REPOST “SETTING POMPA OLI SAMPING NINJA 150 SERIES”


Hallo Mai Brades oll, sesuai dengan Judulnya pada kesempatan baik ini Saya ingin Me REposting kembali setelah postingan yang dulu gambarnya ilang semua karena kesalahan teknis..
Langsung aja Brades Ninjers atau yang hobi Ninja 2 tak.. pada dasarnya settingan (keborosan) pompa Oli Samping Ninja sudah di tetapkan dari pabrikannya dan sudah di sesuaikan dengan kebutuhan mesin standardnya, namun ada beberapa kasus yang membuat kadang settingan tersebut berubah atau malah sengaja dirubah.. misal bagi yang mesinnya sudah di modif atau karena beli seken atau bisa juga karena sudah lama usia pakainya sehingga berubah sendiri, Nah bagi yang ingin mengetahui apakah setingan pompa oli samping Ninja Sampeyan sudah sesuai STANDARD Pabrikan atau sudah bergeser, coba langkah berikut..

1) Buka dulu tutup gigi tarik depannya dengan membuka 3 baut 8″nya dengan kunci shock..

setelah kover gigi tarik depan di buka akan kelihatan cover dust dari Pompa Oli Sampingnya

2) Buka 2 baut pengikat cover pompa dengan Obeng (+)..

kemudian keluarkan perlahan tutup debunya dengan menariknya ke bawah.. lalu akan kelihatan Pompa Oli Samping si Ninja nya Maz Bro..

Perhatikan ada tanda (-) pada samping bodi Pompa dan juga ada pula tanda serupa pada tuas penggerak di pompanya..

3) Nyalakan mesin beberapa saat / sekitar 3 menitan lahh, setelah di matikan mesinnya coba Anda / Sampeyan tarik grib gas sampai MENTOK.. seandainya kedua tanda (-) pada samping bodi dan tuas penggeraknya tepat sejajar kek gini..


Ini tandanya SETTINGAN keBOROSAN oli Sampingnya sudah sesuai dengan STANDARD Aman yang diperhitungkan Pabrikanya, Namun dengan catatan kondisi mesin juga harus masih dalam keadaan SUTANDARAN Juga.. namun apabila sudah ada perubahan, baik itu dari Oli samping yang digunakan ataupun perubahan pada mesin (dari Karburator hingga knalpot) keknya Settingan Amannya juga ikut Menyesuaikan..

Sebagai contoh Motor Ninja 150 L saya, di karenakan adanya sedikit perubahan pada karbu(ganti spuyer) & Knalpot aptermarket maka biar aman setingan keborosan Oli Sampingnyapun ikut saya Naikan mengikuti NAIKnya keborosan BENSIN yang juga meninggkat..

Bila tanda (-) yang ada pada tuas penggerak Pompa melewati tanda (-) yang ada pada bodi samping pompa seperti pada Gambar saat gas di tarik mentok,Itu pertanda setingan Keborosan Pompa Olinya melebihi Standardnya,, Namun tak perlu cemas Maz Bro – Brades semua.. meski sudah di setting Boros gini masih sangat irit oli Sampingnya lhoo,, sekitar 1500an km/ liter.. Masih termasuk IRIT kan..

Nah sekarang sudah tahu kan cara menye-standardkan/ meningkatkan keborosan Oli Samping pada Ninja 2 Ketuk Sampeyan..??!!
kalo menurut Saya, Sangat disarankan Mengembalikan settingan Oli samping pada Posisi SUTANDAR apabila Ninja Sampeyan MEMANG pemakaianya juga SUTANDARD-STANDARD saja (WAJAR),, NAMUN KLO Motor Sampeyan sering TOURING lebih dari 180an km dengan @rpm tinggi dan speed diatas 150 km/jam dalam waktu yang relatif lama seperti yang dialami sipaIJO Saya,, keknya lebih abdol deh sedikit di borosin Olinya..

Semoga ada Mamfaatnya.. tetep septi riding fes dan stiil kip Bradehud in eni weeye..

PISS..

~ oleh Hourex150L pada April 28, 2011.

85 Tanggapan to “REPOST “SETTING POMPA OLI SAMPING NINJA 150 SERIES””

  1. ga papa jadi tahu makin//… lho kwalik

  2. wah mantap infonya

  3. Owh ya gan,ninin gw dah ganti knalpot r9,kt temen gw kl dah ganti knalpot harus diikuti ganti spuyer juga,entah itu pilot/mainjet,,,,,mohon penjelasannya dong!

  4. Wah, nice info banget nih bagi orang” awam kayak ane…… Hhe……..
    Klo bisa di review juga cara bersihin kips ma cara setting anginnya kayak gimana….. Tapi yang jelas mas kayak thread mas di atas dan di tampilin fotonya di tiap” step pengerjaannya biar yang membacanya pada mengerti…………..

  5. makasih masbro.. Udah beres..hehehe..nais ingpoh ๐Ÿ™‚

  6. tak klik ”like” posting ini 10x.. ๐Ÿ™‚

  7. Artikel yg bagus buat nambah ilmu 2tak…

  8. Thx’s bgt penjlasannya ya maz bro!!!!
    1 lg klo bwt oli samping yg bgus merek apaan ya bwt ninin w,kendalanya s.kips sering macet,pdhl dri pertama bli olsam dah w ganti ama motul 510,truz stelan agak diborosin ama mekanik bengkel…..
    Ninja is the best!

    • @ Bro Mamet
      klo merk keknya Saya blum bisa rekomend Maz, kos Smpe skg Saya masih setia Pake oli samping KGO (Kawasaki geniune Oil) rekomender pabrikan.. Alhamdulillah belum pernah macet sekalipun superKIPs nya tuu..

  9. halo mas bro mo tanya dikit neh kebetulan ane pngguna rr. motor ane kalau uda kena hujan kok susah hidupinnya ya mas. and pj nya motor ane ud d gnti ke ukuran 27,5 tpi msh brebet gitu. kira2 knpa ya mas? thank

    • bukanya Standar Pj RR emang 27,5 Bro..?? Coba aja Pjnya naikin lagi 1 step dulu (jadi 30) trus saat ngidupin bantu pake Chook.. Kemudian setting air screwnya..

      • Kalo rr standar’a 22,5 mas hourex,,sbener’a pj 25 udah bagus mas apalagi 27,5 dan mj pake yg 280 cukup…kalo masih brebet coba clip jarum skep’a d’pindahin kepaling atas…insyaallah Joossss gurih gurih nyoooyy dahh…hehehe

  10. yup, dulu pakenya Tornado jadi pernah dikasih tahu buat mborosin oli samping tu gimana….

  11. manteb ulasane mas bro

  12. Siip Bro artikelnya ๐Ÿ™‚
    Bro Hourex klo tanda (-) pd tuas penggerak mengarah keatas melebihi tnd (-) pd bodi, berarti setelan Olsamnya lebih irit betul/tidak bro, tp klo terlalu irit bsa macet keknya ya Pistonya. Bro klo ad waktu buat artikel bagaimana menyetel angin2 Ninja 150 karbu 26 supaya pas, Ane tunggu Bro. ๐Ÿ™‚ Thanks

    • Oyoi, bener Maz,, kalo tanda(-) pd tuas masih di atas tanda(-) yang di bodi pompa tu tanda setingan lebih irit dari yang di anjurkan Pabrik..
      Insya Allah Maz, sesegera mungkin la.. Kos gambar-2 udah ada kok tinggal nunggu hari baiknya aja (maklum mutu sinyal kadang ga mampu di pake aplod / unggah gambar-2 agak banyak)..

  13. mas bro… kalo bisa bikinin donk artikel komplit buat ninja yang udah ganti knalpot racing trus setingan apa aja yang harus dirubah.. maklum newbie banget ๐Ÿ˜ฆ
    thanks ya..

  14. udah pernah Maz Bro..

    http://www.hourex150l.wordpress.com/2011/02/07/jetting-karbu-ninja-setelah-ganti-knalpot/

    tapi sori gambarnya banyak yang Ilang (tinggal 2 aja keknya)..

    Kapan-kapan Saya posting ulang deh..
    PISS..

  15. mas bro..tanya ne,kabulator ninja saya kq mengembun yaw kalu abis di pke?heheh
    maklum masih gak bgitu paham masalah motor..

  16. tanya lage ne..buat menyetting oli sampingnya itu cuma dengan memutar tanda (-) pada samping pompa olinya itu y?matur suwun..

  17. thanks info nya

  18. msih blom ngerti mas bro

  19. mkasi nih mas broooo infonya
    saya jadi lebih pinteran dikit tentang ninjo 2tak gw

  20. wah inpo bagus ni mazbro, tp sayang ninin jadulQ justru pgn tak bikin irit olsam ma bensinnya. k0nsumsi bensin stndr 1L eceran 22 km.hummm…ada trit buat ngiritin tp tetep larinya kenceng g?hehe… BTW jow0ne ngendi mzbro?

  21. mas bro ane mo nanya ni masalh blOk seher ninin w uda baret w ganti maklum duit ga kesampaian ml .kt temen w bisa 1 cara blok di boring z kira2 bs ga boss . .?mohon bantuan’y info dong kl da sms dsni.021 91499976

    • mending coba pake xado (cairan yg di campur Bensin untuk nutup baret-baret di blok) aja dulu..

      *temen saya ada yang pake dan hasilnya ajib.. (harga 100an)

  22. NINJA 2 TAK TAK PERNAH MATI………

  23. waaahhhh,,,,, siipp mas broo…. jadi makin tahu aja dah… lain kali tolong ulas lagi mngenai lampu utama sama lampu kota knapa kok sring putus yahh!!! bingung bgian mana yang rusak

  24. Assalamu’alaikum MZ Bro
    salam kenal Mz bro, mau nanya ni ninin sy 150 ss km 3000 pakai olsam kgo 800 ml untuk 750 km padahal setingan pompa olsam tanda (-) sejajar yg ada pd tuas penggerak, ini wajar gak Mz bro untuk pemakaian standar harian pp 50 km/hari?
    Kalo gak wajar ada masalah pada apanya ? 3000 km habis olsam 800 ml x 5 btl = 4000 ml
    baca2 di milis 1 L bisa sampai 1500 – 2000 km, ninin sy kok cuman setengahnya aja?
    Wassalam,
    Trima kasih mas bro atas pencerahan dan ilmunya

    • wa’alaikum salam warohmatullahi wa barokah,, GAK wajar banget itu Mas.. Segera Komplain Garansi Ke dealer/BeResnya Mas..

      • ok Mz Bro, Thanks infonya

      • Assalamuโ€™alaikum MZ Bro
        Sorry belum sempat ke dealer Mz Bro maklum ngupoyo upo dulu, rencana hari sabtu besok ke dealer/bengkel. Biar nanti ada bahan pembahasan sama si mas mekanik, kalo menurut suhu ini masalah pompa oli atau Electrofussion Cylinder- maaf banyak nanya maklum baru ini kali pegang 2 tak.
        Terima kasih banyak.

        Wassalam,

  25. ass mas bro.. maf naya dikit maklum masih awam ne.. ninja r series gue baru beli sekitar sebulan yang lalu ko sangat boros oli samping baru berjalan 700 km saja uda makai 2 botol oli samping yang ukurannya 800 ml… apa memang ninja itu brosnya kaya gitu ya…. mohon penjelasannya yang lengkap sebeumnya thanks mas

  26. saya pengikut aktif Blog mas melalui RSS , mohon pencerahan saya memakai ninja R lebih kurang 5 bulan ada permasalahan pada oli samping , Pada pemakaian 2 bulan pertama oli. sampingnya boros namun minggu kemaren sampai sekarang oli agak berkurang pemakaiannya , stelsnnya nggak ada diutak atik , mohon petunjuknya mas.

  27. Artikelnya bagus…terima kasih mas…sangat bermanfaat.

  28. Wau mantap..makasih atas infonya..

  29. Thanks banyak atas sharingnya, mas moel. Fyi, ninin ane baru 1200-an km, olsam udah botol ketiga, tadi sblm maghrib saat lagi jalan, mati mendadak krn kehabisan bensin, maklum mas, masih sering salah dgn arah gagang kerannya. Stlh diisi bensin, diengkol sampai pegalpun gak mau idup. Dicek, businya hitam berjelaga, basah. Stlh ganti busi baru br idup dgn cara didorong gigi2. Sampai rumah, cek setelan olsam, rupanya 30 derajat lebih borosnya.. Mungkin itu yg dimaksud sama mekaniknya dulu, “setelan olsam sengaja dibuat boros” capedehh. Udah ane stel standar nih mas.

  30. Terima kasih atas pengatahuan tenteng OlSamnya,,tp sya sedikit bingung,,ninja saya udah uzur,tahun 99,,hehehe,,tdnya saya browsing caran meng-iritkan oli samping karena asap dr knalpot banyak banget,,setelah sya baca artikel ini,,saya langsung bongkar,,ternyata menurut artikel ini stelan oli samping saya terlalu irit,,tanda (-) yg di tuas penggerak pompa tidak melewati tanda (-) di samping pompa,,jd saya jd binggung ne mas,,mohon bantuannya mas

  31. mas .. saya sudah turunkan mesin ninja saya. cuma sudah di seting boros dan ga boros eh hasilnya malah parah.. pdhl saya udah obrak abrik pompa oli sampe liat gigi2 nya.. al hasil ga ada mslh.. kira2 apanya yah mas… makasi mas ๐Ÿ™‚ mohon infonya.

    • ada kemungkinan Pernah Telat isi oli sampingnya gak Mas..?? Kemungkinan ada angin yg terjebak di pompanya Mas,, jadi proses pemompaan & penghisapan oli terganggu..

  32. trs kl mau nyetel apanya bro yg msti d puter?
    *maaf bro, keknya g d tulis d ats
    olsam ane kq bru 700km udh abs 1 stengah btol bro?
    mohon bntuan yah mas bro

  33. ane anggap ninja itu irit,,,,,,,karena sesuai dengan performanya
    http://pertamax7.wordpress.com/2012/01/30/tikungan-maut-irung-petruk-di-wonogiri/

  34. setingane podho nggon q mas, tak udhunke sithik mesine ben awet wkwkw, efeknya S. Kips dah 2000an km lom macet

  35. makasi infonya mas brothers

  36. asllm
    mau, nanya nih. saya punya Ninja 150r/ L 2011. motor saya mempunyai masalah yaitu nggak bisa di engkol. tolong bantu saya. Terima kasih

  37. Kl untuk pengiritan bbm gmn mas? Mhn info x,,,,tks

  38. Mas bro,mo tanya nih,,tau gak harga slang oli yang dari pompa oli masuk ke manifold tu,punya sya patah.

  39. maaf mas bro ane mo tnya nih,,mup agak nora kos bru pegang ni motor seminguan,,mo tnya apa mank kya gtu motor klo abiz di bwa pas di matiin bau sangit gtu dah,,kya oli kbakar gtu,,mohon penjelasan’a

  40. sebaiknya diborosin 1mm dari strip standart…..pernah coba 20 km geber terus pada jalan tanjakan (80-130 km/jam) jarum radiator mentok di prbatasan putih kuning…dijamin mesin lebih awet…..

  41. hallo mas bro.
    maaf ni ganggu..klo cara buat ngiritin oli samping ninja 150 Rr gimna caranya

  42. Ninin RR gw bau gosong or sangit kira2 knp ya gan mhon infonya makasih

  43. Mas, Ninja saya tipe L tahun 2007. Setelah ganti karburator jadi PWK 28 KX, setelan oli samping kok malah jadi boros banget ya? Jauh di bawah garis standar. Pernah saya coba bener2 iritkan setelannya, ulir sdh dipentokin ke bawah, masih aja 3-4 mm di bawah garis.

    Itu beneran boros, atau irit tapi terlihat boros (alias setelan pengungkit berubah)? Apa ada kemungkinan setelan pengungkit pompa yang geser? Sudah pernah saya tanyakan ke BeRes, tapi jawabannya kurang memuaskan.

    Oli samping 1 botol gak sampe 1000 km, terus kadang2 RPM telat turunnya.

    Mohon maaf kalo pertanyaannya amburadul mas. Hehe.. Takut ngejim soalnya. ๐Ÿ˜†

  44. mas bro,w mau nanya neh.apa aja seh ..ciri” pompa oli samping tdk brfungsi/mati u/ mtr ninja rr?? trimksh

  45. mas mau tanya, sya pke RR 2011 abs ganti karbu PWK 28 Sudco sm knalpot r9 kok olsamnya jd boros banget ya?
    1 botol cm bisa sampe 200 Km saja..help me mas

  46. makasih banya mas broo..
    ๐Ÿ™‚
    God Bless You

  47. 1 ltr hbs 10 hri,,pmakaian wjr2 aja tiap hri,,,setingan pompa oli stndar,,,apa yg salah bro ?

  48. utk diiritin dikit karena terlalu banyak oli sampingnya sampai asap knalpotnya ngebul, cara settingnya tinggal dinaikin aja ya….infonya….

  49. manteb mas mul,,jadi makin ngefans sama blog mas mul..

  50. mas,ketika posisi setingan lebih boros drpd aslinya(dibawah garis acuan) apakah pada saat gas penuh oli yg keluar pasti lebih bnyak ato malah lebih sedkit..? soalnya ada yg bilang klo sudah lewat drpd garis acuan oli bakal lebih sedkit keluarnya. terima kasih.

  51. Mas tapi kok ga dijelasin cara settingnya untuk menyetandardkan atau memboroskan.. Saya baca sampe 4 kali.. Haha.. Cuman pengetahuan tentang kondisi yang benar dan baik saja untuk ukuran oli sampinh… Tp cara mengubahnya ga ada yaa.. Plis help mee

  52. Mas cara bleeding pompa olsam gimana cara nya???

  53. mau tanya nih mas bro.
    motor ane cpt bangt abis oli samping nya. padahal udah saya setting super irit. dan asep nya pun banyak.

  54. Baru 3 bulan kenanl ninin 150 kelahiran 2010 makan jatuh hati sama dia, hanya saja masih was2 soal sparepartnya, bbrp part saya dapetnya mesti di JB Online.

  55. Kenapa motor ninja R saya boros sekali oli sampingnya dan stelan yg d atas itu sdah full turunn,dan masih boros,saya mau tau apanya d stell klo masih boros begitu dan sya buka pompa olinya bru sya tiup tdk ad juga perubahan ketika sya pasang kembali,apakah pompa olinya yg rusak atau bagaimana?
    Sdah beberapa bengkel yg krj dia tdk tau kenapa bisa boros begituu,bengkel2 tersebut cuman stell yg d atas rantai tpi tdk ad jg perubahan,klo ad yg tau infonya dong brow

  56. Mas mtr sy tu pompa olsam nya ga jalan,di aliran selang menuju ke intek banyak gelembung2 udara mas,itu gmanacara ngilangn nya,tlng mas bantuan nyo ,kalo mas e berkenan di wa aja 085379945359 makasih masku ๐Ÿ™‚

  57. mantap bro infonya. saya juga punya pembahasan hampir sama dengan postingan ini yaitu cara setel oli ninja semoga apa yang saya postingkan bisa bermanfaat seperti pada postingan blog ini.salam otomotif

Tinggalkan Balasan

 
