Setelan Angin Karburator Kawasaki Ninja R


Sebelumnya permisi dulu pada para Senior & Suhu Otomotif sekalian,, disini Saya cuma sekedar ingin Share pengalaman saja.. # mohon koreksinya jika ada kesalahan # PISS.. 😀

Pada dasarnya cara setting angin pada karburator Motor sama saja antara jenis motor apapun,, mau Motor bermesin 2 tak ataupun 4 tak.. Karena fungsi karburatornya juga Sama,, yaitu memberikan suplai Bahan Bakar (BB) dan Oksigen (O2) sesuai daya bakar optimal Mesin yang menurut beberapa teori berkisar antara 1 : 13 – 15 atau 1 titik Oktan BB : 13 – 15 titik Oksigen.. Ada juga yang menyebutkan AFR (Air Fuel Rasio) Idealnya berada pada titik 1 : 14,7,, Dan tugas Karburatorlah Memberikan Suplai AFR Ideal ini kepada Mesin.. sedangkan Kebutuhan asupan BB + O2 pada mesin berbeda di setiap RPM,, maka komponen karburator sendiri terdiri dari part -part yang adjustable alias bisa di setting untuk menghasikan suplai ideal.. Salah satunya adalah Air Screw (baut setelan Angin) yang biasanya berada di mulut ventury,, walau ada juga yang berada di dekat intek manipol seperti pada karbu GL series..

Cara men setting Air Screw (setelan Angin) pada setiap Motor ber karburatorpun pada dasarnya juga sama,, yaitu mencari RPM tertinggi sebagai pedoman pasokan BB + O2 sudah Ideal..
Hidupkan motor beberapa saat untuk dipanaskan dulu,, setelah putaran langsam / stasioner nya Stabil putar ke Kanan (Tutup) Air Screw/ setelan angin hingga mentok (ada baiknya naikan sedikit @RPM stasionernya agar mesin tidak mati) kemudian mulailah putar ke Kiri (buka) perlahan -lahan sampai ketemu putaran mesin (RPM) tertinggi.. Untuk lebih pastinya lagi boleh di ulang-ulang prosesnya,, kareana pada RPM tertinggi tersebutlah berarti Oksigen yang masuk SUDAH sesuai dengan kebutuhan pembakaran Mesin..

Proses Pembakaran yang tepat Campuran BB + O2 (AFR) “biasanya” di tandai dengan warna anoda Busi yang coklat kemerahan..

*walao bagi Saya warna busi saja belum cukup jadi pedoman,, melainkan harus didukung dengan laju Motor yang terasa bertenaga dari bawah hingga atas tanpa ada gejala “Brebet & Ngempos” #

Adapun putaran Ideal Dari setelan angin sendiri antara 2 – 3 putaran kekiri dari mentok kekanan,, apabila rpm tertinggi berada di bawah 2 putaran itu berarti pilot jet (PJ) / slow jet nya minta naik (kekecilan) dan sebaliknya bila Rpm tertinggi mesin di dapat lewat dari 3 kali putaran pertanda PJnya kebesaran.. Hal ini juga berlaku pada Motor Ber “Karburator” yang masih Standard -ting ting- maupun yang masih baru sekalipun,, karena tidak setiap mesin yang sama kebutuhan suplai/ setelannya juga sama.. Buktinya banyak kita jumpai bahwa Motor si A lebih kencang larinya daripada Motor si B,, padahal keduanya memakai tipe Motor yang Sama, sama-sama masih standard dan usia pakainyapun sama (sama-sama baru) bahkan Warna dan Stripingnyapun Sama # 😀 😀 lebay # tapi kemampuan mesin motor mereka berbeda.. Mungkin dikarenakan setingan pabrikan motor si A lebih tepat di banding motor si B,, walau hanya sebagian kecil saja..

Semoga ada Mamfaatnya,, Kip Bradehud en PISS.n koreksinya jika ada kesalahan # PISS.. 😀

.

~ oleh Hourex150L pada Oktober 1, 2011.

143 Tanggapan to “Setelan Angin Karburator Kawasaki Ninja R”

  1. isuk-isuk sarapan karbu..hehehe..

  2. asekkk, pusingg

  3. padium

  4. RPM tertinggi maksute di gas mentok mas??

  5. ora ngeh 🙂

  6. Mas 1 putaran itu 180 derajat kan…?sy pny motor lbh dr 3 putaran bru putaran mesin tinggi…brt pj nya kebesaran ya…mkanya ko businya hitam…

  7. saya gk pernah dapat merah bata 😦

    http://extraordinaryperson.wordpress.com/

  8. Oo bunder ternyata…..
    Siip infonya…

  9. om, klo warna busi abu2 gimana, bagus ga?

  10. raeneng karburatore.

  11. kang motorku di rpm 7000 kq mbrebet yo ..kyak kempos gto ..truz asepx banyak,,,tpi klu sbelumx tak panasin dlu sampe superkipx mbuka kq enggak. . .biasax terjadi paz motor gak dpake agak lama, , ,
    penyebabx apa yo kang bro..superkipx ato emang harus ngubah pj/mj nya?
    Matursuukuuun…

    • biasanya kek gitu “tanda” campuran bb + O2 nya di seting basah / boros Mas,, coba buka businya (biasanya berwarna hitam)..

      *untuk setingan basah/boros proses “warming Up”nya butuh lebih lama Mas..

  12. waahhh…nambah ilmu lagi nii…!!!baca lagi deh biar tambah pinter… :mrgreen:

  13. kudu disetel nggih kang? khawatir masuk angin… PISSS hehehe

  14. siippp

  15. Matuuurrsuwuun kang. .tpi klu diseting basah gto . .seharusx paz dstater dpagi hari langsung isok jreng yow kang???

  16. sip mas ilmune

  17. Sipp Bro Ane paham skr. BTW klo knalpot standard setelanya basah ad pengaruhnya ap gak Bro?

  18. Mas Hourex kulo bade tanglet malih>>>>>>>”Ninin kulo standart top speed 140kpj, tp pas masuk gigi 4 bade kulo geber kok brebet mas gih??mohon ILMune MALIH Mas Hourex…Ngapuntenipun Ngrepoti Panjenengan,,,,,Salam Ninja Hattory,,,,

    • kalo semuanya standard,, pastikan mesin sudah cukup suhu idealnya.. Tapi masih brebet keknya setelan anginnya kekecilan Mas,, coba besarkan lagi (putar ke kiri) setelan anginnya sekitar 1 putaran..

  19. saya punya kawasaki ninja r 150 th 2006 karbux slalu banjir sdh disetting ttp aja, tlng dong solusinxa

  20. Numpang tanya bos…
    ninin ane udah merah bata businya,, PJ dan MJ standar ting ting,,hehehe
    setelan angin 1,5. perubahan hanya senalpot racing ama busi racing..
    tapi kenapa ya dari gigi 5 mentok 170 pindah gigi 6 trus tenaga gak ngisi lagi..??
    mohon pencerahanya.. makasih

  21. Bos suara mesin ninja ngorok..itu knp??apa seting karbunya blm pas…itu kekeringan pa basah…?bos tau g PJ standar kehin pwl 26 ninja R v M thn 2008 brp…?soalx sy pny Pj 55.mkn trll basah….sy bli motor bks…!

    • pake filter udara gak..?? Coba liat busa di box filternya ada nggak mas..

      Klo settingan basah /kering liat saja warna businya,, atau biasanya kalo basah brebet saat di tarik gas.. Dan kalo kering biasanya Ngempos saat di tarik gasnya..

      • mas kenapa ya motor saya air radiatornya tercampur oli ??? ad masalah gak sma mesinnya sma , mesinnya morok kalo saya bawak santai…???

        balas

      • Sama punya saya juga kalo di tarik langsung ngook di paksain malah mati mesinnya… Itu kenapa ya mas.

  22. permisi om, motor saya ninja rr 2008, saya mau ganti cdi sama kuil racing, tapi mesin standar cuman kenalpot pake cms, tolong sarannya yang cocok pake cdi dan kuil apa om. oh ya om 1 lagi, kalau mau rubah PJ dan MJ ukuran berapa ya om yang pas dengan mesin standar. terimakasih om

  23. Mas Bro…anE juga lg pusing tolong bantuannya…Motor Vega ane susah hidup…hrs digas ful ru mw hidup mtrnya tp brebet…cek busi warnanya hitm dah stel angin tetep…

  24. makasih ka pngetahuan y…..heheh

  25. thankz br0w artikel nya

  26. oli mesin yang bagus buat perlindungan mesinnya apaya bro…?
    dan setelan angin buat knalpot r9 brapa putaran bagusnya bro..?

  27. kang mas mau nanya saya…seminggu ini motor saya tepatnya ninja R 2011 klo dibetot rpm tinggi langsung mbrebet…otomatis saya diharuskan ganti gigi..
    semakin gede gigi rpm nya pun semakin maju letak mbrebetnya…
    gigi 2 9-10 dah mbrebet,3 8 udah,4 7 udah mbrebet….
    klo baca2 permasalahan diatas apa cuman setingan angin nya yg salah..?? soalnya g ngrubah2 settinganya aku, cuman emang jarang servis,cuman ganti oli transmisi terakhir…

  28. help mee…..

  29. apa gk masalah klaw kips ninja itu d naikkan 1 kli dr titik top.y???

  30. Siipp•

  31. gan kalo motor ninja di bawa ngebut tiba2 mesinnya mati knp ya gan !
    mohon ilmunya gan !

  32. bos PJ & MJ setandarna karburator ninja pwl 26 berape she?

  33. mas motor ku kawasaki ninja kok kalau lebih dari satu putaran aja kok udah ngempos yah jadinya apa yg salah tuh.

  34. mas hourex,klo di rpm bawah ada suara “nging” tapi suara tsb agak samar…. Itu kenapa ya?

  35. mas saya mau nanya, saya pakai ninja rr 2011 rpm 10 ribu gigi 3 mrebet setelan oli samping uda di borosin sedikit karbu pun sudah di servis, kenapa ya? terima kasih.

  36. iya mas ternyata belum panas langsung saya geber…. terima kasih mas.

  37. mas mau nanya lgi dong, motor saya kok cepat banget ya businya mati belum ada 500 kilo udah mati dan warnanya hitam gosong apa karena oli sampingnya diborosin
    atau setelan karbunya yang kurang pas, motornya masih standar abis. terima kasih….

    • busi cepat mati “biasanya” disebabkan pembakaran yg tidak sempurna, dan penyebabnya bisa setelan Oli yang terlalu boros (berkerak) atau setelan karbu yang terlalu Basah (boros) juga..

      *warna busi hitam tanda terlalu Boros,, karena idealnya kepala busi berwarna Coklat muda(2t) /kemerahan (4t)..

  38. ok deh mas terima kasih banyak ni atas pencerahannya, maklum masih buta sama ni motor..

  39. numpang tanya mas..
    saya baru copot HSAS ninja rr..
    itu ngaruh kmn aja ya kira2..?
    kalo mesin dingin. uda agak lama dipanasin. pas gigi 1 mau mulai jalan kok gas-nya kyk kosong jd kadang mati. kyk baru belajar kopling..
    hehe..

  40. mas sy mau nanya lagi ni tapi seputar ban bolehya.. kan di velg ninja ada timah balancingnya tuh, nah saya rencana mau ganti ban kan timahnya harus diganti ( di balancing lagi ) biar seimbang lagi nah ngebalancenya di mana ya mas? apa bisa di bengkel ban mobil..? terima kasih mas.

  41. Karet yg mncegah kbnjiran d karbu nmaNya Ventilator,,,

  42. mas… mw numpang nax ni…. ak punyan ninja 97” knpa yeah mas klw mesinx udah panas agak mlas bunyi… klw dingin 1x stater lansung bunyi……

  43. mas… mw numpang nax ni…. ak punyan ninja 97” knpa yeah mas klw mesinx udah panas agak mlas bunyi… klw dingin 1x stater lansung bunyi……

  44. mas klo ninja R150 pake busi vespa bagus g y?

  45. Askum wr.wb
    mas saya mau tanya. Kenapa ya motor saya pas gas kecil suka nembak2 dem dem dem…pj dah saya naikin 1setep mas. Busi juga dah berwana coklat bata…kira2 penyebab’a apa ya mas nembak2 dem dem. Saya juga mau tanya mas, ko kips saya sering bgt macet ya, pdahal baru 1 minggu yg lalu saya bersihkan.
    Mohon penjelasan’a mas. Trimahasih

  46. Setelan angin sudah saya tutup mas/saya putar ke kiri sampai gak langsam. Oli sudah saya borosin mas. Mksh

  47. Tapi tetep aja nembak saat gas kecil, oli jg dah saya borosin, kips tetap aja nyangkut

  48. coba cek selang & tabung Risnya,, biasanya nembak-nembak jg bs akibat adanya kebocoran di area Intek manipol..

    Klo tetep “rajin”nyangkut skipsnya,, cb saat service superkips bukan cuma Valvenya yg di bersihkan tapi jg Lubang portnya jg dan pastikan tidak ada cacat di liang valve yg dpt mengakibatkan Valve macet..

  49. Mas mau tanya!klo stelan mtr sport itukan di dekat manifold,trus itukan yang di stell, udah bhn bakar dan udara langsung!trus klo yang bebek biasa itukan yang di stel anginya yg blum tercampur dngn bensin jadi klo diputar kekanan jadi lebih kaya campuranya soalnya campuran udaranya lebih sedikit.lha pertanyaanya klo sport diputar kekanan jdì lebih miskin apa kaya?kan yang di stell udah bahan bakar plus udara langsung.
    MAKASIH MAS…..itu aj,mhon penjelasanya

  50. BOS ANE MINTA TTOLONG NIH BAGAI MANA CARANYA MELEPAS TANKKI NINJA RR ???? DAN CARA SERVICE KARBURATOR +SARINGAN UDARANYA??? AGAR BENSIN TIDAK BOCOR LEWAT SELANG SAAT DI LEPAS CARANYA GMN YAH???

  51. SEBELUMNYA SAYA TERIMAKASIH NIH LIAT BLOG ENTE BANG SAYA JD BISA BERSIHKAN KIPS SENDIRI….

  52. Bang mO tan’y ne,knpa Ninja Q klo langsung beset kO ngepos pdhal baru gi” 2….thnks

  53. Mas saya mau tanya kenapa mtor ninja saya saat di hidupkan bergetar jadi ta nyaman di pake?itu apanya yang rusak ya??mohon di jawab

  54. mas mohon pencerahan…. 1 putaran itu 180 derajat atau 360 derajat…thank bro

  55. Mas klo karbu udah dibubut venturynya jadi29 gmna cara setting’y biar bsa langsam n apa yg harus dicek & diganti tolong pencerahan’y yua mas boz..

  56. klo pke yang standard udh beberapa kli seting jarum skep n air screw’y mas tp tetep ja ga bsa langsam enak kdengeran basah tp ga ada lari’y mas,..apa sya harus naikin pilot ma main’y ya mas..???klo filter karbu’y jd pengaruh ga mas coz sya ga psang..mkasih ya mas tuk info’y

  57. itu sich blum pasti mas trgantung prmntaan mesin,,,c

  58. Mas bro suhu…sya punya ninja 97,karbu pe 26,mau tanya jarak standar pelampung karbunya berapa dan diukur darimana sampai mana.?pliz…trima kasih…

  59. Salam kenal bang guru, ane punya ninja 150 r taun 2007 no skips dll msin pake 1827 karbu pwl 26 venturi 28, ane pake pj 45 busa filter ada tp udah diotak-atik jetting masih ngorok. Mohon pertolongannya bang guru. Thanx

  60. salam knal abang guru, motor ane ngorok knape ye? info : busa filter ada, karbu pwl 26 venturi 28, pj 45 (pj gede berebet+ngorok pula pj kcil kosong+ngorok) mj 138, mesin 1827 no skips, no kiss,busi coklat terang,knalpot aftermarket & motor ninja 150 r taon 2007. mohon pertolongannya abang guru…..sekarat.com. thanx

    • NGOROK..???!!! Tidur Maksudnya…???!!! 😀

      Ngorok dari box filternya Mas..??? Klo iya bisa jadi karena karet inlet didalam box yg di copot,, coba pasang lagi karet di lobang Inlet box filter bagian atasnya #bisa lihat box filter ninja yg masih std#

  61. mas bro.. itu gambar busi diatas, pinggiran businya emang harus hitam ya.. soalnya pinggiran/lingkaran luar busi ane kok bersih-bersih aja, gak hitam seperti punya mas?? mohon penjelasannya.. apakah itu tandanya PJ ane minta naik??

  62. mas bro mau nanya nc.. tlg bantu ya.. 😀 ,, eh ya kmren2 mtr ninin q di servis di bengkel resmi kawasaki untuk yg k 2 x masih servis gratis.. tp knapa ya pulangnya mtr jd brebet pas di rpm atas kyk gk ada tenaga.. berhubung tmpat servis jauh jd saya tanya lwat sms, katanya mekaniknya coba ganti busi mas.. tp blm saya ganti, cz saya pikir baru 3 bulan masa udah diganti.. nah td pas mau kepasar sesudah lewat lampu merah eh mtr nya gk ada tenaga, malah mati.. dihidupin gk mau lg.. jd terpaksa ganti busi.. gini mas bro yg mau saya tanya kq businya cpat mati knapa y mas??? (kepala busi nya td abis diganti warna y item mas).. gimana solusi nya mohon pencerahan nya..maaf ceritanya kepanjangan.. :D.. terima kasih sebelumnya…

    • ada ‘kemungkinan’ setelan oli samping di borosin sama mekanik beresnya Mas,, kemungkinan saja lhoo..

      *busi motor saya dah 3 tahun masih bagus tu..

      • tp mas sebelumnya saya udh suruh cek, cz olsam nya 1 botol cuma 2 minggu ,, jd pas di cek katanya stelan olsam nya udh pas (normal).. knapa bisa gt ya mas…?? apakah dgn udh ganti busi baru masih akan mengalami hal yg sama (mtr mogok) ?? apa ad yg harus di stel / servise.. cz saya kebingungan mas.. apa perlu PJ, MJ nya dinaikin atau sbaliknya???? mhon pencerahannya…trima kasih byk atas bantuanya mas…

  63. Mas,rr saya pagi,knapa langsam tinggi banget Ƴɑ̤̥̈̊ªªªª☺♡̬̩̃̊☺,sampe rpm 3000,tpi klo da panas Gªª>:/ tinggi mas,jdi pd waktu pagi klo langsam nya direndahkan,klo uda panas,malah mati2 neh,,,skrg pake pe 28,pj 58 mj 150,posisi klip dtengah,putaran air screw 1,5 άĴά….padahal klo uda panas trasa basah tuh bawah nya,tpi klo pagi kayak kering(klo mesin uda dingin slalu tinggi langsamnya begitu dihidupkan)…saya sampe pening ini mas,dikasi pj 52 mesin cepat panas,,pake pj 58 άĴά klo jalan agak macet,agak cpat juga naik suhu mesinnya…kira2 gmn pendpt mas dgn masalah yg saya alami?thx mas babab

  64. mass mau tanya ni rr saya bru 1 bulan ni,,setelah servis kedua malah jd gak lembut jalan nya ngempos,udah tarik gas tp lari nya kaga ada. saya tanya lg ke mekanik nya dibilang inilah ninja,tp jelas sblum nya ga ngempos,,mhn pendapat nya ya mas

  65. Mas motor saya ko langsam.y naik turun saya pake karbu pe 28 motor saya satria fu

  66. mas sy mau tanya motor sy ninja rr, kok businya selalu basah n hitam? baru beberapa minggu harus ganti busi. motor suka brepet/ tsendat2 trus mogok. sy ganti businya motor jalan lancar lg. takut motornya mogok lg mas, ganti busi udh 2 kali. motor sy knapa ya mas? harus di servis/setting apanya? thnks mas..

  67. Mas sy pake ninin r karbu standar pwl 26,pj 48 mj 135,knalpot racing yoshimura( katanya sih jelek),putaran bawah brebet sampe rpm 6000, tp klo rpm 7000 ke atas sampe 11000 lebih kaya yg pake nos gt,mo terbang aja tuh si ninin,knp ya bisa brebet di bawah,pernah diturunin pj 45 sama aja brebet di putaran bawah,

  68. mas, mau nanya neeh …
    kalo super kips sering macet dan dalemannya kotor padahal oli samping masih standar dan busi juga keadaan standar itu kenapa ya ???
    soalnya kalo dipake sampe RPM 7000 bisa buka, tapi setelah itu ga mau nutup lagi kalo pas jalan pelan …

    tolong kasih solusi mas …

  69. rpm cepet teriak knapa ya mas ?? prasaan motor kaya ngeden, padahal blm lama gnti kanvas kopling, stelan angin 1,5 puteran, suwun infone 🙂

  70. mas bro sya mo tanya, sya pke ninin 150r karbu standar pwl 26, pj 48 mj 142 knalpot dbs lokal putaran bawah brebet sya tarik smpe rpm 7000 brebet jdi berkurang, tapi mesin jdi mlempem, sya cek kpala busi hitam. mohon bantuanya mas bro untuk settingan agar kpala busi warna merah bata. trm ksh mas bro

  71. mas bro sya mo tanya, sya pke ninin 150r baru 3 bln karbu standar pj 45 dan mj 142 knalpot dbs lokal, putaran bawah brebet smpe 6000 rpm, sya tarik diatas 6000rpm brebet jdi berkurang tapi mesin jadi mlepem , sya cek busi warnanya hitam, mohon bantuanya mas bro agar busi jdi merah bata. trm ksh mas bro

  72. mas sy pake ninin r karbu standar pwl 26,pj 48 mj 142,knalpot racing dbs lokal,putaran bawah brebet sampe rpm 6000, tp klo d geber di atas rpm 7000 brebet jdi berkurang n mesin jadi berasa mlempem, putaran air srew tida sampe 1,5 atau 1 3/4, biar busi warna merah bata gmn y mas

    • Buat yg udah make knalpot racing/bobokan dan mau setting karbu ninja r, sediain aja pj ukuran 48, 50, 52, pj nya sediain ukuran 148,150,152, karna kebutuhan mesin beda-beda, bisa di jajal jajal sendiri dengan ukuran di atas,.. semua harus experimen, misal jajal pake pj mj 48/150 atau 48/152, sambil di rasa rasa enak… Jika sudah dirasa tarikan bawah, tengah, dan atas terasa enak, coba liat warna busi, idealnya warna busi merah bata!! Selamat ber experimen,, salam 2stroke brader!!😁😁😁

      • Kok masih kurang gres larinya ya…rpm 7000an kok masih agak brebet.
        ..kenalpot recing,Ninja ss
        ..Karbu standar keihin26 Pj45 Mj142
        ..bkaan angin 1 putran setengah lebih
        dikit ( ga nyampe 2 putran).

  73. numpang nanya gan bohlamp rr yang ori brpa ya ada yang tau ga,, trim..

  74. Om klo karbuny telat blk knp tuh?pdhl ga da yg nyangkut

  75. Mas mau nanya mtor ku hsas e muni kyok ngempos ngpo yo mas?maklum jek tas ndwe ninin mas,mohon pnjelasne.

  76. tanya bos..motor gue susah hidup nya bos..tp setelah hidup n langsam nya g stabil dan suara motor sepeti chok terangkat..tetapi setelah rpm dinaikan suara motor stabil lg..padahal Pj nya masih standar bos..kira2 apanya bos

  77. makasi banyak ilmunya mas bro.barusan saya stel karbu saya,setelah di test mbrebetnya ilang.maklum baru kenalan ama si paijo 3 bulan.

  78. bang saya mau nanya kiss pada blok 1827 saya longgar kalo di nyalain pasti keluar asap dari kis itu gimana ya memperbaikinya

  79. motor ninja R saya keborosan oli, padahal setelan oli standar,mohon pencerahannya, terima kasih

  80. Nice info…, Om hourex klo warna anoda businya setengah merah bata tapi setengahnya lgi item itu berarti knpa yaa ?, ane pake Ninja N (SS), PWL26 Knalpot CMS, PJ/MJ 50/138. Tapi tarikan atas bawahnya OK sih. Thanks…

  81. Mantapssss..

  82. Masbro mw nanya. Rr saya thn 2013 bln 10 sehabis servis businya diganti NGK BP8es. Trus setingan angin karbu 1,5 putaran kekiri. Tp lo jalan pelan brebet to ninin. Smua stantar ting ting. Mohon pencerahanya. Pdhal sblum servis jos to ninin

  83. Bro hourex , klo arah buka busi ninja R searah jarum jam ato sbaliknya?

  84. Mas bro ane mau tnyk..
    Punya ane ninja ss 2012..
    pj/mj pas buat knlpot r9 brpa y maz bro??
    Trus tarikan bawah sama atas brebet parah..
    kyak bukan ninja ni mtor ane..
    ampe stres mkirin ninin ane gan..
    tolong di bantu suhu2 skalian..

  85. Bang hourex minta bntuannya..
    boleh mnta no hp gak..
    ni ninin ane lgi rewel berat..
    ampe bingung..
    pke klnpot r9..
    pj mj udh di nsikin..
    masih ja brebet parah..

  86. aasss,, saya punya mtor ninja r…. udah 5 kali ganti busi, mati trus busi ny!! minta bantuan ny pak bozz, masalah ny apa ya????

  87. motor ku ninja r mas kenalpot recing kalu uda dingin ataw pagi di hidupin agak ngebeb kenapa itu maas yaah…?
    tolong bagih saran nya mas

  88. klo putaran air screw itu di putar kekiri kurang dari 2 putaran boros atau irit (karbu standar) ?

  89. Mas… Terimakasih infonya… Sya mau tanya ni mas… Ninja saya kalo buat pelan kok brebet… Jd ga nyaman buat jalan santai.. Tp kalo di geber sama sekali ga brebet dan tenaganya joss. Itu kenapa ya mas… Kadang kan kita juga pengen pelan pelan kalo berkendara sama ortu.. Tp kok brebet kalo pelan.. Mohon pencerahannya gann..

  90. Gan motor saya ninja vr 150
    Masalah nya brebet selalu di rmp 6000-7000 kayayang ngorok. ( gass di tahan di stengah grip ) tapi kalo gas di plintir full breber/ngorok nya ilang. Tapi efek Yang tibul suara kaya benturan logam. Mohon solusinya gan. Kalo boleh saya minta kontak biar bisa tanya tanya langsung.. ty.

  91. saya mau tanya dong om…kenapa ya motor saya kalo di gass sampe full tiba tiba mati kaya bensin yg ada di karburator itu habis…tapi didiamkan beberapa saat normal lagii??

  92. Mas saya mau nanya .
    Motor saya ninja r .
    Saya pake karbu pe 28 . Knalpor racing wrc .
    Knapa ditarikan awalnya motor ngorok ya mas ?
    Karbu pake filter dan busa filternya baru saya ganti .
    Kira kira apanya ya mas ?
    Dan pj dan mj yg pas untuk karbu pe 28 untuk ninja r kira kira ukuran berapa ?
    Terima kasih

  93. mas mohon pencerahan nya,motor ninja ss uda 1 thn gk di pake,,kok oli samping nya bs habis dgn sendiri nya,,,trus saya isi lgi oli samping orange,sya idupkn nih motor kok dari knalpot keluar bnyk oli dan bau asap nya, mas kira2 ada kendala dimana ya??

Tinggalkan Balasan ke Budy Vocer Batalkan balasan