Jangan Sepelekan Baut Kendor


Halo Brades, Seperti yang telah saya rencanakan sebelumnya,, jika hari ini (Minggu), mumpung libur Saya akan service superkips sipaIJO..

Eee pagi-pagi Saya kedatangan Tamu, beliau adalah seorang Ustadz di tempat Saya,, beliau mengeluhkan tungganganya yang batang engkolnya sengkleh,,, Oiaa, kebetulan sekali tunggangan Pak Husain ini masih satu gen dengan sipaIJO,, yaitu Kawasaki Kaze R..

Pak Husain bilang kalo sengklehnya engkol si KaseR karena baut pengikatnya yang kendor, dan udah beliau coba kencengin sampai kepala bautnya BOTAK’ tapi tu baut tetep ga mau Muter juga,, karena beliau ada keprluan maka beliau mempercayakan untuk ngencengi baut engkolnya pada Saya…

Alhamdulillah, kebetulan Saya punya kunci shock,, dan dengan kunci shock 10″ itu baut mau juga mutar..

Tapi ternyata permasalahan yang sebenarnya bukan dari baut yang kendor,, terbukti walo sudah Saya kunci sekuat-kuatnya namun tuas kick stater atawa engkolnya tetep aja loss / duol..

Dan akhirnya Saya buka kembali baut nya dan melepas tuas kickstaternya,, oooo ini tho biangnya…

Setelah Saya perhatikan, Ausnya gerigi bagian dalam kick stater penyebab Loss saat di engkol..

Lagi-lagi Saya amati, menurut pengamatan dan prediksi Saya,, ternyata faktor ‘No Open’ alias Ra Open pemiliknya yang menjadi penyebab utama habisnya gerigi tuas engkol ini,, karena kondisi engkol yang oblak /goyang di biarkan dalam jangka waktu yang lama..

Sebagai PPPK, Saya ganjal dengan plastik setebal 4mm yang amat liat, ini berdasar pengalaman Saya pada megapro yang juga aus gerigi pada perseneling tuas pemindah giginya.

Dan terbukti awet dan tahan sampai dapat penggantinya yang baru..
Demikian juga halnya dengan tuas engkol si KaseR semoga tahan sampai datang tuas engkolnya yang Baru..

Makanya Maz Bro semua, yang ngakunya Bikers,, jangan pernah biarkan /sepelekan sebutir bautpun kendor.. Karena efeknya bisa lebih ribet dan lebih mahal dan tentunya lebih lama dari hanya sekedar ‘Ngencangin baut’..

Semoga bermampaat..

PISS..

~ oleh Hourex150L pada Februari 13, 2011.

27 Tanggapan to “Jangan Sepelekan Baut Kendor”

  1. PRETAAAMAAAAAAAx..
    Sori Mz Bro, ada tambahan sedikit,,
    ternyata Pak Husain menanggapi positif usulan saya untuk segera membelikan gantinya,,, dan beberapa menit setelah postingan ini terbit Kick stater baru datang kerumah…
    Pasang doeloe ahh…

  2. cek indomotoblog kolom paling kiri mas..🙂

  3. apik apik apik

  4. betul.. saat yg tepat ngecek kekencangan baut2 adalah kita mencuci sendiri turangga kita.

  5. aku komen…. semangat ya..

  6. hahahaha.. Suwun Mz Boz..

  7. kalo saya dulu malah ga di baut kisanak,..
    Setelah engkol trus di lepas kantongin /selipin di pinggang balik jaket xexexe..
    Pernah di mall periksa security di kira bawa pestol dia bilang:
    ‘siap pak, saya menjalankan tugas!’
    saya kwaget bukan kepalang tapi untung bisa mengusasi diri lalu senyum saya berlalu di iringi hormat pak security
    —- kenangan tak terlupakan—- dan bikin ex pacar saya waktu itu terkagum2
    padahal hanya gara2 kick starter GL saya xixixix

  8. whuahahahaha.. KiBrade bisa aja…
    Untung ga diPriksa Sampeyan,, karena terdeteksi metal detektor..
    Klo iya bisa terkena pasal membawa ‘senjata tumpul’ ni kiBrade…
    Xixixixixixixixiixxixixiixiii
    makasih sanget dah mampir Bro..

    PISS..

  9. bhaya it bro..

  10. kalo celana kendor gimana itu Om??…bahaya ngk??..xixiixixix:mrgreen:

    • ya nonton situasinya la Mz ling,, klo di tengah jalan bisa ngganggu konsentrasi pengguna jalan lain,,, tapi klo pas di rumah apalagi manten anyarran,,, waaaaoouuww.. Itu yang di mauiii..xixixixixixixiixii
      PISS…..

  11. Baut di superkips emang gampang dol yo mas

  12. aku ngalamin di step presneleng grand dulu, bahkan sampai asnya ilang ulirnya. Sampai di las. Ancurr…

  13. Nice post n good blog sob…
    Lanjut terus…
    Ditunggu posting selanjutnya ya…

    Jangan lupa juga kunjungan balik ya…
    Dan kasi komennya ya sob di blog saya…🙂

  14. tips mantep mas..

  15. Menarik, jangan lupa baut bodi. Kalo kendor bisa ilang lo.

  16. wah jadi ingat ama suzuki jet cooled saya,baut jok pada rontok di jalan,pas ujan gede aku pingirin motor ane,wa standarin samping,15 menit berlalu,jok udh kgx ada jatuh kebawa air,untung bokde parjo bilang,mas jok,e tibo kerut banyu kalen waduh jadi ngejar tu jok,10 meteran.ahhhhh jadi malu aku masssssh[kips 08]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: