CARA NAIKAN DJARUM SKEP PADA NINJA 150 R/L (JETTING KARBU II)


Sudah menjadi sifat dasar Manusia yang tak pernah merasa puas dengan keadaan yang Ada
Begitu pula dengan kebanyakan Brade Bikers di negri ini, guna meningkatkan Performa Motornya maka langkah yang biasa di tempuh adalah Penggantian Knalpot Standard dengan Knalpot Racing..
Namun untuk mendapatkan Performa Maximal setelah penggantian kenalpot membutuhkan settingan karburator agar dapat meningkatkan suplai Bahan Bakar keruang Bakar, diantaranya dengan menaikan Jarum Skep Pada Karburator.. Masalahnya kebanyakan Motor-Motor keluaran terakhir menggunakan Jarum Skep Tipe Permanent pada perangkat pengkabutannya, tujuannya jelas.!! Yaitu guna menekan emisi Gas Buang agar lulus Standard Nasional Euro -2 dan Bukan Orang Indonesia kalo Ngga Bisa NGAKALI hal tersebut..
Cara paling Mudah dan Praktis adalah dengan Mengganjal jarum Skep dengan Ring Plastik yang bisa di bikin dari pipa Pena yang besar atau tutup botol plastik minyak angin ataupun Handbody..

Tinggal potong sesuai ketebalan yang di Butuhkan, lalu pasang pada jarum Skepnya, Bereskan..


Jangan lupa ukuran ketebalan ring Plastiknya setting sesuai kebutuhan Mesin, karena kalo terlalu tebal (boros) Motor akan BreBet pada putaran Mesin Menengah @ 4000 – 7000 Rpm dan kalo terlalu tifis (irit) maka Motor akan berasa ketahan di @ Rpm menengah tersebut..
Kalo di Motor Saya sipaIJO (Ninja L ijo) ketemu settingan yang enak pada tebal ring pengganjal 0,6 mm (experimen mulai dari ketebalan 2 mm),, Nah Urusan ngakali Jarum Skep sudah selesai thoo… Tapi Rasanya kinerja Maksimal Jarum Skep ini juga di pengaruhi penggantian Pilot Jet (PJ) serta Main Jet (MJ) yang selaras dan sesuai permintaan Mesin juga..

Jadi Wajib Hukumnya Menyesuaikan PJ & MJ karburator Selaras dengan karakter Knalpot Racing yang Kita gunakan..
Sebagai Contoh pad sipaIJO, di putaran Bawah (@ 1500 – 4000 Rpm)Mesin diDorong oleh PJ yang naik 1 step dari stdnya (jadi 48) di putaran menengah (@ 4000 – 7000 Rpm)suplai Bahan Bakan dari Djarum Skep yang di ganjal ring 0,6 mm kemudian di lanjutkan tugas penyuplaian Bahan Bakarnya mulai dari @ 7000 – Full thortle oleh Main Jet yang sudah di Naikan 3 step (jadi 152),, Dan dengan settingan Karburator tersebut dalam kondisi Mesin Standard Ting-ting Kawasaki Ninja 150 L Saya Mampu BerLari Lebih dari 190 Km/jam versi Spido(tepatnya gak jelas, takut liat spido di kecepatan Tsb.)
Semua ukuran settingan Karburator tersebut Saya dapat setelah beberapa Minggu experimen, dan sekarang Baru Saya merasakan Puas dengan PerForma sipaIJO karena Nyawa ngga ada yang jual Bro..

*kebutuhan Suplai Bahan Bakar Setiap Mesin Berbeda-beda Meski ubahan Part nya Sama (Knalpot)

INGAT SEPTI RIDING FESS dan sangat tidak di anjurkan NGEBUT di jalan Umum..(kecuali yang tinggal di daerah yang sepi & tidak ada Sirkut di sana, ya boleh laa sekali- kali :-D :mrgreen: :evil: )

Oia, dengan Ubahan di atas Konsumsi Bahan Bakarnya menjadi:
=> 25 km : 1 liter Premiun untuk pemakaian harian ples beberapa kali full thortle
=> 21 km : 1 liter Premium untuk pemakaian Touring Hight speeds..

Tulisan ini merupakan jawaban dari pertanyaan & permintaan beberapa Brades Bikers Ninja 150 R/L via facebook,sms & koment di Blog..

Karena keterbatasan Kapasitas Saya, mohon saran & koreksinya bila terdapat kesalahan..

Semoga ada Mamfaatnya, khususnya bagi Brades Ninjers 150 R/LMN semua..

KiP BRaDeHUd FOREVe en PISS..

About these ads

~ oleh Hourex150L pada Mei 15, 2011.

60 Tanggapan to “CARA NAIKAN DJARUM SKEP PADA NINJA 150 R/L (JETTING KARBU II)”

  1. pertamax

  2. oiya tu pj n mj..pake merk apa masbro?

    SipaIJO : tu jwabanya sekalian di atas yo..

  3. mang top speednya brapa bos? kok touriong high speed cuma dapet 25km/l?

    sambil ngiklan:
    http://kangmase.wordpress.com/2011/05/15/spesifikasi-cbr-150r-bikin-ngiler/

  4. siphh baru mau tak tulis eh udah keduluan yo wiss , good lagh! tak ada jalan yg susah menuju roma *gawe paribasan dewe xixixi :mrgreen:

    http://azizyhoree.wordpress.com/2011/05/15/bocor-alus-yamaha-fino-sepertinya-memang-akan-diproduksi-ymki/#comment-10551

  5. Walah..dalah
    makin tua makin jadi..hehe
    piss. .
    Oiaa mazbro mau nannya ubahan kea gt kan buat karbu 26, kalo misalkan pke karbu 28 mesti d rubah kea gt jg ga mazbro?

  6. hahaha.. Maklum Bro, waktu muda Saya habis buat ngupulin duwit, jadi ga sempet neko-neko kek sekarang..

    Oia, maksudnya pake karbu 28 tu kek mana..?? Apa sudah ganti knalpot sekalian ganti karbu keihin PWL 28 gitu maksudnya..?? Atau gimana ni..??
    Yang saya tahu kebutuhan suplai bahan bakar setiap mesin / motor berbeda-beda bro,, bahkan yang sama-sama masih standard dari pabrikan pun.. Buktikan saja, walau sama tipe motornya dan sama-sama baru ngambil dari dealer pasti performanya beda baik di akselesainya atau kadang di topspeednya (walo sedikit pasti ada bedanya) contoh jupi Mx si A bisa 140kpj sedang si B cuma 120kpj dalam kondisi sama-sama standard, apalagi kalo sudah ada penggantian part mesinnya perbedaan kebutuhan suplai BB juga semakin besar keknya..
    Intinya memaksimalkan performa mesin tidak musti ganti Parts Racing, namun bisa dimulai dari jetting yang tepat,, dan akan lebih ‘Dasyat’ kalo penggantian Parts Racing kemudian diIkuti Jetting Karbu..

    Ehh nyambung ga ni jawabannya.. :-D :mrgreen: :evil: ..
    PISS..

  7. Ke ninja r,
    ya gitu mazbro mksd sya. .hehe
    owh gitu toh. ,kalo udh d jetting karbu, olsamp jg perlu di atur lg ga?

  8. iya maz, usahakan komposisi antara oktan + oli tetap atau lebih,, misal pada kondisi standard oli sampingnya habis setelah 1500km / liter sedang konsumsi oktannya 30km / liter maka perbandingan komposisinya oktan + oli nya 1500/ 30 => 50 liter oktan : 1liter oli..
    Maka Bila setelah jetting ulang karburator konsumsi bensinnya jadi 25 km / liter, maka settingan keborosan oli sampingnya juga harus sedikit di borosin dikit,, ‘minimal’ jadi 1250km / liter oli Samping (25 x 50) atau perbandingan komposisinya tetap 50 : 1 (50 bensin : 1liter Oli)
    Dengan begitu pembakaran dan pelumasan di ruang Bakar tetap terjaga sesuai Idealnya..
    CMIIw..

    PISS..

  9. Weleh. .weleh wokeh lah mzbro,
    trimakasih banyak infonya..
    Piss. .and kip braderhud.

  10. nek diganti rokok Djarum super iso ora kang??..xixiixixix :mrgreen:

  11. thanks mas akhirnya permintaan saya di posting juga, motor ninja ku sekarang dah dapet setingan yang pas busi merah bata, tapi masalah suhu mesin terkadang jarum sampe tanda merah kalau dibawa daerah macet

    • pasang kipas aja Maz.. (kipas kompi)
      udah banyak kok Brade Ibukota yang apli kipas pada Ninja150 nya, bahkan ada yang udah pakai otomatis (thermo swith)..

      • boleh juga tu tapi masalah kelistrikan” brarti harus rutin ngisi cairan aki tu, karna beban daya pada aki semakin besar, mas bro kalau dibawa santai pake gigi 2 kaya ada bunyi pada HEAD..sreek..sreek… gt” apa itu yang disebut knoking? tapi setelah pake gigi 3 atau 4 ga ada lagi.

  12. ko sembalap tenan ini bro?? hohoho.. keep safety firts bro!!
    eh kondisi jalan nya ko kayak nya bagus ya???

  13. howalaaahh..ganteng’e reek sipaIJ0 :D
    mangstaabb, salam 2 tak mazbro . .bueeetttt ;)

  14. Skedar share mazz broo !!! Slain cra di atas ,,
    Bs jg dngn cara gnti per kecil d jarum skepnya ,, dng ukran yg sdkit lbih bsar ( bkan lebih pnjang )

  15. sing diotak atik ki apane to??jik binggung

  16. bro hourex .,.,mbok posting stel angin2 sisan.,.,hehehehehe
    pissss bro .,.,tetep satu cita satu asa satu kata.,.,.,
    NINJA.,.,.,.,.,

  17. mohon ijin gabung…
    untuk harga kawasaki ninja th 2011 ini yang seri N dan L berapa ya?
    kmarin tanya di daerahku yogya – untuk L => 27,3 jt..
    btw, tergiur ninja yg black nih…uhhff…
    newbi..mohon saran & masukannya.. tentang harga, dan pilihan antar keduanya ntu…

    salam brotherhuuuud..
    thank’s

    • waa, urusan harga terbaru belum bisa apdet lagi Mas,, maklum rada males ke dealer Kawak wong jauh jee (sekitar 40 km / 80 km pp#abaikan saja#)

      yang black kesannya garang & exclusive Mas,, dan ciri steet fighter .. IMHO

  18. mz ….untuk pengganjalan jarum skep, apa kira2 sama sama bsa d aplikasikan k smua nnja r???scara ninja sya sma persis kek punya panjenengan…..mater nuwun sanget

  19. mas bro,,ko si merah saya kalo pas mau di gas ko mberebet y,,,,,,,,kira2 apa nya y,,,,thanks ya mas bro

  20. klo…..setingan pada pelampung pa pengaruh pada tingkat keborosan ya bro……??? soalx siIJOku g bisa buat nyantai mas bro…. tolong jwab pan nya mas…..sipaIJO

  21. [...] Salah satu Proses Jetting Knalpot bisa di lihat di sini [...]

  22. asekkkkkkkkkkkkk,,,,,untung megiku iso di pindah klip e

  23. bussseet mkin garang aja tu si ijooo

  24. toolkit nya lengkap amat mas..sampe ada sigmatnya..hehehehehe

  25. bos kalo pas gigi satu ane gas pol brebet trus ga naek lagi tuh speed di spedomternya kenapa ya…KIPSnya apa KARBUnya ya yg harus di stelll….

  26. gan gw mau nanya ttg kelemahan ninja 150 rr
    terus modif ban gede yang tepat ukuran berapa gan.
    .
    ..
    gan ninja 150 rr dengan 250 r enak yang mana gan
    gw binggung mau tuker 159 rr dengan yang 250 rr

    kl buat pecicilan gw pke yg 150 dah tepat,,tapi untuk kenyamanan binggung gan

    hem,pusing tuker g y gan

  27. kmrn ane nurunin jarum skep om… jadi mau ga mau mesti beli jarum ninja lama yg pake klip…

  28. mazzz broow q mau tnya ne,,,harga jarum sekep ninja 150R ..?brpa ya,,,bleh tak bli eceran nyaa,,gak hruus 1 set karbu gto…emang klu 1 set karbu ninja 150 R ORI brpa ya..?

  29. Iktan donk masbro mau nanya nih,.. 1.siijoku lau lari ptaran menengah kok kdng brebet ya?
    2.tak gnti knalpot racing,lau karbu n seperangktnya msh standar pa da efeknya masbro?.mksh,mhon pencerahannya masbro.hehe

    • 1.Brebet tanda keborosan bensin,, coba setel lagi air Jet Flownya(setelan angin)
      2.knalpot resing + karbu std = Pemasukan < Pengeluaran ( MISKIN ) efeknya Panas dan cepet aus..

      • ninin ku .saat mulai putaran 6000 kog mbebet y ,,skip ny ga nyangkut ..cm rasany brebet gt ..it kebesaran mj ato setelan angin ny kurang gede

  30. Makasi mas bro telah memberi informasi ini saya setuju maximalkan dulu part standart pabrik baru kalo kurang puas tambahin part racing. Sebagai catatan juga bener pendapat ente yg bilang motor sama2 dari pabrik beda performancenya, cos ninja krl saya std aja sudah pernah tembus 190km/jam

  31. gan si ijo saya klo rpm udah nyampe 5000 diem ga narik lagi . .
    knp ya gan ? ?

  32. mas broo….aku mau nanya nh klo untk setelan olismp aku isi ditangki langsung campur dgn bbm’x gmn ms??

    • kalo takarannya bisa konsisten gak masalah Mas,, yang jadi Masalah kalo perbandingan antara bbm : oli smpingnya gak stabil alias kadang encer-kadang kental..

  33. mas bro….lubang pj sama mj nya bisa sumbat apa gak mas bro?????dan skalian cleaner apa yg bagus untuk nyuci karbu mas bro???

  34. oke trimakasih mas bro….

  35. make knalpot apa mas utk tungganganya ?

  36. wahh…cm pake ujung botol..penggantian Pilot Jet (PJ) serta Main Jet (MJ) bisa smp 190km/h…saya cm smp 180km/h…

  37. gan.saya mau nnya.saya pgn ngeruba mj sm mj karbu ninja l thun 2011 biar tmbh garang lagi dan bwt dipakai sehari2 biar tambah enteng lagi
    setelah saya bngkar karbunya standar pabrik ninja l pj(45) dan mj(138).yg saya tanyain pj sm mj naikin berapah steep biar tambah enteng lagi dan dipakai sehari2.

    trims…
    salam gass poll..

  38. cara memindahkan jarum skepnya giamana

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 767 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: