SERVICE & MERAWAT INSTALASI KELISTRIKAN MOTOR


Bagian Sepeda Motor yang tak kalah pentingnya dalam Memberikan Kenyamanan Saat Berkendara adalah Instalasi kelistrikan yang Baik,, selain Mesin dan Bodi/ sasis serta penampilan tentunya.. Namun kebanyakan Mekanik Bengkel kurang memperhatikan Bagian Ini Saat melakukan Service Kendaraan anda,, maka tidak ada salahnya jika kita sendiri yang Merawat Bagian kelistrikan ini Sendiri Agar semua Komponen Kelistrikan Motor kita menjadi Awet serta senantiasa BerFungsi Maximal seperti Saat Masih Baru meskipun Usia Motor kita sudah Lebih 2 tahunan..

Bagian Kelistrikan pada Motor sendiri terdiri dari 2 jalur,, yaitu :
(1) jalur Kelistrikan Pengapian,, yaitu jalur Kelistrikan dari Spul hingga ke Busi yang berfungsi mensuplai Arus listrik yang di gunakan untuk Proses Pembakaran pada Mesin..
(2) Jalur Kelistrikan Regulator (DC) yang di gunakan Untuk Mensuplai Arus Listrik Instrumen-Instrumen Kendaraan Seperti : klakson,lampu utama, lampu sein dan lain sebagainya..

Bagian yang pertama dalam Service atau Perawatan adalah Memeriksa level air aki pada kendaraan yang masih Menggunakan Aki Basah..

Bila sudah berkurang segera tambah dengan air lunak kembali hingga batas paling Atas lever air yang di Rekomendasikan,, Jangan Lupa sebelum di pasang Kembali Untuk Meng_Amplas ke-2 kutup aki dengan Amplas Halus hingga Bersih..

Tujuannya Agar Arus listrik Lancar Keluar masuk dan Memperkecil hambatan listrik yang berpotensi menghasilkan Panas,, Tak lupa juga Lepas Bagian-bagian Sambungan Soket-soket guna di Bersihkan Dan DiAmplas sampai bersih pula..

Supaya arus listrik yang Melewati sambungan-sambungan Tersebut menjadi lancar tanpa terhalang Debu-Jamur-ataupun Karat,, dan jangan lupa setelah Memasang kembali Soket-soket tersebut untuk MenCepitnya Kembali dengan Menggunakan Tanggem atau alat penjepit lainya..

Tujuannya Adalah Agar kepala-soket yang sudah kita Bersihkan / amplas tadi Merekat kuat satu sama lain sesuai pasangannya,, Karena Kalo Sambungan-Sambungan Soket ini Longgar atau Kurang Kuat dapat menyebabkan Hambatan Arus yang dapat berakibat Tinbuulnya suhu panas pada Kabel Instalasi yang Merupakan Pemicu utama terbakarnya isolasi kabel yang dapat menyebabkan Arus Pendek / Korslet atau putusnya kabel..

Biasanya dengan Perawatan Ini Dapat mempertahankan Kwalitas Komponen kelistrikan Motor kita BerFungsi seperti waktu masih Baru,, terutama bagi Motor yang sudah Berusia diatas 3 tahunan..

“Kalo Bukan kita yang Menyayangi Motor Kita,, Siapa lagiiii..”

Semoga ada Mamfaatnya,, KIP BRADEHUD en PISS..

About these ads

~ oleh Hourex150L pada November 11, 2011.

30 Tanggapan to “SERVICE & MERAWAT INSTALASI KELISTRIKAN MOTOR”

  1. bingung mas..:(

    http://mesin4tak.wordpress.com/2011/11/11/eicma-2011-nggak-hanya-produsen-motor-club-motor-pun-ada/

  2. kreatif

  3. Sip,gud inpo

  4. asekkkkkkkk tenan

  5. kapan lagi kalo bukan sekarang… josss

  6. mantap, nais inpo

    http://hakimrodamas.wordpress.com/2011/11/11/suzukipun-masih-punya-nyali/

  7. sip, mesti coba otak atik sendiri,
    @ mas bro Hourex; mending koe mas seko SMEA, lah aq wong pertanian nambah blas ra wero tenannan, xixixixixixi

  8. nice inpo om,
    sering2 bikin tutorial kaya gini ya
    thanks

  9. masbro mau tanya ninja sy klo dinyalain lampu depannya trus motor digeber lampu depannya malahan meredup itu kenapa y ???

    • idem mas bro,, punya saya juga begitu padahal mtore masih baru– (baru jalan 4000km-an). banyak sing bilang itu kiproknya…. dan sempat kmaren saya tanyakan ke dealernya,, mekanik bilang itu jg kiproknya, tetapi saya belum pcya. selain belum dicek kelistrikannya, motore itu juga masih baru. aneh kan??? KMI piye kui???? :(
      dan harga kirok disolo 260 ribu– mahal amittt…….
      MAS MUL mbok menowi mangertos,, mbok dibantu kulo— ^^ mumpung post nya ttg kelistrikan hohohoho..

      • wedew kacow nih
        sy punya bulan 3 2011,km masih 1100an,motor sabtu minggu soalnya :mrgreen:

        ,sy blum coba cek beresnya kawasaki,senin nanti coba sy cek dulu bro,klo ketemu solusinya sy share disini ok

  10. setuju

  11. “Kalo Bukan kita yang Menyayangi Motor Kita,, Siapa lagiiii..”: diler motor bekas hehehehe

  12. Mas Mul, salam kenal. Sy salah satu korban mas Iwb & mas mul. Akibatnya jadi nyemplak ninin juga dr sblmnya piksen:D. Mau ty nih, kalo lewat jalan berlumpur, jok blkg kotor kena lumpur ga mas? Ada solusinya?

  13. MAS…NINJA KU WES 2000KM…OPO WAYAHE TAK KIRIM NENG BENGKEL BEN DI DANDANI KIPS NYA??MOHON DI JAWAB MASE GIH,,,TULUNG…!!!

  14. sangat membantu infonya mas, memang kelistrikan ini paling banyak diacuhkan mekanik, ya terpkasa ngerawat sendiri walau ngga mudeng kelistrikan sambil nenteng buku petunjuk.
    apapun pasti bisa, motor adalah teman.

  15. Aki saya tekor gara-gara telat ngisi air aki sobat, jangan sampai di tiru yaa..
    ini pengalaman saya : http://agussetya.blogspot.com/2011/11/aki-basah-atau-aki-kering.html

  16. ga dibales to,, mas… sakno rek,, hiks….hiks… :(

  17. Mantap nih,,penjelasannya cukup gamblang ditunjang dengan panduan gambar.trims ya..

  18. [...] ,REED Valve , ANTING- Swing Arm (supit udang) , tali Gas dan tali Kopling , Ninja 150RR-SE 2011 , Kelistrikan , Komstir segitiga bahkan knalpot Racing Dan banyak lagi yang lainya #maaf gak bisa sebutin semua- [...]

  19. mantap

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 1.166 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: