MENGENAL KODE BUSI NGK dan DENSO


Sebelumnya Permisi Dulu pada Suhu-Suhu senior,, karena Mungkin sudah banyak yang tahu tentang membaca kode Busi yang biasa Beredar.. Berdasar pengalaman seorang teman yang Saya titipin Beli Busi buat NaRjo (NGK B 9ES),, karena kebetulan merk NGK lagi habis maka temen Saya di beri Merk Denso yang kodenya Berbeda dengan B 9ES Maka beliau tidak mau membelinya walau yang Punya toko sudah bilang Busi Denso tersebut sama atau Cocok dengan Ninja 150 series..

Agar pengalaman serupa tidak terulang ada Baiknya kita mengetaui cara Membaca Kode yang tertera pada keramik si busi sebagai tanda spesifikasi busi,, pada dasarnya busi terbagi menjadi 2 tipe;
* Busi Panas; yaitu busi yang menyimpan suhu panas yang terjadi atau lambat dalam menyalurkan suhu ke luar busi.
* Busi Dingin; yaitu busi yang dengan cepat dapat melepaskan suhu keluar busi..

Adapun cara Membaca kode Busi antara lain;
+Busi merk NGK
* B : merupakan kode Diameter ulir busi (B: 14mm, C: 10mm, D:12mm)
* P : merupakan Tipe Isolator yang di gunakan (hanya pabriknya yang tau ni..)
* 9 : menunjukan Angka tingkat kolerasi panas Busi,, untuk Merk NGK angka di mulai dari 2,3,4 hingga 11.. Semakin kecil angka berarti menunjukkan tipe busi panas dan sebaliknya semakin Besar angka menandakan tipe busi Dingin (9,10 & 11 merupakan tipe busi Dingin / cepat melepaskan panas)
* E : menunjukkan kode panjang Ulirnya (L : 11,2mm, H : 12,7mm & E : 19mm)
* S : merupakan kode Bahan Elektroda yang di gunakan busi tersebut;
S = Tembaga / busi standard
P = Platinum
G = Busi Racing / High Performance
IX = Iridium
*-10 : merupakan kode Celah ideal anoda Busi (-9 = 0,9mm, 10 = 1mm)

+Kemudian Kode Busi Denso;

* W : merupakan kode Diameter ulir / kepala Busi; W : 14mm, X : 12mm dan U : 10mm
* 24 : Merupakan kode kolerasi panas Busi,, pada merk Denso angka di mulai dari Angka 9,10,11 hingga sampai angka 37.. Semakin kecil angka berarti menunjukkan tipe Busi Panas,, dan sebaliknya semakin tinggi angka menunjukan tipe busi dingin.. Angka 24 merupakan kode busi dingin..
* E : Merupakan kode panjang Ulir / kepala busi (E : 19mm, F : 12,7mm dan L : 11,2mm)
* S : merupakan tipe bahan Konduktor Busi yang di gunakan (S : Tembaga atau Bahan Standard)
* U : merupakan kode bentuk Elektroda sampingnya “U”
*-9 : merupakan angka celah ideal anoda agar busi dapat bekerja Maximal (9 : 0,9mm, 8 : 0,8mm dsb)

Demikianlah pedoman pembacaan kode pada Busi NGK dan Denso,, jadi apa bila kita biasa pake Busi NGK B 9 E S untuk Ninja 150 standard sama speknya dengan Busi Merk Denso W 24 E S-9..

Semoga ada Mamfaatnya,, dan tetep Junjung tinggi persaudaraan di manapun berada.. Tak terkecuali saat riding di Jalanan,, KIP BBRADEHUD en PISS..

About these ads

~ oleh Hourex150L pada Desember 16, 2011.

44 Tanggapan to “MENGENAL KODE BUSI NGK dan DENSO”

  1. busi sak munu akehe urip ta gak..

    #kabornggowonarjo#

  2. nice info

  3. Ninja l ane pke denso iridium om. Enak pertamanya doank

  4. aku pancet NGK platinum om…

    JOSS om

  5. mantap, bikin kencangggggggggg

  6. di jepara B 9 nggak ada, B 8 atau W 24 saja susah yang banyak maksimal W 22 sama B 7. tapi kalo hujan busi dingin suka mbrebet. pengalaman dengan kristalkuning, kalo musim panas pake W 24 FS, kalo banyak hujan ganti pake W 20. sbenernya lebih suka champion PL 11 YC dan PL 9 YC, tapi sudah nggak ada lagi dijepara. entah pabriknya masih buka apa nggak

  7. Mumet juga klo harus ngapalin kode2…

    http://agoey.wordpress.com/2011/12/17/hal-yang-harus-dilakukan-setelah-membeli-satria-fu/

  8. wah, sing nggo contoh kok busi bekas kabeh yo??
    selain juragan gemuk, jadi kolektor busi juga tah??

    *mlayu ahh….

  9. woh mantap tenan infonya…motor saya businya NGK CR9EIA, nah A paling belakang opo yo?

  10. jadi ingat vespa-ne bapak, nek gak busi champion gak gelem tuku :mrgreen:
    padahal, meski pake merk lain tetep bisa nyala lho… :lol:

  11. lhaa itu Mas..

  12. ngono toh, aq belum ganti busi mas, xixixixixixi

  13. selalu pakai honda genuine parts :D

    #promosi :D :D

  14. Siiip Mas Infone, BTW Mas Bro pernah nyoba busi racing buat si Narjo gak?

  15. nice infonya walau kadang pas beli busi gak liat detail kodenya.. cukup ditanyakan ke yg punya barang..

  16. busiku urung kanggo mas.. :mrgreen:

  17. busiku urung kanggo mas… :mrgreen:

  18. hmmmm……..

  19. wah, nggone awakdewe sik standaran soko gawane kang… ingon2ku cuman bedo warna karo narjo… awakdewe abang…. maturnuwun infone kang… salam kenal pisan yoooooo…..

  20. Mak kasiihh brooo atas pemberitahuan nya tuuu .. Aku mao coba ikut dluu ajaran nyaaa .. Ya weees ..

  21. Wah mas bro, di tempat saya tipe busi NGK B 9 E S koq gak ada ya, yg ada malah NGK B 8 E S, gmana ya mas bro? Efeknya apa nih?

  22. ASKUM WR.WB
    Klo kode busi NGK platinum untuk ninja brp ya, buat harian. Mksh

  23. Gan ak mau nanya ne?
    Motor ak honda blade…
    Dn motor ak maen rasio-piston dn noken AS…
    Gan busi APA yang cocok buat mtor ak gan??
    Makasi gan!!

  24. Selamat sore para pakde bro….!!!
    Numpang nanya ni…
    Untuk busi megy yg isolatornya peres/kedalam dikit dr bibir busi itu merk apa ya dan type ato kodenya brp…?
    Ma’klum pakde bro ni megy udah tk naikin stroke 12 dr stndrtnya…jd biar gk trll menggumpal panasnya rncanaku mau gnti busi…
    ENAKNYA YG APA YA..?

    tolg pencerahanya…!!!

  25. untuk NGK klu AG naon ateuh kang…??? tks.

  26. Q pke denso vk20k, bacanya gmn masbro?

  27. menyimak,gan…tambah lagi ilmu soal busi :-D

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 1.563 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: