Jangan Asal Ganti Ban lebih Lebar


Sebagai SeOrang Bikers pastinya Menginginkan Motor tunggaangannya dapat tampil Prima dan enak di pandang Mata,, dan salah satu cara Meng-Up Grade penampilan Sebuah Motor adalah dengan Mengganti Ukuran Ban Motornya sesuai Image yang di ingini si Bikers.. Ada yang di perkecil ukuran Bannya agar terkesan RACY Only,, atau dengan Menaikan Ukurannya menjadi lebih Besar supaya kelihatan lebih Gagah dan Kekar.. Namun jangan lupa Untuk perubahan Ukuran Ban luar yang cukup “X-TRIM” dari ukuran standard Pabriknya baik memperkecil ataupun MEMPERBESAR harus di ikuti dengan Perubahan Ukuran Velknya juga,, alasanya adalah Faktor Kenyamanan dan Optimalisasi dari Ban Itu sendiri..

Sebagai contoh lihat Kedua Ban Belakang Motor sport di bawah Inii..


Ke dua Motor berbeda tersebut Menggunakan Ukuran Ban Belakang Yang Sama,, yaitu 120/70 – 17 dengan merk berbeda.. Namun Hasil akhir lebar permukaan kedua Ban belakang ter sebut Ber Beda,, coba lihat..

Lebar permukaan Ban Ter sebut bukan di sebabkan oleh merk yang berbeda,, melainkan karena Lebar velk kedua Motor tersebut berbeda.. Motor sebelah kanan menggunakan Velk OEMnya dengan ketebalan 3,25 inci sedangkan Motor yang sebelah Kiri menggunakan Velk variasi dengan tebal 4,5 inci,, dan itulah sebabnya Ban belakang Motor sebelah kiri jauh lebih lebar (5 inci) di banding Motor sebelah kanan yang masih kurang dari 4 inci lebarnya..

Jadi bagi Para Brade Bikers yang Ingin Merubah Ukuran Ban luarnya juga musti memperhatikan ukuran Velknya,, karena bila sampeyan TERLALU berambisi mengganti ukuran Ban Tanfa memperhatikan Ukuran velk yang ada keknya Hasilnya akan Jauh dari Memuaskan.. Sebagai contoh dengan ukuran Velk 2,75″ standardnya menggunakan Ban dengan Ukuran lebarnya 3.00″ kalaupun ingin Upgrade maksimal ukuran bannya 3,25,, dengan demikian disamping terlihat serasi antara Ban dengan Velknya, juga permukaan Punggung Ban akan dengan sempurna menapak kejalan / lengkungan punggung Ban masih landai dengan begitu Ban dapat Bekerja secara Maksimal Dan memberikan Kenyamanan serta keAmanan.. Tapi bila terlalu Ambisi dengan Meninggkatkan ukuran Ban luar denga mengabaikan ukuran Velk,, misal dengan lebar velk 2,75″ nekad memasang ban dengan Ukuran 4,00″ atau setara dengan ukuran 130 / 70, waaa bukan Hanya kelihatan kebanting dan terlalu di paksakan,, tapi juga akan Mengorbankan penampilan- estetika – maupun kenyamanan dan KeAmanannya.. Karena dengan Pelek ukuran 2,75″ di balut Ban ukuran 4,00″ atau 130 / 70 Roda Motor anda bakalan kelihatan LUCU Banget,, karena lengkungan Punggung Ban akan menjadi Meruncing (Bukanya bertambah Lebar tapi malah tambah MENINGGI) dan tentunya permukaan yang meruncing ini membuat permukaan Ban yang menapak ke jalan jadi kecil & sempit yang akan berakibat Hilangnya Kenyamanan serta justru dapat Membahayakan (Karena minimnya Grip Ban terhadap Jalan)..

Adapun selisih Idealnya antara Ukuran Lebar Ban Dan Velk yang Saya Tahu adalah 2 tingkat,, misal Velk ukuran 2,75″ inci maksimalnya menggunakan Ban berukuran 3,25″ atau setara 100 / 90, lalu velk 3,25″ dengan Ban maksimal 120/ 70..
Dengan Memperhatikan Ukuran Velk saat mengganti Ukuran Ban OEMnya dengan Ukuran yang lebih BESAR,, maka Bukan Hanya Tampilan lebih Ganteng namun juga dapat meningkatkan KENYAMANAN dan keAMANan serta juga bisa Meningkatkan PerForma juga (karena luas ban yang Mencengkram ke jalan lebih besar sehingga Power Motor dapat tersalur lebih Banyak juga)

Demikian postingan sederhana Ini semoga ada Mamfaatnya bagi kita semua,, JANGAN MEMBUANG ENERGI DENGAN MODIFIKASI YANG TANFA ARTI.. atau #abaikan saja#

Kip Bradehud en PISS..

About these ads

~ oleh Hourex150L pada Oktober 17, 2011.

58 Tanggapan to “Jangan Asal Ganti Ban lebih Lebar”

  1. vixi ku peleg std tak pasang ban 110/70,malah mirip donut

  2. mantep om
    Masuk podium juga akhirnya
    oke om
    saya masih cinta sama ukuran standard

  3. abaikan sajalah om..wkwkkwkwkkwkw :D

    http://asmarantaka.wordpress.com/2011/10/17/first-impression-zx6r-wow-di-semarang-kawasaki-ninja-zx6r-dijual-seharga-220-jutaan/

  4. setujuh

  5. setuja..

  6. sip,kalo gitu batasan ban belakang nmpku cuman sampe 120/70-17 ya :?:

    • si Marun keknya lebar luar Velk belakang 3,00″ Mas #CMIIW# jadi 2 x 25 = 50,, maka ukuran lebar ideal maxi nya 3,50″ atau setara 110 / 80 atau 110/70 saja untuk mendapatkan Fungsi,estetika, kenyamanan dan performa Maksimal dari Bannya.. Hanya Opini atau.. #abaikan saja# :-D

      • Jd buat ninja rr biar kliatan ceper n buat ngerebah enak, bguz’y pake ukuran berapa buat ban depan n blkng?

  7. Absen ah

  8. weleh…itu motor minerva ya…hapal bener ane ama knalpot ny yg di iket klem plat…gimana ceritanya ampe kaliper rem belakang ny gak ada…wkwkwkwkwkwk #abaikan shaja#…
    *soal artikel 100% setuju, sesuaikan lah lebar ban dengan lebar velg…

  9. apik apik apik

    http://jaranwesi.wordpress.com/2011/10/17/pemahaman-awam-tentang-safety-gear/

  10. kaliper belakangnya transparan ya ?

  11. Kalau velg belakang ninja r standarnya berapa mas???

    • lebar dalam 1,85″ sedang luarnya 2,75″ inci Mas,, ukuran Ban idealnya Mak 3,25″ atau setara 100/90 atau 100/80.. Klo lewat dari itu keknya Banyak Mubazirnya Mas,, Makasih..

      • klo velg depan ninja r 17×1.60 idealnya pke ban ukran brp y mas.sya ada rncna mau gnti yg agak gede.mksih

  12. wes kadung kii…. :mrgreen:

  13. Nambah ilmu

  14. kalo pulsar 200 pake ukuran berapa biar cakep mas?

    • klo gak salah P200 lebar luar Velknya 3,25″ yaa.. CMIIW.. Klo iya keknya 120/ 70 atau setara 3,75″

      *sori belum tau pasti lebar luar velk P200 Bro..

    • bantu jawab bro.
      lebar velg depan pulsar200 1,85″, velg belakang 2,5″.
      ukuran standarnya dah cakep bro.

      • itu ukuran yang tertera di velknya ya..?? Klo iya itu maksudnya lebar velk bagian dalam Bro,, jadi 1,85 = 2,75″ lebar luarnya sedang 2,50″ = 3,25″ lebar luarnya..

        cara ngukur lebar luar seperti pada gambar,, makasih atas sharingnya..

        *jadi tahu ukuran sesungguhnya velk P200 nii..

  15. bener kok mas,lebarnya segitu.mumpung hr ini mau beli ban.thanx bgt buat masukannya :)

  16. kalau buat ninja RR klau ukuran ban nya mau di kecil’in dikit ideal nya ukuran brp mas ? ukuran ban stndar nya depan 90-90 blkang 110-80 mnurut saya itu msih trlalu besar..hehe :)

    • klo mau di kecilin keknya ukuran ban kurang ngaruh Mas karena tapak Velknya sudah lebar,, jadi seandainya ganti ban lebih kecilpun lebarnya gak jauh beda cuman ban jadi lebih tifis/ketinggian ban yang berkurang Mas..

  17. klo velg NMP standar ukuran maximal pake bannya depan belakang brapa mas yg cocok? ditunggu jawabannya tks

  18. wah nais inpoh nih

    http://setia1heri.wordpress.com/2011/10/18/mencicipi-wifi…bandara-soetta/

  19. bener banget, kan sudah ada daftar lengkap ukuran dan ban yang rekomendasikan

  20. ban kebesaran malah mbikin berat tarikan ya mas? ato abaikan…

  21. Izin share ya, Om..

  22. Mas, kalo velg lebar 4,5 inch disandingkan dengan ban ukuran 140/70 masih proposional gak? apa bibir velgnya jadi akan kelihatan keluar?
    Kalo berkenan tolong di respon :)

  23. pagi mas,,:D
    numpang nanya,,baru aja meminang new rr ,,tapi pengen MEMPERBESAR uk ban nih,,kira2 maksimal berapa yah? 130/70 dapet kah?
    depan belakang yah mas,,

    makasih :D

  24. mas bro tolong panduannya
    untuk velg nmp depan tertulis 1,85 inch belakang 2,5 inch yang mau ditannya mas ukuran ban maksimal untuk velg tersebut brp ya mas?
    mohon di balas ya mas
    trims

  25. MAz, NMP saya ban depan 100/80/17 dan belakang 120/80/17 dg velg balok orig….kira2 proposional g?

  26. mas bro.. klo ninja rr ukuran max ban luar nya brp yg pas?? thx

  27. Bro aqu mau tanya. . Kalau mslh ukuran motor ninja iya aku udah faham . . Tetapi yg aqu mau tanya . . Aqu mau rubah ukuran ban motor honda revo cw 110..mau di perbesar . Maksimalnya pake ukuran brapa bro ya? . .tlng respon bro ya

  28. Tanya mas :
    Kalo ukuran ban maks (ngarep-mburi) buat kebo irengku piro mas ?
    Pengen ganti velg warna kuning (warna body Hitam)….minta saran pake merek apa, biar aku gampang minta ke tokonya.
    Suwun mas.

  29. tanya mas klo plek std tiger revo 2008 ban belakang ideal nya klo mao di gedein ukurang brp ya? ane mao ganti ban merek fdr…ada yg nyaranin 110/80 ada juga yang 120/80…mohon petuunjuk nya makasih sebelum nya…

  30. Buat ninja rr supaya lebih ceper n enk buat ngerebah ukuran ban depan n blkng’y brp y?

  31. Buat Ninja 150L, pake velg standar, sekarang pake ban depan 2,75/17 belakang 3,00/18. Kalo diganti pake ban depan 3,00/17 dan 3,25/18 kira2 masih nyaman gak ya? soalnya kalo pake ban standar gampang selip kalo ngerem mendadak..

  32. Mas,mw tnya nih,berapa ukuran tapak velg standard Kawasaki Ninja 150 RR ? Mau saya pasang ke Yamaha Scorpio Z bgmn perkiraan kenyamanan dan keamanan nya ? Thk’s

  33. om, nanya boleh ya.. Kalo ban blakang new jupi mx diganti biar lebar enaknya brapa kira2,? Ukuran std 100/70-17. Temen saya ada yg pake 120/70-17, apa itu dibolehkan om. Mhon penjelsanY om biar ga slah lagkah dan modif safety tntunya.. Tq om :)

  34. juos,,,

  35. thanks ya mas atas pemberi tauan nya

  36. para biker mw tnya nih,ane pnya mtor minerva,cara biyar ban belakangnya gak licin/ ngepot gmna ya??? di ganti ap gmna??
    tlong yang tw krim ke email sya
    muh.saebani94@yahoo.com

  37. terima kasih ilmunya ,, salam Gass Poll Remm Doll :)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 1.163 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: