MENUTUP HSAS pada NINJA 150 R/RR


Bagi pengguna Ninja 150 EURO -2 pastinya sudah tidak asing lagi HSAS (High Performance Secondary Air System) yaitu sebuah tehnologi yang dapat membantu membuat gas buang Kawasaki Ninja 150 R/RR lebih Ramah linggkungan..

HSAS merupakan Sistem saluran yang menyuntikkan udara bersih ke dalam chamber (ruangan) yang menjadi muara gas buang dari ruang bakar melalui mekanisme reed valve (katup buluh) yang membuka pada saat tekanan dalam chamber rendah dan masuk kesaluran buang (knalpot) melalui valve superKIps saat RPM rendah /di bawah @7000 rpm..

Intinya tugas utama dari HSAS adalah membantu Fungsi Catalytic Converter pada Knalpot Ninja 2 Tak untuk memurnikan gas CO(karbon Monoksida) & HC (hidrokarbon) menjadi CO2 (karbon dioksida) serta H2O (air) yang tidak beracun..
Jadi gimana kalo Ninjanya sudah pake knalpot racing (yang tidak menggunakan Catalik converter) seperti sipaIJO, yaaa jelas lah HSASnya mandul atawa kurang efektif lagi..

Oleh karena itu, Banyak Pengguna Ninja 150 R/RR yang sudah mengganti knalpotnya dengan knalpot after market (Knalpot racing) atau membobok /melepas CC kenalpot standard ‘menDISFUNGSIkan’ teghnology yang satu ini, dan caranya pun berVariasi, menurut mereka efeknya akselerasi jadi lebih Hot..
Klo Saya cukup sumbat aja pake Baut lobang inlet HSASnya kemudian pasang lagi karetnya..

Atau bisa juga dengan menutup pergerakan katup buluh atau meluruskan pembatas gerak katup sehingga tidak lagi bisa memasukkan Oksigen ke saluran Buang (knalpot)..
Yang Saya rasakan suara mesin lebih senyap / hening karena absenya suara Hsas saat aktif..
Oia satu lagi, motor jadi lebih mudah di stater walau lama gak di pake (gak pernah pake choke)

Semua tulisan ini hanya lah asumsi Pribadi Saya, mohon koreksi nya bila di rasa Perlu Bro..

PISS..

About these ads

~ oleh Hourex150L pada Maret 17, 2011.

91 Tanggapan to “MENUTUP HSAS pada NINJA 150 R/RR”

  1. wah kotak ajaib… :mrgreen:

  2. perlu dicoba iki maz, siip…

  3. belum pernah ngutak-atik ninja, tapi kalo bekicot jerman koyo lingga pernah :-D

  4. rung ngematke, inpo apik..

  5. OOT mas mul,,

    sedang menganalisa kecelakaan yg dialami teman saya kemarin, dia nabrak truk yg sedang diparkir.
    kalo Pengalaman mas mul, mungkinkah dengan kecepatan 60 – 70 kmh, saat itu gerimis, helm fullface kawasaki, terjadi pengembunan/uap dari nafas di kaca helm?
    seingat saya kalo kecepatan tinggi, uap malah hilang..mohon bantuannya

    • waaa maaf Maz Bro, Saya belum pernah riding pake helm fullface kawasaki saat hujan /atau gerimis, tapi kalo riding malem pake helm itu pernah,, dan menurut Saya pribadi kaca helm standard Ninja kurang septi dipake riding malam dengan kecepatan diatas 100kpj (walau kondisi jalan memungkinkan buat gas habis) karena pandangan akan sedikit buram / kabur, apalagi kalo ketemu lawan yang nyalain lampu, waaa silao men..
      Kiranya itu aja Maz, pengalaman Saya riding pake helm standard Ninja (bawaan)

  6. HSAS saya jatuh ntah dimana, waktu lagi touring.
    males beli HSAS baru. :)
    malah saya tutup itu lobang pake tutup odol sikat gigi.. :D

  7. Siip inponya Mas mul, waa virus ninja nih hehe

  8. makasih infonya mas

  9. mau ikutan otak atik motorku Mio, jadi ora jadi…. he.he.he…

    kangen sama stevai joe satriani yngwie malmsteen klik aja…

    http://joetrizilo.wordpress.com/2011/03/18/menunggu-duel-sarat-gengsi-motogp/

  10. Bro hourex.tekanan udara ban depan belakang ninja RR brp ya?

  11. nais ingpoh om

  12. kalo di motorku blm ada HSAS mas bro..tapi posisinya digantikan oleh ruang penyaring udara. Jadi dari ruang penyaring udara ada selang menuju blok sebelah kiri itu..Tapi temenku biasanya pada dibuka trus ditutup pake tutup super kips kaya yg sebelah kanan..

  13. Lolos uji emisi nggak nih..??

    Kenangan bersama Yamaha Mio :

    http://storyza.wordpress.com/2011/03/18/apa-kabarnya-yamaha-mio-club-samarinda/

  14. Bro RR ane ga ada hsas nya tp ada kotak bertuliskan ris,apaan yak??bro hourex hpnya gak aktipya

  15. hp + sim cardnya ilang tahun baru maren, sekarang pke hp + sim card baru Mas Bro..

    Sori ya..

  16. pUnten….
    @Hourex150L : mau tanya niE.. kira2 apa tips n saran dari mas bro, buat indraient ninja 150 L,
    thanks before..

  17. oli samping nuat ninja apa ya yang paling bagus?dan oli mesinya apa yang bagus.trus knalpot racing merk apa ang pas n bagus bwat ninja?trims

  18. bukanya HSAS berfungsi menyuplai udara ke ruang bakar(oksigen tambahan) pada rpm rendah buat “MENDONGKRAK” akselerasi bawah nya bro? bikin irit bbm jg.dan off ketika high rpm
    ini part canggih d ninin,mahal tu harganya.
    setau saya itu, pernah coba bbm malah boros,tarikan g ngaruh banyak klo da pake mufler racing
    CMIW
    tau g knp KRR CBU thailand agak lemah di rpm bawah??
    jawabanya ya itu… HSAS belum diciptakan

    • makasih sebelumnya,, :-D
      setahu Saya tujuan Utama Hsas adalah lolos EURO 2 Bro, bukan Performa..
      Kalo seperti pendapat anda seharusnya Hsas di pasang di Intek manifol(terhisab) bukan di Exhauts/muara gas Buang(terdorong)..

      PISS..sas di pasang di Intek manifol(terhisab) bukan di Exhauts/muara gas Buang(terdorong)..

      PISS..

      • emang dipasang di intake manifold, cuma elonya aja nyang ngak paham antara duatak dengan empattak. maksud dibuangnya HSAS itu supaya cara kerjanya mirip KIPS yang dulu adanya di sebelah kiri sedangkan super KIPS ada di sebelah kanan. Fungsinya sama-sama powervalve buat bukaan gas supaya lebih ngedorong.

      • hahaha, Gak paham Maksud komen Sampeyan ini Boss..

    • berarti sebaiknya HSAS itu tetap difungsikan sebagaimana mestinya ya mas?
      jujur aja,sy beli ninin second,2010 bln 10 (rupa sama dg sipaIJO mas hourex),
      karena saat itu sy sedang gelap mata(pokoknya ada Ninja ya tak bayar-maklum kecewa berat krn Ninja siBiru saya kejual gara2 awewe),jadi gak tak lihat teliti,ternyata gak ada HSAS-nya,cm ditutup pk tutup yg sama dg sebelah kanan.Sekarang ini sy msh inden di dealer,part lengkap HSAS totalnya + – 250ribu.
      Jadi emang lebaih baik pake HSAS ya mas sea gate?
      gimana mas hourex?

  19. Bedain antara KRR SE KRR SSR sama ninja yang ada di Indo. Kalo di indo mau ninja r atau rr sama aja mesinnya victor dengan kompresi 6.8 : 1 yang ngak akan jadi 8 : 1 soalnya ngak ada blok GOLD punya PDK Tsurugi Racing. Jadi biar udah porting n polish tetep aja lemot. Mau dipakein part racing apapun.

  20. bang bro ane mau nanya nih,klo mesin si ninin ngelitik,knp y?
    apa ujung2nya selalu ganti piston klo dah gtu,..mohon pencerahannya mas bro,mksh

  21. bukanya hsas ngisep bro? hahahahaha… kocak… liat komen diatas
    baca di manual book nya aja da bro..
    nyang paling sederhana klo exhaust ngapain dipasanging filter bro???

    mohon pencerahan nya nyang lebih spesifik secara teknis nya…

    • Bukanya katalitic konverter di knalpotnya jg RAWAn sumbat Mas,, makanya pabrikan (KMI) menganjurkan pemakaian BBM jenis Pretamax (Tanpa timbal) guna merawat catalitisnya..

      Disamping benar juga bila udara dari Hsas bisa masuk keruang Bakar.. :-D

      *Oia, Rx-King Euro-2 jg sepertinya menggunakan tehnologi yg ‘MIRIP’ Hsas di ujung knalpotnya,, dan PERFORMA si jambret Euro jg menurun lho..

      PISS..

  22. emg betul udara segar dari HSAS langsung disalurken ke kenalpot..tp seperti yg kita tau..di mesin 2 tak..saat langkah isap piston,gas buang dari knalpot sebagian diisep balik lagi (termasuk udara segar yg tadi masuk via katup HSAS)..yg ujungnya bikin campuran bbm di ruang bakar lebih lean saat <7000

    btw..sy setuju karo katalis udah dilepas jd ndak maksimal hsas-nya (walo masi ada gunanya)..karena setau sy injeksi udara luar td ditujuken buat bahan proses konversi co menjadi co2 n h2o

    imho dan cmiiw pastinya

    • ada benarnya juga udara dari HSAS bisa masuk ke Ruang bakar,, tapi bukankah itu malah membuat campuran Oksigen + BBM di ruang bakar dari Karburator akan menjadi miskin / kering Mas Bro.. Nah dari sini jelas tujuan Hsas bukan utk meningkatkan Performa tapi justru sebaliknya,, dan itu lah resiko dari standard Euro bagi Mesin 2 T Mas Bro..

      Sip sharingnya.. Mari yang lain biisaa kasih masukan lagi..

  23. mas bro jadi intinya klo HSAS DI TUTUP bagus gak
    cz sya baru nutup HSAS
    tolong dibantu mas bro

    • menurut ppengalaman & pemahaman Saya; lebih baik “jika” knalpotnya juga sudah ganti yang Aftermarket/racing,, tapi sebaliknya jika knalpot masih std (pake Catl-Con) lebih baik aktifkan saja HSASnya..

  24. Mantapp..

  25. bro mau nanya nih berapa ya harga carbon membran ori nya ninja rr???
    ada yang tau gak nih???

  26. oea mas …..
    kalo di tutuP Hsas nya,…..
    boros gK ,….
    terus bila UdaH gg pke knlpot racing lg … tu bsa berPungsi lagi gak….
    mkd’nya ,…Hsas’nya Tar RUSaK gak …..?
    tolong mas PengeN taU…..?
    makasiH,

  27. Bro Hourex,,
    Ane mo nanya neh,,
    untuk melepas HSAS,
    gmn carany, tinggal copot aja gt?
    Trus boros bbm gak? Thx b4! :-)

    • sebenernya artikel ini cuma untuk Menyumbat Hsasnya saja,, kalo Memang mau di copot ya tinggal buka baut 10″ pengikatnya & cabut beres Mas.. Tapi musti & harus di tutup kembali lobangnya,, terserah dengan cara apa yang penting di tutup..

      Hsas sepertinya tidak terlalu berpengaruh pada konsumsi BBM Mas..

    • kalau mau melepas hsas cukup dengan membeli tutup super kips saja. dijamin pas dan tampilan pun lbh rapi.. harga sekitar 50 rb..

  28. [...] Artkel terkait “Menutup Hsas Ninja 2 Tak” [...]

  29. langsung tak jajal…suwun mas brooo

    slm hangat dr KNI cilacap

  30. gmana klu udah pkai knalpot racing n hsas dilepas terus pkai koil kitaco warna pink apa pengaruhnya ninin saya th 2011 wrna putih biasa untuk krja dari pemelang ke indramayu skitar 240km 1 minggu skali apakah masih tetep aman utk mesin oli pakai motul 510

  31. sorry mas maksud saya oli smping pkai motul 510 n dpantura saya ngekips terus n kcepatan rata rata 140 kadang smpe 165 km dispedometer

  32. mas oli mesin buat ninja apa ya mas.?apa bisa di kasi oli mesin yng sama kayak mesin 4 T?

  33. mas bro.. knalpot yg ajieb buat RR, knalpot merk apa yah??

  34. mana mau dapat ini Hsas??ada jual??post saya satu..berapa harganya.?

  35. mas di kotak hsas ane ada olinya, itu masalah bukan ya? Mohon infonya.

  36. Ma’v nie bos, mtor saya knalpot udah bo2k’an,katub jga udah sya sumbAt. Tpy qk. Pi tiap berhenti lama/tiap pgi hati susah dstater’nya? Harus maen chuk mulu. GmN slusi’nya?

  37. dari komentar2 mas sea gate, saya berasumsi mungkin teknologi hsas inilah yg jadi penyebab ninja 2 tak gen euro 2 banyak mengalami masalah susah di starter, dikarenakan saat pertama engkol dalam kondisi dingin, katup hsas sudah membuka dan menyebabkan campuran bahan bakar menjadi lean, ditambah ukuran pilot jet nya yg kekecilan untuk mengejar lulus tes emisi

    • ninja saya juga susah bgt di selah, kdng2 bisa 30x engkol kalo mesin nya dingin. Skrg stiap x mau nyalain si ninin, selang inlet hsas saya bengkokin pake tangan. Agak susah sih nyelip2 tangan nya, but… Wow, its magic, 3x engkol lngsung greeeng walau dgn kondisi mesin dingin/lama ngak di pake(dengan bantuan choke juga)

  38. mz bro,,,
    kl ngelurusin pembatas penggerak katup na gmn ,,
    pke yg itu bwaan dari motor ap bwat ndri dari besi plat gtu>>>
    saran nya ms bro..
    nuwun

  39. Hourex : kang kalo HSAS nya di buka trus Kips nya sedikit di orek gak bakalan ngaruh terhdap kerusakan mesin gak kang? Mohon infonya mksh

  40. mas itu baut ukuran brp??hahaha

  41. klo setelan kip nya di putar biar agak kenceng suaranya menurus sampean gmn pengaruh besar gak pada mesin

  42. cek bukaan plat membran bila sulit d starter atau putaran bawah lemot (10mm)

  43. sebelumnya saya sudah praktekkan penyumbatan dengan mur pada kotak HSAS saya di pojok kiri bawah ada lobang kecil, nah yang saya tanyakan pada posisi kotak HSAS pojok kiri bawah ada lobang kecil yang mengeluarkan angin, apa punya mas nya juga ada begitu ? apakah perlu ditutup juga ? minta sarannya mas :)

  44. iya kan ada obang kecil di bawahnya, apa mas hourex juga menyumbat itu?
    mohon infonya mas hourex karna sangat penting buat saya

  45. Ninin ane baru 1 bulan pemakaian..
    tpi mesin kasar dan ngelitik
    apa ya penyebabnya

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 1.165 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: