TIPS UNTUK MOTOR SUSAH HIDUP DI PAGI HARI


Setelah sebelumnya Saya Posting tentang Motor yang Kecanduan Choke di pagi hari yang merupakan hal yang wajar dan NORMAL Terutama Untuk Motor Ber jenis mesin 2 tak apalagi yang usia pakainya sudah di atas 3 tahunan,, tapi apabila mesin tetap susah Hidup di pagi hari meski sudah pake CHOKE itu tandanya Motor MINTA di Service Mas Bro..

Naa Bagi Brades yang super sibuk sehingga tidak mempunyai waktu untuk pergi ke bengkel,, ada baiknya di coba di service sendiri di rumah sepulang kerja sambil belajar.. :-D

Kalo Motor SUSAH Hidup di pagi Hari, maka;
-Pertama Periksa Percikan Api pada busi,, Caranya lepas Busi kemudian tempelin busi ke bodi mesin lalu Engkol..

Kalo sudah dipastikan Percikan api di Busi Biru dan menyatu tapi setiap pagi mesin susah Hidup walao sudah di Choke ‘bisa jadi’ Karburator Sampeyan kotor
-Untuk itu langkah berikutnya adalah Bongkar dan servise karburatornya..


Bersihkan semua lobang-lobang yang ada di dalam Karburator, dan lebih apdolnya gunakan cairan Pembersih (karbu cleaner / sejenis) kemudian semprot atau Hembus dengan angin kompresor,, kalo tidak ada Kompresor bisa HEMBUS pake Pompa angin Manual dan kalo tidak ada juga bisa Hembus Pake kompresor alami merk ‘TANG KEM MU’ atau apa sajalah yang penting di Hembus..

khusus Untuk Motor Bermesin 2 tak (usia diatas 3 tahun) sangat di ANJURkan untuk memBuka sekalian Silinder Headnya untuk di bersihkan KERAK yang melekat pada permukaan atas Piston maupun di headnya(Buang kerak)..

Caranya Mudah, buka baut pengikat di atas Mesin Blok silindernya dan angkat headnya,, lalu bersihkan setelah sebelumnya semprot pake cairan pembersih (WD / carbu cleaner dll) boleh juga menggunakan ampelas halus..

Setelah Bersih semua Pasang kembali baik karbu maupun Head silindernya,, Untuk SerVice Karburator SANGAT di anjurkan untuk dilakukan secara Rutin / periodik minimal 6 bulan sekali.. Sedang untuk BUANG KERAK bisa di lakukan lebih jarang minimal 2 tahun sekali (untuk mesin 2 tak) agar PerForma Mesin selalu terjaga,, Namun apa bila setelah di lakukan Service Ter sebut motor masih Susah hidup juga..
Berarti Karakter Mesin telah Berubah seiring waktu pemakaian sehingga kebutuhan pasokan Bensin + Oksigennya juga ikutan Berubah,, maka perlu di lakukan Jetting Ulang..
Caranya Naikan lagi Pilot jetnya 1 step Dulu,, 1 step pada Pilot Jet = 2,5 angka..

Jadi kalo Pilotjet Semula ukurannya 45 ganti dengan ukuran 48,, atau semula 48 ganti dengan ukuran 50 dsb..

Semoga ada Mamfaatnya,, KIP BRADEHUUD..

PISS..

About these ads

~ oleh Hourex150L pada Juni 17, 2011.

70 Tanggapan to “TIPS UNTUK MOTOR SUSAH HIDUP DI PAGI HARI”

  1. Pertamaxx…

  2. Keduaxxxx

  3. Kalau 4tak.. Kapan bongkar head nya?? Hehehehe
    Ribet,

  4. bersihin kerak 2 tahun sekali kelamaan masbro, crystalku 6 bulan aja dah item. maklum, oli sampingnya yang murah

  5. itu head silinder ada lubang2 jalur air radiator bukan?kalau habis buang kerak, head silinder dikasih gasket baru g? takutnya masih ada celah terus merembes

  6. tips untuk motor yang susah hidup sehari-hari yaitu ganti bpkb baru mas, dijamin lsg jozz…

  7. jioss tnan pak.

  8. iku sing moto njenengan sopo Kang ??..ihihihi :D

  9. hahahah,,,betul itu,,,tips yang alami

    • iya Mas, postingan yang sesuai kapasitas saja.. Mau posting market share atau repost artikel luar ga tahu en gak nguasai bahasa asing malah belepotan nanti..xixixixi..

  10. Maju indonesiaku
    http://othonx.mywapblog.com/setelah-tambal-banpastikan-sudah-kencang.xhtml

  11. nice

  12. kalo pagi2 masih ngantuk kali mas motornya jd susah di idupin nya.. Hahaha
    pisss

  13. gampang, tinggal pake motor yg udah ada fitur auto choke-nya aja.
    gitu aja kok repot.

  14. sip pakdhe bro, tapi gak make motor 2 tak je…..

  15. suwun mas…

  16. yang begini-ni bikin bengkel-bengkel sepi lha wong kenapa-napa dikit servis sendiri (ngaca pada diri sendiri) :-D

  17. pakdhe…,mau tanya,ninja pakai knalpot racing lokal buat jangka waktu panjang bisa merusak mesin gak ya(suara mesin berubah,atau performanya berkurang gt)..
    Matur nuwun pakdhe..
    Sory OOT n bnyak tnya..:)
    salam kenal:)

    • kalo settingan Karbunya Pas keknya gak bakalan ngaruh pada Durabilitynya Bro,, biasanya efek samping dari Knalpot racing yg bikin gak awet..
      Efek samping : sering Ngebut, sering red line, sering akselerasi dll..

  18. maaf mas mau tanya,,kemarin sewaktu motor ninja rr saya ga di pake selama 2 minggu pas mau di nyalain susah banget sampe baju saya basah kuyup keringetan gara” engkol trus,stlah otak atik sedikit saya coba putar kran bensin yg sebelum nya di posisi RES ke posisi ON dan akhir nya mau nyala jg tp waktu mau jalan eh malah mati lg tp stlah saya panasin lg mesin nya agak lama(sampe jarum pengukur panas mesin naik setengah) akhir nya bisa di ajak jalan jg :(

    itu penyebab nya apa ya mas ?
    ada tips buat nyalain motor yg lumayan lama ga di pake ga mas ?
    mohon pencerahan nya

    SUWUN :)

    • mesin 2T mmg butuh suhu lebih tinggi untuk Proses pembakaran ideal Mas..
      Tips : kontak OFF, choke di tarik, engkol-2 agak 5 x, kontak ON engkol lagi..

  19. ow iya lupa nambahin,motor nya jg sudah saya choke tapi masih susah buat nyalain nya :(

    SUWUN :)

  20. ow iya mas mau tanya lg,kata nya klau ganti knalpot racing baik nya kotak HSAS di non aktif kan,apa bener mas ? Efek positif ama negatif nya apa mas ? Maaf klau bnyak tanya..hehe :)

    SUWUN :)

  21. Suwun mas info nya :)

  22. Jadi pilot jet sama main jetnya harus diganti ya?

  23. Mas…sy pny motor ninja 150 r kohar knalpot d bobok trs filter udara dlepas..mnt tolong cara setting setelan angin karburatornya…pke krburtor kehin..sblmnya setingannya sdh pas..warna busi sdh merah bata…tp stlh dservice pmbakaran jd basah (hitam)…mkn dr bengkel setingnya ga pas…motor jg jd tmbh boros…

    • putaran setelan Angin Idealnya 2 – 3 putaran kekiri dari mentok kekanan, saat stasioner coba putar setelan anginnya sampai RPM tertinggi Maas,, klo di bawah 2 putaran berarti PJ minta naik dan sebaliknya klo lewat 3putaran baru ketemu RPM tertinggi berati PJ minta turun (kebesaran)..

  24. Salam…
    Makasih mas jwbnya…
    Oh ya ada yg ingn sy tnykn lg…
    Motor blm lama gnt super KIPS + piston mkn bru 7 bln tp ko suara mesin sudah berisik…itu kira2 apanya yg salah mas…?
    Trs kl gigi 1 ko RPM cpt skali naiknya jd akselerasi cm sbntr ja n hrs gnt gigi biar mesin ga trlalu teriak…
    Itu gmn mas benerinnya…?

    • emang Ninja Sampeyan tahun Brapa Mas,, brisik biasanya karena celah ring sudah terlalu longgar (idealnya 0,3 mm utk motor harian) kalo getaran kuat biasanya di sebabkan bearing / stang sekernya yang longgar..

  25. Maaf mas Ada yg ktinggalan..
    Pd saat setel angin krbrtor…untuk stasionernya pd RPM brp…?

  26. Ninja ane th 2008…tp pas bru gnt super KIPS n piston suaranya halus…
    Kmungkinan emng dr ringnya…krn yg brisik d bagian pistonnya…
    Mas sdh prnh posting cara bongkar2 mesin…?sy blm paham benar ttg mesin tp pngn tahu…biar bs service sndr…kdg d bengkel krg puas bru bbrp hr sdh ga enak lg…

    • Postingan tentang bongkar Mesin belum pernah Mas,, belum punya data/fotonya..
      Saya juga males ke Beres Mas,, selain jauh kadang kurang memuaskan atau kasar pengerjaannya..

  27. bro saya baru beli RR baru 1 harii ni. tp pas pagi mau di panasin susah nyala, udah di choke udah di selah masih susah nyala juga, padahal kamarin sore nyala itu kenapa bro

  28. di tunggu tipsnya mas bro masih pemula ni hehe

  29. kenapa motor saya kalau d gas malah mati,, terus susah terus,, mohon bantuanya

  30. mau tanya bos…. honda tiger sy th 2007 klo pagi hari sulit dihidupkan…apanya ya bos… mksh mohon infonya…

  31. tiap pagi mw berangkat kerja suka tlt,,soalnya motor gak cek gur..motor saya ninja rr 2 tak.bantuiin ya bosss

  32. kosakata yang sangat uaaaapik mas bro
    ” Pake kompresor alami merk ‘TANG KEM MU’ ”
    kwakwkakwka

  33. berapa harga pilot jet 48 untuk kawasaki ninja R

  34. kalau dari setelan angin nya ngaruh ngga mang ? terlalu kecil gitu atau gmana …..

    makasi mang, mohon di bantu, masalahnya motor ku baru dateng tp masa uda kotor aja karbunya hehehe makasi mang ..

  35. seandai nya api nya dari coil kesil ???
    dan ap yang kenak biasanya ,,,,,
    dan ini khusus 4 tak

  36. sekedar sharing dr pengalaman aja bro.
    Kl engine msh std, coba cek bukaan plat membrannya (biasanya minta d buka lg dikit).
    Kl udah pk knalpot after market, coba tutup lubang HSASnya. (PJ n MJ msh std)
    thx moga” bermanfaat

  37. The core of your writing whilst appearing reasonable initially, did not really
    settle very well with me personally after some time.

    Somewhere throughout the paragraphs you actually managed to make me
    a believer but only for a very short while. I still have a problem with
    your jumps in assumptions and one might do nicely to
    fill in all those gaps. If you can accomplish that,
    I would definitely end up being fascinated.

  38. fu saya pkek klbu rx king kok pagi2 susah hidup nya ,,,,,, apa gejala itu bsa kita astsi?? :(

  39. gl pro black engine saya sulit di hdupkn di pagi apa yg hrus sya lakukn mhon penjlsannya

  40. kalo menurut ane gan kalo motor susah idup di pagi hari coba aja buka tutup bensinnya.. itu langkah yang paling mudah.

  41. mas bro mau tanya donk,untuk ninja rr karburator mikunu posisi choke normal(choke off) itu kebawah atau keatas ya???

  42. klo ga da setrum gmna broo.?

  43. gw suka blog lu bro, keren2 lengkap…
    montir merangkap jadi blogger (pujian :D (y) )

  44. alasan mtr spra X 125 berasap padahal ru ganti seher n ringnya skalian

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 767 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: