SERVICE REEDVALVE KAWASAKI NINJA 150 R


Reed valve (RV) atau Valve Buluh merupakan sebuah komponen penting pada Kendaraan Bermesin 2 langkah,, Alat ini (RV) berfungsi seperti Valve In (Klep in) pada mesin 4 langkah yang bekerja (menbuka saat terjadi langkah hisap & menutup saat terjadi langkah Kompresi) berdasarlangkah Piston di dalam Silinder..

Performa dan Efisiensi Mesin type 2 tak juga banyak di pengaruhi dari kondisi alat (RV) ini,, untuk itu menjaga dan merawat ReedValve dalam kondisi baik dan Bersih akan Menjaga Performa maupun tingkat Efisiensi Mesin selalu Prima dan Konstan..

Kebetulan Usia sipaIJO saat ini sudah setahun berOperasi dengan jam terbang 12 ribuan KM,, jadi sudah cukup umur buat di Check & Service Reedvalvenya..
sudah berkerak juga nii..
Dan ternyata dugaan tidak Melesat,, RV sipaIJO sudah di selimuti KERAX karbon,, Maklum Mas Bro ga pernah pake Pretamax nii :sad: :sad:

Langsung saja setelah di copot RV_nya segera di bersihkan semua Bagiann-bagiannya dengan kain lembut setelah di olesi Cairan pembersih beberapa Saat Sebelumnya,, HINDARI menggunakan Benda tajam maupun AMPLAS untuk Membersihkannya Boss..

Hati-hati juga saat membersihkan Membran serat Mika/ Karbonnya,, karena keknya lebih sensitif daripada Membran dari logam kuningan seperti yang ada pada RV_nya RX series dari Yamaha..

*Service RV ini Mamfaatnya sama seperti SKIR KLEP pada Mesin 4 Tak

Setelah bersih semua rakit kembali seperti semula dan Pasang lagi Bro..

Disamping Mudah, service Reedvalve ini juga tidak membutuhkan Peralatan khusus seperti Menyekir Klep pada mesin tipe 4 Tak

Semoga ada Mamfaatnya..

PISS..

About these ads

~ oleh Hourex150L pada Juli 8, 2011.

39 Tanggapan to “SERVICE REEDVALVE KAWASAKI NINJA 150 R”

  1. Pertamax

  2. Nice info Kang, btw gambar2nya dibanyakin, biar saya print untuk panduan sendiri :mrgreen:

  3. Sekalian aja ganti dengan Reed Valve aftermarket merk V-Force ato Boyesen mas…biar tambah ngejosss tarikannya :-D

  4. Bro emang kelebihan pake pertamax apa?
    Kalo pake pertamax terus bagus gak sih buat mesin?

  5. Pretamax ato shell super lebih cepat kebakar masbro,efeknya pembakaran jadi sempurna tanpa ada sisa kerak2 item

  6. apik tenan :D

  7. Maaf ya…. Bukannya semakin tinggi nilai oktan.. Maka semakin sulit terbakar… Antara premium dan pertamax masih lebih cepat terbakar premium.. Itu knapa pertamax di anjurkan untuk kompresi lebih tinggi dibandingkan premium… Karena dengan kompresi tinggi fuel lebih cepat terbakar.. So kalau premium dipake buat kompresi tinggi akan terjadi self ignition atau pembakaran dini sebelum busi memercikkan bunga api… Akibatnya engine low power…
    Jadi setau saya
    premium lebih cepat terbakar daripada pertamax…..

    keep blogging keep brotherhood

    • sori masbro
      menurut buku two stroke performance handbook karangan Alexander G Bell, perhitungan kompresi mesin 2 tak tu ada dua,yaitu corrected dan uncorrected.utk perbandingan kompresi corrected perhitungan tinggi silinder nya dihitung dari ujung paling atas lubang exhaust(buang)sampai titik mati atas ,sedangkan uncorrected perhitungan tinggi silinder nya dari titik mati bawah hingga titik mati atas, layaknya penghitungan perbandingan kompresi 4 tak,pabrikan jepang menerapkan perhitungan corrected sedangkan pabrikan eropa menerapkan perhitungan uncorrected,makanya perbandingan kompresi mesin2 2 tak motor jepang rendah2 dibanding perbandingan kompresi mesin2 2 tak motor eropa yg rata2 tinggi.menurut perhitungan corrected perbandingan kompresi ninja 6.9:1(premium) sedangkan perhitungan uncorrected 9,6:1(pertamax).sampai sekarang masih diperdebatkan perhitungan mana yg paling benar soal hubungan perbandingan kompresi dengan tingkat oktan bensin.

      sbg referensi penghitungan perbandingan kompresi(uncorrected) :
      Perbandingan volume saat posisi piston paling bawah TMB (volume silinder+volume ruang bakar), dibandingkan dengan volume saat posisi piston paling atas TMA (volume ruang bakar).

      CMIIW yaaa :D

      • sip Bro,,

        @ Otonkz :
        *maksud Saya kalo Premiumkan masih mengandung timbal dalam sisa pembakaranya,, dan semakin rendah oktan semakin tinggi pula suhu di area ruang bakar dan itulah yang menyebabkan Premium bisa terbakar lebih awal (disebabkan Suhu berlebih) yang dapat merugikan ketahanan Parts-parts di ruang bakar.. “BUKAN PREMIUM LEBIH MUDAH TERBAKAR DARI PRETAMAX” DAN MENURUT ILMU LOGIKA SAYA BENSIN LEBIH MUDAH TERBAKAR DARIPADA SOLAR bila di PERCIKAN API (kan OKTAN Bensin lebih tinggi dari SOLAR) begitu juga antara PREMIUM dengan PRETAMAX lho,, IMHO.. :-D

  8. Sory mas oot,
    mw tnya nih,

    gmna impressi slama pke ninja stahun ini mas,
    apa aja, klebihan n kkurangannya?
    Trus prnah ada keluhan apa aja slama pake ni ninja,?

    Soalnya rncana k dpan, sy mw ngambil ninja mas, jdi btuh bnyak refrensi n masukan,

    thanks sblumnya mas, maf jg kalo kbnykaan prtnyaannya,

  9. Sya kurang paham kalau perhitungan 2stroke..hehehehe..

    Tapi kalau premium dan solar tidak bisa dibandingkan bro… Karena pada solar tidak memakai ‘oktan’ number malainkan ‘cetan’ number…
    Terus kalau terbakarnya… Dlam bentuk aslinya premium memang lebih mudah terbakar dibandingkan solar (diesel)… Itu disebabkan premium lebih mudah menguap dibandingkan solar… Tapi kalau KEDUANYA sama2 dalam bentuk UAP… Maka solarlah yang lebih mudah terbakar..

  10. Oktan (gasoline) semakin tinggi angkanya semakin sulit terbakar.
    Cetan (diesel) semakin tinggi angkanya semakin mudah terbakar.
    dengan mengabaikan bahan additif lainnya pada kedua jenis fuel tersebut.

    Keep bloging…keep brotherhood

  11. kalo premium 1ltr bs brp km ?
    Trus pertamax brp km ?

    Note: pemakaian normal khas biker 2tak,

    • PREMIUM : harian 25,5: 1 & touring highspeed 21 : 1
      PRETAMAX : -ga da yang jual-

      *spek motor : PJ 50 MJ 148 jarum skep naik 2,5 mm Knalpot Racing Lokal topspeed 190an km/h

  12. gampangnya

  13. wah logikanya kebalik…
    pertamax lebih gampang terbakar daripada premium..
    kompresi rendah ga butuh bbm yg gampang terbakar…(kalo mau di isi jg gpp)
    kebalikanya coba saja motor dengan kompresi di atas 11..anda kasih minum premium! pasti mesin mengalami knocking..karena pembakaran yg ga sempurna..(bisa dipaksakan cuma efek jangka panjang ga baik)
    cara gampang pegang gantian antara premium dgn pertamax…usap di pada permukaan tangan..lihat mana yang lebih cepat menguap…satu lagi premium yg dijual pertamina sudah tanpa timbal bro…cuma oktan nya saja 88 …CMIIW

  14. maaf mas mau tanya tuk bersihin reedvalve bagus nya tiap berapa km ya mas ?? :)

  15. sekitar 10.000an km aja Mas..

    *keknya jenis BBM & Olsam juga berpengaruh Bro..

  16. suwun mas info nya :)

    kalau BBM saya kadang isi premium kadang pertamax,klau olsam saya masih pakai dr kawasaki nya mas :)

    keep brotherhood :)

  17. cairan pembersih pakai apa masbro? yg aman buat RV
    kebetulan juga setahun, dah 13rb km :D

  18. Misi Mas Bro…
    Motor Ku Kok Ngendet2 Susah Mlayu..?? Ada Ksalahan Pada Apanya Ya Mas Bro..??
    Tolong Pencerahan Mas Bro..??

  19. [...] sebelumnya Blog murahan ini pernah posting tentang SERPIS : Super KIPs ,REED Valve , ANTING- Swing Arm (supit udang) , tali Gas dan tali Kopling , Ninja 150RR-SE 2011 , Kelistrikan , [...]

  20. misi mas bro mau nanya. tanda atau ciri2 membran udah rusak/jelek itu gmna ya? thanks

  21. bos saya pnya ninja ss 2011 pas ganti koil yz 125 sama membran lidahnya aja pakai boyesen ko jadi brebet yaa atasnya, karbu jadi susah di seting help mee

    • Pake boyesen isepannya jadi lebih tinggi apalagi udah di ganti pake koil yz, percikan api nya jadi tambah gede. MJ nya perlu di neikin 1-2 step. Supaya karbu bisa ngimbangin isepan membran & percikan koil yz…

  22. mf mw tax ms maklum newbie, i2 posisi RV dmn?

  23. pak, carany crack stage1 bgmn?

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 1.169 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: