Bawa Senjata Tajam


Lain ladang lain Belalang,, begitu lah ungkapan pepatah yang dulu sering Saya dengan ketika masih duduk di Bangku Sekolahan.. Kemarin di bulan puasa Saya melihat berita di TV swasta bahwa oramg yang Membawa Senjam ( senjata tajam ) di Razia / ditangkap di sebuah Operasi untuk menjaring Preman di tempat tempat Umum,, jadi membawa Senjam Identik dengan Preman..
Tapi lain Halnya dengan Masyarakat di daerah-daerah seperti di Sumatra misalnya, khususnya daerah Jambi dan Sumatra Selatan,, karena membawa Pisau / tujah sudah seperti membawa Rokok bagi Kaum Prianya.. Bahkan bagi Perantau dari daerah tersebut (Jambi / Palembang) biasanya tetap Menyelipkan Pisau di dalam bajunya Kemanapun Ia Pergi,, dan di perantauan Ia bakalan lebih percaya dengan ketajaman Pisaunya dari pada Sahabat dekatnya sendiri..

Begitu juga dengan daerah / tempat Saya Merantau Saat Ini..


Membawa Pisau merupakan Hal yang Wajar bagi kaum Prianya,, Meski pergi ke tempat umum seperti acara Halal Bi Halal wali Murid SD di tempat Saya..

Ada yang Membawanya secara terang terangan seperti ini..

Ada juga yang di sembunyikan di balik Bajunya..

Anak mudanya juga biasa bawa pisau ke warung..

Yaa begitulah ke Ragaman budaya dan adat kebiasaan di Negri Ini,, lain di kota lain di desa Mas Bro, jadi Biasa saja lah kalo liat Orang Bawa Goloxz Riding di belakang atau Samping Sampeyan di daerah-Daerah pelosok Sumatra.. πŸ˜€ πŸ˜€ Don wori lahh..

*gambar di ambil sembunyi-sembunyi karena atuut di Cucuk dengan besi tajam..

Tetep sebarkan Perdamaian dan persaudaraan dimanapun Bradee..

PISS..

Iklan

~ oleh Hourex150L pada September 14, 2011.

21 Tanggapan to “Bawa Senjata Tajam”

  1. Alasan utamanya apa itu mas?

    • Tradisi & kebiasaan mungkin Mas,, disini kan masyarakat sreing kluar masuk hutan..

      *klo menurut Dayat temen Saya (perantau dari Plembang) gak PD klo gak bawa Pisau keluar rumah,, makanya tidurpun dia gak jauh dari benda tajam tsb Mas..

  2. Itu cma sebagian aj ap semua org di sana kek gitu ya Bro.

  3. Tapi dulu pas tugas di Lampung emang banyak lihat orang bawa senjata tajam khususnya kaum prianya, soale dijalan banyak tindak curanmor yang nekat ngehabisin siempunya motor pas malam hari

  4. didaerah yang masih jauh dari patroli rutin keamanan memang lumrah bro,untuk jaga2 saja,dulu disini gitu juga,tapi sekarang gak lagi,udah aman.sajam disini adalah badik,logamnya seperti karatan dan biasa direndam diasam cuka.

  5. Disini jg banyak yg bawa senjata tajam, cilurit aja tangkainya bisa 6 sampai 12 meter…

  6. serem mas, ora krasan paleng aku.
    Wedi :mrgreen:

    • hahaha,, wong -wong iku malah Ngeri-ngeri sedep yen ketemu Perantau sko njowo lho Mas..

      *roto-roto perantau sko nJowo pelarian/buronan/mantan Preman dsb,,xoxixixxixi..

  7. ngeri mas….. takutnya begini : senggol, bacok!!!! ih ngeri…..

    http://joetrizilo.wordpress.com/2011/09/14/akankah-berita-kecelakaan-toyota-avanza-syaiful-jamil-menggoyahkan-penjualan-avanza/

  8. Bagaimanapun bentuk goloknya rokoknya tetap sampoerna bukan basa basi cuy ..

  9. kalo ane kondangan juga bawa sajam kok,, cuman bawa keris.. Alhamdulilah aman2 saja.. xixi.. :mrgreen:

  10. Biaso lah kak.. di tempat kami bae kalau lanang sudah akil balik, tradisi pasti ada di kasih orang tua atau beli di pandai besi sesepuh desa

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: