Service SuperKips Ninja150R/L


Alhamdulillah, akhirnya bisa juga posting tulisan ini setelah beberapa hari selalu gagal dikarenakan mutu signal yang emang tidak bisa diharapkan alias tidak stabil di tempat Saya tinggal..

Baiklah kita mulai Saya ya, seperti sudah menjadi kegiatan rutin Saya selama ini,, dan kebetulan baru sekarang dapat Saya postingkang, yaitu kegiatan service rutin tunggangan minimal sebulan sekali kecuali kalo yang sifatnya emergancy..

kebetulan hari minggu kemarin jadwal service SuperKips(per 2000km) dan ganti oli mesin(girbox), berikut adalah kgiatan service superKipsnya..

1) pertama buka cover radiator, dengan obeng (+) besar agar kepala baut tidak rusak kembangannya..

2) kemudian akan kelihatan jelas karet kover dust superKipsnya, buka karet kemudian akan kliatan mur pengikat tuas dan batang superKipsnya

buka Murnya dengan kunci ring 10″, tapi AWAS.. baut ini ke kanan untuk bukanya (clockwise),, tidak seperti mur pada umumnya..

3)setelah itu lepas tuas pemutar superkipsnya, di lajutkan buka baut 10″ pada rumah superKipsnya 2 buah kiri dan kanan,, oiaa bukanya seperti biasa (ke kiri untuk bukanya) Saya sarankan untuk pake kunci ring jangan kunci pas agar tidak merusak kepala bautnya..

setelah terbuka ke2 bautnya,angkat dan lepas rumah superkipsnya..

4)setelah kelihatan mekanis superkipsnya, buka ke2 mur pengikat gigi mekanis superkips,, dan LAGI-LAGI baut ini membukanya ke kanan lho Bro.. dengan kunci 10″ ring juga.. lalu lepas gigi2 mekanisnya,, oia perhatikan posisi tanda (.) padagigi nya, sehingga tidak bingung nanti saat masangnya kembali..

5) setelah itu buka 2 buah baut L nya dengan kunci L 5″,, putaran ulirnya biasa aja (kiri utk buka)

6)setelah bersih, tinggal cungkil saja penutup superkipsnya pake obeng dikiri dan kanan,, di bagian depanya sudah disediakan tempat untuk di cungkil juga kok, jadi jadi gak perlu kawatir rusak penutupnya asal hati-hati atau slole wae yaaa…

7)begini cara saya ngeluarin superkipsnya, karena kadang agak keras en alot kalo pas banyak keraknya,, jadi ya.. pake sistem katrol sederhana kek gini Bozz..

lebih aman en hemat energi keknya…

8) kan keluarnya jadi enak en septi klo pake ala saya kan….

tapi tergantung selera aja deh,,(emange apaan ni)

9)Nah, klo Saya semuanya,, baik ke2 valve superkips maupun mur & baut saya kumpul jadi satu trus Saya semprot pake WD /cleaner, kemudian biarkan untuk beberapa saat..

bisalah sekedar komen di dunia maya,, klo Saya sebari nunggu saya bersihkan juga LIANG’ valve superkipnya dengan kain yang di basai WD sampai bersih..

10)setelah itu baru saya bersihkan superKipsnya,,INGAT cukup gosok pake kain saja/sarungtangan kain.. Saya saran kan untuk TIDAK menggunakan amplas,, walo se halus apapun yang namanya AMPLAS punya sifat mengikis LHO..

Niii liat hasilnya… meski cuma di gosok pake kain udah kinclong-kinclong kan..

itu dikarenakan adanya lapisan tevlon pada valve superkipsnya,, bayangin kalo teplon yang mulus ini harus kena AMPLAS..

sayanglaaa.. lama kelamaan bakalan habis ni lapisannya,, klo udah abis lapisan teplonnya alamat bakalan LANGGANAN macet tu superkipsnya BRO.. (opini pribadi aja lho..)

11) jangan lupa bersihkan juga bushing superkipsnya ya..

en wan moo,, JANGAN pake Amplas (klo menurut Saya sih), takutnya klo pake amplas lubang bushingnya bisa bertambah besar bila lama kelamaan kena amplas Maz..

Poko e cukup kok pake kain saja..

Nah, selesailah sudah proses pembersihan superKipsnya secara keseluruhan,, tinggal pasang kembali melalui prosees sebaliknya dari bongkarnya tadi.. karena keknya bakalan kepanjangan dee kalo musti di post juga sini..

Hal-hal penting yang musti diperhatikan saat service sendiri superkips Ninja150 terutama bagi pemula.antara lain:

1> POSISI TANDA(.) PADA GERIGI MEKANIS SUPERKIPs.

lebih kurang seperti pada gambar dibawah ini………………………………

2> lalu arah buka/kunci MURnya ke kanan untuk membuka(clockwise) dan kekiri untuk ngencanginya..

‘agar mudah di ingat untuk MUR bukanya kekanan’

3> dan untuk bautnya, baik itu baut L 5″ atau baut 10′ biasa normal arah bukanya (anticlockwise)

Nah,keknya udah komplit semua dee apa yang saya tau tentang service superkips sendiri dirumah..

jadi kaya komik ya postingan saya,, ga papa laa namanya juga masih awan Bozz,, klo ada yanag masih janggal tolong di koreksi atau masih samar tolong di perjelas yaaa.. kos semua ini hanya berddasar pengalaman pribadi saya bersama sipaIJO..

semoga ada mampaatnya,khususnya bagi BRADES NINJERs ..

PISS..

~ oleh Hourex150L pada Februari 15, 2011.

49 Tanggapan to “Service SuperKips Ninja150R/L”

  1. Pertamax om

  2. Lengkap euy!
    Sayang gak punya ninin…😦
    Sekali nyoba KRR cuma keliling komplek,xixii:mrgreen:

  3. hahaha
    kalo punya tek coba mas

    http://dolanclinick.wordpress.com/2011/02/15/gw250/

  4. Makin terasa nih tarikan 30 kuda liar si Paijonya, mantep Bro artikelnya bermanfaat trutama bgi penyemplak Ninin Super Kips.

  5. iya Mz skips,, palagi udah ganti spuyer karbu ama knalpot resing… Woooouiw..!! Mauut tarikannya..
    Saat oper gigi (2&3) ngangkat-ngangkat roda depannya Mz.. En saat valve superkipsnya main (@8000an rpm) terasa banget ketarik-tarik kebelakang rasanya…

  6. kok punyak ane ngk ada ya??:mrgreen:

  7. @lingga sing ra ono opone.. bolongane..

  8. ulasane sip, meski aku ga mudeng ma superkips.. . Soale ga punya je🙂

  9. oli gear box dari dealer memang disarankan ganti 2000km ya mas? 😉 padahal pelumasan transmisi saja dijamin kualitas oli lebih tahan lama lho 😀

  10. hahaha.. Dulu,kata Mbak(spg)nya dideler ya gitu Mz,, tapi saya bantah; ‘klo selain ninja 150 iya Mbak, Ninja150kan pake Oli samping sedang yang lain tidak’
    oia, di buku petunjuknya juga setelah servis garansi juga 5000km baru ganti kok Mz..
    Tapi klo Saya setiap 4000km gantinya Mz,,

    PISS..

  11. wahhh, dikasih tips terus dari mas hourex, mantap mas… bermanfaat buat sukmben yen punya ninin🙂

  12. Mas klo kabel rpm sering putus masalah nya apa tu mas,1 minggu udah ganti 2 kali,oya skarang aku udah ganti knalpot racing,TDR,pnya,untuk setingan carbu mohon sdikit di ulas lagi maklum,kgx di masukin ke memori[kips 2008]

  13. @Mz gandung
    Apa sebelumnya spidonya udah pernah di copot lama..? Ato pernah putus tapi dibiarkan lama..??! Klo ya, bisa jadi rumah pemutar mekanis rpmnya kotor ato agak macet/ seret,, coba aja bersikan dulu pake cairan cleaner..
    Untuk setingan karbu coba dulu naikan PJnya 1 step (2,5), PJ standar ninja R/L 45 dinaikan 1 step jadi 48 (45 + 2,5), lalu MJ juga naikan dulu 1 step (5),, MJ standarnya 138 naik 1 step jadi 142 (138 + 5) kemudian cek hasil pembakarannya melalui anoda kepala Busi..
    PJ untuk @ 1000 – 4000rpm
    MJ untuk @7000 – Mentok rpm
    Sedang @4000 – 7000 rpm di setting dari jarum skep dengan cara menggantinya yang lebih slim (jarum skep racing) ato menaikan stepnya, tapi untuk karbu standar Ninja R (keihin 26″) tidak ada stepnya jadi perlu di ganjal ring yang tebalnya menyesuaikan kebutuhan mesin..
    Kuncinya kalo anoda kepala busi udah berwarna merah bata/ coklat berarti settingan udah pas, kalo kering/warna keputihan naikan lagi 1 step,, (kalo putaran bawah nahan naikan PJnya,kalo rpm diatas 7000nya berasa agak nahan maka naikan MJnya,, kalo tarikan terasa nahan mulai dari @4000-7000 rpm ganti jarum skep racing(lebih kurus) ato jarum standarnya naikan sikit (diganjal ring) dst.. Sampai tarikan benar-benar terasa los dari bawah hingga mentok, kemudian pastikan pembakaran sempurna dengan melihat anoda kepala businya..
    Mungkin Brades NINJERs lain bisa kasih koreksi ato tambahan..
    Monggo di coba..

  14. huaduu sip mas, oh ya Karbu RR sama R itu sama ndak ukuran venturi nya?

  15. masbro,rata2 yg udah lama punya ninja lapisan teflon katup superkipsnya udah pada terkikis atau sengaja dikikis alesannya lapisan teflon katup kips di blok 1855 (ninja skrg )gak sebagus versi blok sebelumnya 1878,1779 dll

    punya saya udah terkikis tuh,padahal bersihinnya cuman dilap pke cleaner doang gak pernah di amplas dan terkadang disikat ama sikat gigi bekas klo carbonnya susah diangkat(tapi jarang)

    oh iyah skedar share,cleaner bagus buat bersihin kips bisa pke pensray atau stp carb cleaner,cuman disemprot doang udah rontok tuh carbonnya terutama yg pensray

  16. @Bro Darmawan mak bedunduk
    udah dijawab tu ama Bro dumsky Pak..
    Tambahan aja ya untuk ninja 150 seris baik yang R & RR sekarang sudah pake karbu yang sama (untuk Ninja 150 series rakitan 2011)..

  17. Asslmkm,Mas. Nyileh motore yo.🙂;-)

  18. mau koreksi dikit mas bro…
    lapisan teflon di super kips kalo di amplas ga akan bikin macet mas bro..malah bikin lebih lancar pembukaannya karena bagian itu jadi lebih tipis karena lapisan teflon jadi ilang..emang ga apa2..bukan berarti aus atau harus ganti..tapi palingan dari dalem blok super kips itu keluar suara kira2 bunyinya ckckckckck gitu waktu motor nyala..dan itu sangat mengganggu karena kenceng suaranya..dan juga di crankcase pasti lebih banyak ampas sisa pembakaran karena bagian super kips menipis, jadi sisa2 pembakaran lebih lancar dan banyak juga masuk ke crankcase nya.. CMIIW😀

  19. Kang, gambar2 nya upload lagi ya..mau ta’ print buat panduan oprek2 nang omah, matur nuwun

  20. Pernah ada kejadian, wktu buka baut btang superkips salah n sampek patah, kira2 sampek brp klo hrs bli btang nya?? Ato ada solusi lain?? Tlong n makasi

    • Maksudnya Batang pemutarnya yang patah..?? Kalo iya masih bisa kok sementara di las,, klo harga barunya ga’ tau Bro..
      Coba cek ke Dealer kawak saja..

  21. halo mas bro..
    mo tax ne, kemaren pas ane bershin supr kips, wktu ane buka mur batang mekanisx, bautx patah.. kira” masih bisa d’las g y ? atw harus ganti ? low ganti kira” harga baut mekanis ninin brpa ?

    • baut yang mana Mas,, baut 8″ (3 biji) yang di samping kiri & kanan atau baut 10″ (2 biji) di atas cover mekanisnya..
      Atau ulir batang pemutarnya itu..?? Klo tuas pemutarnya yang patah keknya masih bisa di las kok mas..

  22. Mas kalo punya saya di buat Tarikan di bwah @ 7000 rpm rasanya kok nahan/berebetan bsnget gitu,tp kalo si superkipSnya udah buka baru bisa lari..
    mohon bantuanya mas…

  23. Ask help gan yg mau bantu,..
    Nubi neh…
    Superkips ane pas as pengunci bomerang patah bagian dalem nya yg d kunci pke baud L3
    super kips jadi ga fungsi
    cz ga ada pemicunya gan…(intinya pemicu superkips tdk berfungsi ada
    Tolong pencerahanya,.. Secerah cerahnya gan

  24. […] kalo tak mau Ninja kesayangannya IMPOTENT,, minimal bersihkan setiap 2000 km laahh.. sebenarnya pernah juga Saya posting disini,, tapi karena sesuatu hal gambarnya tidk lagi bisa […]

  25. mas mau tanya ni?? saya kan buka penutup Busing Valve,,,karna agak keras,, saya congkel-congkel eh tau2 patah,, kalu mau ganti ada gak ya jualanya ??? & berapa harga nya?? TQ kasi saran ya yang tau

  26. brother, tuas baut super kips ane yang posisi berdiri(vertikal lurus ama calter sebelah kanan) itu patah gara-gara ngencenginnya keterlaluan….hehehe…….saya sudah belikan spare part-nya, kalo semisdal diganti sendiri susah gak ya????

  27. bro g salah nulis kah?buka baut 10 pada rumah superkips yg 2 biji kanan kiri justru kekanan bukanya..saya ikutin satann blog ini malah patah bautnya.

  28. sory saran maksud saya bukan satan

  29. ninjaku jika lari gigi satu, rendat , /mbrebet bos apa itu masalahnya mohon saran nya trimakasih

  30. oya kalo bisa sy minta alamat nya gan sy tak situ aja

Tinggalkan Balasan

 
