun-diembat/

  20. nice artikel masbro..kyknya hampir semua pernah ngalamin..

    nitip masbro
    permasalahan 3S untuk pemain baru
    http://boerhunt.wordpress.com/2011/10/06/3s-membangun-bengkel-itu-relatif-mudah-tetapi-sdm-sumber-daya-manusia/

  21. BENER BANGET TUH, TERUTAMA MEKANIK YG KITA DATENG KE BENGKELNYA DICUEKIN, ANE GAK MINAT BLAS..

  22. Kalo di mobil lebih nggilani lagi mas, kalo service saya sukanya bengkel resmi tapi semenjak saya ngerasa dibohongi saya jadi agak males kesana. gini ceritane :waktu servis montir bilang kampas rem depan habis sambil kasih liat kampas rem yang tipis tapi bersih.
    yo wes berhubung dia bilang masih bisa tahan 3 bulan yo saya pending dulu. Iseng2 saya beli kampas rem diluar lalu saya suruh montir pinggir jalan buat ganti itu kampas rem eh, ternyata itu kampas rem di mobil masih tebel tapi kotor kepalang tanggung saya suruh ganti dengan yang baru, cuma yg jadi pertanyaan koq bisa yah kampas masih tebel dibilang sudah tipis? maksute opo yo? trus kampas rem yang dikasi tunjuk ke saya kok laen dgn yg di mobil? bisa jelasin mas?
    Bonus : Seorang biker terlihat sedang memasuki sebuah bengkel kecil sambil mendorong motornya. karena bengkel sedang ramai maka dicoleklah seorang mekanik cilik yang kelihatannya ga terlalu sibuk “dek, motor saya mogok nih, bisa tolong di cek..”
    sambil berlaga mekanik pro dia mulai cek-cek tapi aneh koq yg diliat malah motornya bukan mesinnya. Lalu dengan senyum si mekanik cilik berkata “mungkin spionnya kotor om…”
    Biker : @#$^%#%^%^*^&(% wkwkwkwkwk….

  23. wah senengnya ya kang, bisa mbongkar pasang sendiri, ndak ngrepotin dan hemat biaya😀

  24. Sampean bener mas, kalau bisa ngutak-atik sendiri kenapa tidak dilakuin, toh sekalian juga biar kenal lebih intim dengan tunggangan. Jadi kalo dijalan tiba2 rewel kita sudah ndak terlalu panik dan tahu trouble shotingnya.

  25. tambahan…..pernah temen ane servis di beres….pas nyampe rumah baru ketahuan baut2 orinya banyak yg diganti sm yg lokal.
    lain lagi….motor ane pas olinya dicek bau bensin. dan pas digas knalpot bau bensin juga……eehh….disurh turun mesin ganti seher dan ringnya……(bukannya klep?).

  26. hmmm….motor saya sering digeber2 pas servis rutin😦

    katanya biar kotorannya keluar, lain kali saya minta aja deh, biar gak gt lagi…..

    BTW:selain curhatan saya, mekanik beres yg saya langgani bagus kerjanya. Pas ganti oli jg, dia nurut aja pas saya bilang gak mau nyemprot daleman mesin pake kompresor (buat bershin oli lama biasanya, cara ngaco ini). Malah dia bilang, klo harusnya memang gak disemprot (trus dia nanya, tau gak kenapa gak boleh, pas saya bilang bikin karat di mesin, dia senyum sambil angguk2:mrgreen: ). Jd khusus motor saya, dia udah hapal dan gak pake nyemprot2, xixixi:mrgreen:

  27. temen pernah cerita pengalaman ngga enak dengan mekanik. temen ane ke bengkel buat ganti prodo kopling. begitu habis diganti prodo koplingnya malah oli jadi rembes temen ane tanya kok olinya rembes, mekaniknya bilang itu biasa. berhubung temen ane orangnya rada2 brangasan langsung tuh mekanik dibentak n disuruh benerin lagi.

  28. setuju, serpis dewe malah amana

  29. podo cak kro aq,tak tak betulin klo msh 60% ae hehehehehehe………

  30. ane juga pernah sevice di sindikat motor dekat buaran kuburan situ. pada saat itu ane minta betulin cakram motor belakang ane. tapi hasilnya mengecewakan spt sensor lampu rem belakang saya mati. ane lsg bilang bagaimana mati pada saat masuk bengkel ini hidup dan sistem nya magnet. terus dibilang magnet nya lemah, lsg ane bantah lagi. kalau lemah berarti kalau ditempel harus hidup, tapi di tempel tetap mati. terus mekanik janjinya mau diganti yg ada di rumah nya ada stock bekas. masalah sindikat motor saat itu ane iklas, tapi pada saat datang keesokan harinya, eh malah kekurangan sekitar ceban yg ditagih, tapi pr lampu rem ane blm benar.soalnya ane tahu ini pasti, krn pada saat ngelas, magnet tdk dilepas, krn dpt aliran listrik, maka magnet remnya mati, ane kesal bgt, lsg ane ganti pakai suit di rumah pakai motor yamaha, keesokan harinya lagi ane dtg, ane dicuekin mekanik ama yg punyanya. ane kesal lsg ane tinggal nya aja itu sindikat motor. krn sering kecewa, maka ane sudah tdk pernah lagi service di bengkel, ane baru beli motor vixion, tdk pernah serivce di dealer cuman sekali saja, cuman mau ngambil olinya, setelah itu ane tdk iklas motor ane dipegang mekanik siapapun kecuali yg benar2 berkualitas, bukan sombong seperti owner sindikat motor ama mekaniknya😦

  31. Saya pernah mz kerja dibangko,tp iya mz mekanik sana emang cuek ama pelanggan,sok jago,,,,

Tinggalkan Balasan

 
