MERAWAT TANGKI BBM pada MOTOR


Hallo Mas Bro- Diajeng Semua,, Sebagai SeOrang Bikers yang Ngaku Care Sama Tunggangannya Tentunya Sangat ti dak Mengingin kan Hal-Hal seperti Di bawah ini terjadi Pada Motor KesaYangan Sampeyan tho..


Ini juga

(bukan lonyot karena Jatuh/ kecelakaan lho Melainkan di sebabkan serangan Bakteri KARATO)

Menurut pengalaman Saya saat masih Memelihara Honda MegaPro’02 yang Tangki bensinya hingga januari 2011 kemarin masih Muyuus tanpa karat bagian dalam tangki juga masih berwarna silver,, ada Beberapa Tips Perawatan yang pernah saya lakukan:

1- SELALU ISI BBM DI SPBU hingga FULLtank,,tujuannya guna membasuh permukaan dinding didalam tangki dari Debu dan Embun yang masuk melalui lubang ventilasi pada Tutup tangki..

2- HINDARI ISI BBM saat SPBU sedang meNGISI STOCk dari Mobil TengkiBBM,, karena pada saat ini Endapan kotoran didalan Banker SPBU membaur dengan BBM yang Baru masuk (MUBAL)

3- SESEKALI GUNAKAN KRAN TANGKI pada POSISI REST saat BBM masih banyak di dalam tangki,,bertujuan untuk membuang kotoran/air yang menyusup kedalam tangki agar tidak sampai mengendap..

4-HINDARI MENYISAKAN RUANG KOSONG lebih dari 3/4 dalam jangka waktu yang LAMA,, karena Ruangan Kosong diDalam Tangki tersebut akan menjadi tempat persembunyian Debu maupun Embun yang bisa Masuk melalui lubang Ventilasi di Tutup tangkinya..

5- BERSIHKAN juga DUST TRAP pada Kran Tangkinya,,agar bila ada kotoran yang larut dalam BBM dapat segera keluar dari tangki (tidak sempat mengendap)..

6- JANGAN MENYIRAM bagian TUTUP TANGKI dengan AIR BERTEKANAN TINGGI saat Mencuci MOTOR,, karena Air bisa masuk melalui celah-celah sempit atau lubang Ventilasi yang ada pada tutupnya..

Dan bagi Mas Bro yang TUTUP tangki kendaraannya menganut model Clip-On ada tugas Tambahannya,, yaitu buka dan bersihkan tutup Klip-Onnya..

biasanya Endapan air Sabun/ debu sering terperangkap disini..

Jangan lupa bersihkan juga lubang Drainasenya ini..

Serta bagian-bagian Tutup Clip-Onnya dengan cairan anti karat..

Ya untuk sementara Itu dulu tips Perawatan Tangki khususnya buat Motor type Batangan/ sport,, Semoga ada Mamfaatnya bagi Brades -Sistes BIKERs INDONESIA semuanya..

PISS..

~ oleh Hourex150L pada Juli 5, 2011.

29 Tanggapan to “MERAWAT TANGKI BBM pada MOTOR”

  1. sip

  2. motore Sampeyan tutupe klip-on juga tho Mas..😀

  3. 3- SESEKALI GUNAKAN KRAN TANGKI pada POSISI REST saat BBM masih banyak di dalam tangki,,bertujuan untuk membuang kotoran/air yang menyusup kedalam tangki agar tidak sampai mengendap..
    ——————————————————————–
    ane ga mudeng bro, kran tanki pada posisi rest maksutnya di switch off? buang kotorannya gimana bro?

    • pada motor type sport ‘biasanya'(kecuali yang injeksi) ada 3 posisi Krannya : On, Off & Rest,, saat Kran diposisi Rest ini maka semua kotoran/air yang mengendap di dasar tangki akan keluar dengan sendirinya.. GITYUUUUUWW😀😀

      *Mohon maaf bila Bahasa Saya kurang bisa di pahami..

      PISS..

  4. nek gak enek kran’e?
    bensine di pompa je.

    bingung aq

  5. Motor bebek ga ada kran Rest nya mas

  6. sip ,
    nais inpo

  7. apik

  8. masa sampe karat begitu….kebanyakan maen di laut mungkin….

    http://extraordinaryperson.wordpress.com/

  9. Nambahi mas.
    Bagian dalam tangki bensinku tak lapisi pake “anker lak” (biasa digunakan tukang dinamo untuk ngecor kumparan,bentuknya cair tapi kalo sudah kering keras seperti kaca). jadi bagian dalam seperti dilapisi kaca tipis.

  10. kualitas air untuk mencucinya juga harus bagus, misal jangan air tanah.
    kondisi sekitar apakah dekat daerah pantai-kaitannya sama udara dan kelembaban?

    alhamdulillah megapro 2003 saya (yg mulai ada starter elektrik) tangkinya gak pernah karatan/bahkan bocor, sampai 2011 awal kemaren terjual. ini dengan kondisi:
    -gak pernah kuras tanki
    -jarang sekali isi full tank
    -cuman 2 x nyuci di pencucian motor umum, sisanya nyuci sendiri, air pam

  11. kalo saya mah selalu pake cara yg praktis aja Kang, ya selalu isi full tank itu..hehe😀

  12. siaap boss,udah dilakukan semua,tips no 3,malah dari diler gak diubah2,soalnya sama diler dikasih BBM buat bawa pulang cuman segelas doang.tambahi tipsnya,BBm lam sering disumbangin ketangki motor lain.ane sih ngasih ke bokap ma ponakan kalo isinya dah lebih satu bulanan.nitip lapak
    http://www.nanared.wordpress.com/2011/07/06/keseharian-anak-sekarang/
    SALAM KARET BUNDAR™

  13. Mohon Maaf Mas Bro Semua klo Saya ga sempet me reply One by One komen-komen yang masuk di karenakan Saya sedang Nunggu in Teman Yang Sakit di RS Yos Sudarso Padang untuk 2 – 3 hari ini..

  14. mudeng, mangturnuwun

  15. nuwun sewu.. kulo bade koment PERTAMaAX mawon kang mul hehehe

  16. Satu lagi bro…..

    Jangan mengisi air ke dalam fuel tank…hahhaahahahahahaha

  17. setau saya di deket tangki anda ada tulisan gunakan bensin tanpa timbal …. bensin tanpa timbal = pertamax….. tp knp anda pake premium? kan gak sesuai sama kompresi mesin… cuma mengingatkan aja

    keep brotherhood

    slm knl bimo96

    • YubS,, Salam kenal Balik Brother..

      Di tempat saya belum ada Pretamax Bro,, Oia, setahu Saya anjuran Pemakaian Pretamax buat Ninja150 bukan karena permintaan Kompresi Mesinnya Mas Tapi karena permintaan Catalic Con yang ada pada Knalpot STDnya agar lolos Euro-2 Bro.. Secara kompresi Ninja 150 Hanya 6,8 :1 Lhoo,, jadi masih teramat sangat aman pake oktan 89 ron (Premium)..
      *Jadi PREMIUM GAK MASALAH BUAT MESIN Ninja Bro,, makanya saya copot Knapot aselinya..

      PISS..

  18. Thanx atas infonya…
    sayangnya udah udah kejadian sama saya baru jumpa tips

  19. silnya tuh kalau tangki ninja katanya bagusan dcopot yah?biar air c
    epet turun

  20. nice info… tapi saya biasa ke AHASS…

    Males repot😀

  21. Bisa sedikit gw tambahin utk perawatan tangki yaitu dgn menambahkan oli samping kedlm tangki secukupnya sj..ini dilakukan sesekali sj agar tangki tercampur oli samping..ini dilakukan hny utk mtr 2 tak sj ya bro..

  22. […] Oleh karena itu Periksa dan senantiasa Pastikan Lubang Drainase di Mangkuk Tutup Klip-onnya selalu bersih dan berfungsi Maksimal,, Dan Rawatlah Baik baik Tangki Bensin Motor Sampeyan agar Terhindar dari Kotoran ataupun Karat.. […]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: