SERVICE: BERSIHKAN KARBON DI RUANG BAKAR KAWASAKI NINJA 150R/RR


Sebelumnya Minta PERMISI dulu pada Para SUHU Ninjer Senior semua,, Tulisan ini hanya sekedar Sharing Saja.. :D :D PISS..

Setelah sebelumnya Blog murahan ini pernah posting tentang SERPIS : Super KIPs ,REED Valve , ANTING- Swing Arm (supit udang) , tali Gas dan tali Kopling , Ninja 150RR-SE 2011 , Kelistrikan , Komstir segitiga bahkan knalpot Racing Dan banyak lagi yang lainya #maaf gak bisa sebutin semua- Abaikan saja :D :D #

Mengingat
dalam Proses Pembakaran pada Mesin 2 tak secara umum,, Oli pelumas material bagian silinder ikut Terbakar maka sudah jamak bila area ruang bakar Mesin 2 tak lebih cepat Kotor berkerak..
Tapi jangan kwatir Bro,, mengingat SIMPLEnya Mesin 2 tak maka Service ruang bakarpun juga Mudah untuk di lakukan sendiri SERTA tidak memerlukan Peraratan Khusus #Cukup kunci Ring saja kok#

Alangkah baiknya sebelum Proses di mulai,, kita persiapkan dulu Packing / gasket atau O-ring silindernya..

Untuk persiapan kalau O-ring / paking lamanya “Rusak” saat proses Bongkarnya..

Langkah Pertama; Keluarkan Cairan Coolant / pendinginnya..

Dengan Membuka Baut Drain/ tap coolant di sisi Kanan-depan mesin dengan Kunci Shock/ Ring 10mm,, kemudian Buka tutup Radiator agar Cairan Coolant dapat keluar Tuntas..

Setelah Cairan tuntas keluar barulah Buka ke-5 Mur Pengikat Head silinder Ninja dengan Kunci Shock #minimal kunci Ring 12mm,, lalu CONGKEL dan Angkat Perlahan Head silindernya Agar O-ring lamanya tidak Rusak..

Nii,, beginilah kondisi Head setelah di lepas dari silinder..

Bersihkan Squis dan Kepala Piston nya,, untuk membersihkan Piston perlu Hati-Hati agar Karbon dan Kotorannya tidak Masuk Ke Alur Water jaket cairan Coolant yang dapat mengendap dan menyumbat Radiator..

Agar lebih Mudah membersihkannya bisa juga menggunakan “Cairan Pembersih” Kerak / Karbon..

Dan bukti bahwa Mesin Ninja 2 tak Sudah Ramah Lingkungan ni Boss,, Meski Cuman di Semprot “cairan Pembersih” Kerak dan Karbon di Head sudah RONTOK sendiri.. Padahal Motor ini sudah hampir 2 tahun,, atau sudah hampir 20.000km loww.. :D :D
Agar lebih Maximal boleh Menggunakan Amplas halus #minimal ukuran 500# untuk Membersihkannya..

Setelah Yakin Bersih barulah Pasang lagi seperti Semula,, Dan Kalau O-ring Lama di Rasa Masih Bagus #sebaiknya sekalian Ganti Oring baru# bisa di pakai kembali.. Namun agar lebih Yakin bisa di lapisi “sedikit” Karet silikon,, bagusnya yang “RED SILICON” karena sifatnya menyerupai Karet..

Setelah Terpasang Headnya jangan Lupa Isi kembali Cairan Coolantnya melalui Tutup Radiator hingga Penuh setelah sebelumnya menutup/memasang dulu baut Drain / tap air Radiatornya..

Semoga ada Mamfaatnya,, Silahkan Mencoba..

PISS..

About these ads

~ oleh Hourex150L pada Maret 21, 2012.

44 Tanggapan to “SERVICE: BERSIHKAN KARBON DI RUANG BAKAR KAWASAKI NINJA 150R/RR”

  1. enagnya motor 2 t, simple

    http://pertamax7.wordpress.com/2012/03/20/honda-tralis-nongol-siapa-yang-akan-di-suntik-mati

  2. ngeriiii…kulakan o-ring karo packing knalpot..

  3. artikel mantap… padat & berisi, sangat informatif :D

  4. @ Mas Iwan:
    sisan dene Mas Bos,, mumpung ke Dealer besarnya Kawak..

    *sapa tahu nanti ada temen yang Butuh,, Wong MURAH kok tapi tidak semua dealer ada..

    @ Mas Tri:
    Suwun Mas,, mohon saran,kritik dan koreksinya selalu..

    • bener kui…timbang golek kangelan,lha daerah ku saiki(bondowoso jatim) ra ono dealer gede ne..ono ne nang jember jarak 30an km ,,melu2 nyetok ah nak ngono,ben gampang nak meh bongkar2.
      sisan takon mas..nak mbongkar blok sing butuh di stok opo wae yo??

  5. sip…. siap dijambak setan lagi mas Mul…

  6. motor 2 tak simpel servis nya…kenceng larinya :D

  7. asik dapat ilmu lg…mas mul aku kmrn cba psng kapasitor spt yg d muat di artikel ini tp tak implementasikan d megiprog kog gak ada reaksiya,artinya msh gtu2 aj,mohon infonya,

  8. tanya lgi mas mul: snalpotmu wis mbok ganti original maneh opo? kog ketangkap basah di campretrane tampak lher angsa orgin

  9. sekalian mas mul vespa bau ane diservis jg

  10. lho, bukannya ada karbonya justru bagus Kang ? tambah mahal harganya. lha motogp sama mobil f1 saja banyak partnya yang dari karbon :mrgreen:

  11. mas mul emang joss :mrgreen:

    thanks for sharing ilmunya lagi, tapi nubie seperti ane lum brani buka2 belajar dulu aja :lol:

  12. om..kalo ninja yg blm super kips , dibikin super kips bisa ngga ?kalo bisa kira2 habis biaya brp..thanks om

  13. red silicon gt beli di mana ya?
    ga pernah tau soale.. :lol:

  14. Siaappp Ngekips maneh yo Mas .. :D

  15. enaknya 2 tak, bersih2nya gampang..:D

    ngak ribet buka ini itu..

  16. si ijo pasti ttp terjamin performanya.. empu nya rajin..

  17. SiiiPppp

  18. Ninja biasa dijadiin super KIPS apa aja yg diganti Mas Bro???

  19. mas, mau tanya yang anda maksud “tutup radiator” itu yang mana ya???
    apakah tutup radiator di bagian kiri dekat fairing ya , yang ada tulisan “never open” ??
    kalau memang benar yang itu, apakah “tutup radiator” itu bisa dibuka mas ??

    • benar Mas,, bisa di bukak kok #seperti radiator pada umumnya#

      • cara bukanya gimana mas?? diputar atau di ungkit?? sepertinya ada semacam “penghalang besi” deh di sekitar tutup radiatornya sehingga tutup radiatornya gak bisa diputar,,,

  20. mas E enakan pake Tribon ae kalo O ring nya mau pake yang lama…
    lebi kuat nahan kompresi… CMIIW

  21. om..yg dibutuhin buat bikin mesin super kips apa aja ?selain boring ?

  22. pengin punyaa…

    tp kyknya berat ngrawatnya..

    http://nakawara.wordpress.com/2012/03/24/evolusi-footstep-belakang/

  23. ga sekalian bersihin bloknya mas?

  24. ikut nanya ahhh….ehmmmm…bgni mas, knpa stiap motor sy bw jalan jauh, atw kondisi msin panas, air radiator yg ada di tabung reservoir tu slalu nyembur ya? Padahal sy isi dibatas garis ‘low’, apakah ad yg salah dgn sistem kerja radiator mtr sy? Mhn pencerahannya kang mas suhu. Matur suwun…

  25. mas bro mau tanya dnk klo water coolant ane cepet abis kenapa ya???thx

    • lihat kondisi oli mesinnya Mas,, klo putih tanda mekanical seal pompa radiatornya bocor..
      Atau bs jg O-ring head silindernya yang Bocor,, silahkan di cek dulu..

  26. lak cara buka furingx pieeee???

  27. lek,,
    ben ninjaq gk selip pie?? wes tak ganti kmpas kopling e yo podo ae ee, ,
    baruu,, furing ninja iso di tune up po ra???
    tolong jawab ee,, ,,soal e neng meroke balap liar akeh iki,,

  28. mas mul kalo ngisi air radiator tu dari tutup atas radiator ap cukup dari box samping kanan itu ae ,,,

  29. mas itu part yg diperluinnya apa aja o ring berapa biji? dan itu gasket untuk apa? mau dicoba di rumah nih hehe udh 4 taon blum prnh buka head

  30. Numpang nanya ni Mas bro,, harga sasis/ supi udang model GP ampek brapa ya?

  31. Salam ..

    Saya pngen brtanya . Jika si “kiki” trlalu brasap berarti ? Skian trim ksh

  32. […] Hobi dengan service Motor seperti ini (tali gas & Kopling) atau yang ini (Super kips) Dan Service head silinder & ruang Bakar serta sekedar tune-up Dan banyak lagi Oprek bin Upgrade ataupun perjalanan dengan Motor lain yang […]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 1.164 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: