Motor Baru Teman Saya


Salam PISS Brades – Sistes semua, Saya Mau Cerita Nii..
Tadi malam Saya iseng -iseng nyamperin motor baru teman, hhmm ini toh motor yang paling laris saat ini…

Honda Absolut Revo..
Bahkan ada Bloger yang nyebutnya raja jalanan, dengan alasan ni motor paling banyak dijumpai ketika kita riding di jalanan (raya),, ada juga yang bilang rajanya ‘Bebek’ yang mungkin maksudnya,,, untuk kelas ‘Bebek’ dialah pemegang angka tertinggi dari segi penjualannya..

Namun setelah beberapa saat mengamati, mata Saya meenangkap sesuatu yang janggal ada pada Motor baru teman Saya ini..

Kelihatannya oli merembes keluar dari baut penutup deksel atasnya, walaopun tidak berbahaya namun untuk motor yang baru beberapa hari nyampe ketangan konsumen,, ini dapat mengindikasikan lemahnya quality control dari pabrikan.. Padahal ni motor masih Perawan ting-ting lho..

Karena belum terjama tangan-tangan mekanik service, liat aja odometernya belum mencapai masa service pertama (500km).

Jadi ingat ni, dulu tetangga Saya juga beli Motor Revo baru,, dan baru sebulan pake kenalpotnya udah berasap putih,,, namun setelah di bawa kedelernya untuk komplen,,,, eee malah di ganti baru satu Unit utuh yang keknya sampai sekarang ga da Masalah tu…
dan yang terbaru kemarin di : us.suarapembaca.detik.com/read/2011/01/07/161728/1541818/283/stang-honda-revo-baru-rusak
Disitu dituliskan pengaduan konsumen tentang rusaknya stang Motor Revo yang baru dibelinya..
Sangat Saya sayangkan sebenarnya, prestasi gemilang yang di capai Motor ini tidak di imbangi dengan ketatnya pengecekan standart kwalitas produknya..

Tulisan ini bukan bermaksud ‘blek kompain’ ato apalah istilahnya,, Saya cuma berharap pihak atpm manapun di Indonesia Raya ini lebih memperhatikan ‘QC’nya bukan hanya sekedar cari untung dengan mengorbankan Konsumen dengan produk yang ‘asal jadi’..
Oia, bagi Brades atao konsumen juga harus jeli memperhatikan Produk sebelum memaharinya..

Semoga ada mampaatnya..

PISS..

~ oleh Hourex150L pada Februari 16, 2011.

42 Tanggapan to “Motor Baru Teman Saya”

  1. numpang eksis disini dulu ahhhh😀

  2. kok bisa yak?!
    hmm, sombong sih. mentang-mentang rajanya bebek😦

  3. Semoga Ahm memberikan respon yang cepat atas beberapa keluhan yg pernah dialami pemakai Revo. Pertamaxxxxx…

  4. Sehari keluar dari pabrik ribuan unit, jadi rada susah ngeceknya, pasti ada yang kelewat.

  5. Pertamaxxx:mrgreen:

    Jiah…. Sayank, Padahal masih baru ya bro, Komplen aja ke Dealer langsung

  6. setahu saya sih di pabrik manufakturing yang saya pernah kerja didalamnya memang tidak ada yg berani pasang target 0 costumer complain ! jadi wajar saja kalo ada produk cacat yg sampai ditangan konsumen..
    AHM memproduksi lebih dari 170ribu unit motor perbulan, katakanlah disetiap unitnya ada 100 baut yg terpasang (ada 100 x 170.000 baut, 17juta baut !). kalo ada 10 baut yg kendor ya rasanya wajar saja.. makanya itu juga AHM mempekerjakan customer complain officer, karena error seperti ini memang tak terhindarkan !

    cuma dalam atmosfir persaingan yg begitu ketat, hal2 seperti ini bisa dieksplor besar2an oleh kompetitor..
    tapi opo yo barokah cara nggolek pangan model ngono kui?..

    • Hwuahahaha.. Mz Bro Damhar,, makasih dah berkunjung Bozz..
      Sebelumnya Saya Nyuwun Maap Mz, kos bukan maksut dari postingan ini untuk meng’eksplor ato apalah.. Saya hanya menyampaikan apa yang saya liat dan pikirkan kedalam postingan ini tanpa ada unsur nyari keuntungan di balik semua ini yang di sertai bukti dan link juga..
      Aseli ora ngapusi KOk,, hehehehe..
      Santai wae Mz.. Oiaa, Saya kalo cari makan di Dapur Maz,, bukan dari nulis-nulis kek gini lho..hehehehe STW Mz Bro..
      PISS…

      • kekekek… itu tulisannya bukan tertuju ke panjenengan mas:mrgreen: , lha wong saya juga ngetrine njenengan iki juragan kayet (ato juragan sawit yo?). Mohon maap kalo sampean salah memahami..
        tapi komen itu ditujukan ke yg biasa blusukan di dunia maya terus mengganggu ketentraman blog2 motor dgn terlalu membesar2kan masalah baut kendor, oli rembes, radiator bocor, dsb..
        termasuk juga dealer2 motor sing masang kliping koran berisi komplain konsumen ke kompetitornya,,menurutku sing koyo ngono iku coro nggolek mangan sing NGGILANI !

        PISS juga ah🙂

      • @ Bro Damhar
        hehehe Iya Mz Bro,, Amin atas do’a nya..
        *Saya cuman karyawan biasa yang ‘nyambi’ bertani aja kok Mz..

        Poko e damai slalu aja Laaa..

        PISS..

      • aku ndisik sempat nang kebun sawit juga lho kang !
        melu perusahaan sing Golden CPO kuwi lho, sing kepala afdelinge dpt jatah megapro..
        lumayan kang, 2,5 tahun ngrasakno adus banyu gambut ngurusi land aplikasi. pingin sms ae kudu munggah bukit disik, kekekekekek….:mrgreen:

  7. Xixixii
    RevA yah bro!!
    Mtor ane jga neeh,dlu ayah ane yg beli pertama sekota banjar,gak ada yg nyaingin dah:mrgreen:

    *oot
    nah ceritanya pas waktu -/+1000km neeh mtor ayah ane betot gas abis,padahal b’2 ama ibu ane yg agak oversize…
    Ya namanya mtor baru digeber2 biasa buat ayah ane,udah dari dlu gtu…
    Tapi suatu hari lha kok mtornya mogok gak mau distater,ya udah engkol2 sampe nyala lgsung mluncur ke ahass…
    Setelah dicek ternyata klep bengkok,lalu ngineplah revA ane diberes berhari-hari…
    Udah selesai ambil lagi,beres deh…
    Dan gratis tentunya😀
    Nah buat bro yg bru beli tuh revA,sebaiknya bawa aja ke ahass,karena msih baru dijamin gratis sama kyk ane…

  8. Sepang euy:mrgreen:

  9. lho kok bisa ya?
    abang ane pake Revo 2010 awal masih oke2 aja tuh.

  10. Semoga AHM cpt nanggepin aj keluhan semua konsumen spy konsumen gak bikin berita heboh. Dan lebih diutamakan tingkatkan kualitas daripada kuantitas. Yo ra Bro..

    • Nhuuaaaah… Begitu maunya Saya Mz Bro Skips,, cuocok… Aseli Pass banget..!!!
      * Alay mode:on

      Maksud tulisan ini juga gitu Mz, bukan hanya AhM,, tapi semua AtPm yang ada di Indonesia Raya ini musti lebih meningkatkan pengawasan standart mutunya..

      PISS..

  11. haish2…namanya aja kerja borongan om…yg penting cpet dan bayarannya yahudd…xixixiix :mrgreen:

  12. emh sama kasusnya kaya revo temen saya,cuma temen saya yg masalah di rantai ketengnya bunyi bin berisik,mtrnya sih baru 10 hari…yg bikin kesel kata temen saya ngeklaim nya bisa 2-3 mingguan jd aja di kebengkel biasa ganti sendiri…maaf yah buat fans boysnya honda….heheheeh….

  13. Iya Mz Damhar,Sampeyan juga pernah cerita kok di warunge Mz Iwan..
    Klo masalah koneksi ya emang kek gitu di tengah- hutan sawit,, podo Mz, taun 2003 dulu Saya juga gitu (sinyale payah) sampe sekarangpun kalo mau posting nunggu sinyal bagus baru bisaa di terbitkan,, apalagi kalo kbnya besar,,, nyangkut teruss…
    Tapi tetep bersyukurlah,, Allah ki moho Adil kok..

    PISS…

  14. weleh…..mbeler….mending ini..kalo inget honda beat adek ane juga bikin empet lha baru 80km dah rontok magnet-setnya!!

  15. wah… ternyata saya beruntung
    supra ane ada 7 tahun umurnya en ampe dijual ga pernah bermasalah di mesin, paling ganti ban dalam doank padahal dah di tabrak dari samping 1 kali ampe bengkok shok belakang en ngesot di aspal dah beberapa kali ampe bengkok foot stepnya di lurusin trus jatuh lagi di lurusin lagi trus buat blajar ade naek motor tapi malah nggegas trus akhirnya trotoar ditabrak juga jamping dah jatoh en bengkok lg tu foot step tapi kali ini dah mo patah jadi diganti aja

    makannya pas beli motor untuk ade ane buat sekolah pilihan jatuh ke supra pgmfi en sekarang dah hampir 3 tahun tetep ga pernah bermaslah, kebengkel cuma ganti oli doank

    • @ lufi
      Maunya Saya,, seharusnya semua konsumen merasakan seperti yang Anda rasakan juga Bro…
      Puaaaass… Puuaaaass… Puuuuaaaaaaaass…
      *tukul mode:on

      PISS..

  16. weks.

  17. Dalam suatu proses produksi yng mencapai ribuan unit per hari adlh wajar jika ada yg cacat produksi, tapi seyogyanya jmlhnya haruslah ditekan sesedikit mungkin, berapa ppm lah targetnya, tergantung perusahaanya. biasanya tiap perusahaan punya target reject produksi semacam program SIX SIGMA, agar customer satisfication tetap terjaga. betul ga bro..?….

  18. 🙂 Mampir sedèlo mas

  19. klo dgnti bru enk dnk…moga2 gntinya eror jg trus ganti bru lagi,brasa mtor baru trus coy

  20. saya kecewa dg honda,motor baru keluar dr deler yg saya beli baru 2bulan,itupun jarang pakai. Tp kok knalpot keluar asap putih terus tiap kali di nyalakan mesin,asap lumayan tebal. Saya sampai stres karena kecewa yg sangat berat,lain kali saya ga mau lg pakai honda.

  21. Pada tgl 29 des 2012, saya membeli motor honda REVO cash di dealer honda (AHASS) bulak kapal, Bekasi Timur . Tapi, ketika saya mau tunda pembelian, sang sales bilang, “Kalau tahun depan sudah naik harganya”. Karena hal tsb saya mau membeli pada tanggal tsb dan motor diantar pada malam harinya jam 20.00.

    Karena saat itu menjelang pergantian tahun 2012 ke 2013, saya baru melakukan test drive di awal bulan Januari 2013. Barulah ketahuan pihak dealer (HONDA) menjual barang cacat ke konsumen dimana motor tsb mengeluarkan suara mesin kasar, lebih keras dari suara knalpot (seperti suara benturan metal atau dudukan claher/as oblak dan gesekan rantai kiting ke blok mesin). Ini baru terdengar setelah tes jalan beberapa menit dg kecepatan 30km/jam (inreyen-katanya). Selama beberapa hari, setiap harinya saya call mereka tapi tak pernah dijawab, hanya berdering. Namun, mungkin karena setiap hari saya telpon mereka, akhirnya berhasil juga dan mereka mengambil dengan truk (karena STNK belum jadi). Pada saat itu pula saya dating ke dealer HONDA tsb untuk memberi penjelasan hingga timbul perdebatan dalam arti mereka menyatakan dan bersikeras motor tsb sempurna meski sudah diadakan perbandingan dengan motor yang sama untuk suara mesinnya yang jelas sangat berbeda. Sang KEPALA CABANG “sempat bersitegang, marah kepada saya. Yang saya heran, apakah seorang KEPALA MEKANIK disana tidak bisa membedakan suara motor baru (sehat) dengan motor cacat (rusak). Akhirnya saya mengalah, dana mereka mengirim motor tersebut kembali ke rumah saya. Saya mengalah, karena saya berpikir tidak ada gunanya bersitegang dengan orang2 picik seperti itu..

    Karena pihak dealer HONDA bersikeras melepas tangung jawab, saya melayangkan complaint ke honda pusat (AHM) hingga saya bertemu dengan orang marketing dan sang AHLI MEKANIK HONDA (katanya) dari Bandung – PT.Daya Adicipta Mustika.

    Urutan proses complaint dalam 5 bulan.
    Keluhan PERTAMA mekanik DEALER Honda Bekasi datang kerumah menyetel klep,
    Keluhan KEDUA, mekanik DEALER Honda Bekasi mengganti “roller rante keting” (penahan) yang dilakukan di bengkel (apa betul?).
    Keluhan KETIGA, mekanik DEALER mengganti “plat kopling” yang dilakukan di bengkel (Apa betul?).

    Yang jadi pertanyaan? : Apa wajar, motor baru yang sudah dibayar tunai, mesinnya di “OBOK-OBOK” seperti itu? Apa itu namanya masih MOTOR BARU?

    Alhasil suara motor tetap kasar meski mereka sudah melakukan tiga kali PENG-OBOKAN mesin hingga dari pihak HONDA Bandung (yang menangani masalah di jawa barat) datang kerumah (survey) untuk membuktkan bahwa complaint saya itu benar. Setelah sang AHLI MEKANIK HONDA BANDUNG mencoba test drive selama setengah jam dan kembali kerumah, barulah mereka percaya karena dia merasakan getaran mesin yang keras saat berjalan disertai suara mesin yang keras (suara dudukan as oblak,) , seperti motor lama yang tidak terurus.

    Sang AHLI MEKANIK HONDA tetap bersikeras, motor harus di SETTING ulang dan mereka bersedia mengganti spedo meter yang cacat karena hanya beberapa kali ke dealer yang berjarak 2 km dan berputar sekitar complex (STNK belum jadi), tapi spedo meter sudah menunjukkan lebih dari 90 km. Mereka bilang, tidak bisa menukar motor karena bila motor saya kembali ke mereka, akan menjadi MOTOR SECOND HAND.
    Salahnya saya lupa bertanya : “Yang anda jual ke saya, motor second atau baru?

    Setelah dilakukan Setting mesin, setelah motor dipakai selama 3 minggu kerja (18 hari) di Jakarta (dari daerah Salemba ke Sudirman), spedo meter menunjukkan 900km ???? Kondisi motor kembali kesemula, suara mesin keras kembali seperti awal complaint, bahkan rantai roda belakang menjadi kendor sekali (melar).

    Ketika saya kembali (Mei 2013/bulan ke 5) untuk menagih pertanggung jawaban mereka, sang MEKANIK Dealer Honda bekasi, dengan entengnya menyatakan : “kita hanya bisa servis saja, dan rantai roda yang kendor bisa kita kencangkan. Kalau mengganti sparepart tidak bisa, sebaiknya bapak hubungi saja AHM PUSAT” Tapi ketika saya minta bertemu dengan kepala cabangnya sebagai decision maker, dia menghindar tidak mau bertemu.

    APAKAH……..??
    1. Apakah kalau membeli barang baru yang sudah dibayar tunai tidak bisa DITUKAR kalau ternyata itu barang RUSAK ? Hanya boleh diperbaiki?

    2. Apakah betul mereka mengganti dengan sparepart kelas pabrik, bukan kelas pasar (OEM = kekuatannya dibawah standar pabrik/sparepart bawaan)? Pengakuan dari teknisi Dealer, sparepart pengganti untuk motor saya, mereka copot dari motor baru yang ada disana.

    3. Kalau point 2 betul, artinya kemungkinan besar motor yang saya beli tsb adalah hasil rekondisi dari sparepart bekas dimana yang baru telah mereka copot. Atau memang dari pabrik memakai sparepart cacat yang seharusnya dilebur kembali? Yang penting terjual.

    Apakah benar seorang kepala cabang Dealer HONDA (AHASS) yang juga bertugas sebagai MARKETING dalam penjualan, marah dengan mengeluarkan kata2 buruk karena di complaint konsumen atas barang CACAT yang mereka jual? Perlukah mereka di TATAR kembali hai Honda Pusat?
    Apakah salah kalau berpendapat bahwa saya telah DITIPU oleh pihak Dealer HONDA?

    Dari awal pertemuan saya dengan teknisi Dealer Honda motor “KUSUMA MOTOR”, dia menyatakan bahwa motor saya berkondisi sehat setelah dia mengecek suara memakai “machine stethoscope”. Tapi setelah saya memberi komentar dan debat dengan teori pemesinan, barulah dia tidak berani lagi memutar balikkan fakta, yang akhirnya mengakuinya. Bahkan dia menawarkan mengganti blok silinder. Tapi setelah 5 bulan proses complain dimana dia yang melakukan setting ulang dimesin, ketika suara keras muncul kembali mereka semua menghindar, janji yang pernah diucapkan hilang semua. Artinya mereka memang berusaha agar waktu berjalan terus sampai masa garansi habis (6 bulan), mereka punya alasan kuat untuk menolaknya.

    Inilah sekelumit kisah rasa kecewaan terhadap pihak HONDA yang MENIPU saya menjual motor CACAT dengan harga baru.

    Apakah PRODUK HONDA akan bertahan sampai satu tahun dimuka, kalau mereka memiliki DEALER seperti itu? Atau memang pihak AHM pusat yang seperti itu? Karena hal ini juga terjadi di Tennese – USA di tahun 2013 ini.

    Silakan buka situs ini :
    1. http://marimaninfo.wordpress.com/2013/03/20/honda-jual-motor-cacat-eh-di-denda-12-milyar/
    2.. http://oto.detik.com/read/2013/03/20/132329/2198893/1208/jual-motor-cacat-dealer-honda-didenda-rp-12-miliar

    SARAN :
    Bagi Anda yang membaca artikel ini, saya sarankan agar berhati-hati kalau membeli motor MEREK HONDA, karena belakangan ini sudah beberapa kali terjadi hal seperti ini. Termasuk saya yang menjadi korban. Tapi saya akan tetap berusaha.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: