Sekilas Tentang MAUT


Assalamu’alaikum wr.wb.
Tanpa terasa sekarang kita sudah di hari ke- 20 Ramadhan 1432 H,, semoga puasa Ramadhan kita tahun ini sukses hingga akhir ramadhan dan di terima Allah Swt. Amin..

Setiap yang hidup di dunia ini pasti akan Mati,, karena tiada yang kekal di dunia ini.. Sebagaimana Firman Allah Swt. Dalam surah Al-Anbiya ayat 34 & 35 yang artinya : “Tiada seorangpun manusia sebelummu yang kami hidupkan secara kekal, maka jika engkau (Muhammad) wafat, adakah mereka yang akan kekal hidupnya?”
(QS. An-Anbiya : 34)
“Setiap jiwa pasti akan Mati, kami akan menguji kalian dengan keburukan dan kebaikan sebagai cobaan, dan hanya kepada Kami-lah kalian di kembalikan”
(QS. An-Anbiya : 35)

Adapun saat malaikat maut datang Menjemput,, dan saat Proses kematian itu Berlangsung kita akan merasakan Pedih yang teramat sangat.. Sebagaimana Sabda Nabi Saw. Artinya :”Kalau saja rasa Pedihnya seutas rambut mayat di letakkan pada langit dan bumi, pasti binasalah semua penghuninya dengan izin Allah, sebab rambutpun setiap helainya merasakan Maut, dan tiada terjadi Maut pada sesuatu, kecuali mati berikut anggota-anggota tubuhnya.”
(Mathali’ul Anwar)
Begitu pedihnya Maut hingga sampai 4000 tahun membekas,, seperti di kisahkan dalam Durratul Wa’idhin ; Nabi Isa as. Menghidupkan Orang yang sudah mati atas Izin Allah Swt. Namun Orang-Orang kafir membantahnya seraya berkata: “Hai Isa, engkau dapat menghidupkan orang Mati, kalau keadaan mayat itu baru, bisa jadi sebenarnya ia belum mati sungguhan. Untuk itu kami ingin Engkau hidupkan mayat manusia Purba sebagai tanda kekuasaan Tuhanmu (Allah).” Jawab Nabi Isa as. : pilihlah, mayat siapa yang kalian inginkan??” mereka berkata:” coba hidupkan olehmu Mayat Orang yang bernama Syam bin Nuh.” maka Nabi Isa pun mencari Makam Orang tersebut, kemudian sholat 2 rekaat dan berdo’a memohon izin dari Allah Swt. Dan Hiduplah Syam bin Nuh dengan rambut dan jenggot memutih, Nabi Isapun bertanya:”Hai Syam, kenapa rambut dan jenggotmu beruban, padahal waktu hidupmu belum musimnya Orang beruban?” Jawabnya:”aku terkejut mendengar seruanmu, serta mengira Kiamat telah tiba dan itulah yang membuat warna rambutku berubah jadi putih karena bingunnya.” Nabi Isapun bertanya:”Sudah berapa lamakah engkau Meninggal dunia?” jawabnya:”Sudah 4000 tahun, dan Rasa PEDIH sakitnya Maut sejak itu masih membekas hingga sekarang belum sembuh juga.”

Dijelaskan bahwa Malakul Maut membawahi 70 Malaikat Rahmat dan 70 Malaikat Adzab pula. Ketika yang di cabut adalah Roh seorang Mukmin maka di serahkan kepada malaikat Rahmat, merekapun menghiburnya dengan sorga dan pahala, lalu di bawa naik kelangit sampai tempat yang tinggi. Namun jika yang di cabut adalah Roh seorang Kafir maka akan di serahkan kepada malaikat Adzab terlebih dulu.
(Matali’ul Anwar)

Maka ketika Ajal seseorang tiba, para malaikat petugaspun segera memasuki kulit otot-otot dan menghisab nyawanya dari tungkak kaki sampai lututnya, lalu petugas pertama keluar disusul petugas kedua menghisap nyawa dari lutut sampai pusarnya, lalu petugas ke duapun keluar di susul petugas ke tiga dan ke empat masing-masing menghisap dari perut sampai dada dan dari dada sampai tenggorokan, menunjuk Firman Allah Swt :
Artinya:
“Maka mengapa ketika nyawa sampai di kerongkongan. Padahal ketika itu Kamu melihatnya”
(QS. Al-Waqi’ah : 83-84)

Di saat-saat genting semacam itu, kepada Orang Mukmin Jibril as. Membentangkan Sayap kanannya, maka terlihatlah tempatnya berupa Sorga, dengan asyik ia memandangnya, dan karena Asyiknya ia tidak sempat melirik/melihat yang lain, sekalipun anak-Istri atau Orang tuanya sendiri yang berada di sisinya.. Dan untuk Orang Munafik, malaikat Jibril akan membentangkan sayap kirinya sehingga menunjukkan kepadanya Neraka Jahannam berserta siksa di dalamnya, maka ia akan gelisah dan ketakutan teramat sangat..
(Kanzul Akhbar)

Demikian Sharing pada kali ini,, semoga mendatangkan Mamfaat terutama Bagi Penulis Sendiri..
Kalopun ada benarnya semata datangnya dari Allah Swt. Dan kekilafan maupun Salah mutlak karena ke bodohan Saya..

“MANUSIA YANG PALING BERUNTUNG DI ATAS DUNIA ADALAH MEREKA YANG BANYAK MENGINGAT MATI SERTA MEMPERSIAPKAN BEKALNYA.”
(Hadits)
*di kutip dari berbagai sumber

Tetep Kiip BradeHuud en PISS..

Wassalamu’alaikum wb.wb

~ oleh Hourex150L pada Agustus 20, 2011.

12 Tanggapan to “Sekilas Tentang MAUT”

  1. wow, walaikum salam

  2. Sip

  3. sip om horek…

    mengingatkan pada kematian….

  4. MAUT banyak jenisnya, diantaranya MAUTak kamplengi, MAUTak traktir dll

  5. Waalaikum salam
    pernah dengar,
    roh orang mukmin dicabut seperti mencabut rambut dari tepung,dan roh orang fasik dan kafir dicabut seperti mencabut rambut dari dalam duri

  6. Ngeriii Bro membayangkannya. Mumpung di bulan Ramadhan kta cari pahala & kebaikannya sebanyak-banyaknya. Siip Bro Artikelnya

  7. kulonuwun…nitip absen pak

  8. alhamdulillah telah mengingatkan pada kematian………

  9. jadi teringat, ketika hari ke 21 rohadon kali ini salah satu sepupu menhadap kehadirat Allah SWT…. mudah-mudahan amal ibadah almarhum diterima oleh Allah SWT…

  10. Saya tertarik ketika browshing dengan “Kitab Kanzul Akhbar” saya menemukan blog Anda. Kalau Anda mempunyai kitab ini, sudikah kiranya berbagi dengan saya. Saya sangat memerlukan saat ini. Terima kasih.

  11. Da 2x q membaca posting ini.membuat hati ini bergetar.
    #srius

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: