MEMBUAT KUNCI SHOCK “T” SEDERHANA


Sebenarnya kunci shock T ini sudah lama Saya bikin,, tepatnya sejak Saya masih bersama Honda MegaPro “si meggi” sejak tahun 2002 silam.. Berawal dari menemukan Baut L 14 bekas di Pabrik yang secara kebetulan Cocok dengan kepala Baut 8,, akhirnya timbul ide untuk Membuatnya menjadi kunci Shock 8mm..
Setelah ternyata Sukses dengan kunci shock 8mm,,Kemudian Sayapun kembali mencari Baut L ukuran yang lebih besar untuk di buat Kunci tipe Shock lainya.. Dan ketemulaH Baut L 16 yang cocok dengan kepala baut 10,, ini dia..

Bagi Bikers yang Ngaku Sayang dengan Motor dan Hobi Service Motor,, H A R A M Hukumnya membuka Baut dengan Kunci Pass.. Terutama baut pada bagian Engine / Mesin apalagi baut yang ukurannya kecil seperti baut 8 dan 10mm,, karena pada Baut 8 dan 10mm penampang yang terkena Kunci sangat sedikit bila menggunakan Kunci Pass.. karena gaya yang tersalur dari kunci pass ke kepala Baut sangat sedikit sehingga Kepala kunci Rawan Slek atau Botak,, maka Sangat dianjurkan Untuk Membuka baut #apalagi yang ukurannya kecil# menggunakan kunci tipe Ring atau lebih bagusnya tipe Shock..

Karena bila dengan kunci tipe Ring atau tipe shock,, seluruh permukaan kepala baut Terkena GAYA putar dari Kunci..

Karena bentuknya yang sempel dan dimensinya yang Mungil,, maka ke-2 kunci Shock Handmade ini dapat ikut bersama menjadi kunci standard yang mengikuti kemanapun Motor Saya pergi..

*Hanya dengan peralatan kunnci yang tersimpan di Box toolkit yang Mungil ini,, service Motor bisa dilakukan mulai dari Filter -karbu-superkipsnya..

Lalu apa gunanya kunci Pass kalo Saya MengHaramkan Kunci pass untuk “Membuka” Baut..??!!!
Sebenarnya Kunci pass gunanya untuk “mengunci” baut atau juga biasa di gunakan untuk “Menahan” saat baut di Kunci,, karena saat Mengunci “GAYA” yang di salurkan tidak seBESAR saat Pertama “Membuka” Baut ataupun Mur..

Oia,, selain tipe Shock T.. Saya juga membuatnya dalam Bentuk Shock L,, dan semuanya mempunyai spesifikasi dalam menghadapi “POSISI” Baut ataupun Mur Yang berbeda..

Apapun tipe Kuncinya,, tetep KIP BRADEHUD en PISS..

About these ads

~ oleh Hourex150L pada Desember 22, 2011.

39 Tanggapan to “MEMBUAT KUNCI SHOCK “T” SEDERHANA”

  1. nice blog gan
    kalo berkenan mampir ke blog ane yuk sekalian tukeran link.

    salam,
    muslimshares

    http://muslimshares.wordpress.com

  2. Waaaa saya jg bikin,

    Coba keberuntungan ah,mohon likenya yah,terima kasih
    Contin photo contest

  3. josssssssss tenan
    meggiku dikei PJ 40 ato 42 trus MJ 120 pie???

    http://pertamax7.wordpress.com/2011/12/22/suasana-ujian-praktek-instalasi-listrik-dikampus-ane/

    • keknya PJ cukup 40 saja Mas,, mesinya kan masih prawan ting-ting thoo..?? Dan karena knalpotnya jg masih std MJnya cukup 112 saja..

      *terlalu besar spuyer malah BREBET dan power justru drop.. IMHO & CMIIW

  4. wih, keren mas!
    tapi tadi waktu lihat judul ni artikel sekilas seperti membuat kunci liter T jadi ya kaget mas, kirain ?????????????
    #su’udzon.com#
    sorry mas bro

  5. setau saya motor2 yg beredar di indonesia ukurannya metric (millimeter/mm) sbg standar ISO bukan inchi (“) yg dipake standar anerika CMIIW

    pembodohan otomotif kah? …. piss :)

  6. Sugeng dalu mas mul…bade nyuwun trawanganipun…ninin kulo ngagem PJ lan MJ 48/148 niku sampun cekap nopo dereng ngeh?Soale mlebet wonten RPM 7000 nahan + mbrebet ……knalpot R9
    matur suwun,sak derenge nyuwun pangapunten lhe mas.

    • waa,, kaya dukun aja pake penerawangan Mas..
      Sebenarnya settingan tiap mesin tu beda-beda Mas,, apalagi dah ganti knalpot.. Gak bisa di pathok berapa pasnya,, contoh si NaRjo PJ 48 MJ 155 dan jarum skep naik 1,5mm (baru ketemu enaknya)..
      Kuncinya; kalo motor Brebet berarti ke besaran spuyer & kalo Nahan/ngowos tanda kekecilan..

      *tolong di perjelas di RPM +7k brebet ato Nahan/ngowos/ngempos Mas dan usahakan gunakan PJ + MJ ori agar mudah nyetingnya..

  7. atau cukup dengan menyebutkan baut 8, baut 10 dll. sudah otomatis 8mm, 10mm. bukan 8″ dan 10″ yg artinya 8inch, 10inch. CMIIW.
    Terlalu technical memang, tapi ke toko baut dikasih tulisan itu dia kasih yg inchi

  8. baut L kedalamannya hexa (segi enam) maksimum 50% dari ukuran hexa nya, sedangkan kunci shock beneran kedalamannya minimal 100% dari ukuran hexa nya. yg artinya daya cengkram kunci shock beneran lebih kuat dibandingkan kepala baut L.

    1lagi, kunci biasanya dibuat kebih lunak dari baut agar baut tidak patah disaat ikatannya sangat kuat jadi cuma slek aja. IMHO biasanya baut L lebih keras dari baut kepala hexa.

    BTW, artikel ini ilmu yg bermanfaat juga, apalagi disaat kepepet bisa kepake. mantap

    tambahan, kalo bisa jangan dipake utk baut yg super kenceng ikatannya, kalo bautnya patah kepalanya bisa berabe

  9. wah saya gak ngerti nih, tapi dari sini saya jadi tertarik untuk belajar lebih jauh, mantap mas!

  10. sip sip … kreatif :)

  11. kreatif mas mul….

  12. kreatipp.. kretipp ..

    good.. good…

  13. :lol:
    mantap. jadi pengen bikin juga

  14. Ini dapatnya ilmu dari bangku SMEA kan mas? :-)

  15. Klo cara ngrojok or gdein spuyer gmna mas?

  16. Mas mul bisa ga klo jetting karbu ninja untung mborosin or ngritin tanpa mengganti or merojok pj

  17. itu kapasitor ya mas? yang warna item ada kabel kuning

  18. mangtaaafff mas..dulu sering bikin gini juga.. :)

  19. keren dah.. ane jg lg mo nyari kunci shock.. toolkit bawaan motor krng lenkp..

  20. mas kl saya pesen brp harga nya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 1.163 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: