Tips SAAT BUSI MATI MENDADAK


Sebagian biker pasti ada yang sudah punya pengalaman pahit dengan motornya, salah satu contoh busi mati mendadak..
Kalo matinya di depan bengkel gak masalah, lha kalo matinya pas di tengah perjalanan yang jauh kemana-mana kek bikers di Daerah kek Saya ini itu baru masalah serius Bro..

Sebenarnya usia pakai Busi standard pabrikan sudah di setting cukup lama, yaitu antara 4000- 6000an km.. Namun usia ideal ini juga bisa menurun lebih cepat di karenakan cara pemakaian dan settingan mesin yang kurang tepat serta kurang nya perawatan terhadap alat pematik api ini, misal gaya riding yang sering high Rpm atau malah low RpM kemudian setingan karburator yang tidak ideal (terlalu kering atau Basah) juga peningkatan kompresi pada mesin dan kebocoran oli pada ruang bakar pada mesin 4 T adalah faktor terbanyak yang dapat mempercepat usia Busi Motor..
Sebagai seorang Rider Saya juga pernah mengalami hal serupa, yaitu Motor Gak mau hidup setelah berhenti makan di warung,, setelah di chek ternyata api yang memercik dari Busi sangat kecil dan bahkan kadang tidak ada sedang api dari Koil masih besar..
Dan ini sekedar Tips dari Saya atau lebih enaknya Sharing atas pengalaman yang Saya alami saja
Kejadian itu saat Saya masih nyemplak Megapro’02, kebetulan Saya juga membawa kunci busi serta amplas halus (400).. Caranya Kepala busi di basahi pake bensin (lobang elektrodanya dipenuhi bensin) untuk beberapa saat kemudian buang bensin bekas rendaman dan amlpas bagian elektrodanya baik yang tengah (+) maupun yang katoda (-) sampai bersih, lalu rapat kan jarak keduanya lebih rapat (0,2mm) tapi jangan sampai bersentuhan langsung kemudian pasang lagi dan hidupkan mesin, biasanya masih mau nyala lagi mesinnya,, tapi biasanya cuma sekali hidup saja,kalo sempet mati lagi yaa harus di ulang lagi Proses dari awal.. Memang dengan Tips ini usia busi tidak jadi lebih panjang secara signifikan, Tapi lumayan lah sekedar mengantarkan kita ke bengkel / toko yang jual Busi..

Tips ini juga hasil Sharing-Sharing sesama Bikers dan kebetulan Saya mengalaminya sendiri, setelah Saya praktekkan ternyata lumayan membatu..
Sebenernya ada lagi Tips yang lain, yaitu dengan cara memecahkan keramik pembungkus Anoda(elektroda tengah (+)) namun terus terang Saya belum mencobanya sendiri jadi ga tau gimana hasilnya..

Semoga ada Mamfaatnya..
Dan Bagi Para Brades Bikers semua yang mempunyai Tips darurat tentang Busi Mati tolong di Share juga ya.. Supaya ada mamfaatnya juga bagi yang lain…

PISS..

Iklan

~ oleh Hourex150L pada Maret 28, 2011.

24 Tanggapan to “Tips SAAT BUSI MATI MENDADAK”

  1. Kepala busi di basahi
    pake pertamaxxx…
    Buat jln jauh biasanya saya bawa cadangan busi, skring/fuse & bohlam…

    • @Bro Cotto
      Mantab Boz, Itu baru Bikers Tulen.. Taun 2003 waktu ke petaling (Jambi) Saya malah Bawa ban dalam ama pompa pijaan juga, selain busi cadangan ama kunci-kunci yang cukup… Hehehe, maklum waktu itu jalanan kearah jambi via tebo masih sangat sepi dan pemukiman masih jarang Boz..

      • Iya setuju, kalau perjalanan jauh atau malam bawa kunci yang kecil tapi cukup lengkap, kunci inggris kecil, obeng yang bisa bongkar pasang, bawa spare part yang kecil kecil kayak busi, cutter kecil, gunting kecil, lakban hitam

  2. klu yg pakai busi iridium gmna?

  3. Mas hourex yang di rahmati Allah SWT…. Assalamualaikum Wr Wb…… Saya mau tanya…. Maaf klo gak sesuai dengan thread yang mas buat……. Maklum…. Masih newbie…… Hhe…….

    Klo misalnya saya ganti knalpot trus habis itu cuma setting angin aja tanpa ganti apapun ma tanpa borosin minyak ma oli samping tu bisa gak????? Klo bisa efek sampingnya gimana?? Ma menurut mas bagusnya gimana?? Soalnya saya pengen ganti knalpot tapi gak bikin motor ane tambah boros…. Y klo tambah boros sih juga gapapa, asal jangan kelewatan aja borosnya….. Maklum… Uang bulanan ane tipis terus… Gak pernah nambah walaupun BBM naik…. Hhe……

    • hehehe.. Yang Saya tau aja ya Boz, selagi pemakaiannya biasa-biasa saja atau tidak untuk kebut-kebutan keknya gak begitu masalah Dech Boz.. Efeknya paling cuma power motor nggak bisa maksimal atau bahkan bisa menurun dari standardnya..
      Kasaranya cuma dapat penampilan & suara kenalpot yang lebih aja namun power(biasanya top speednya) justru bisa menurun Bro..
      Ini sekedar yang Saya tahu, mungkin Brades yang lain bisa koreksi atau nambahin.. Monggo..

    • @Muke
      tambahan ada yang kelewat, klo menurut Saya bagusnya yaa setting ulang spuyer karbunya aja Bro, kalo pake Knalpot ber merk biasanya kenaikan keborosannya gak terlalu signifikan kok Bro..
      Misal pake standardnya milage nya 25 km:1liter premium kalo ganti knalpot + spuyer paling jadi 22 – 23km : 1 liter premium aja kok.. Asal knalpotnya emang spek harian lho..
      Semoga bermamfaat Maz Bro..

  4. biasane aku serep busi maz, misal riding jarak jauh

    • kalo riding jauh emang rata-rata sudah pada bawa busi cadangan Maz Bro, tapi kalo mananya busi matinya kan gak musti waktu riding jauh, lha Saya cuma makan di Pasar kok tiba-tiba busi mati kok,, hehehehehe..

      PISS..

  5. Bro Muke Gile, ganti knalpot tentu karbu hrs diseting ulang yg berefek pd konsumsi bensin, oli samping, jg pengaruh k usia pakai busi

  6. ada yg nyaranin emang buat mecahin tuh keramik, aku juga belum nyoba juga, katanya yg bagus itu lansung, tp wah lali penjelasane.. 🙂

    • pecahin keramiknya maksudnya yang bagian atasnya itu ya…??? kalau dulu sih pernah punya teman, tapi sekali mesin dimatiin, jelas langsung tepar tuh busi….jadi baiknya singgah langsung kebengkel

  7. Iya Kang Tri, kata temen juga gitu di pecahin keramik pembukus elektroda (+) yang tengahnya, tapi emang belum pernah nyoba juga Sayanya Kang..

    *jangan Sampai Ding…!!!

  8. dulu begawan kolor batik aka martini pemilik warung 5osial.wordpress.com juga sudah pernah buat akal2lan jika busi mati, cekidot brow….
    http://5osial.wordpress.com/2010/09/27/busi-mati-hidup-lagi-trik-semen-tara-aplikasi-semen-tahun/

  9. peningkatan kompresi pada mesin dan kebocoran oli pada ruang bakar pada mesin 4 T adalah faktor terbanyak yang dapat mempercepat usia Busi Motor..

    Naaah,, ini nih,,si GL100 kan sekarang pake piston pro nih mas (standart, gak pake oversize), kompresinya jadi naik..businya jadi cepet item (kering). Gak mogokan sih, 2 atau 3 kali engkol juga pasti nyala. Spuyer juga dah diganti.
    Trus piye ini mas, menolongkah kalo ta’ganti spek businya? ato harus ganti pake koil Pro juga? maksudnya biar pembakarannya sempurna gitu..ini mau coba gulung ulang spul dulu.
    Butuh pencerahan iki mas..

  10. @ Maz Bro Damhar
    waaa, berat nii.. Kira-kira naik kompresinya signifikan gak Maz, kos kalo kompresi masih di 10 : 1 keknya mubazir deh pake busi racing / iridium,kecuali kalo emang sering high RPM terus.. tapi kalo kompresi udah 11 : 1 ke atas, baru deh enak pake busi yang lebih dingin…IMHO..
    oia, ada yang kelewat.. Klo masalah koil, antara koil cb & Gl keknya gak jauh beda Maz, bagusan ganti aja dengan koil bekas mobil aja,, lebih mantab apinya Maz..cwiiw..

  11. lah itu mas,montire yo ora eruh kompresinya jd brp,aku ndiri jg enggak 😦
    pdhl pesenku mtr iki cm dipake harian,bukan mau kebut2an..sebenarnya cm kuatir piston sm linernya mbaret lg krn kerak..
    kalo nurunin kompresi carane piye ya mas?

    • @ Bro Damhar
      yang Saya tau cara mudah nurunin kompresi yaa tambah packing silindernya Maz (kebalikannya naikan kompresi dengan ngurangi packing silindernya)..IMHO..

  12. waduh itu busi ngambil di bengkel sapa mas bro? :mrgreen:
    sip infona..membantu bgt..aku juga pergi kuliah jalan nanjak+jarang bengkel..lumayan kalo mogok..jgn sampe deh 😀

    sekalian nitip mas
    http://aditninjamaniac.wordpress.com/2011/03/29/nomor-polisi-kendaraan-roda-dua-di-bandung-udah-3-huruf-lhooo/

    • @Bro Adit
      itu semua koleksi Pribadi Bro,, dan keknya masih banyak lagi tu digudang belakang..
      Dan kebanyakan tu busi masih bisa pake, karena meski belum mati kalo sudah 6000 km ya ganti Baru..

      Oia, liat TKP ahh..

  13. mecahin keramik busi itu alternatif trakhir(nyari bgkel yg deket dh mlam susah)
    w dh buktiin gan…lmyan nyampe bngkl dkat daerah w….tp jgan d geber gan….
    lngsng w gnti yg racing…..ngacir lg dh…..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: