Setelan Angin Karburator Kawasaki Ninja R
Sebelumnya permisi dulu pada para Senior & Suhu Otomotif sekalian,, disini Saya cuma sekedar ingin Share pengalaman saja.. # mohon koreksinya jika ada kesalahan # PISS.. 😀
Pada dasarnya cara setting angin pada karburator Motor sama saja antara jenis motor apapun,, mau Motor bermesin 2 tak ataupun 4 tak.. Karena fungsi karburatornya juga Sama,, yaitu memberikan suplai Bahan Bakar (BB) dan Oksigen (O2) sesuai daya bakar optimal Mesin yang menurut beberapa teori berkisar antara 1 : 13 – 15 atau 1 titik Oktan BB : 13 – 15 titik Oksigen.. Ada juga yang menyebutkan AFR (Air Fuel Rasio) Idealnya berada pada titik 1 : 14,7,, Dan tugas Karburatorlah Memberikan Suplai AFR Ideal ini kepada Mesin.. sedangkan Kebutuhan asupan BB + O2 pada mesin berbeda di setiap RPM,, maka komponen karburator sendiri terdiri dari part -part yang adjustable alias bisa di setting untuk menghasikan suplai ideal.. Salah satunya adalah Air Screw (baut setelan Angin) yang biasanya berada di mulut ventury,, walau ada juga yang berada di dekat intek manipol seperti pada karbu GL series..
Cara men setting Air Screw (setelan Angin) pada setiap Motor ber karburatorpun pada dasarnya juga sama,, yaitu mencari RPM tertinggi sebagai pedoman pasokan BB + O2 sudah Ideal..
Hidupkan motor beberapa saat untuk dipanaskan dulu,, setelah putaran langsam / stasioner nya Stabil putar ke Kanan (Tutup) Air Screw/ setelan angin hingga mentok (ada baiknya naikan sedikit @RPM stasionernya agar mesin tidak mati) kemudian mulailah putar ke Kiri (buka) perlahan -lahan sampai ketemu putaran mesin (RPM) tertinggi.. Untuk lebih pastinya lagi boleh di ulang-ulang prosesnya,, kareana pada RPM tertinggi tersebutlah berarti Oksigen yang masuk SUDAH sesuai dengan kebutuhan pembakaran Mesin..
Proses Pembakaran yang tepat Campuran BB + O2 (AFR) “biasanya” di tandai dengan warna anoda Busi yang coklat kemerahan..
*walao bagi Saya warna busi saja belum cukup jadi pedoman,, melainkan harus didukung dengan laju Motor yang terasa bertenaga dari bawah hingga atas tanpa ada gejala “Brebet & Ngempos” #
Adapun putaran Ideal Dari setelan angin sendiri antara 2 – 3 putaran kekiri dari mentok kekanan,, apabila rpm tertinggi berada di bawah 2 putaran itu berarti pilot jet (PJ) / slow jet nya minta naik (kekecilan) dan sebaliknya bila Rpm tertinggi mesin di dapat lewat dari 3 kali putaran pertanda PJnya kebesaran.. Hal ini juga berlaku pada Motor Ber “Karburator” yang masih Standard -ting ting- maupun yang masih baru sekalipun,, karena tidak setiap mesin yang sama kebutuhan suplai/ setelannya juga sama.. Buktinya banyak kita jumpai bahwa Motor si A lebih kencang larinya daripada Motor si B,, padahal keduanya memakai tipe Motor yang Sama, sama-sama masih standard dan usia pakainyapun sama (sama-sama baru) bahkan Warna dan Stripingnyapun Sama # 😀 😀 lebay # tapi kemampuan mesin motor mereka berbeda.. Mungkin dikarenakan setingan pabrikan motor si A lebih tepat di banding motor si B,, walau hanya sebagian kecil saja..
Semoga ada Mamfaatnya,, Kip Bradehud en PISS.n koreksinya jika ada kesalahan # PISS.. 😀
.
isuk-isuk sarapan karbu..hehehe..
babad150f said this on Oktober 1, 2011 pada 7:00 am |
daripada esuk-esuk Sarapan JangkaR Kapal Mas,, xixixi..
Hourex150L said this on Oktober 1, 2011 pada 8:51 am |
asekkk, pusingg
ipanase said this on Oktober 1, 2011 pada 7:01 am |
hahaha,, Muoosookk tiap Malem Minggu PUSINGG tho Mas.. 😀 😀
PISS..
Hourex150L said this on Oktober 1, 2011 pada 8:54 am |
padium
bigbang said this on Oktober 1, 2011 pada 7:03 am |
monggo Mas 😀
#jik sepi kok#
Hourex150L said this on Oktober 1, 2011 pada 8:55 am |
RPM tertinggi maksute di gas mentok mas??
si kurus said this on Oktober 1, 2011 pada 10:22 am |
Enggak Mas,, gak ada acara narik Gas di sini.. Putar-putar saja air screwnya saat langsam nanti akan berubah-ubah / naik-turun rpm & suara mesinnya mas..
Hourex150L said this on Oktober 1, 2011 pada 12:00 pm |
ora ngeh 🙂
cafebiker said this on Oktober 1, 2011 pada 11:57 am |
ahh Muoosssoookk.. 😀
Hourex150L said this on Oktober 1, 2011 pada 12:11 pm |
Mas 1 putaran itu 180 derajat kan…?sy pny motor lbh dr 3 putaran bru putaran mesin tinggi…brt pj nya kebesaran ya…mkanya ko businya hitam…
Bro said this on Oktober 1, 2011 pada 1:21 pm |
1 x 360 derajat Mas baru satu putaran penuh..
Hourex150L said this on Oktober 1, 2011 pada 4:54 pm |
saya gk pernah dapat merah bata 😦
http://extraordinaryperson.wordpress.com/
extraordinaryperson said this on Oktober 1, 2011 pada 8:05 pm |
asal jangan terlalu Item aja Koh,, bikin kerak cepet numpuk..
Hourex150L said this on Oktober 1, 2011 pada 10:01 pm |
Oo bunder ternyata…..
Siip infonya…
Sheva Bispak said this on Oktober 1, 2011 pada 8:26 pm |
Muoosoookk 😯 😯
Hourex150L said this on Oktober 1, 2011 pada 10:03 pm |
om, klo warna busi abu2 gimana, bagus ga?
ipman said this on Oktober 1, 2011 pada 9:20 pm |
kurang bagus Mas,, kos pembakarannya masih Miskin atau campuran BB + O2 kering/irit.. Efeknya mesin cepet panas meski jarak dekat / pelan,, 😀
Hourex150L said this on Oktober 1, 2011 pada 10:14 pm |
raeneng karburatore.
B M W ♣ said this on Oktober 1, 2011 pada 10:14 pm |
hahaha, wong Injeksi kok yaa..
Hourex150L said this on Oktober 2, 2011 pada 5:00 pm |
kang motorku di rpm 7000 kq mbrebet yo ..kyak kempos gto ..truz asepx banyak,,,tpi klu sbelumx tak panasin dlu sampe superkipx mbuka kq enggak. . .biasax terjadi paz motor gak dpake agak lama, , ,
penyebabx apa yo kang bro..superkipx ato emang harus ngubah pj/mj nya?
Matursuukuuun…
LEO.SALEHO said this on Oktober 1, 2011 pada 10:52 pm |
biasanya kek gitu “tanda” campuran bb + O2 nya di seting basah / boros Mas,, coba buka businya (biasanya berwarna hitam)..
*untuk setingan basah/boros proses “warming Up”nya butuh lebih lama Mas..
Hourex150L said this on Oktober 2, 2011 pada 6:52 am |
waahhh…nambah ilmu lagi nii…!!!baca lagi deh biar tambah pinter…
Rudy Sou1 said this on Oktober 2, 2011 pada 12:07 am |
hahaha, 😀 😀
PISS..
Hourex150L said this on Oktober 2, 2011 pada 6:55 am |
kudu disetel nggih kang? khawatir masuk angin… PISSS hehehe
Darmawan said this on Oktober 2, 2011 pada 12:16 am |
hahaha,, yen masuk angin gawekne Rujak “walang ijo” mawon Pak Dar.. 😀
Hourex150L said this on Oktober 2, 2011 pada 6:58 am |
siippp
nanared said this on Oktober 2, 2011 pada 11:57 am |
makasih Bro..
Hourex150L said this on Oktober 2, 2011 pada 4:15 pm |
Matuuurrsuwuun kang. .tpi klu diseting basah gto . .seharusx paz dstater dpagi hari langsung isok jreng yow kang???
LEO.SALEHO said this on Oktober 2, 2011 pada 7:57 pm |
salah satu keuntungan setingan basah itu Mas, pagi tanpa cuk langsung jriiingzz ..
Hourex150L said this on Oktober 2, 2011 pada 9:46 pm |
sip mas ilmune
dnugros said this on Oktober 3, 2011 pada 10:42 am |
hehehe makasih#tersandjung#
Hourex150L said this on Oktober 3, 2011 pada 1:22 pm |
Sipp Bro Ane paham skr. BTW klo knalpot standard setelanya basah ad pengaruhnya ap gak Bro?
Skipz said this on Oktober 5, 2011 pada 8:38 am |
pengaruhnya klo pagi mudah stater tanpa cuk Mas 😀 ..
Hourex150L said this on Oktober 5, 2011 pada 12:07 pm |
Mas Hourex kulo bade tanglet malih>>>>>>>”Ninin kulo standart top speed 140kpj, tp pas masuk gigi 4 bade kulo geber kok brebet mas gih??mohon ILMune MALIH Mas Hourex…Ngapuntenipun Ngrepoti Panjenengan,,,,,Salam Ninja Hattory,,,,
Budy Vocer said this on Oktober 26, 2011 pada 4:41 pm |
kalo semuanya standard,, pastikan mesin sudah cukup suhu idealnya.. Tapi masih brebet keknya setelan anginnya kekecilan Mas,, coba besarkan lagi (putar ke kiri) setelan anginnya sekitar 1 putaran..
Hourex150L said this on Oktober 26, 2011 pada 10:37 pm |
saya punya kawasaki ninja r 150 th 2006 karbux slalu banjir sdh disetting ttp aja, tlng dong solusinxa
maslan said this on November 4, 2011 pada 1:24 pm |
kemungkinan karet di ujung valve bensin yang di gerakkan pelampung (gak tau namanya) sudah mengeras/ sompel atau munggkin juga cuma kotor..
*hayao siapa yang tau nama barang yang saya maksud diatas..
Hourex150L said this on November 4, 2011 pada 1:57 pm |
Ventilator gan namanya
medik said this on September 20, 2014 pada 12:41 pm
Numpang tanya bos…
ninin ane udah merah bata businya,, PJ dan MJ standar ting ting,,hehehe
setelan angin 1,5. perubahan hanya senalpot racing ama busi racing..
tapi kenapa ya dari gigi 5 mentok 170 pindah gigi 6 trus tenaga gak ngisi lagi..??
mohon pencerahanya.. makasih
hendra said this on November 8, 2011 pada 6:56 pm |
MJnya kekecilan Bos,, Merah bata itu di dapatnya saat stasioner/ putaran bawah kali..
Hourex150L said this on November 8, 2011 pada 8:37 pm |
Bos suara mesin ninja ngorok..itu knp??apa seting karbunya blm pas…itu kekeringan pa basah…?bos tau g PJ standar kehin pwl 26 ninja R v M thn 2008 brp…?soalx sy pny Pj 55.mkn trll basah….sy bli motor bks…!
5521 said this on November 12, 2011 pada 8:57 am |
pake filter udara gak..?? Coba liat busa di box filternya ada nggak mas..
Klo settingan basah /kering liat saja warna businya,, atau biasanya kalo basah brebet saat di tarik gas.. Dan kalo kering biasanya Ngempos saat di tarik gasnya..
Hourex150L said this on November 12, 2011 pada 9:49 am |
mas kenapa ya motor saya air radiatornya tercampur oli ??? ad masalah gak sma mesinnya sma , mesinnya morok kalo saya bawak santai…???
balas
ayi said this on Maret 9, 2016 pada 3:31 am
Sama punya saya juga kalo di tarik langsung ngook di paksain malah mati mesinnya… Itu kenapa ya mas.
Adi said this on November 8, 2018 pada 11:22 am
permisi om, motor saya ninja rr 2008, saya mau ganti cdi sama kuil racing, tapi mesin standar cuman kenalpot pake cms, tolong sarannya yang cocok pake cdi dan kuil apa om. oh ya om 1 lagi, kalau mau rubah PJ dan MJ ukuran berapa ya om yang pas dengan mesin standar. terimakasih om
omen said this on Desember 7, 2011 pada 6:35 pm |
Mas Bro…anE juga lg pusing tolong bantuannya…Motor Vega ane susah hidup…hrs digas ful ru mw hidup mtrnya tp brebet…cek busi warnanya hitm dah stel angin tetep…
sogi said this on Desember 16, 2011 pada 8:35 am |
terlalu boros itu Mas (banjir) bisa jadi set angin kekecilan dan klem jarum skep terlalu rendah.. Atau PJnya kebesaran
Hourex150L said this on Desember 16, 2011 pada 8:55 am |
makasih ka pngetahuan y…..heheh
rendy santosa said this on Desember 30, 2011 pada 9:41 am |
thankz br0w artikel nya
0tex said this on Januari 17, 2012 pada 1:55 pm |
oli mesin yang bagus buat perlindungan mesinnya apaya bro…?
dan setelan angin buat knalpot r9 brapa putaran bagusnya bro..?
Bagong Pool said this on Februari 15, 2012 pada 7:59 am |
kang mas mau nanya saya…seminggu ini motor saya tepatnya ninja R 2011 klo dibetot rpm tinggi langsung mbrebet…otomatis saya diharuskan ganti gigi..
semakin gede gigi rpm nya pun semakin maju letak mbrebetnya…
gigi 2 9-10 dah mbrebet,3 8 udah,4 7 udah mbrebet….
klo baca2 permasalahan diatas apa cuman setingan angin nya yg salah..?? soalnya g ngrubah2 settinganya aku, cuman emang jarang servis,cuman ganti oli transmisi terakhir…
Febri Widiarisman said this on Maret 6, 2012 pada 9:43 pm |
coba check setelan keborosan pompa oli Sampingnya juga Mas selain setelan anginnya..
Hourex150L said this on Maret 6, 2012 pada 10:12 pm |
dimana tuh kang letaknya,ada pa mas bentuke kayak apa.??? punya ninin dah setahun lebih g mudeng2….makasih sebelumnya,hehehehe…..
meh nggo boso jowo wedi rak mudeng kang mas….ciakakaka…..
Febri Widiarisman said this on Maret 6, 2012 pada 11:58 pm
help mee…..
rusdi nurdin said this on Maret 12, 2012 pada 2:30 pm |
apa gk masalah klaw kips ninja itu d naikkan 1 kli dr titik top.y???
rusdi nurdin said this on Maret 12, 2012 pada 2:33 pm |
Siipp•
sulung said this on Maret 17, 2012 pada 8:38 pm |
gan kalo motor ninja di bawa ngebut tiba2 mesinnya mati knp ya gan !
mohon ilmunya gan !
anggada said this on Maret 28, 2012 pada 11:07 pm |
bos PJ & MJ setandarna karburator ninja pwl 26 berape she?
igenk said this on April 2, 2012 pada 1:53 pm |
PJ:45, MJ:138 Mas..
Hourex150L said this on April 3, 2012 pada 1:11 pm |
mas motor ku kawasaki ninja kok kalau lebih dari satu putaran aja kok udah ngempos yah jadinya apa yg salah tuh.
encex said this on April 25, 2012 pada 6:46 pm |
mas hourex,klo di rpm bawah ada suara “nging” tapi suara tsb agak samar…. Itu kenapa ya?
faliq hamzah said this on Mei 3, 2012 pada 10:43 am |
mas saya mau nanya, saya pakai ninja rr 2011 rpm 10 ribu gigi 3 mrebet setelan oli samping uda di borosin sedikit karbu pun sudah di servis, kenapa ya? terima kasih.
dick"s said this on Mei 3, 2012 pada 2:36 pm |
belum Panas mungkin Mas..
Hourex150L said this on Mei 4, 2012 pada 10:33 am |
iya mas ternyata belum panas langsung saya geber…. terima kasih mas.
dick"s said this on Mei 11, 2012 pada 3:31 pm |
mas mau nanya lgi dong, motor saya kok cepat banget ya businya mati belum ada 500 kilo udah mati dan warnanya hitam gosong apa karena oli sampingnya diborosin
atau setelan karbunya yang kurang pas, motornya masih standar abis. terima kasih….
dick"s said this on Juni 13, 2012 pada 6:20 pm |
busi cepat mati “biasanya” disebabkan pembakaran yg tidak sempurna, dan penyebabnya bisa setelan Oli yang terlalu boros (berkerak) atau setelan karbu yang terlalu Basah (boros) juga..
*warna busi hitam tanda terlalu Boros,, karena idealnya kepala busi berwarna Coklat muda(2t) /kemerahan (4t)..
Hourex150L said this on Juni 14, 2012 pada 10:57 am |
ok deh mas terima kasih banyak ni atas pencerahannya, maklum masih buta sama ni motor..
dick"s said this on Juni 15, 2012 pada 9:37 pm |
numpang tanya mas..
saya baru copot HSAS ninja rr..
itu ngaruh kmn aja ya kira2..?
kalo mesin dingin. uda agak lama dipanasin. pas gigi 1 mau mulai jalan kok gas-nya kyk kosong jd kadang mati. kyk baru belajar kopling..
hehe..
ojan said this on Juni 30, 2012 pada 9:04 pm |
kata temen saya di stel kabu-nya..
tp ga’ ngerti apa-nya yg di stel..
ojan said this on Juni 30, 2012 pada 9:09 pm |
Itu gejala setelan angin ke besaran,, IMHO..
Hourex150L said this on Juli 1, 2012 pada 10:07 am |
mas sy mau nanya lagi ni tapi seputar ban bolehya.. kan di velg ninja ada timah balancingnya tuh, nah saya rencana mau ganti ban kan timahnya harus diganti ( di balancing lagi ) biar seimbang lagi nah ngebalancenya di mana ya mas? apa bisa di bengkel ban mobil..? terima kasih mas.
dick"s said this on Juli 12, 2012 pada 4:47 am |
Karet yg mncegah kbnjiran d karbu nmaNya Ventilator,,,
BlanCa Speed said this on Juli 14, 2012 pada 2:22 pm |
mas… mw numpang nax ni…. ak punyan ninja 97” knpa yeah mas klw mesinx udah panas agak mlas bunyi… klw dingin 1x stater lansung bunyi……
erwin said this on Juli 16, 2012 pada 10:19 am |
mas… mw numpang nax ni…. ak punyan ninja 97” knpa yeah mas klw mesinx udah panas agak mlas bunyi… klw dingin 1x stater lansung bunyi……
erwin said this on Juli 25, 2012 pada 1:43 pm |
mas klo ninja R150 pake busi vespa bagus g y?
Aries said this on Agustus 8, 2012 pada 9:39 pm |
banyak yg pake Mas,, sepertinya Bagus jg..
*saya belum pernah
Hourex150L said this on Agustus 9, 2012 pada 11:21 am |
Askum wr.wb
mas saya mau tanya. Kenapa ya motor saya pas gas kecil suka nembak2 dem dem dem…pj dah saya naikin 1setep mas. Busi juga dah berwana coklat bata…kira2 penyebab’a apa ya mas nembak2 dem dem. Saya juga mau tanya mas, ko kips saya sering bgt macet ya, pdahal baru 1 minggu yg lalu saya bersihkan.
Mohon penjelasan’a mas. Trimahasih
Ahmad said this on Agustus 16, 2012 pada 10:09 am |
kemungkinan setelan anginnya kebesaran Mas,, klo superkips sering macet coba borosin dikit setelan oli sampingnya..
Hourex150L said this on Agustus 16, 2012 pada 10:32 am |
Setelan angin sudah saya tutup mas/saya putar ke kiri sampai gak langsam. Oli sudah saya borosin mas. Mksh
Ahmad said this on Agustus 16, 2012 pada 1:21 pm |
Tapi tetep aja nembak saat gas kecil, oli jg dah saya borosin, kips tetap aja nyangkut
Ahmad said this on Agustus 16, 2012 pada 1:49 pm |
coba cek selang & tabung Risnya,, biasanya nembak-nembak jg bs akibat adanya kebocoran di area Intek manipol..
Klo tetep “rajin”nyangkut skipsnya,, cb saat service superkips bukan cuma Valvenya yg di bersihkan tapi jg Lubang portnya jg dan pastikan tidak ada cacat di liang valve yg dpt mengakibatkan Valve macet..
Hourex150L said this on Agustus 16, 2012 pada 5:49 pm |
Mas mau tanya!klo stelan mtr sport itukan di dekat manifold,trus itukan yang di stell, udah bhn bakar dan udara langsung!trus klo yang bebek biasa itukan yang di stel anginya yg blum tercampur dngn bensin jadi klo diputar kekanan jadi lebih kaya campuranya soalnya campuran udaranya lebih sedikit.lha pertanyaanya klo sport diputar kekanan jdì lebih miskin apa kaya?kan yang di stell udah bahan bakar plus udara langsung.
MAKASIH MAS…..itu aj,mhon penjelasanya
Udin Suryo p. said this on September 4, 2012 pada 8:43 pm |
motor sportnya apa Nih..?? Vixion atau apa..??
*Pd dasarnya sama saja Mas,, putar ke kanan #lobang menyempit# angin kecil..
Hourex150L said this on September 6, 2012 pada 9:28 am |
BOS ANE MINTA TTOLONG NIH BAGAI MANA CARANYA MELEPAS TANKKI NINJA RR ???? DAN CARA SERVICE KARBURATOR +SARINGAN UDARANYA??? AGAR BENSIN TIDAK BOCOR LEWAT SELANG SAAT DI LEPAS CARANYA GMN YAH???
Ry Gunawan said this on September 19, 2012 pada 4:53 pm |
SEBELUMNYA SAYA TERIMAKASIH NIH LIAT BLOG ENTE BANG SAYA JD BISA BERSIHKAN KIPS SENDIRI….
Ry Gunawan said this on September 19, 2012 pada 4:54 pm |
Bang mO tan’y ne,knpa Ninja Q klo langsung beset kO ngepos pdhal baru gi” 2….thnks
Gpenk Oi said this on September 22, 2012 pada 11:10 am |
Mas saya mau tanya kenapa mtor ninja saya saat di hidupkan bergetar jadi ta nyaman di pake?itu apanya yang rusak ya??mohon di jawab
Alex said this on September 22, 2012 pada 11:23 pm |
tahun berapa bro
fandy wijaya said this on Oktober 1, 2012 pada 12:59 pm |
mas mohon pencerahan…. 1 putaran itu 180 derajat atau 360 derajat…thank bro
fandy wijaya said this on Oktober 1, 2012 pada 12:57 pm |
360 mas
Hourex150L said this on Oktober 1, 2012 pada 3:14 pm |
Mas klo karbu udah dibubut venturynya jadi29 gmna cara setting’y biar bsa langsam n apa yg harus dicek & diganti tolong pencerahan’y yua mas boz..
Rodo said this on Oktober 1, 2012 pada 6:29 pm |
jetting ulang pilot + main jetnya ulang dari stdnya lagi hingga ketemu yg pas..
Hourex150L said this on Oktober 3, 2012 pada 9:58 pm |
klo pke yang standard udh beberapa kli seting jarum skep n air screw’y mas tp tetep ja ga bsa langsam enak kdengeran basah tp ga ada lari’y mas,..apa sya harus naikin pilot ma main’y ya mas..???klo filter karbu’y jd pengaruh ga mas coz sya ga psang..mkasih ya mas tuk info’y
Rodo said this on Oktober 9, 2012 pada 1:06 pm |
itu sich blum pasti mas trgantung prmntaan mesin,,,c
dodo said this on Oktober 28, 2012 pada 5:32 pm |
Mas bro suhu…sya punya ninja 97,karbu pe 26,mau tanya jarak standar pelampung karbunya berapa dan diukur darimana sampai mana.?pliz…trima kasih…
awhie said this on November 3, 2012 pada 5:54 pm |
Salam kenal bang guru, ane punya ninja 150 r taun 2007 no skips dll msin pake 1827 karbu pwl 26 venturi 28, ane pake pj 45 busa filter ada tp udah diotak-atik jetting masih ngorok. Mohon pertolongannya bang guru. Thanx
Zaki said this on November 17, 2012 pada 9:34 am |
salam knal abang guru, motor ane ngorok knape ye? info : busa filter ada, karbu pwl 26 venturi 28, pj 45 (pj gede berebet+ngorok pula pj kcil kosong+ngorok) mj 138, mesin 1827 no skips, no kiss,busi coklat terang,knalpot aftermarket & motor ninja 150 r taon 2007. mohon pertolongannya abang guru…..sekarat.com. thanx
fateh said this on November 17, 2012 pada 11:41 am |
NGOROK..???!!! Tidur Maksudnya…???!!! 😀
Ngorok dari box filternya Mas..??? Klo iya bisa jadi karena karet inlet didalam box yg di copot,, coba pasang lagi karet di lobang Inlet box filter bagian atasnya #bisa lihat box filter ninja yg masih std#
Hourex150L said this on Desember 5, 2012 pada 4:44 pm |
mas bro.. itu gambar busi diatas, pinggiran businya emang harus hitam ya.. soalnya pinggiran/lingkaran luar busi ane kok bersih-bersih aja, gak hitam seperti punya mas?? mohon penjelasannya.. apakah itu tandanya PJ ane minta naik??
Kitaro said this on Januari 4, 2013 pada 7:18 am |
mas bro mau nanya nc.. tlg bantu ya.. 😀 ,, eh ya kmren2 mtr ninin q di servis di bengkel resmi kawasaki untuk yg k 2 x masih servis gratis.. tp knapa ya pulangnya mtr jd brebet pas di rpm atas kyk gk ada tenaga.. berhubung tmpat servis jauh jd saya tanya lwat sms, katanya mekaniknya coba ganti busi mas.. tp blm saya ganti, cz saya pikir baru 3 bulan masa udah diganti.. nah td pas mau kepasar sesudah lewat lampu merah eh mtr nya gk ada tenaga, malah mati.. dihidupin gk mau lg.. jd terpaksa ganti busi.. gini mas bro yg mau saya tanya kq businya cpat mati knapa y mas??? (kepala busi nya td abis diganti warna y item mas).. gimana solusi nya mohon pencerahan nya..maaf ceritanya kepanjangan.. :D.. terima kasih sebelumnya…
candra said this on Januari 17, 2013 pada 11:18 pm |
ada ‘kemungkinan’ setelan oli samping di borosin sama mekanik beresnya Mas,, kemungkinan saja lhoo..
*busi motor saya dah 3 tahun masih bagus tu..
Hourex150L said this on Januari 18, 2013 pada 6:15 am |
tp mas sebelumnya saya udh suruh cek, cz olsam nya 1 botol cuma 2 minggu ,, jd pas di cek katanya stelan olsam nya udh pas (normal).. knapa bisa gt ya mas…?? apakah dgn udh ganti busi baru masih akan mengalami hal yg sama (mtr mogok) ?? apa ad yg harus di stel / servise.. cz saya kebingungan mas.. apa perlu PJ, MJ nya dinaikin atau sbaliknya???? mhon pencerahannya…trima kasih byk atas bantuanya mas…
candra said this on Januari 18, 2013 pada 10:19 pm
Mas,rr saya pagi,knapa langsam tinggi banget Ƴɑ̤̥̈̊ªªªª☺♡̬̩̃̊☺,sampe rpm 3000,tpi klo da panas Gªª>:/ tinggi mas,jdi pd waktu pagi klo langsam nya direndahkan,klo uda panas,malah mati2 neh,,,skrg pake pe 28,pj 58 mj 150,posisi klip dtengah,putaran air screw 1,5 άĴά….padahal klo uda panas trasa basah tuh bawah nya,tpi klo pagi kayak kering(klo mesin uda dingin slalu tinggi langsamnya begitu dihidupkan)…saya sampe pening ini mas,dikasi pj 52 mesin cepat panas,,pake pj 58 άĴά klo jalan agak macet,agak cpat juga naik suhu mesinnya…kira2 gmn pendpt mas dgn masalah yg saya alami?thx mas babab
jefri said this on Januari 29, 2013 pada 8:15 pm |
mass mau tanya ni rr saya bru 1 bulan ni,,setelah servis kedua malah jd gak lembut jalan nya ngempos,udah tarik gas tp lari nya kaga ada. saya tanya lg ke mekanik nya dibilang inilah ninja,tp jelas sblum nya ga ngempos,,mhn pendapat nya ya mas
waaikudan said this on Februari 21, 2013 pada 11:24 pm |
RR pake karbu mikuni VM yg terkenal susah nyetingnya bagi yg Belum biasa,, berubah sedikit saja antara; angin-pelampung- dah repot gak bakalan enak..
Hourex150L said this on Februari 26, 2013 pada 2:35 pm |
Mas motor saya ko langsam.y naik turun saya pake karbu pe 28 motor saya satria fu
memet said this on Maret 12, 2013 pada 9:06 am |
Pilot jet nya sudah di modifikasi mungkin Mas,, ato bs jg jarum nya yg sudah di amplas..
IMHO..
Hourex150L said this on Maret 14, 2013 pada 9:33 pm |
mas sy mau tanya motor sy ninja rr, kok businya selalu basah n hitam? baru beberapa minggu harus ganti busi. motor suka brepet/ tsendat2 trus mogok. sy ganti businya motor jalan lancar lg. takut motornya mogok lg mas, ganti busi udh 2 kali. motor sy knapa ya mas? harus di servis/setting apanya? thnks mas..
Biondi said this on Maret 15, 2013 pada 8:20 pm |
Mas sy pake ninin r karbu standar pwl 26,pj 48 mj 135,knalpot racing yoshimura( katanya sih jelek),putaran bawah brebet sampe rpm 6000, tp klo rpm 7000 ke atas sampe 11000 lebih kaya yg pake nos gt,mo terbang aja tuh si ninin,knp ya bisa brebet di bawah,pernah diturunin pj 45 sama aja brebet di putaran bawah,
denny said this on Maret 17, 2013 pada 8:33 pm |
mas, mau nanya neeh …
kalo super kips sering macet dan dalemannya kotor padahal oli samping masih standar dan busi juga keadaan standar itu kenapa ya ???
soalnya kalo dipake sampe RPM 7000 bisa buka, tapi setelah itu ga mau nutup lagi kalo pas jalan pelan …
tolong kasih solusi mas …
Rachman said this on Maret 31, 2013 pada 8:20 pm |
rpm cepet teriak knapa ya mas ?? prasaan motor kaya ngeden, padahal blm lama gnti kanvas kopling, stelan angin 1,5 puteran, suwun infone 🙂
sumanto09 said this on Mei 1, 2013 pada 1:40 am |
mas bro sya mo tanya, sya pke ninin 150r karbu standar pwl 26, pj 48 mj 142 knalpot dbs lokal putaran bawah brebet sya tarik smpe rpm 7000 brebet jdi berkurang, tapi mesin jdi mlempem, sya cek kpala busi hitam. mohon bantuanya mas bro untuk settingan agar kpala busi warna merah bata. trm ksh mas bro
thenytama said this on Mei 1, 2013 pada 10:32 am |
Coba ukuran pj 50, mj 152, merk kitaco.
alihaidir said this on Januari 12, 2017 pada 12:05 am |
mas bro sya mo tanya, sya pke ninin 150r baru 3 bln karbu standar pj 45 dan mj 142 knalpot dbs lokal, putaran bawah brebet smpe 6000 rpm, sya tarik diatas 6000rpm brebet jdi berkurang tapi mesin jadi mlepem , sya cek busi warnanya hitam, mohon bantuanya mas bro agar busi jdi merah bata. trm ksh mas bro
deny said this on Mei 1, 2013 pada 12:47 pm |
mas sy pake ninin r karbu standar pwl 26,pj 48 mj 142,knalpot racing dbs lokal,putaran bawah brebet sampe rpm 6000, tp klo d geber di atas rpm 7000 brebet jdi berkurang n mesin jadi berasa mlempem, putaran air srew tida sampe 1,5 atau 1 3/4, biar busi warna merah bata gmn y mas
deny bro said this on Mei 2, 2013 pada 9:42 am |
Buat yg udah make knalpot racing/bobokan dan mau setting karbu ninja r, sediain aja pj ukuran 48, 50, 52, pj nya sediain ukuran 148,150,152, karna kebutuhan mesin beda-beda, bisa di jajal jajal sendiri dengan ukuran di atas,.. semua harus experimen, misal jajal pake pj mj 48/150 atau 48/152, sambil di rasa rasa enak… Jika sudah dirasa tarikan bawah, tengah, dan atas terasa enak, coba liat warna busi, idealnya warna busi merah bata!! Selamat ber experimen,, salam 2stroke brader!!😁😁😁
alihaidir said this on Januari 12, 2017 pada 12:14 am |
Kok masih kurang gres larinya ya…rpm 7000an kok masih agak brebet.
..kenalpot recing,Ninja ss
..Karbu standar keihin26 Pj45 Mj142
..bkaan angin 1 putran setengah lebih
dikit ( ga nyampe 2 putran).
Erik said this on April 20, 2018 pada 1:04 pm
numpang nanya gan bohlamp rr yang ori brpa ya ada yang tau ga,, trim..
Den Di said this on Mei 3, 2013 pada 11:17 pm |
Om klo karbuny telat blk knp tuh?pdhl ga da yg nyangkut
alunggaucho said this on Mei 10, 2013 pada 2:24 am |
Mas mau nanya mtor ku hsas e muni kyok ngempos ngpo yo mas?maklum jek tas ndwe ninin mas,mohon pnjelasne.
Yudhiprasetya said this on Mei 10, 2013 pada 10:43 am |
tanya bos..motor gue susah hidup nya bos..tp setelah hidup n langsam nya g stabil dan suara motor sepeti chok terangkat..tetapi setelah rpm dinaikan suara motor stabil lg..padahal Pj nya masih standar bos..kira2 apanya bos
galat said this on Juni 2, 2013 pada 9:00 pm |
makasi banyak ilmunya mas bro.barusan saya stel karbu saya,setelah di test mbrebetnya ilang.maklum baru kenalan ama si paijo 3 bulan.
ign said this on Juli 24, 2013 pada 10:14 pm |
bang saya mau nanya kiss pada blok 1827 saya longgar kalo di nyalain pasti keluar asap dari kis itu gimana ya memperbaikinya
dheody said this on Agustus 20, 2013 pada 6:25 pm |
motor ninja R saya keborosan oli, padahal setelan oli standar,mohon pencerahannya, terima kasih
rully said this on Januari 13, 2014 pada 12:15 pm |
Nice info…, Om hourex klo warna anoda businya setengah merah bata tapi setengahnya lgi item itu berarti knpa yaa ?, ane pake Ninja N (SS), PWL26 Knalpot CMS, PJ/MJ 50/138. Tapi tarikan atas bawahnya OK sih. Thanks…
Jaljo said this on Januari 19, 2014 pada 10:44 pm |
Mantapssss..
ryan dolay said this on Januari 22, 2014 pada 5:21 pm |
Masbro mw nanya. Rr saya thn 2013 bln 10 sehabis servis businya diganti NGK BP8es. Trus setingan angin karbu 1,5 putaran kekiri. Tp lo jalan pelan brebet to ninin. Smua stantar ting ting. Mohon pencerahanya. Pdhal sblum servis jos to ninin
irzan sofian said this on Februari 16, 2014 pada 7:23 am |
Bro hourex , klo arah buka busi ninja R searah jarum jam ato sbaliknya?
ariebob said this on Mei 23, 2014 pada 11:11 am |
sebaleknya Mas..
Hourex150L said this on Mei 24, 2014 pada 7:52 am |
Mas bro ane mau tnyk..
Punya ane ninja ss 2012..
pj/mj pas buat knlpot r9 brpa y maz bro??
Trus tarikan bawah sama atas brebet parah..
kyak bukan ninja ni mtor ane..
ampe stres mkirin ninin ane gan..
tolong di bantu suhu2 skalian..
herman said this on Juli 5, 2014 pada 7:42 pm |
Bang hourex minta bntuannya..
boleh mnta no hp gak..
ni ninin ane lgi rewel berat..
ampe bingung..
pke klnpot r9..
pj mj udh di nsikin..
masih ja brebet parah..
herman said this on Juli 6, 2014 pada 9:15 pm |
aasss,, saya punya mtor ninja r…. udah 5 kali ganti busi, mati trus busi ny!! minta bantuan ny pak bozz, masalah ny apa ya????
jajang junaedi said this on September 22, 2014 pada 12:56 am |
olsam dan settingan karbu terlalu boros..
Hourex150L said this on Oktober 23, 2014 pada 6:41 am |
motor ku ninja r mas kenalpot recing kalu uda dingin ataw pagi di hidupin agak ngebeb kenapa itu maas yaah…?
tolong bagih saran nya mas
hendry said this on Oktober 30, 2014 pada 7:24 pm |
klo putaran air screw itu di putar kekiri kurang dari 2 putaran boros atau irit (karbu standar) ?
Co Ky said this on Desember 4, 2014 pada 6:09 pm |
Mas… Terimakasih infonya… Sya mau tanya ni mas… Ninja saya kalo buat pelan kok brebet… Jd ga nyaman buat jalan santai.. Tp kalo di geber sama sekali ga brebet dan tenaganya joss. Itu kenapa ya mas… Kadang kan kita juga pengen pelan pelan kalo berkendara sama ortu.. Tp kok brebet kalo pelan.. Mohon pencerahannya gann..
Santo said this on Agustus 20, 2015 pada 2:14 am |
setelan angin kekecilan atau pilot jetnya yg kegedean atau setelan pelampung ketinggian jg bisa..
Hourex150L said this on September 22, 2015 pada 6:07 am |
Gan motor saya ninja vr 150
Masalah nya brebet selalu di rmp 6000-7000 kayayang ngorok. ( gass di tahan di stengah grip ) tapi kalo gas di plintir full breber/ngorok nya ilang. Tapi efek Yang tibul suara kaya benturan logam. Mohon solusinya gan. Kalo boleh saya minta kontak biar bisa tanya tanya langsung.. ty.
devy.rahadian said this on Oktober 28, 2015 pada 9:47 pm |
saya mau tanya dong om…kenapa ya motor saya kalo di gass sampe full tiba tiba mati kaya bensin yg ada di karburator itu habis…tapi didiamkan beberapa saat normal lagii??
ivanbayu said this on April 14, 2016 pada 1:09 am |
Mas saya mau nanya .
Motor saya ninja r .
Saya pake karbu pe 28 . Knalpor racing wrc .
Knapa ditarikan awalnya motor ngorok ya mas ?
Karbu pake filter dan busa filternya baru saya ganti .
Kira kira apanya ya mas ?
Dan pj dan mj yg pas untuk karbu pe 28 untuk ninja r kira kira ukuran berapa ?
Terima kasih
mukhlis hardiansyah said this on Desember 6, 2016 pada 8:51 pm |
mas mohon pencerahan nya,motor ninja ss uda 1 thn gk di pake,,kok oli samping nya bs habis dgn sendiri nya,,,trus saya isi lgi oli samping orange,sya idupkn nih motor kok dari knalpot keluar bnyk oli dan bau asap nya, mas kira2 ada kendala dimana ya??
dennys said this on Maret 15, 2020 pada 8:43 pm |
Pompa oli nya sepertinya pak
Hourex150L said this on April 16, 2020 pada 6:55 pm |