Nasib Mesin 2 Langkah


Alhamdulillah Brades, jumpa lagi dengan postingan dari Blog Damai nan IJO -royo-royo ini,, Pada kesempatan ini Saya ingin sedikit menulis tentang Mesin 2 langkah sebagaimana judul diatas…

Dikarenakan keterbatasan kapasitas pengetahuan Saya tentang Mesin, maka dengan penuh kesadaran Saya tidak akan membahas tentang cara kerja / mekanisme dari mesin 2 langkah atau 2 tak ini..

Melainkan Saya ingin menulis tentang keberadaan atau bahasa jowone Eksistensi dari Mesin 2 langkah, terutama pada kendaraan roda 2 alias Motor dimasa sekarang,,kalo mekanismenya biar lah Brades2 semua yang membahasnya…

Bicara tentang Motor berMesin 2 langkah ini Saya jadi terngat peristiwa beberapa tahun lalu; waktu itu ada seorang teman bernama Herman (asal dari kota Medan) karena belum punya motor Maka Herman meminjam motor pada tetangga Saya yang bernama Sayidi, yaitu sebuah motor Yamaha Force-1’94,, karena pak Sayidi ingat bahwa oli sampingnya udah hampir habis (lampu indikatornya udah nyala beberapa hari) maka pak Sayidi memberikan sejumlah uang kepada Herman agar dibelikan Oli samping merk ‘X’ dan disuruh langsung mengisikannya sekalian..Sore harinya si Herman mengembalikan motor beserta sisa Oli samping merk ‘X’ sebagaimana yang dipesankan yang punya motor (pak Sayidi), motorpun langsung dimasukan kedalam rumah..
Keesokan harinya si Force-1 di bawa kepasar oleh Istri pak Sayidi, namun malang di tengah perjalanan motor Mati tegak,, karena belum jauh motorpun disorong pulang,,, ternyata eee ternyata tu motor Macet Pistonnya alias nge-Jim Bozz..
Kecurigaan pak Sayidi langsung pada Oli samping penyebabnya, dan bagai disambar petir di siang bolong,, ternyata tabung oli samping di bawah jok (kanan) kosong melompong,,,padahal kata si Herman udah di isikan sampai penuh…
Setilah diambil botol oli samping yang kemarin ternyata isinya masih banyak dan kira2 hanya terpakai 1/4 botol saja, jadi di isikan kemana kok katanya sudah diisikan sampai penuh..???
Setelah si Herman di datangkan, dengan penuh percaya diri Dia bilang kalo tu oli samping di isikan ke mesinnya (girbok), analogi dia karena tutup oli mesin yang berada di samping mesin,, maka itu yang di maksud oli samping ‘menurut si Herman’… Dan benar saja saat dibuka tutup oli mesin, oli langsung keluar karena kepenuhan…

Dari kisah nyata di atas dapat lah Saya ambil kesimpulan bahwa Mesin 2 langkah khususnya pada motor sudah tidak punya lagi tempat di kebanyakan Masyarakat, bahkan si Herman yang berasal dari kota besar sekelas Medan pun tidak tau atau paham dengan Mesin 2 langkah yang membutuhkan oli samping dalam proses pelumasan komponen di daerah ruang bakar, begitu juga dengan Istri pak Sayidi yang tidak paham dengan signal indikator oli samping yang terus-menerus berkedip-kedip tanda kosong..
Saat ini Mesin 2 Tak pada Motor khususnya sudah dianggap sebagai Mesin kuno atau konvensional

Dan sudah mulai ditinggalkan baik oleh Produsen maupun Konsumen, Di mata Produsen setelah di berlakukannya standart UERO-2 berimbas pada meningkatnya biaya Produksi..

Sedangkan bagi konsumen, motor bermesin 2 langkah dianggap sebagai Pemborosan serta tidak ramah lingkungan,, serta isu pelarangan motor berasap / bermesin 2 Tak melewati jalanan di tengah kota tau jalan-jalan Protokol menjadi hantu mengerikan konsumen yang hendak menimang Motor-motor berasap tersebut..

Walaupun pada kenyataannya, seiring perkembangan tehnologi Roda 2 saat ini masih ada juga Motor ber tipe Mesin 2 tak yang bukan saja ramah lingkungan,,

Namun juga bisa Irit serta mampu menghasilkan power Mesin yang tetap besar, bahkan di negara-negara Eropa sudah bisa mengembangkan Mesin 2 tak hingga lulus UERO 3 & 4..

Kira-kira sampai kapankah Mesin 2 tak ini akan tetap bisa bertahan..??

Aii lof spid, aii lof akselerat, aii lof tu setruk porefer..

PISS..

Iklan

~ oleh Hourex150L pada Februari 11, 2011.

34 Tanggapan to “Nasib Mesin 2 Langkah”

  1. Pertamaxxx… 😀

  2. Kenapa ya konstruksi knalpot RX-King beda sama Ninja..padahal kan sama2 2 tak tuh…

    *nyubi sama 2 tak… :mrgreen:

  3. Klo Di Indo hny Kawasaki aj yg masih mau ngembangin teknologi mesin 2 tak, Dan hasilnya N150 lolos uji Euro2 dgn nilai ‘Baik’ (liat sertifikatnya), serta konsumsi BBM yg tdk terlalu boros ‘sebanding’ dgn tenaganya yg 30 Hp (3xlipat power shogun RR). Semoga aj Ninja 150 trus dikembangkan mjd sistem injeksi, pasti sangat hemat BBM dan bertenaga besar.

    • Iyo Mz Skip,, kawasaki NINJA “IJOOOO”..
      Piye Ninjers Semarang Rame pora Mz..!?

      • Rame Bro, sy malah jd trendsetter setelah beli N150, dijalan2 bnyk yg pake skr, mulai tipe S mpe RR sp pernah ngiler liat Ninja RR yg dimodif ajib bgt.

      • wuihh.. Aseli podo karo lakone inyong Mz Skips,, sebelum beli jarang jumpa di jalan,,, eee setelah punya jadi sering jumpa di jalan…
        Kip Bradehud aja laa buat Ninjers Semarang Mz Bro..
        PISS..

  4. seng penting wes kelakon numpak ninja mas he.he 2 tak oye

    • wah,, ketho e dengan meningkatnya penjualan Ninja 150 series tiap tahunya,,, keknya Prospek NINJA 2T bakalan cemerlang kok… Ya minimal 10 tahun kedepanlah masih OKEEE..

  5. menurutku sih poreper

  6. selama masih ada yang suka akan terus ada
    jadi inget dulu boncengan satria 120 teman, lakok suara mesin klak klak.. tnyt g ada olinya..indikator olinya modar..

  7. 2 tak pancen oye, top markotop wis

  8. wah berarti ninja150rku,wes lulus uji emisi yo mas.pokoke mantep lah 2tak.mas mau nanya ne kepala ninin 2008ku masih standar,mau takgantikepala yang bgus kepala ap,an ya mas,alternatif,kpala fu yang sekarang,mnta saran mas biar keliatan oke.

  9. emang Mz kebanyakan pada di ganti FU,, di sini juga banyak yang dah aplinya..
    Alternatif lain bisa pake kepala P 135 yang lebih Fresh..

  10. Mesin 2 langkah yang membutuhkan oli samping dalam proses pelumasan komponen di daerah ruang bakar,
    =================================================

    ngapunten mas, mencoba sedikit koreksi,

    sebenarnya terlumasinya ruang bakar yang akhirnya menyebabkan engine 2tak berasap adalah efek akibat dari sistem pelumasan 2tak (bukan tujuan utama) justru itu yg membuat nilai rugi dari 2tak (ruang bakar kotor dan berasap)

    namun sepengatahuan saya tujuan oli samping adalah memberi pelumasan pada komponen vital crankshaft yang tidak terendam oli seperti 4tak, seperti bearing crank shaft, pen piston, connecting rod, itulah sebab nya kenapa di engine 2 tak kok di bearing crank shaft ada seal yg super rapat , jika bocor dikit aja mesin ngempos dan berasap tebal.., tau kan di ruang crankshaft terjadi kompressi primer bahan bakar sebelum masuk inlet ? nah karena fungsi kompresi primer inilah yang menyebabkan area crank shaft tidak terendam oli mesin, dan terpaksa pelumasan dengan olisamping yang akhirnya ikut terbakar masuk ke inlet setelah melumasi komponen vital tersebut 😀

    http://azizyhoree.wordpress.com/2011/02/13/my-new-engine-mainan-baru-d/

  11. 2 tak ga akan ada matinya..sampe skrg KMI masih produksi tuh varian Ninja 150..kata temenku di dealer permintaan terus ada..ga pernah kosong.malah kadang tambah banyak tuh permintaannya..sip lah..trus Aprilia RS-125 pun malah lulus uji emisi EURO3..manstap tuh..CMIIW 😀

    http://aditninjamaniac.wordpress.com/2011/02/13/mengenang-masa-lalu-dengan-si-ijo-part-2/

  12. hidup 2strokeeeee!!! :mrgreen:
    wah jann…buta mesin tenan tuh orang..xixiixix :mrgreen:

  13. Walah…wong medan koq ora ngerti fungsine oli samping 😆 . Ayak-ayak wae….

    • ya itu Mz Bro.. makanya keknya nasib e mesin 2 ketuk ki wis memprihatinkan..
      matur suwun dah berkenan mampir,, walo blognya juga cuma brojol dari dari Operamini wae..
      entah kek apa tampilanya di lengtop atao notbuk xixixixixixixii….

  14. 2 stroke never die……tapi sayang di motogp uda gak ada lagi 2 tak 😦

    http://extraordinaryperson.wordpress.com/

    • keknya untuk taun ini masih ada kok Bro mesin 2 tak di motogp,, klo gak salah di kelas 125cc,,, bahkan ada pendatang baru lho.. Mahendra dari india dengan mesin 125cc 2 Tak akan berlaga di tahun ini, yang kemungkinan juga tahun terakhir bagi mesin 2 ketuk..
      Makanya eksistensinya udah mulai luntur ni keknya..

  15. berharap two stroke ngga binasa, udah kadung jatuh cinta dengan powernya 😀

  16. wah apik tnan di simak…..dadi ra sabar aq pngen nunggang ijo2……..moleh mramtau lngsung ngreyen kiiiiiii……..mhon bimbingane y para sesepuh briekers
    sedoyo…

  17. ada apa ya dengn ninja RR aq,
    oli samping ga abis-abis ,,? Pdha kta mekanik dh diborosin stelannya
    Kendalanya dmn bro??… Tanks untk info nya….
    Aq tkut ngejim lg :(….

  18. komen artikel lawas ah 🙂

  19. mas bos numpang nanya…knapa ya mas bos kok motor bravo saya kok sering mati mesin klo buat jalan paling jauh 1 km,dan bisa jalan lagi klo di biarin dulu 5 menit atau lbh,kira2 apanya mas bos yg bermasalah di bravo saya,..tolong solusinya ya mas bos..trims sebelumnya..

  20. dari pada mencintai cewe ga jelas yang suka nyakitin hati, lebih baik saya mencintai orangtua dan tunggangan saya yaitu si ichigo (satria 120r)… hehehehe…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: