TIPs.. Tuas Kopling/Rem Motor Oblak


Tuas kopling maupun Tuas rem depan merupakan komponen yang sering bergerak dan secara langsung bergesekan dengan rumah tuasnya,, dan biasanya lolos dari Perhatian maupun Pelumasan Kita.. Maka tidak heran kalau tuas Kopling dan Rem Depan (terutama untuk rem depan Tromol) cepat longgar atau Oblak karena h AUS..

Sebenarnya ini merupakan tips yang sudah lama sekali Saya terapkan pada tunggangan si MegaPro 02 di awal tahun 2003an silam,, waktu itu tuas Kopling si megisedikit Oblak dan saat di kendaraai bergetar-getar sehingga menimbulkan suara “KEMLITHIK” yang cukup bikin risih..

Nah.. Bagi Sampeyan Para Riders yang kebetulan mengalami hal serupa pada tunggangannya,, baik Tuas kopling maupun tuas Rem depan yang Oblak Saya ingin berbagi pengalaman ni.. Karena kalau tuas kopling maupun Rem depan sudah Oblak selain Menimbulkan suara KeMletek-kletek yang bikin Risih bila dibiarkan juga bakalan menggerus dan membuat tuas Kopling / Rem depan tersebut Aus serta rawan patah..

Cara mengatasinya; kalo sampeyan banyak duit yang takterpakai,, si lahkan pakai LEM BIRU (Lempar BelI baRU :-D :-D ) paling harganya antara Rp 15.000 – Rp 50.000 an saja dan kemungkinan cuma tahan 1 tahun sudah longgar lagi :evil: :shock: :-D .. Tapi bagi Saya yang seOrang Perantau (Musti Kreatif + irit biar bisa Mudik) cari cara yang lebih Murah ajah,, yaitu dengan Mengganjal ke-dua sisi tuas yang longgar/Oblak tersebut dengan Plastik.. Tapi bukan Plastik bungkus belanjaan atau segel Rokok lho,, melainkan menggunakan Plastik yang agak tebal seperti Plastik Botol minuman.. Lho kenapa pilih plastik bukan kertas,kain atau yang lainya..?? Alasanya selain mampu menyerap getaran,, bahan Plastik#apalagi yang tebal# juga bersifat licin#apalagi kalo kena minyak/oli# serta lebih tahan air..

Caranya: gunting saja botol plastik minuman tersebut dan bikin seperti Huruf “O”,, adapun fungsi lubang di tengah plastik adalah sebagai tempat baut handle kopling / hendel Rem depan..

Kalo longgarnya / Oblaknya tuas kopling atau Rem depan sudah lebar/parah boleh di ganjal lebih dari 2 dengan cara di “SLEMPIT” kan di ke-2 sisi tuasnya..

Semoga setelah di sisipkan Plastik ini tidak terdengar lagi Bunyi “KEMELITHIK” dari tuas Rem depan atau Tuas kopling Sampeyan,, juga tarikan tuasnya #Biasanya# lebih enteng lho, apalagi kalo sering di tetesin pelumas..

Yaa.. Semoga tips sederhana ini Ada mamfaatnya bagi kita semua..

Tetep Kip Bradehud en PISS selamanya dan di mana saja..

About these ads

~ oleh Hourex150L pada Oktober 4, 2011.

23 Tanggapan to “TIPs.. Tuas Kopling/Rem Motor Oblak”

  1. Ntar waktunya pas dicoba aaaaah

  2. kereatif to?? :mrgreen:

  3. wahhh . . .kok eo ra kpikiran eo!!? :D

  4. Kenapa gak dari bahan karet aja ring nya..seperti karet ban dalem misalnya.. :?:

  5. ganti motore wae

  6. tuku anyar :)

  7. meggi ane dah kemltiik ,,asekkkkkkkkkk

  8. siip…catet dibuku belanja…eh…buku tips perawatan :mrgreen:

  9. nais info mas
    http://hakimrodamas.wordpress.com/2011/10/04/menerawang-lebih-jauh-strategi-kmi-2012-siapkan-strategi-one-by-one/

  10. cara kuno tapi mujarab mas

  11. Walah mas,lha aq sek gawe je,
    Tugel/aus tinggal ganti anyar komplit sak brakket’e,gratis

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 1.160 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: