KAWWASAKI NINJA 150 R / L 2010 IJO


Halao Kang Mas- Diajeng, Postingan ini Sebagai Apresiasi pada Kawasaki Ninja 150 R/L yang telah setia menemani dan melayani Saya Riding.

Setelah hampir 8 bulan (7 bulan 6 hari) Saya ngangkangi Kawasaki Ninja 150 L warna IJO alias sipaIJO (namanya dimiripin kayak CBRnya juragan DOHC Maz Azziz), maka kiranya sudah cukup pantas bila Saya menuliskan pendapat Saya tentang Motor ini..

SipaIJO resmi menjadi pendamping Saya mulai tanggal 5 Agustus 2010 lalu dengan Mahar Rp 26. Juta..
Sebenarnya awal bulan juli Saya ingin meminangnya, namun karena kawasaki Ninja 150 L warna IJOnya kosong maka nunggu smpei ada warna IJOnya..
Kesan pertama Mrawani sipaIJO keknya gak ada beda dengan motor-motor 2 tak lainnya dalam urusan performa, kos Saat Break-in atau Reyen Saya ngikutin aja petunjuk buku pedomanya yaitu 0-800 km pertama max @4000 rpm dan 800-1600 km max @ 6000 rpm,, namun sampai di 1000 km Hasrat Nge_Beset ni Motor sudah memuncak dan tak terbendung lagi.. Akhirnya putus lah kecepatan 180an Km/jam sipaIJO pada odometer yang ke 1000an km(versi spidometernya lho)..

Kurang puas dengan speed yang Saya dapat dengan kondisi standartnya, maka sebuah kenalpot aftermarket lokalpun Saya tebus(karena ada temen yang pake juga, en lumajan kenceng)..

Setelah melalui Proses jetting karbu sebulan lebih baru lah sekarang ini ketemu Ramuannya yang jos marko boloten (sebagian Proses jetingnya sudah Saya posting juga sebelumnya)..
Sekarang sipaIJO dapat melaju di atas 190an kpj bila Nyali dan Treknya ada/ cukup..
Semenjak menggunakan knalpot aftermarket / resing ini Saya merasakan banyak Perubahan Positif Pada Kawasaki Ninja 150 L IJO ini;
– Suhu mesin lebih adem dan stabil Saat RIDIng Maraton 190 km nonstop dengan style hight Rpm (saat pulang ke rimbo bujang dan balik lagi ketempat kerja)
– Lebih aman dari polisi tidur, karena knalpotnya lebih tinggi dari yang standarnya..
-lebih mudah nyucinya dan yang jelas suaranya lebih kemerincing / nyaring- gariiing..
– Akselerasinya berubah sadis Banget dan top speednya juga nambah /190 km/jam lebih..(nanti aja, saya lagi mikirin cara me_record_nya Bro)
Oia, konsumsi BBMnya saat masih pake knalpot Standartnya bisa 35 km/liter Premium (saat Break-in / reyen) setelah ganti knalpot sama Jetting / spuyer (PJ&MJ) karbunya sekarang konsumsi BBMnya 22 : 1 Premium..
Walau pemakaian motor ini termasuk sering hight rpm sering diatas @11,000 rpm tapi suara mesin keknya belum berubah walau ordometernya udah hampir 8000 km..

sipaIJO juga pernah sekali mengalami Insedent /tabrakan jungkir -balik hingga kepalanya Bolong,postep patah sepion remek, tapi alhamdulillah handlingnya gak berubah sama sekali… Karena masih enak dan stabil lari diatas 170 km/jam dengan tenangnya dan sepertinya tidak ada perubahan sama sekali..
Sebenarnya penggantian kenalpot pada Ninja 150 R/L ini tidak di rekomedasikan karena akan membatalkan sertipikat EURO II Emission Standard yang sudah di kantonginya,, sejatinya Meski dengan knalpot standardnya (Catalytic Converter) saja Motor ini diatas kertas sudah tidak ada lagi tandingannya untuk Produk Massal,, karena Daya maksimumnya yang mencapai 20,5 kW atau setara 28 PS pada 10.500 rpm

Tapi yang namanya Manusia kapan sih puasnya,,
Oia, sipaIJO sampai saat ini masih setia nenggak Oli Samping standard kawasaki (KGO) begitu juga dengan oli mesinnya.. Saya malas ber spekulasi pake oli merk-merk ter tentu, maunya pake motul sebenernya namun karena susah nyarinya dan takut gak bisa dapet pas Butuh makanya pake yang pasti-pasti aja deh yang penting istiqomah daripada harus gonta-gaanti oli kasian mesinnya tho di gilir banyak merk Oli…

Karena tidak ada yang jual Pretamax, maaka sipaIJO juga saya paksa minum bensin Premium aja..

Dan tak lupa demi menjaga keharmonisan Hubungan Batin Antara Saya Dan SipaIJO maka setiap sebulan sekali Saya adakan Ritual ‘service rutin’ sendiri (ada di artikel-2 sebelumnya)

Trutama service ‘superKips’nya jangan Lupa (sudah Saya Posting juga)kos ini JIMATnya NINJA150R
Semoga bermampaat

PISS..

~ oleh Hourex150L pada Maret 11, 2011.

54 Tanggapan to “KAWWASAKI NINJA 150 R / L 2010 IJO”

  1. pertamax diamankan dulu:mrgreen:

  2. mantap bro…ngiler liat nininnya
    lgi ngidam ninja r warna hitam silver ni…

  3. mantep tenan mlayune, ati ati Mas Bro… Jo mblandang neh…
    Kuwi di deleh ngiso sapator ngko kejeglugan dadii peyek iso…😀

  4. masa sih masbro kecepatan bisa nyampe 190kmh.
    bisa buntutin GP125 dunks. hehe..

    • hehehe.. 190 lebih Itu versi spido meternya Bro.. Klo Aselinya yaa paling 170an kpj kalo pake GPS atao alat ukuran yang lebih akurat…
      Klo Sampeyan penasaran silahkan coba aja Ni…

      PISS…

  5. wah kenalpote merek e preman soko jepang….sadis!!!

  6. Oli mesinnya pake castrol power one bro ,dijamin lebih maknyoss ..

  7. edan 180 kpj

    http://extraordinaryperson.wordpress.com/

  8. baca artikel ini jadi inget motor pertama long’s😥

  9. Gan, kira” bbm yang bagus buat ninja itu apa ya??? Premium atau pertamax??? trus agan pernah gak klo superkips nya nyangkut???? Mohon pencerahannya……… Terima kasih…

  10. ngeri tok ik, klambine nganti suwek-suwek rak mas….. pissss. btw knalpot lokal merk 217 gawean bandung yo lumayan lho maz

  11. coba oli samping mesran enviro 2t kang,,,tuh olsam terkenal bagus buat olsam 2tak,,

    • waa, Sampeyan udah pake Belum Bro, klo udah share dong kelebihannya..
      Saya tak cari Inpormasi tentang ni oli dulu ya…

    • sy juga pake oli samping ini, tapi cuma untuk rx king sama suzi tesi. Untuk krr sy pake motul 510….
      dilabelnya enviro ada keterangan untuk mesin berpendingin udara….

      • waaa, berarti kurang srek dong buat sipaIJO saya Bro (liquid kuller )..
        Oiya, selain motol 510 olSam untuk ninja 2t yang rekomendit en mudah di dapat apa ya Bro..??

  12. pake ninja yang model sekrang (engine pake kips) gak rekomendasi buat dibawa santai-santai ria, saya berani kasih garansi kips bakalan cepat macet kalo naik motornya santai. menurut saya sih engine ninja termasuk tipe yang siap dan harus diperkosa sejadi-jadinya (ha..ha.. alay banget yah) agar enak makenya. tiap hari engine harus dibawa berkitir diatas 7000 rpm biarpun cuma 1 menit. kalo bawanya cuman dibawah 7000-an mending ganti motor aja deh, dari pada 2 minggu sekali bongkar kips, repot bro.

  13. motor banter ki:mrgreen:

  14. sangar ratusss😀

  15. mas mul,,amit sewu yo mas..
    bukan ada maksud ngeden2i atau mengusik kesenangan sampean..
    Hari minggu kemarin saya nglayat ke rumah teman baik dipabrik. Almarhum meninggal waktu riding pake Ninja L Ijo-nya, nabrak dump truk yg markir dijalan. Kawan baik saya ini meninggal ditempat dengan helm ijo kawasaki yg masih nempel tapi remuk bagian depannya.. gak akan saya ceritakan separah apa luka2 dikepala dan sekujur tubuhnya, gak tego aku mas..
    Jalanan yg dia lewati ya jalanan sehari2nya, dan jalane apik, sepi, dan lampu jalannya banyak, wong itu jalan akses ke stadion barunya Surabaya..
    Saya sedih banget kehilangan dia, soalnya kita sering acara bareng diluar pabrik juga..
    lebih sedih lagi kalo mikirin istri, dan anak2nya yg masih sekolah semua
    Maaf kalo cerita saya kurang berkenan, kalau kurang sreg ya dihapus aja mas..
    saya cuma pingin sampean lebih hati2 aja kalau naik motor,,secara saya nganggep sampean udah jadi teman saya

    • Inna lillahi wa inna ilaaihi raji’un
      turut berduka atas berpulangnya Brade Ninjers ke rahmatullah Maz Bro..
      Alhamdulillah dan terima kasih sekali atas perhatian dan kepeduliannya Sampeyan kepada Saya Maz..
      Makanya setiap usai Sholat Saya berdo’a agar di beri kematian yang Baik (khusnul khotimah)
      Once again, Matur Suwun sekali mai Brade
      kip Bradehud poreve

      PISS..

  16. treng treng teng…………….*lampu ijo) nguuuuenngggggg nguengggggggg wusshhhh !

  17. kalo aku baru aja hijrah dari KGO..skrg pake idemitsu racing 2T..murah tapi bagus katanya..tapi di beberapa daerah susah didapat mas bro..

  18. Nuwun sewu mas, kecepatn segitu apa nggak ngleyang? Dulu saya pake ninja ngeri kecepatn tinggi perasaan mobat mabit motornya

    • sami Pak Dar, Saya juga ngerasa kalo pas jumpa aspal biasa / kurang rata kecepatan 100 kpj aja udah ngeri,, tapi kalo jumpa aspal Goreng (permukaanya Rata & lebih nggigit ama Ban) yang lurus panjang lumajan nyaman Juga Pak dan baru terasa ngeri kalo udah 170an kpj ke atas / ban terasa tidak napak aspal lagi Pak, maklum masih pake Ban Std..
      Oiya, Saya juga jarang kok ngebutnya,, cuma pd waktu pulang ke Rimbo Bujang (jambi) aja..

  19. velgnya ganti 17 inch yg lebar + ban batlax mas bor! , biar menggigit aspalt 😀

  20. sy br beli ninja r 150, rencana dlm wkt dkt ganti knalpot..

    1. efek samping dr bbm premium apa selain dr keawetan CC nya mnrt pengalaman mas?
    2. dlm periode break in apakah hrs terus ditahan dbwh 4000 rpm selama 800km? & dbwh 6000rpm selama 1600km? bukankah hrs sesekali digeber utk memperlancar SKIPS?
    3. oli low smoke recommended mnrt mas apa?
    4. apakah buruk akibatnya apabila menggunakan full premium?

    • menurut Saya:
      1-efek samping laine ya akselerasinya di bawah pretamax aja Maz..
      2- jangan kawatir Maz Bro, di jamin kagak Masalah kok Superkipsnya (buktinya Ninja Saya belum pernah macet sekalipun smpe sekarang kok)
      3- biasanya para ninjers pake Motul 2T (85rbuan) tapi saya masih setia pake KGO Boz..

    • 4- sebenarnya nggak Buruk kok Maz, cuma power yang keluar gak bisa Optimal aja..

  21. saya juga biker ninja, tapi yg krr. ambil november 2010 kemaren, karena pengen tau topspeednya gara” kiat youtube. kilometer g sampe 500 dan belum 1 bulan, ninja q uda perna q mentokin sanpe 200km/jm dg mudah.

    salam biker ninja 150 !!!!!!!!

  22. weh……mantab Maz Bro….
    kalau boleh tau…kox bsa tmbus 200km/jam, kpye Maz Bro??
    slm knal ya…..dr alif Palembang

  23. salm knal bro smua.,.,ninja emang .,undefeated.,.,.,.,

  24. kurang kenceng mas bro..masa cm 190 km/jam? Kl di blognya mas iwan akuratnya cm 76-77 % lho jadi kl di gps cm 146 km/jam. Sama dengan kecepatan ninja 250r std punya ane kl versi gps dapetnya 146 km/jam, ane rekam berkali2 dapetnya 145-146 km/jam. Pantesan 5x gw tarung dijalan dg kec diatas 150 km/jam versi spedometer selalu bs ngasepin ninja 150r std. Ampe gw mikir apa ga serius ne ridernya tp kq pake nunduk jg…eh ternyata bener kl top speednya 180an kl versi gps 136-138

    • sip Mas,, di GPS NOOKIA DJadul Saya 164 KPJ tuu.. Saya test jalan TRANS Sumatra yang bebas Hambatan en dalam waktu yg Lama (10an KM) tanpa ngerem..

      *Sayang gak da Temen yang punya N250 buat komparasi..

      BTW, sip dah.. Berarti Harga gak Bohong lah..

  25. jgan tersinggung mas bro, ini trmsuk data fakta lho. Silahkan cek gps sendiri insy hasilnya sama. Kutunggu artikel tes top speed dg GPS…

  26. apa gak masalah kl ninja r baru d bwa lbh dr 4000rpm (<800km) dan 6000rpm(<1600km)
    tkut trjadi mslah ntar stelah pemakaian lama, n battlax apa yg cocok utk ninja r..
    tolong ya mas bro jwabannya..

  27. pas periode break-in, apa gpp mas bro kalo di geber-geber gtu,, kl ngikutin buku super kipsnya gmn dong? msih buta nih ttg ninja mas bro..

  28. cuma ganti knalpot racing, karbu sp, cdi racing. ane yakin ninja 250 std bsa d asepin gan. . .
    perkiraan ane jika part2 aftermarket d atas d pasang power yg d hasilkan mungkin 35 hp lebih gan. . .
    mantap dah. . . buat ninja 150 r

Tinggalkan Balasan

 
