MEMPERPANJANG USIA PAKAI RANTAI MOTOR


Sebagai seorang BIKERs, saat- saat bersama tunggangan kesayangan adalah masa yang menyenangkan,, bukan Saja saat riding namun juga saat service rutin sendiri bahkan saat memandikan Sang Tunggangan..

Walau kadang tak bisa dipungkiri keterbatasan waktu membuat sebagian Bikers mempercayakannya kepada jasa bengkel dan cucian Motor, Nah bagi Sampeyan yang biasa mencuci Motor sendiri atau yang minta tolong Di jasa pencucian Motor.. Ada satu hal yang PENTING namun sering terabaikan..

Yaitu jangan lupa mencuci sekalian Rantai dan gear rotari dengan Sabun hingga bersih, jangan hanya bodinya saja yang dicuci sampai mengkilap..
Tapi Rantai dan Gear Rotari juga harus bersih dari debu sekecil apapun..
Kalo biasa mencuci Motor di jasa pencucian yaaa tinggal ngomong ama petugas pencucinya agar membersihkan juga bagian tersebut..

Karena Rantai dan gear rotari juga merupakan Organ Vital pada kendaraan bermotor Anda, apa bila suruh pilih salah satu antara pecah Ban atau Putus Rantai.. Saya pasti lebih memilih bocor Ban, karena kalao hanya Ban kempes mesin masih bisa membantu mendorong motor ke bengkel.. Lhaa kalo putus Rantai, yaa 100% tenaga kita lah yang mendorong tu Motor ke bengkel..
Dengan pencucian Rantai dan gear rotari secara rutin maka usia pemakaiannya juga akan jauh lebih lama serta kita bisa senantiasa memantau kondisi penyalur tenaga mesin ke roda tersebut
Jadi resiko rantai Putus saat riding bisa di cegah..

Dan jangan lupa untuk kembali menyemprotkan pelumas Rantai setelah Rantai benar benar kering dari air, bisa pakai pelumas khusus buat rantai atau oli transmisi biasa yang penting jangan Oli Bekas,, kalo Saya biasa pake WD aja..

Semoga ada Mamfaatnyaa..

PISS..
Dengan m

Iklan

~ oleh Hourex150L pada Maret 24, 2011.

25 Tanggapan to “MEMPERPANJANG USIA PAKAI RANTAI MOTOR”

  1. motor saya nggak ada rantainya.. hehe :mrgreen:

  2. Kalo saya sih pake chain cleaner terlebih dahulu. Setelah rontok sisa oli atau kotoran, keringkan, lalu semprot pake chain lube. Rantai dan sprocket jadi kinclong. Cling..

    • siip.. Kalo rute jalannya Aspal mulus terus sudah lebih dari wookee tu Boz, tapi kalo rutenya jalan berdebu dan berpasir.. Waaa, rasanya belum afduol kalo belum di cuci dulu apalagi habis kehujanan…

      PISS..

  3. sip… kalau aku pilih rantai gak putus..ban gak bocor… ngacirrr :mrgreen:

  4. PERTAMAXX
    klo gir mulai lancip.dompetmepet.bisa diakalin(notRecommended lho)gir dibalik,sisi dalam menjadi sisi luar
    SALAM KARET BUNDAR™

  5. apik apik apik kayake juga ga perlu solikin tu

  6. bahaya bro cuci rantai pake sabun, karena itu akan membuat korosi lapisan pelicin disela-sela rantai, kalo diteruskan rantai akan jadi lebih kaku. Lebih baik bersihkan pake chain lube tapi kalo emang kotor banget banyak tumpukan tanah bersihin dulu pake bensin baru disemprot pake chain lube 😀

    • Sy merecomended dgn sabun karena lebih bersifat netral bro…dibanding bensin..minyak..dll
      Dlm kondisi kotor yg extrim seperti main lumpur atau pasir..setelah disteam kemudian :
      -Sikat dgn sabun
      -Steam lg smpai yakin sudah bersih
      -Semprot dgn angin kompresor.
      -Dlm posisi standar tengah mensin dijalankan pd gigi 1
      -Biarkan roda berputar 1~2 menit ( Durasi ini diperlukan spy rantai hangat )
      -Matikan mesin dan kembali posisi netral
      -Baru kemudian semprotkan chain-lube secukupnya
      cmiw..

    • maksudnya lapisan teplonnya gitu..??
      Thengs atas koreksinya..

    • menurutku betul kata bang yahon. sabun lebih bersifat netral dibanding bensin, apalagi motor yang suka garuk – garukan lumpur, lebih bagus cuci pake sabun :mrgreen:

  7. saya kira gak boleh pakai sabun

  8. usia rantai itu normal berapa km ya?

  9. lapisan vaselin nya bisa hilang wkt dicuci dg sabun,bensin,ataupun semprot wd40.
    setau ane,bersihkan rantai pake oli encer SAE10.

  10. bro hourex,

    ada yg bilang jangan pake WD 40, karena akan melunturkan gemuk yang sedianya memang ada di dalam pin rantai …..akibatnya malah rantai jd kering…

    cmiiw.,,,

    thanks.

  11. @rcitra :
    “ada yg bilang jangan pake WD 40, karena akan melunturkan gemuk yang sedianya memang ada di dalam pin rantai …..akibatnya malah rantai jd kering…”
    APA BENER..??

    http://storyza.wordpress.com/2011/03/25/penyakit-yg-sering-diderita-pegawai-negeri-sipil-pns

  12. Nice Info Mazbro Hourex… 🙂

  13. oli rantai yang bagus apa ya masbro?
    WD tu apa? sori masih newbie 😀

  14. bener boss,, aq rutin pake sabun,, alhasil rantai ane dah 3 tahun lum ganti,, tp ane tetep mau ganti masalahe gearnya sudah lancip kayak gigi kucing,,normalnya sih 30.000km,, tp ane dah 49.000km lum ganti rantai,, hehe

  15. jancukkkkkkkkkkkkkk …

  16. dear mas bro hoarex,bener gak guh ejaannya??hehehehe….,mas bro mau tanya,saya owner ninja rr keluaran 2012,rantai motor saya kok cepet bgt ya kendornya???pdahal baru 2 mingguan diset ulang,mhon pencerahaannya,sekedar info tiap cuci slalu dibersihin,dan selalu diberi pelumas,mohon pencerahannnya…thx…

  17. Kula malah ngagem oli gardan mobil mas, sae 90 kuentel sanget dipunolesaken pinggir2ipun rante. Lajeng gearipun dipun olesi hi-temp grease. Alhamdulillah welasan ewu km rodanipun nembe mundur 1 mm-an. Hihihi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: