Settingan Pompa Oli samping Ninja150 Series


Bagi Bikers 2 strouke Mania pasti oli samping bukan hal yang asing lagi.. Karena oli samping ini sama pentingnya dengan BENSIN,, Karena sama2 akan masuk ke ruang bakar juga..
pada kesempatan kali ini Saya ingin membahas tentang alat pemompanya,, bukan cara kerjanya lho.. Melaikan cara menseting tingkat keborosannya dulu,, khususnya pada Motor KAWASAKI Ninja150 series

Ni dia pompa oli samping Kawasaki Ninja150 series

Untuk bisa melihatnya,, pertama buka dulu 3 baut penutup gear depan dengan kunci shock 8″

Setelah itu akan keliatan dust cover pompany,, buka dengan obeng(+), tp ingat biasanya agak keras lho.. Jadi saya sarankan pake obeng yang agak besar&panjang(jangan pake tulkit bawaan deler, bisa rusak mata bautnya)

Kmudian setelah di buka covernya, perhatikan tanda (-) pada tuas pembatas gerak pompa ini

perhatikan juga tanda (-) pada bodi pompanya

Nah kemudian hidupkan Mesin Ninja Sampeyan sekitar 2-3 menit,,setelah itu mesin dimatikan.. Lalu coba sampeyan tarik/ pelintir gas nya sampai mentok.. Nah,, jika kedua tanda (-) pada pompa tadi sejajar kek gini
Itu artinya tinggkat keborosan pemompaan oli samping pada mesin Ninja sampeyan sesuai standart dari pabrikannya..
Dan dalam kondisi sepeti ini pelumasan pada ruang bakar DIJAMIN” aman..!! TAPI HANYA” bila Sampeyan menggunakan oli samping standart pabrik (KAWASAKI GENIUNE OIL) dan Mesin juga dalam kondisi STANDART pula, serta Pemakaiannya juga standart (harian/wajar)

Nah.. Bagi para Ninjers yang sudah merk oli selain standartnya atao bahkah sudah mengganti parts2 STDnya dengan Parts2 Racing dan pemakaianya juga nggak sewajarnya… Menurut saya,, akan lebih aman jika settingan pemompaan olinya juga jangan standart ataw BOLEH di borosin dikit.. Caranya dengan meninggikan /menaikan baut penyetelnya ini
dengan kunci pass 10″,,trus jangan lupa kencangkan baut penguncinya kembali agar setingan ga berubah karena bergetar.. Dan tanda (-) pada tuas pembatas gerak pompa lebih rendah daripada tanda (-) yang ada pada bodi pompanya..

(gambarnya gagal di unggah)
*Sebenarnya ada gambar satu lagi, yaitu setingan pompa yang saya aply (borosin sikit) karena mengikuti perubahan jetting spuyer (PJ+MJ) karburator dan knalpot racing lokal.. Tapi entah kenapa selalu gagal di Unggah..

Semoga ada mamfaatnya,, kushusnya bagi Brades2 Ninja Riders semua..

PISS..

~ oleh Hourex150L pada Januari 31, 2011.

58 Tanggapan to “Settingan Pompa Oli samping Ninja150 Series”

  1. mas sama kg buat ninja r pnya wa,2008

  2. wah jadi inget ninja R 2004 ku mas mul, dulu di bagian pompa oli bocor terus, dah tak lem bocor lagi, nyari onderdil ke surabaya lagi males hehehe

  3. salam kenal mas…..

  4. Iya skrg nyoba rx king, kaget aja oli samping boros beda ama ninja uiiriit banget, oli samping yang wangi selain castrol opo merk e mas?

  5. Oh iyo mas, sampeyan tau njajal koil yz 125 ke ninja atau RX King? smentara skrg aku pake BRT ama kitaco

  6. ya jelas irit Ninja la Mz,, kecuali Si RAja silindernya pake electrofusion juga hehehehehee..
    wah kurang tau ya Mz,, kos dari barunya si Raja pake yamalube 2T aj..

  7. wah.. Belum pernah Cak,, kalo BRT keknya” udah tp buat MegaPro’02..
    Saya bilang keknya” karena merk yang ada pada cDI en remotnya udah di buang (dihapus pake grinda) oleh bengkel modifnya dulu.. Saat saaya tanya kenapa.?? Katanya tu cDI harus disetting ulang lagi oleh bengkel.. Tp sayang remotnya udah ilang(jatuh)..

  8. nais ingpoh, ga punya ninja, ntar praktekin ma motor temen. Tenkyulah

  9. nek stel pompa Oli Satria gimana om??…diajarin dong:mrgreen:

    • walah.. Sampeyan ni ngetes saya yo…
      Jelas sampeyan ahlinya di bidang ini kok..

      Btw, next taim lah Mz lingga.. Semoga ja ga ada kesalahan lagi..
      Suporet en dukungan sserta koreksi dari sampeyan2 ini sangat saya harapkan lho Mz Bro.. Sing penting DAMAI & KOMPAK poreper..

  10. mas oli samping yang bagus ap,an merek nya,skarang wa pake motul yang racing

    • waduh, maaf Mz, ga bisa rekomendasi,, kos saya masih setia dengan Oli Kawasaki 2T untuk Oli sampingnya,,, en sampei saat belum ada masalah pada Mesin (ruang bakar) superKips juga belum pernah Macet sekalipun…
      Oia, setelanya emang sengaja diborosin dikit karena saya sering turing (pulang kampung)..

  11. kreatif bkin blog mas,bagus ne bwt sharing sesama penunggang ninja..
    salam ninjers mas…

  12. Mas..maaf mau nanya nich,aku br 1 minggu beli ninja rr,tp dari pertama lngsng aku ganti oli msin.pengaruh ke mesin engk mas kalau pemakaian awal ini.g(inreyen) aku bw lari kenceng trus,kdng2 nyampai 150kpj. Mhn penjelasanya mksh?

  13. @ Bro Abu
    sebenarnya masa Inreyen atau break in ini sangat menentukan usia dan performa mesin selanjutnya..
    Tujuan dari break in/reyen sendiri adalah meminimalisir keausan metal/material mesin yang saling bersinggungan satu sama lain, di karenakan permukaan material yanng masih kasar pada masa reyen ini..
    Makanya pihak pabrikan menyaran kan bahwa pada 0 – 800 km awal agar menjaga mesin di rpm rendah (max @4000rpm) sedang 800 – 1600km max @6000rpm ini betujuan agar tidak terjadi keausan berlebih pada masa itu..
    Biasanya’ mesin yang bagus / jadi masa inreyenya /breakinnya performanya akan stabil dalam jangka yang lama, sedang mesin yang kurang sukses masa break in / inreyennya usia komponen dan performanya akan cepat sekali menurunnya.. Dan semoga ini tidak terjadi pada mesin motor Sampeyan..
    PISS..

  14. Bro hourex@
    Tp denger2 dr orang kalau beli mtr br trs engak di pakai kenceng akan pengaruh pd ferforma mesin. ini terjadi pd temen aku beli mtr 4 tak, krn ngerasa syng di pakai di bwh 70kpj ,dan setelah 6 bulan aku pinjam motor itu nahan di 70kpj ,di geberpun tetap sama! Asumsi itu yg bkn sy ngegeber mesin di pemakaian awal , mkch atas tanggapanya!

  15. @ Bro Abu
    hahaha.. Kalo performa nahan keknya gada hubungannya dengan break in/ reyen Bro,, yang ada setingan karbunya ga pas/kotor/perlu servise, hingga pembakaran gak sempurna ato nggak sesuai dengan kebutuhan mesin..
    Tujuan utama inreyen adalah ‘mengurangi keausan berlebih’ pada mesin saat awal pemakaian karena permukaan metal/material yang masih kasar khususnya komponen didalam ruang bakar; piston- ring- stang piston & linier..
    Logikanya kalo piston -ring & liniernya aus maka kompresi mesin juga akan menurun dan penurunan kompresi akan diikuti penurunan performa juga..
    Efek selanjutnya dari ausnya komponen ruang bakar akan menimbulkan getaran serta suara berisik berlebihan,, dan ini dapat jadi pemicu penurunan usia pake dari komponen tsb..
    Oia, semua ini hanya menurut logika Saya semata,,
    Saya rrasa para insinyur pabrikan dalam memberikan batasan saat breakin bukan tanpa alasan yang kuat & logis,, kurang-lebihnya saya mohon koreksinya..
    Atau ada Brades-2 lain yang bisa menerangkan masalah Break In di sini..

    PISS..

  16. bung Haurex@
    Trim ksh tas saranya,berarti blm terlalu parah ya mtr sy br 400 km,mulai skrng pelan2 dulu aja ya,mkch

    • @ Mz Bro Abu
      hehehe,, santai aja Mz Boz.. Masih banyak waktu kok Buat ngebut.. Lagian pake RR pelan-pelan juga yang di belakangnya mikir-2 klo mau nduluin Mz.. Kecuali orangnya itu emang bener-2 lagi buru-buru (kebelet kali)…
      Maksut Saya bikin Blog ini juga agar bisa shearing-2 dengan para Brades Bikers lainnya tentang Mesin, khususnya R2 kok Boz..

      PISS En KIP BRADEHUUD POREPER..

  17. *glodagh..
    Gambarnya gak ada..:mrgreen: ..piye iki??

  18. tapi gak apa2 wis..kayaknya enak di praktekin langsung..
    *langsung ke postingan skips..

  19. bro kalu ninja j 2005 sting olix kaya giman, ko ninja punya koe, kurang bertenaga ya, apa memang tipe ninja ini standar aj. tolong infonya broo.??

  20. Bro….. mohon dibantu, mengenai break in, ane baru beli ninja ss ane break in di rpm 4000 sampe 500 km trus lewat 500 km ane tarik ame 6000 rpm, sekarang uda 1999km kadang2 ane tarik ampe 9000 rpm soalnya takut macet super KIPSnya , tapi ane jarang tarik juga paling sehari sekali doang, ane paling maen di rpm 6000-7000. Soalnya sayang banget nih ama ni motor….. lari paling top baru nyoba sampe 140 doang. Menurut pendapat Suhu gimana nih? yang ane lakukan uda bener gak? mohon masukannya bro. Ane pake ninja tapi jarang ngebut bro, abis kalo ngebut boros sih…..ama inget anak bini dirumah…hehehehehe. Oli samping n mesin ane masih pake ori dari kawasaki. Thanks ya….

  21. Bro, mu tanya juga ni kenapa ya kalo tiap pagi dinyalain susah ya kalo kagak pake cuk, apa emang dari sononya apa karna masih baru apa settingnya ya bro? Ü∂αђ gitu kalo ane tarik pelan dari rpm 6000 ke 7000 suka nahan, tapi kalo ane betot langsung kagak, (biasa 4 tak bro) apa emang 2 tak maunya dibetot apa ada yg salah bro. Atu lagi bro, kalo di jakarta kan macet, tempratur lebih cepet panas ya kalo macet, pas ane bawa turun dari lembang bandung sih tempratur dingin bngt kaya motor br dipanasin aja, itu normal gak bro?

  22. Bro nicknya di fb apa namanya?

  23. Slm knl mas bro hourex ane mau tanya ap bner olsam yg bgus itu yg full sintetix biar ga bnyk kerak.

  24. Iya bro ane yg d fb td.ane pengen tau lbh jauh tntang mslh mtor ninin.

  25. yoyoy sesali ga sejak dulu kumiliki dirimu ternyata kau lah yang paling kenceng……….diantara ****************

  26. Lama kaga kesini nih….. Ban ninin ane uda ganti nih bro, ane pake battlax sekarang bro depan 100/80-17 blk 120/80-18. dengan sangat terpaksa harus copot spakbor kolong nih, abis kaga muat ama ban.
    Tongkrongan jadi keker nih bro, dari pertama ane beli ni motor uda kaga demen banget aman bannya, cungkring abis……hihihihihihihihi. Akhirnya setelah berbulan-bulan menabung, kebeli juga nih ban…… pengennya ngerebah mulu nih bro….
    ngomong2 kalo ganti ban gede musi diborosin kaga nih bro oli sampingnya…….
    perasaan sih pake battlax lebih ngegelinding sih bro, kalo dorong motor kaga terlalu berat, cuman bas bawa nih ban dari toko ke rumah berat bener nih ban…..hihihihihihi
    Thanks uda boleh Sharing nih……keep brotherhood bro

  27. salm kenal..

  28. gmn cara mengetahui oli mesti ganti bro……………….

    • maksudnya Oli Mesinnya Mas Bro..?? Klo Oli mesinnya biasanya berpedoman pada kilometer pemakaian misal ganti oli setiap 5000,7000 atau 10.000 km, atau biisa juga saat perpindahan gigi mulai keras / susah dan kasar..

  29. nice mas.bro KRR emank yahuttt

  30. salam kenal mas mul,, 🙂
    mau tanya ttg konsumsi oli samping ninin,, ”pada saat masa inreyen ato break-in, konsumsi olsam nya apa boros bgt?? kok ninin ku, 7-12 hari satu botol (800ml) udah ngisi la brapa?regi??”
    dan harga kgo itu sebenere brapa mas bro? di solo : 39rebu mas…😦

    • Oli samping Ninja paling irit Puoll Mas,, 1 liter bisa 2500an km(standardnya) kalo menurut cerita sampeyan berarti ada yang gak beres tu (mungkin setelan pompa olinya#serch aja di blog ini untuk setelan standar pompa oli sampingnya#)
      di sumbar 35 ewu Mas..

      • ciiiaaappp komandan….. ^^
        –> tapi mas, sekarang ninjitsu nya br jalan 2200-an.. olsamnya kan boros tuh,, qo aq setel standart g masalah mas?? karna ada yang bilang, “pada masa break-in itu memang sengaja diborosin… sampai pada km 5500…,- setelah itu setelannya di standarne gtu i mas??”
        [maklum mas newbie ^^, banyak tanya…]

        sakderenge matur nuwun mas,,, ^_^

      • hahaha, itu filosofi kuno Mas.. Masa Break-in oli musti di borosi “mungkin” bisa berlaku bagi mesin 2 T kuno(dengan silinder baja) dengan technologi elektro fusion dinding silinder Ninja tidak terlalu membutuhkan oli (karena sudah menyerap & menyimpan oli pd pori2nya)..
        Justru dengan pasokan oli berlebih akan merugikan meesin maupun Cat-Con di dlm knalpotnya,, karena cepat menjadi kerak yang bisa merusak permukaan silinder maupun menyumbat lobang tawon di cat-con di knalpotnya Mas..
        *beda kasus kalo sampaian sudah ganti knalpot racing#abaikan saja#

        Sip.. Gak papa kok di standarin kalo mesin juga masih std.. Masalah Break-in lebih pada cara pemakaian bukan memboroskan oli Mas..😀

  31. permisi gan mau nanya nich masalah ninin…
    saya punya ninin Th 2004 blum super kips,yang jadi pertanyaan saya.
    kenapa ketika mesin dingin asapnya ngebul bgt ya dan ketika sudah panas asapnya malah tipis hampir tidak terlihat tetapi setingan oli sampjngnya saya lihat sudah pas dri standart nya,oli yang saya pakai sheel vsx.
    apa mungkin ada kerusakan di pompa oli saya gan?
    Thanks.

    • wajar itu Mas,, saat mesin dingin pembakaran belum sempurna dan masih ada penggumpalan-pengumpulan oli samping pada bagian-bagian ruang pembakaran yang merupakan sisa-sisa dari siklus pembakaran sebelumnya..

  32. cara lencengin gmna mas ?????????

  33. usahakan tampil gambarnya donk bos….

  34. mau tanya ni mas, np ya ninja rr saya pada rpm antara 6000-7000 suka nahan , ,

  35. Permisi mas.mau nanya nih.
    Bekerja di rpm berpa Pompa oli samping ninja 150 ?
    Bekerjanya saat mesin dihidupkan kondisi jalan.atau hanya hidup di posisi netral?

  36. Mas klo setingan buat pompanya ilang gimana ngakalinnya…terimakasih

Tinggalkan Balasan

 
