MamFaat Pasang Kapasitor Pada Motor


Kapasitor yang Saya pasang Pada Motor Harian Saya adalah jenis Elektrolit Capasitor a.k.a Elco,, Dan Saya mendapatkan “Formula” ini dari brosing ke Blognya Mas Bro Alexandr di warung Peraknya..
*sori gak bisa tampilin link_nya karena Posting via Hp Jadul#abaikan saja#

Elco atau Elektrolit Capasitor yang Saya Pasang Berukuran 10.000mF (mikro Farad) 50 V (volt)..

Masih Menurut Mas Bro Alexandr kasiat dari pemasangan Capasitor tipe DC ini dapat meningkatkan kinerja perangkat Kelistrikan Pada Motor seperti CDI-aki-kiprok-pulser dan koil,, terutama bagi Motor yang menganut pengapian sistem DC seperti Kawasaki Ninja 150 R/RR, NewMegaPro 150, dan lain sebagainya..

Sifat dasar Kapasitor / Elco sendiri merupakan Komponen yang dapat berfungsi sebagai STABILIZER dan PENYARING arus listrik,, juga dapat berfungsi Menyimpan Arus..
Di samping Harganya yang Murah #punya Saya hanya Rp 15.000 sajah# cara pemasangannya juga Murah Banget..

Tinggal sambungkan kabel #Saya sarankan di sambungkan pake Solder dan timah# kaki Negatif (ada tanda (-)nya) ke kabel aki negatif (-) dan kaki satunya sudah pasti positif dunk(+) ke kaki Aki yang Positif pula,, bagusnyadi sambung klem baut aki..

Adapun Impresi atau Mamfaat yang Saya Rasakan setelah Memasang Kapasitor tipe Elco 10.000mF 50 V ini Ke Pengawal Saya si NaRjo antara lain:
1 – Suara Klakson jelas lebih Nyaringgg
2 – Arus di dalam Aki lebih tahan lama
3 – Lampu utama “sedikit” lebih tarangs
4 – Lampu Sein juga lebih terang
5 – Peningkatan Performa “memang” tidak begitu terasa

Kesimpulan Saya : Pengaplikasian Kapasitor pada Motor ini Sangat Rekomendid karena dengan biaya Yang relatif Murah Namun Hasilnya dapat Memaksimalkan Perangkat Kelistrikan pada Motor secara Permanent dan menyeluruh #termasuk pada komponen pengapian juga#

Terima kasih Mas Bro Alexsandro atas Sharing ilmunya yang bermamfaat bagi “Kami” para Bikers semua..

KIP BRADEHUD en PISS..

About these ads

~ oleh Hourex150L pada Oktober 26, 2011.

133 Tanggapan to “MamFaat Pasang Kapasitor Pada Motor”

  1. sip.
    Bisa dicoba nih.
    Menurut teori daya dan audio makin besar kapasitas elco suara makin enak(bass),kalau di motor gimana?

  2. Ukurannya minimal harus 10.000 mikro mas?

  3. manteb kui

  4. aku takut kesetrum….

    http://mesin4tak.wordpress.com/2011/10/26/indikator-ketidakpercayaan-masyarakat-terhadap-pengendara-bermotor/

  5. ra wani masange samar kliru
    #abaikan saja#

  6. Elco bisa cr yang 10000mf/25V, harga lbh murah. Lbh baik cr Elco yang ori, harga dbwah 20rb kmungkinan byk yang palsu.

  7. Elco dpt juga difungsikan sbg pengganti aki untk smentara kalo akinya soak. Saya udah pasang dimtor prima,bgtu mesin hdup stasioner suara klakson sdh nyaring sama kyk pake aki, ga perlu di gas gd. Cobo rasakan ndiri.

  8. Like this . . . . Sepertinya anak anak bengkel sdh lama mempraktekanya CMIIW

  9. nice impoh masbro..

    nitip yak..
    mohon dukungannya siapa tau ada yg punya akses untuk memberikan masukan, namun jika yg saya tulis ada kesalahan, mohon dikoreksi

    http://boerhunt.wordpress.com/2011/10/26/parkir-khusus-wanita-motormobil-moge-dan-sepeda-ada-kenapa-untuk-penyandang-keterbatasan-dissability-person-bermotor-tidak-ada/

  10. pasang ke bebek gmana yya ?

  11. kaki negatif tambain 1 kabel lagi buat nempelin ke body

  12. Sesimpel itukah? Apakah Kawasaki gak meriset hal seperti itu?
    BTW, menurut saya useless bro. Arus dari battery sudah sangat stabil.
    just my 2 cent #abaikansaja#

  13. josss,,, tigy ane pake 5 biji masbro,, biar puas ngerangkainya :mrgreen:
    salam kenal dari nubi :D

  14. cari begituan dimana oom?
    cobaa aaah..

    “..Tinggal sambungkan kabel #Saya sarankan di sambungkan pake Solder dan timah# kaki Negatif (ada tanda (-)nya) ke kabel aki negatif (-) dan kaki satunya sudah pasti positif dunk(+) ke kaki Aki yang Positif pula,, bagusnyadi sambung klem baut aki..”

    kaki negatif kekabel aki negatif??
    kekabel aki negatif ato kekutub negatifnya oom?!

  15. ngelmu iki. suwun..

  16. Dulu pernah waktu masih suka bikin perangkat audio di motor,dikasih elco bassnya lebih bulat aka ga sember…sipppp..

  17. Karo simbah di jenengi ‘Capasitor Bank’ :D

  18. ya…ya…udah saya aplikasikan ke motor saya juga mas, tarikan jadi lumayan terus percikan api dibusi lumayan biru

    • Ngaco . . .
      Kan masang kapasitornya di aki,
      emang api di busi listriknya dari aki?

      Jaka sembung

      • cdi kan arusnya dari aki..(cdi dc)..lha..dari cdi ke koil..dari koil ke busi..lha businya terus mbledoz.. :mrgreen:

    • @ Bro yosi
      hahaha,, tetep ada hubungannya Mas antara Busi dan aki.. Meski tidak secara langsung tetapi support aki cukup besar pada kwalitas pengapian busi lhoo.. CWIIW…

      *jaka sembungnya gak bawa Golok kan..

  19. sip tenan, nanti saya akan coba ni! info bgus mas bro!

  20. Dah pasang dibebek saya sejak 4 bln yg lalu. Pakai 2 x 10.000 mikroF.

  21. Mas mas numpang nanya.. Motor saya tirev 2009, aki 7 ampere, nah kapasitor berapa mF yang bagusnya buat dipasang di motor? bales ya masbro..

  22. Klo liat komen diatas kan 1Ampere p[ake Elco 2200 mf.. Nah kebetulan motor saya 10Ampere, jadi butuh 22rb mf.. Itu cara ngerangkainya gimana ya mas? Pengen coba bikin sendiri.. Klo beli jadi, mahal…

    • lebih sip beli yang elco 22000mF 50V sebijih ajah Mas langsung pasang,, simpel ..

      • Ooww.. Wokeh bro.. Sabtu langsung nyari elco ah.. :D
        Btw, cara ngitung yang diatas kayaknya kurang bener deh.. Kapasitas elco tergantung dari seberapa besar beban kelistrikan.
        Buat contoh, elco 0,5 Farad (500rb uF) bisa buat beban 500 watt.
        Jadi kalo buat support kelistrikan standar aja sih gak perlu terlalu gede. 10rb uF kayak yang bro pake aja dah cukup kok.

  23. Betul mas bro…ditaruh di motor injeksi juga cocok…

  24. klo pulsar bisa gak yah ?

    http://setia1heri.wordpress.com/2011/10/27/suara’-aneh’-di-mesin-pulsar/

  25. kalo di megapro pasang yg berapa mas?

  26. siap nyontek tipsnya
    nitip ya

    http://nanared.wordpress.com/2011/10/27/pasang-stang-lebar/

  27. apik apik apik

  28. aku takut salah le masang e…..

  29. Kalo takut ya minta di temenin simbok masbro :D

  30. Mzbro sorry klo OOT,mw tny mengenai prgantian oli berkala biasa nya mzbro bli ukuran brp ltr dlm kemasan? 0.8lt ato 1.0lt ?? Ohh ya kuda besi nya yakni ninin 150 series(mklum msh newbie sy XD)

    • bagusnya beli yang 1l tapi jangan di isilkan semua,, ambil sekitar 100cc dulu (bisa buat ngoli rantai) baru sisanya baru di masukan ke bak mesin (gearbox)..

  31. ane kan dah posting lamaaaaaaaaaa bgt
    wah ini

    http://pertamax7.wordpress.com/2011/07/11/pasang-capasitor-bank-di-honda-megapro/

  32. Mz,horex…kmaren ad teman kos saya yang pasangd vixinya,namanya automatic power balancing,trus tanya saya alatnya itu komponennya ap,kbetulan ge kuliah listrik d poltek malang..saya bilang..y komponen yg d paralel sama aki yang tegangan DC ya kapasitor…hehe
    Gene maz,d malang 1 set barangnya d bandrol 180 ebu…hehe ,skedar share aj…hihi..jadi pgen bliin buat ninin yang d Solok..haha

  33. Waaa….ok dh mz,kmaren kagak pulang saya lebaran..saya praktek lapangan..haha insyaalah february plang,ntar d atur aj kopdarnya..haha

  34. [...] Posted on Desember 5, 2011 by Hourex150L Setelah sebelumnya Saya pernah juga Posting tentang pemasangan Elektrolit Capasitor (Elco) pada tunggangan Saya si NaRjo,, namun waktu itu hanya satu buah Elco saja dengan kapasitas 10.000mF – 50 volt.. Dan [...]

  35. wach, NICE IDEA!!

  36. mas motor ane minerva 150 se
    ane dah tanya ke tukang accesories Lampu yang pinggir jalan, katanya pake 22000 mF
    Apa bener mas ?

  37. disini gak ada yg 10000mf, yg ad cuma 60mf, jdi gmna tu gan?

  38. nih gw lagi cari barangnya, mo gw praktekin di motor jadul gw. tar hasilnya gw komen lg disini hehehe………bismillah

  39. mas bro,

    klo untuk vixion bsa ga ya ??

  40. Gue langsung pasang di input CDI,LBH Mantabs..
    Mecanik dealer aj ngacungin jempol karna kesetrum kabel busi mtr q,so tegangan kan stbil..wkwkwkwk..

  41. kalo di byson gimana mas kan akinya cuman 3 amper

  42. Ms brow,,klo pemasanganya elco,nya langsung kontak dengan aki tanpa pemutus ap gk habis strum di akinya,,,?? Tank,s

  43. Alhamdlah tdk mas glondor..kan kontak pemutusnya dlm rangkaian CDI…Setahu saya sech…

  44. q pke yg lbih ribet bro,sip bgt dgn :
    8 elco 4,7uf
    5 elco 1000uf
    4 elco 4700uf
    4 elco 3300uf
    msing” 25v

    1 elco 10nf

  45. Mas bro, di warung sebelah ada yg bilang klw elco dah dirangkai dicharge dulu jadi gak bs langsung pasang, betul kah ? thx

  46. dpasang pd mio bisa gak mas bro?

  47. Kalo buat si NASIR bisa g mas? .. Soalnya kan Nasir pake RC valve .. Takut kebakar atw rusak ..

  48. gampang, deh buat agan agan, kan tanya nih motor bisa gak pke ginian . takasihtaw, caranya klo agan mesin motor mati ente swit on lampu depan nyala dah pasang tuh motor ama kapasitor efeknya sama kayak yang dijelasin user2 lain . karna pengapian motor dc, tp inget klo aki basah cek berkala yah, mau manfaat harus maintenannn hehehe

  49. kalo pake lebih dari 10.000 mf bisa ga’…
    ane pake aki 2amper…
    berpengaruh ga’ sama aki…
    atau kelistrikan yang lain’a…
    mohon pencerahan’a…

  50. klo pke elco tapi tanpa accu bisa gak bro????????????

  51. mas2 n semuanya :

    maaf ni sedikit berbagi pengetahuan :
    1. capasitor ( C ) , accu (aki), elco : adalah sama2 berstatus DC ( Direct current ) atau berarus searah
    2. component diatas memiliki fungsi yg sama : penyimpan arus listrik DC
    3. pemasangan component no1 secara pararel aki – C – beban * **** sebenarnya tidak berpengaruh jika :
    a) kondisi aki masih bagus = aki adalah C dengan capasitas besar
    b) kelistrikan motor ( lamp,cdi, kiprok ,spul ,horn dll )masih standart
    4. yg bikin pengaruh adalah pemasangan C dg tegangan yg lebih dari tegangan aki ( 12v) ex: 16v,25v,50v dst sedang capasitasnya nggak ngaruh sama sekali.
    5. jika yg dipasang cuma 1 C dan kondisi aki masih bagus sebaiknya nggak usah ( buang duit )
    6. kalo mo pasang baiknya 8 dg susunan pararel
    dan ukuran capasitas C semakin jauh mengecil
    C1>C2>C3>C4 +C4<C3<C2<C1

    koreksi mas2 semua kalo salah
    FB @angga indhiq anake nurrochman
    angindcell@yahoo.com

  52. aq pening nih, ngopolah mesin kupiter klou pas geber putaran tinggi langsung mrebet @ akinya tekor

  53. blog mantep……lucu tapi serius

  54. kalo uda kita pasang tuh ELCO apa kita ukur pake tester bsa stabil??

  55. ikut nanya juga gan.
    motor ane satria f dngan aki 7 ampere
    brrti itunganya 2200 x 7 = 15400.
    kan gak ada tuh yg segitu pakenya yg 22000 kegedean gak yah. trus ini buat yg udah fullwafe atw yg std juga bisa ( tinggal pasang di kutub aki )
    satu lagi apakah ini elco tidak akan menguras strom yg ada di dalam aki #misal motor jarang dipake
    trimakasih yg mau menhawab

  56. gan ane uda psang tuh ELCOnya.
    tp kok ane tes pake tester digital kok gk stabil ya?
    kalo di gas tetap naik voltnya?
    bukannya kata2 org tetap di 12,4 volt??

  57. semerawuut……..

  58. test…..

  59. Ingin tau lebih jelar mas brooo
    Kalau pasang elko di antara arus cdi ke koil cara pasangnya gimana hayoo……

  60. aku sudah lama pasang elco (10.000 uf / 50v) sebagai capasitor bank di motor ku Jupie MX, yang jelas klo buat motor yg pengapiannya DC jadi menyetabilkan pengapian, klo mo pake mending yg bermerk macam Panasonic kya punya ane, lebih awet dan stabil. ya walau harga lebih mahal tp lebih awet dan stabil, bentuk juga gak besar” amat kya yg palsu.

  61. perlu dicoba..

  62. cobain di pulsar aaah

  63. Kalau anda bermaksud menambah
    kapasitas penyimpan muatan pada sistem
    kelistrikkan motor, anda jangan
    menggunakan kapasitor yang nilai
    kapasitansinya masih dalam orde μF tapi
    harus dalam orde ratusan ribu Farrrad
    seperti yang dipasang pada mobil Mazda
    keluaran terbaru atau yang dipasang pada
    mobil F1 pada sistem KERS. Tentunya
    harga kapasitor semacam ini bisa lebih
    mahal dibandingkan dengan unit baru utuh
    motor anda .
    Tidak ada hubungannya antara ke awetan
    aki dan pemasangan kapasitor, keawetan
    aki ditentukan oleh perawatan (dalam hal
    ini tidak telat mengisi air aki dan menjaga
    konsentrasi H2SO4) dan regulator dalam
    keadaan normal/ baik. Juga lampu lebih
    terang, starter lebih galak dan klakson
    lebih kencang sangat tidak berhubungan
    dengan kapasitor karena kapasitor tidak
    meningkatkan tegangan sama sekali.
    Lebih2 tarikan motor menjadi enteng, wah
    ini sangat jauh melenceng. Power yang
    dihasilkan mesin memang dipengaruhi oleh
    sistem pembakaran yang baik. Hanya saja
    dalam hal ini tegangan busi tidak akan
    naik selama input CDI atau coil
    tegangannya tetap segitu2 juga. Perlu anda
    ketahui supply listrik pada motor umumnya
    untuk lampu utama dan pengapian
    (ignition) tidak menggunakan listrik dari
    aki tapi dicatu langsung dari coil
    alternator.
    Pendapat saya : penambahan kapasitor
    tidak ada gunanya sama sekali. Kalau
    penambahan ini bisa meningkatkan
    performa kelistrikkan dan mesin tentunya
    pabrik sudah memasang dari dulu. Kan
    insinyur pabrik motor tidak bego2 amat
    seperti kita ? Faktanya kan tidak ada motor
    keluaran pabrik yang ditambahi kapasitor
    kecuali kapasitor digunakan untuk
    mengurangi bunga api pada platina dan
    mengatasi osilasi + over shoot pada
    ignition coil.
    Tapi tentu tidak ada salahnya kalau anda
    “anggap” penemuan teknologi ini bisa
    memenuhi kepuasan batin anda.
    Catatan :
    Tidak mungkin kapasitor yang anda pasang
    meledak karena tegangan maksimum
    kapasitor 100 dan 50 V jauh diatas
    tegangan kelistrikkan motor (< 14,4 V).
    Sebaiknya bodi kapasitor diberi balut
    sponse atau stereo foam atau karet untuk
    menghindari gesekan dengan bodi motor.
    Semoga keterangan dan pendapat saya
    bisa menambah wawasan anda.

  64. Apa bisa diaplikasikan disemua motor?

  65. mas mau nax..apa cocok dengam motor injeksi,misal yamaha v-xion..apa ga berpengaruh pada njektorx?

  66. mas broo klo volt di elco 50V ga ngruh ke piranti motor nya?????????????

  67. betull kata mass brooo………..pengapian dan kelistrikann.stabil untuk starter,,klakson lebih nyaring….apalagi saya pakai banyak lampu aksesories 3 model angel eye lampu blitz,,dan lampu remm kolongg??

  68. Assalamualaikum permisi om, saya mau konfirmasi, kalo kapasitor bank buat vegy ane yang berapa ya om ? , apa yang 10000mf/50v cukup ? Kapasitas aki 12v 5ah ??

    Maturnuhun om

  69. Untuk pengaplikasian elco 3300mf 25v sudah ada pada mtr pulsar 135ls. Coba teman2 semua lihat ada d posisi kiprok yg sudah d aplikasikan untuk penyetabil tegangan….

  70. Masa saya bingung masang elco untuk shogunku saya sambung dari aki tiap kaki plus di pasang plus,yg min,di min juga.benar tdk?

  71. gangaruh juga,.. punya ku gw pasang 4x10000uf/50v, 4x3300uf/25v, 4x2200uf/15v, 4x1000uf/16v, 4×4,7uf/16v plus 100nf anatar positif ama negataif.

  72. kabal yg warna putih apa tu namanya,…????

  73. mas kalau 50 v 10.000 piko farat apa nggak cepat putus sekring s.motornya? karena dibatre s.motor tersebut tertulis 12 v.

  74. menurut,,saya,,,saran yang di kasih sangat bermanfaat,,,karena menurut kami pakar servis elektronik,,,,fungsi,,capasitor adalah untuk menyimpan muatan listrik,,,,dan klau di nyambung pada aki lebih bagus lagi kualitas tegangannya,,,,semakin besar nilai capasitornya lebih bagus lagi kualitas frekuensi arusnya

  75. Maaf kalau untuk motor lawas accu 6 volt 2A kira-kira capasitor yang cocok?

  76. klu dipakai untuk jimat bsa gak ya?/dibuat bandul kalung kan cantik

  77. boos motor viar 200cc ane spulnya gosong….. saya ganti tapi listrik yang ke koil kaga ada… apanya ya bos..?

  78. Penambahan kapasitor paling terasa efeknya kalau aki sudah tekor, soak atau bahkan mati total.

    Kalau aki soak, supply voltagenya bisa berada di bawah supply voltage kiprok hingga mengakibatkan perangkat kelistrikan DC (lampu, klakson dlsb) tdk dpt bekerja optimal atau meredup.

    Kalau aki mati total, maka aki akan menjadi sangat tinggi nilai resistansinya sehingga tidak bisa meneruskan supply listrik dari kiprok ke perangkat yg membutuhkan hingga mengakibatkan perangkat mati total atau sangat redup (untuk perangkat2 DC), sedangkan perangkat2 AC (lampu depan & belakang) hanya memperoleh supply langsung (direct) dari spul tanpa melalui kiprok hingga voltage tidak terkontrol dan mengakibatkan lampu sering putus saat RPM tinggi.

    Kalau aki soak, sebenarnya solusi mudahnya hanya dengan sekalian melepas aki dan langsung menghubungkan kabel (+) dan (-), maka perangkat kelistrikan akan kembali memperoleh supply listrik dari kiprok sehingga lebih terang (dibandingkan saat aki yang mati masih terpasang) dan lampu2 AC voltasenya terkontrol sehingga tdk mudah putus.

    Tapi bukan berarti kapasitor tidak ada gunanya. Guna kapasitor saat aki masih sehat dalam hal ini adalah:

    1. Sebagai buffer listrik saat ada beban kejut yang singkat tapi besar.
    2. Sebagai perata fluktuasi tegangan AC yang diubah ke DC dari kiprok yang masih kurang mulus pola gelombangnya.
    3. Sebagai implikasi dari no 2. diatas penggunaan elco atau kapasitor yang diparalel pada kelistrikan DC akan sedikit meningkatkan voltage dan/atau arus yang pada akhirnya akan meningkatkan kinerja perangkat listrik dan juga sistem pengisian aki hingga aki akan lebih awet.

  79. Yang ane ko kebakar ya bro kabel positif nya (+) . Padahal pasang elco yang 10000mf 50v . ?

  80. sipp

  81. Mas brow, kebetulan saya punya elco 80V 10.000mf, saya pasang di jupiter mx saya dgn spek klakson gede, listrik sdh dc, kiprok punya tiger, lampu depan 35 watt, aki 12v 5ah,dll. kok ga ada pengaruhnya ya? jd kl diklakson suaranya msh kecil, dan lampunya sempat kedip jika distater dan diklakson. pie mas brow… opo ono sing salah yo….?

  82. mohon info mas klo di pasang di scorpio yg arus nya belum dc ada pengaruh tdk .. watur nuhun

  83. maz brow ini sya uda cba tpi sma aja ni gmna maz bro ????
    trims’ sblum na

  84. Om Tolong Dijawab ya, saya punya PSU komputer yg udah gak kepake, tapi saya yakin masih bagus, nah saya liat di situ tulisannya 330uf dan 200v, nah sedangkan yg d bahas itu 22000mf dan 50v, kira2 bisa g om ??? rencana saya klo bisa saya mau / bermaksud menggandeng 3 kan,…

  85. kalau wat mt0r vaga,R 2005 gimana ,pake elco yang berapa? mohon petunjuk mu #amatir

  86. kalau wat mt0r yamaha vaga,R 2005 gimana ,pake elco yang berapa? mohon petunjuk mu #amatir

  87. kalo masang di tiger piye? berapa elco yang dipasang (biar ngejoss) cdi shogun

  88. anu bener ka haji

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 1.166 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: